14 Pertanyaan Interview Customer Service yang Perlu Diketahui dan Jawabannya

Pertanyaan Interview Customer Service – Ketika memperoleh panggilan wawancara pada posisi CS atau customer service maka jangan langsung berbangga hati. Sebaiknya cari informasi seputar pertanyaan interview customer service. Tujuannya supaya bisa lolos interview dan mampu menduduki posisi CS.

Seperti yang kita ketahui bahwa posisi CS memang menjadi incaran banyak para masyarakat. Hal ini dikarenakan selain pekerjaannya yang menyenangkan, CS juga lihat keren ketika bisa menduduki posisi ini. Namun sayangnya untuk bisa sukses dalam berkarir menjadi CS bukanlah hal yang mudah.

Pihak perusahaan tentu akan mencari kandidat yang sesuai dengan kriteria supaya benar-benar memberikan keuntungan untuk perusahaan. Sedangkan CS menjadi posisi yang sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan dan kesuksesan perusahaan.

Dengan memahami berbagai pertanyaan apa saja yang diajukan ketika proses wawancara maka diharapkan bisa terpilih menjadi kandidat yang cocok bagi perusahaan.

18 Pertanyaan Interview Customer Service dan Jawabannya

Customer service atau layanan pelanggan ini diharuskan tim yang mampu menghadapi pelanggan agar bisa membuat pelanggan merasa puas.

Seorang CS dituntut untuk mempunyai seperangkat keterampilan tertentu, pengetahuan produk, kesabaran, keuletan, ketelitian, dan keberanian. Dengan demikian maka CS bisa membantu jawaban sekaligus memberikan solusi yang memang dibutuhkan oleh pelanggan.

Sedangkan CS berperan sebagai perwakilan suatu organisasi atau perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan tidak asal dalam memilih kandidat. Nah, berikut ini beberapa pertanyaan yang bisa ditanyakan HRD saat interview untuk merekrut CS:

1. Apa yang Anda Ketahui Mengenai Customer Service?

Pada pertanyaan dasar pertama ini mungkin memang akan menjadi pertanyaan paling sering ditanyakan oleh pihak HRD atau perekrut. Tujuan pemberian dari pertanyaan ini yaitu untuk bisa mengetahui seberapa besar filosofi dan juga pola pikir kandidat perihal posisi yang satu ini.

Untuk dapat menjawab pertanyaan pertama, sebutkan alasan mengapa ingin meniti karir dengan posisi CS atau customer service. Contohnya saja ingin membantu pelanggan yang seringkali mengalami kesulitan. Bisa juga karena suka bertemu langsung atau bertatap muka dengan pelanggan.

Anda juga harus membuktikan bahwa bisa menjadi customer service yang bisa mengatasi segala permasalahan yang dialami pelanggan. Terutama terhadap pelayanan maupun produk yang dimiliki oleh perusahaan.

2. Apa yang Anda ketahui mengenai perusahaan dan produk kami?

Pada biasanya HRD atau perekrut ingin mengetahui seberapa besar calon kandidat melakukan riset yang berhubungan dengan perusahaan maupun produk yang dijual sebelum interview. Maka sebisa mungkin carilah informasi dan melakukan riset secara mendalam terkait dengan perusahaan atau produk.

Alasannya karena pekerjaan customer service tidak hanya sebagai penerima tamu saja. Melainkan juga berperan sebagai media pemasaran. Sehingga harus menguasai segala produk yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Dengan begitu pertanyaan dapat dijawab sebaik mungkin sesuai dengan harapan perekrut.

3. Apa Metode Komunikasi yang Biasa Anda Gunakan?

Perusahaan tidak hanya ingin mengetahui seberapa jauh Anda memahami produk dan profile perusahaan saja. Melainkan perekrut juga ingin mengetahui perihal metode komunikasi yang paling mudah dan nyaman bagi Anda.

Kenyamanan saat berinteraksi dengan pelanggan memang menjadi poin penting yang perlu diperhatikan dengan baik. Pada biasanya CS akan berkomunikasi melalui telepon, email, chat maupun berbagai macam platform sosial media.

Namun seiring dengan berkembangnya zaman seperti saat ini tidak memungkiri bahwa banyak CS yang harus berhadapan langsung dengan para pelanggan. Masing-masing dari kandidat mempunyai metode komunikasi yang tidak sama.

Jika sekiranya tertarik menggunakan metode bertatap muka langsung, maka Anda dapat menjawabnya karena melalui metode ini bisa lebih mudah mendengarkan nada suara pelanggan, melihat ekspresi wajah dan lebih leluasa dalam berbincang-bincang.

