20 Kelebihan dan Keuntungan Bisnis Online yang Perlu Diketahui

keuntungan Bisnis Online – Apakah kamu sedang merencanakan untuk membuka bisnis online? Apakah kamu masih ragu untuk memulai itu semua? Jika iya, kamu tak sendiri. Banyak sekali orang yang masih ragu untuk memulai bisnis online, karena berpikir tentang keuntungan dan kerugiannya. Belum lagi kebutuhan yang menunjang operasional bisnis online tersebut.

Ditemukannya internet merupakan sebuah inovasi yang memudahkan berbagai urusan manusia, tak terkecuali urusan memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti belanja. Dengan internet, orang tak perlu lagi untuk selalu datang ke sebuah toko untuk mencari barang yang mereka inginkan. Internet memungkinkan orang-orang dapat berbelanja dari jarak jauh dengan bantuan bisnis online.

Baca juga: 16 Cara Meningkatkan Penjualan Online

Kelebihan dan Keuntungan Bisnis Online

keuntungan bisnis online
Sumber gambar: blackxperience.com

Bisnis online merupakan revolusi cara berbelanja dari cara sebelumnya di mana orang harus mendatangi toko dan melakukan transaksi di tempat. Bisnis online sangat memudahkan baik dari pedagang maupun pembeli.

Bisnis online memiliki banyak kelebihan dibandingkan cara tradisional selain kepraktisannya dalam melakukan transaksi. Apa saja kelebihan bisnis online? Baca selengkapnya artikel 20 kelebihan dan keuntungan bisnis online dari Komerce ini

1. Investasi Awal Yang Rendah

Kelebihan pertama dari menjalankan bisnis online adalah kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk memulainya. Bisnis online menghemat pengeluaran untuk mendirikan toko offline atau store, perlengkapan display, dan sebagainya. Kamu bisa memulai bisnis online di rumah dengan tempat yang bisa disesuaikan.

Memulai bisnis online dapat dilakukan oleh kamu yang memiliki modal terbatas. Kamu hanya perlu menyediakan perangkat komputer atau handphone, internet, beserta tools yang mendukung operasional bisnis kamu di awal bisnis.

2. Tidak Membutuhkan Banyak Tenaga

Menjalani bisnis online akan menghemat pengeluaran dan tenaga kamu. Ini terjadi karena kamu tidak perlu melakukan banyak hal seperti ketika kamu menjaga toko konvensional. Kamu bisa mengoperasikan toko sambil bersantai. Namun, jangan dilakukan ketika kamu harus memproses pesanan ya!

Kamu juga tidak perlu merekrut banyak orang untuk menjalankan toko kamu. Kamu hanya perlu merekrut beberapa orang yang dapat melakukan beberapa pekerjaan yang lebih ringan. Tak hanya itu, adanya berbagai tools dapat mengurangi kebutuhan karyawan toko kamu.

3. Informasi Lebih Mudah Sampai Ke Pelanggan

Karena bisnis online dijalankan melalui internet, maka informasi tentang update produk kamu dapat lebih mudah didistribusikan ke pelanggan. Kamu dapat menggunakan media sosial maupun pesan broadcast untuk menginformasikan promosi, produk terbaru, hingga informasi yang berkaitan dengan operasional toko kamu.

Kamu tidak perlu mencetak flyer, brosur, dan membagikan secara manual seperti cara lama yang dulu sering dilakukan. Kamu hanya perlu mengoptimalkan berbagai saluran yang tersedia di internet untuk menyampaikan informasi terbaru.

4. Operasi Rendah Biaya

Tak hanya modal awalnya yang rendah, dalam pengoperasian bisnis online kamu juga dapat menghemat biaya berkali-kali lipat dibandingkan membuka toko offline. Biaya marketing yang tidak sedikit, biaya komunikasi, belum lagi gaji karyawan akan menjadi pengeluaran pasti yang harus diperhitungkan.

Mengoperasikan bisnis secara online akan memotong biaya operasional secara signifikan. kamu juga tidak perlu mempekerjakan banyak orang sebagaimana kamu menjalankan toko offline, kecuali jika bisnis online kamu berkembang dengan baik. JIka kamu masih merintis bisnis ini, beberapa pekerjaan bisa dihandle oleh satu orang.

5. Pemeliharaan Rendah Biaya

Jika kamu mengelola toko offline, kamu harus mengeluarkan biaya maintenance toko seperti perawatan gedung, kebersihan, kerusakan, listrik, atau sewa toko. Itu belum termasuk biaya keamanan baik ketika mempekerjakan orang ataupun memasang cctv untuk toko kamu.

Dengan menjalankan bisnis online, kamu bisa mengawasi operasional toko kamu sendiri. kamu juga tak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk biaya pemeliharaan toko, karena untuk memulai bisnis online kamu bisa menggunakan ruangan kosong di rumah kamu.