Jika sebelumnya belum pernah menjadi customer service maka dapat menjawab bisa menikmati segala metode komunikasi sesuai yang dibutuhkan pelanggan.

4. Apa yang Anda Lakukan Saat Tidak Bisa Memberikan Solusi Kepada Pelanggan?

Tugas utama dari seorang customer service yaitu mengatasi permasalahan yang dialami oleh pelanggan. Untuk itu HRD atau perekrut ingin mengetahui seberapa baik Anda dalam mengatasi permasalahan yang dialami oleh pelanggan.

Apabila tidak mengetahui jawaban apa yang ingin Anda ucapkan kepada pelanggan maka dapat mengatakan bahwa Anda akan meminta bantuan kepada rekan kerja ketika sudah tidak menemukan solusi yang tepat.

5. Apa Masalah Terberat yang Anda Alami Selama Menjadi Customer Service?

Jika sekiranya pernah mengalami masalah yang berat selama menjadi customer service maka bisa menceritakan secara terperinci dan singkat di hadapan perekrut. Disarankan supaya tidak menjelek-jelekkan pelanggan ketika menceritakan pengalaman buruk selama menjadi CS.

Hal ini dikarenakan, customer service yang baik merupakan mereka yang menunjukkan bagaimana rasa empati nya dan memberikan solusi bagi para pelanggannya. Sehingga sebisa mungkin tetaplah bersifat jujur, namun tetap menjaga nama baik pihak lain.

Baca juga: Skill Customer Service

6. Ceritakan Bagaimana Cara Menangani Pelanggan yang Tidak Senang dengan Produk

Bertemu langsung dengan pelanggan memang tidak semuanya akan memberikan rasa senang terhadap produk maupun layanan yang ditawarkan. Ketika pelanggan merasa tidak senang maka secara otomatis akan menghubungi customer service untuk mengutarakan keluhan permasalahan.

pertanyaan interview customer service ini akan diterima oleh calon kandidat CS. Untuk bisa menjawab sesuai dengan keterampilan dalam menangani konflik. Untuk mempermudah menjawabnya silahkan menceritakan pengalaman sebelumnya yang pernah Anda alami.

Misalnya saja terdapat pelanggan yang mengeluhkan terhadap produknya buruk ketika diterima atau tidak sesuai ekspektasi. Solusinya yaitu dengan memberikan penawaran produk baru untuk dikirimkan di kemudian hari sebagai gantinya untuk mengurangi rasa kecewa pelanggan.

7. Bersediakah Anda Memperkenalkan Produk Atau Perusahaan Kami Ke Orang Lain?

Jenis pertanyaan ini merupakan metode top grading yang mempunyai fungsi sebagai cara untuk mengetahui kebenaran dari pertanyaan yang selanjutnya. Berikan jawaban yang memuaskan kepada HRD.

Salah satunya yaitu keinginan Anda untuk merekomendasikan perusahaan dan juga produk yang ada di perusahaan itu kepada orang lain. Dengan begitu maka perusahaan akan meningkatkan penjualan karena tugas dari customer service yaitu sebagai media promosi.

8. Menurut Anda, Seperti Apa Keberhasilan yang Ada di Perusahaan Ini?

Melalui pertanyaan ini maka pihak HRD mengetahui apakah Anda adalah kandidat yang peduli terhadap diri sendiri atau tim. Selain itu ada juga bisa menilai apa gambaran yang berhubungan dengan karakter diri calon kandidat. Apakah memahami bisnis pada suatu perusahaan atau tidak.

Dalam menjawab pertanyaan ini maka harus memperhatikan jawaban supaya tidak menjawabnya dengan asal. Pastikan bahwa Anda mempunyai jawaban yang masuk akal perihal kesuksesan yang diraih oleh perusahaan tersebut.

Selain itu, pertanyaan interview customer service ini juga menunjukkan akan minat pada diri Anda terhadap nilai-nilai dan kinerja yang ada pada perusahaan di mana Anda melamar.

9. Kegagalan Seperti Apa yang Pernah Anda Alami?

Saat memperoleh pertanyaan seperti ini, maka berhati-hatilah dalam menjawab. HRD memang menjebak dengan pertanyaan ini untuk menilai kemampuan dalam melatih kejujuran. Semua orang tentu pernah mengalami kegagalan.

Namun yang terpenting, melalui kegagalan tersebut kandidat bisa belajar dari permasalahan itu, apakah kandidat menyalahkan orang lain perihal permasalahan tersebut atau tidak. Tunjukkan jawaban yang menunjukkan tanggung jawab pribadi.