Baca juga: 8 Jenis Digital Marketing Untuk Mengembangkan Bisnis

6. Menyimpan Uang

Manfaat dari banyaknya pemangkasan biaya dalam berbisnis online, kamu bisa menyimpan uang atau modal kamu lebih banyak. Uang atau modal itu dapat kamu gunakan untuk menambah produk atau sebagai dana cadangan ketika usaha kamu mengalami gangguan finansial.
Dengan memiliki dana cadangan, kamu akan lebih siap untuk menghadapi berbagai kemungkinan buruk. Misalnya, ketika terjadi pandemi seperti saat ini kamu bisa tetap menjalankan usaha tanpa khawatir terganggu arus keuangannya.

7. Bagus untuk produk bertema

Ini adalah peluang untuk kamu yang berjualan produk dengan ceruk pasar yang spesifik. Produk dengan tema tertentu akan sulit dijual di pasaran umum karena sedikit orang yang mencarinya. Tentu saja kamu harus mengeluarkan budget ekstra untuk memasarkan produk kamu dan mencari pelanggan.

Jika kamu berbisnis online, pelanggan dengan ceruk pasar tertentu yang akan mencari produk. Ini dikarenakan mereka memiliki kebutuhan atas produk kamu. Kamu bisa memanfaatkan potensi ini untuk memulai bisnis online dan memasarkannya kepada target yang spesifik. Hal ini akan membuat bisnis kamu lebih mudah dalam menjaring pelanggan.

8. Sederhana dan nyaman

Keuntungan bisnis online selanjutnya adalah sederhana dan nyaman. Setelah kamu menghilangkan berbagai hal yang tidak diperlukan pada bisnis online, kamu akan merasakan bisnis yang lebih sederhana dan jauh dari kata ribet. Kamu tak perlu mengurus terlalu banyak hal seperti ketika kamu memiliki bisnis konvensional.

Kamu bisa mengatur pembagian waktu bisnis online dengan kehidupan pribadi. Kamu tak harus standby di toko tanpa bisa melakukan hal lain ketika tak ada transaksi yang sedang berlangsung. Apalagi jika kamu mulai merekrut orang untuk bekerja di toko kamu. Kamu cukup mengawasi operasional dan itu bisa dilakukan kapan saja dan dari mana saja.

9. Sangat populer dengan konsumen

Tak hanya pebisnis yang merasakan kemudahan berbisnis online, konsumen pun saat ini disuguhi kemudahan berbelanja melalui media daring. Belanja online sudah menjadi kegiatan yang sangat akrab ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini tak lepas dari berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh inovasi ini.

Konsumen kini dapat menentukan pilihan mereka berdasarkan harga, merk, kualitas, warna dan sebagainya tanpa perlu merasa sungkan seperti ketika melihat-lihat toko offline. Tugas kamu di sini adalah memaksimalkan produk, tampilan, dan layanan toko kamu agar dapat bersaing di bisnis online.

10. Jangkauan Luas

Kamu bisa menjangkau pasar seluas-luasnya sampai ke luar kota, luar daerah, bahkan ke luar negeri dengan sifat internet yang tidak terbatas ruang. Tinggal tentukan saja target yang tepat dengan produkmu jika menggunakan iklan agar anggaranmu dihabiskan secara tepat dan efisien.

Hal ini sangat berbeda jika kamu berbisnis secara konvensional. Kamu hanya dapat mengandalkan pelanggan di sekitar tokomu dan pemasaran dari mulut ke mulut. Itu pun kamu harus mampu bersaing secara ketat dengan toko-toko di sekitarmu karena pasar yang sangat terbatas.

Baca juga: 16 Tools untuk Memonitor Reputasi Bisnis Online

11. Memberikan kemudahan

Kamu pasti setuju kan jika berbelanja online sangat memudahkan terutama bagi orang-orang yang berlokasi jauh dari toko ataupun kesulitan dalam mobilitas entah karena sulitnya akses maupun waktu yang sibuk.

Begitu juga buat kamu sebagai pemilik bisnis. Kamu tak perlu mencari lokasi strategis untuk membuka toko agar dilihat oleh orang-orang. Kemudahan lain adalah, kamu lebih fleksibel dalam menentukan jam operasional dan distribusi barang karena saat ini jasa ekspedisi juga semakin memudahkan pebisnis.

12. Pemasaran yang gratis

Jika pada toko online kamu memerlukan budget marketing untuk mempromosikan produk kamu, pada bisnis online kamu dapat memangkas banyak biaya bahkan gratis jika kamu bisa mengoptimasi media bisnis kamu baik dari media sosial, website, dan sebagainya.

Kamu bisa mengoptimasi SEO, hashtag, dan strategi content lainnya agar tokomu selalu muncul dalam hasil pencarian. Ada banyak sekali strategi yang bisa kamu coba untuk mengoptimasi bisnis melalui media online.

13. Penjualan saat anda tidur

Apakah kamu pernah berfikir akan menghasilkan uang bahkan ketika tidur? Ini bisa terjadi ketika kamu berbisnis online. Ketika kamu berjualan dengan cara tradisional, transaksi akan terhenti total ketika kamu menutup toko.

Lain hal ketika kamu membuka toko online. Ketika kamu tidur, pembeli tetap akan bisa mengakses toko kamu. Ketika mereka memutuskan untuk melakukan transaksi, maka kamu bisa memprosesnya ketika jam operasional telah dimulai.

14. Tidak ada batasan

Menjual secara online berarti kamu memasuki pasar yang sangat bebas dan tak terbatas. Siapapun dan dimanapun bisa mengakses dan membeli produk kamu. Kamu tak hanya dapat menjual ke orang-orang di sekitarmu saja. Apalagi jika kamu menargetkan pasar ekspor.

Dengan bisnis online, kamu akan dapat memperoleh pelanggan tanpa harus mendatangi mereka di negara asalnya. Pembeli dapat melihat produkmu melalui media online baik via gambar maupun video kapanpun.

15. Ramah lingkungan

Bisnis online berarti menghemat pengeluaran baik itu pengeluaran sampah yang biasa ditimbulkan oleh toko, atau pengeluaran bahan bakar transportasi karena kamu tidak harus pergi kemanapun.

Baca juga: 9 Tips Meningkatkan Penjualan Bisnis Online dengan TikTok

16. Sangat mudah untuk melacak keberhasilan

Ini adalah salah satu keunggulan yang wajib kamu pertimbangkan untuk memulai bisnis online. Dengan dibantu berbagai tools pencatatan data dan keuangan, kamu bisa mengetahui perpindahan barang dan uang tanpa khawatir ada yang tertinggal.

Hal ini berlaku jika kamu mencatat segala bentuk mobilitas barang dan uang dengan teliti ya. Karena pada dasarnya tools pencatatan ini hanya merekam data dan memproses apa yang dia rekam.

17. Mudah untuk tetap berhubungan dengan pelanggan

Karena transaksi yang dilakukan oleh bisnis online dilakukan melalui internet messenger, maka kamu bisa menjadikan kontak pelanggan sebagai database. Database yang kamu punya dapat berguna untuk menjalin komunikasi pasca pembelian dan menginformasikan produk atau informasi terbaru dari toko kamu.

Kamu juga bisa memberikan tawaran promo melalui keanggotaan (member) untuk pelanggan dengan benefit tertentu. Pelanggan yang puas dengan produk dan pelayanan kamu akan senang hati menerima info yang kamu berikan.

18. Transaksi keuangan jauh lebih mudah dan cepat

Transaksi keuangan yang dilakukan dalam bisnis online lebih mudah karena dilakukan melalui bank transfer atau pengisian (top up) dompet digital. Transparansi yang ditawarkan dalam sistem pembayaran ini memberikan jaminan lebih aman, mudah, dan cepat.

19. Bisa Dipelajari Secara Otodidak

Berbisnis online memang memerlukan beberapa keterampilan, namun itu sangat bisa dipelajari berdasarkan pengalaman. Apalagi, tren belanja online bergerak sangat dinamis, jadi kamu bisa mempelajari dengan terjun langsung ke lapangan atau bisa disebut “Learning by doing”

20. Peluang Usaha Baru Selalu Terbuka

Keuntungan bisnis online terakhir adalah peluang usaha baru yang selalu terbuka. Dengan berbisnis online, kamu akan banyak terhubung dengan sesama seller, reseller, produsen, distributor, dan sebagainya. Dari hubungan-hubungan yang terjalin, kamu akan dapat mendapatkan peluang-peluang bisnis baru.

Kamu bisa mengetahui produk-produk yang sedang digemari masyarakat dengan bertukar informasi dengan seller yang lain. Hubungan bisnis yang baik juga akan mendatangkan peluang yang baik bukan?


Itulah berbagai kelebihan dan keuntungan bisnis online dibandingkan dengan bisnis offline (konvensinal) yang perlu Anda ketahui. Perkembangan teknologi informasi memang menawarkan berbagai kemudahan termasuk dalam hal berbisnis. Perkembangan inilah yang harus diikuti oleh pebisnis dalam menjemput peluangnya.

Berbisnis online memang menawarkan banyak kelebihan dibandingkan dengan toko konvensional, namun bukan berarti tanpa resiko karena bisnis online cepat berubah dan perkembangannya sangat cepat. Oleh karena itu, kamu harus terus mempelajari perkembangannya dari berbagai sumber agar bisnis onlinemu dapat lancar dan cepat berkembang.

Nanda

Nanda adalah content specialist di Komerce. Nanda ingin terus berbagi pengalamannya melalui artikel-artikelnya di blog Komerce. Memastikan Anda mendapatkan pengalaman-pengalaman baru tentang dunia customer service dan e-commerce.

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.