10. Bagaimana Cara Anda Memberikan Solusi Terhadap Permasalahan Yang Dialami Pelanggan?

Berikan jawaban yang logis, namun tidak berbelit-belit. Katakan bahwa Anda akan mendengarkan keluhan atau setiap permasalahan yang dialami oleh konsumen terlebih dahulu. Setelah itu barulah menggunakan sudut pandang dan mencari informasi sedetail mungkin perihal masalah yang terjadi.

Kemudian barulah memberikan solusi sesuai dengan keinginan pelanggan. Jika sekiranya pelanggan tidak cocok atau tidak setuju dengan solusi yang diberikan, maka bisa memberikan solusi lain.

Jika sekiranya solusi lain tersebut juga tidak sesuai harapan pelanggan maka bisa meminta bantuan kepada orang yang mempunyai jabatan lebih tinggi, seperti Manager atau yang lainnya.

Baca juga: Gaji Customer Service di Indonesia

11. Jika Pelanggan Kesal Akibat Pelayanan yang Bertele-Tele Apa yang Harus Dilakukan?

Jawaban terbaik untuk menjawab pertanyaan yang satu ini yaitu katakan bahwa langkah utama Anda salah customer service harus meminta maaf kepada pelanggan atas keterlambatan dalam memberikan solusi atau memberikan respon.

Setelah itu barulah mendengarkan apa yang diinginkan oleh pelanggan. Pada dasarnya pelanggan tidak hanya memberikan komplain, akan tetapi mereka juga butuh pengakuan terhadap rasa kekhawatiran dan kecewanya terhadap pelayanan atau produk yang sudah digunakan.

12. Saat Menghadapi Konsumen yang Marah-Marah Apa Yang Harus Anda Lakukan?

Jawaban yang memperlihatkan CS profesional yaitu dengan mengendalikan rasa amarah atau emosi saat berhadapan dengan pelanggan yang suka marah marah atau jengkel. Mengingat bahwa peran customer service sangat berpengaruh terhadap perusahaan.

Untuk itu, mau atau tidak mau harus bisa menahan rasa amarahnya. Meskipun menahan rasa emosi, customer service harus tetap bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen dan dengan cara yang profesional.

Dengan begitu maka customer service akan terlihat tetap terlihat bijaksana dan tidak terlihat buruk dimata pelanggan.

Baca juga: Cara menghadapi pelanggan yang marah

13. Konsumen Seperti Apa yang Membuat Anda Merasa Jengkel?

HRD memberikan pertanyaan ini karena ingin mengetahui seberapa jauh karakter Anda dalam memberikan pelayanan kepada konsumen. Sebagai orang yang menginginkan posisi customer service maka sangat diharapkan untuk memberikan jawaban yang terbaik.

Salah satunya yaitu tidak membeda-bedakan konsumen. Ketahuilah bahwa setiap pelanggan pasti mempunyai karakter yang tidak sama. Meskipun harus berhadapan dengan pelanggan yang menjengkelkan dan suka marah, namun sebagai CS harus bisa meredamkan emosi tersebut.

Katakan bahwa Anda akan memberikan pelayanan yang profesional supaya bisa membuat pasangan merasa nyaman dan puas. Meskipun diri anda sendiri sebenarnya juga merasa jengkel.

Baca juga: Pahami tipe konsumen dan cara menanganinya

14. Apa Tujuan Karir Anda?

Pertanyaan ini digunakan untuk bisa menentukan apakah Anda adalah seorang kandidat yang bersemangat atau tidak. Kandidat yang bersemangat pasti mempunyai gambaran yang mana mereka mempunyai keinginan berada pada posisi yang lebih baik untuk beberapa tahun kedepannya.

Namun kandidat yang mempunyai semangat kurang akan mengatakan bahwa dirinya akan bekerja di tempat yang menyenangkan tanpa memikirkan posisi yang diinginkan. Selain itu HRD juga ingin mengetahui lebih pasti keinginan dalam meniti karir atau gagasan perihal impian untuk hidup lebih baik.

Layanan menjadi kunci untuk bisa menenangkan hati para pelanggannya. Dengan kepuasan tersebut maka loyalitas dari pelanggan juga semakin meningkat secara otomatis. Hal ini menjadikan perusahaan mempunyai daya kompetisi yang cukup kuat.


Dengan mengetahui 14 pertanyaan interview customer service seperti diatas maka diharapkan customer service bisa menjalankan tugasnya dengan sebaik mungkin. Tetaplah menjadi customer service yang handal dan memprioritaskan kebutuhan pelanggan dan perusahaan.

kolaborasi bersama komerce
Bayu Kurniawan

Bayu Kurniawan adalah SEO Specialist di Komerce. Sangat tertarik di digital marketing, terutama SEO dan SEM.

Tinggalkan komentar