16 Tools untuk Memonitor Reputasi Bisnis Online

Bisnis online saat ini menjadi salah satu ladang yang masih hijau. Selain pelakunya yang belum banyak, bisnis online memiliki pasar yang sangat luas. Sehingga sangat penting mengetahui tools untuk memonitor reputasi bisnis online para pelaku bisnis. Apalagi untuk pemilik usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Untuk menjaga dan mengetahui reputasi di dunia maya, para pelaku usaha wajib mengetahui cara menjaga kredibilitas mereka. Para pengusaha harus selalu rutin memantau reputasi bisnis online melalui aplikasi. Sehingga bisa mengetahui seberapa jauh bisnis Anda mendapat kepercayaan dari konsumen.

Ulasan-ulasan positif dari konsumen maupun kritik yang ditulis konsumen berperan penting untuk menjaga reputasi bisnis online Anda. Ternyata mengelola aplikasi atau tools untuk memonitor bisnis online tidak sulit.

Penting Reputasi Bagi Sebuah Bisnis

Bagi sebuah brand, perusahaan atau seorang publik figur, reputasi atau nama baik tidak boleh dianggap remeh. Karena hal ini jelas sangat berpengaruh terhadap citra sebuah brand, perusahaan atapun publik figur.

Reputasi yang bagus akan meningkatkan citra dan kepercayaan masyarakat terhadap brand, perusahaan atau publik figur. Begitu juga sebaliknya. reputasi yang negatif, akan menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap brand, perusahaan ataupun publik figur.

Nah, yang akan kita bicarakan kali ini adalah reputasi di dunia online atau internet. Reputasi online? Reputasi di internet? Apakah ada? Coba Anda perhatikan gambar di bawah ini.

google suggest
Google Suggest Menampilkan keyword yang paling banyak dicari dari kata penipu

Ketika kita mengetikkan kata “penipu” di mesin pencari Google, kita akan disuguhi beberapa keyword seperti gambar di atas. Perhatikan kata yang diberi garis bawah merah, itu adalah nama brand, perusahaan dan juga nama orang. Kita lihat disana ada bdig group, gen halilintar, daylen bahkan lazada Malaysia.

Kita ambil contoh ada kata daylen disana, lalu akan seperti apa hasilnya ketika kita mengetikkan kata daylen di mesin pencari google?

google suggest daylen
Ketika mengetikkan kata daylen, kata kunci daylen penipu kasakus tampil di saran pertama

Mungkin sudah Anda ketahui, kalimat yang muncul setiap kali kita mengetik kata kunci di Google bukan karena Google iseng ingin menyarankan kalimat tersebut. Saran dari Google ini adalah kalimat yang sering dicari oleh masyarakat terkait kata kuncil utamanya. Dan Google menampilkan kalimat-kalimat itu bukan dari jumlah pencariannya yang hanya satu atau dua orang saja, tetapi sudah ribuan bahkan puluhan ribu orang yang mencarinya. Itu sebabnya reputasi online ini tidak boleh kita pandang sebelah mata.

Sayangnya, kita tidak bisa sepenuhnya mengontrol reputasi online seperti ini. Bahkan kata-kata negatif seperti contoh di atas muncul secara mendadak dan tidak bisa diprediksi sebelumnya. Apalagi kalau sampai viral di sosial media.

Karena nila setitik, rusak susu sebelanga. Tentu kita sudah tidak asing dengan peribahasa ini. Dan ini sudah sering terjadi di masyarakat kita. Brand, perusahaan ataupun publik figur yang semula citranya bagus, reputasinya jadi turun drastis hanya karena sesuatu yang negatif.

Baca juga: Tools Untuk Memudahkan Cek Resi

16 Software/ Tools Untuk Memonitor Reputasi Bisnis Online

Lalau bagaimana cara untuk mengetahui apakah bisnis kita aman dari kesan negatif di dunia online? Berikut rekomendasi 16 tools untuk memonitor reputasi bisnis online yang dapat dioperasikan dengan mudah oleh siapa saja.

1. Google Suggest

Yang pertama, tentu saja Google Suggest. Kami tekankan, Google Suggest adalah kata atau kalimat yang disarankan oleh google ketika kita mengetikkan kata utama di Google. Contohnya ya seperti gambar di atas tadi.

Cara menggunakan Google Suggest ini sangat mudah, Anda tinggal mengetikkan brand atau bisnis Anda di pencarian Google. Lalu tambahkan underscore (_) di belakang kata kunci Anda. Contohnya hasil Google Suggest dari kata Kampung Marketer seperti pada gambar berikut ini:

google suggest kampung marketer
Contoh hasil dari Google Suggest untuk kata kunci Kampung Marketer

2. Google Alert

Google Alerts

Bicara tentang aplikasi dunia maya, Google selalu menjadi penyaji utama yang dapat diandalkan. Salah satunya produknya Google Alerts merupakan mesin pencari dari Google yang disesuaikan untuk mengirimkan pemberitahuan bila ada konten baru. Google Alerts dapat melakukan scaning dan menarik informasi dari website, blog, penelitian, atau artikel yang relevan dalam jaringan Google.

Seperti produk Google pada umumnya, keunggulan platform ini selain gratis juga mudah dioperasionalkan. Cukup memasukkan kata kunci yang diinginkan lalu pilih jenis hasil yang kita inginkan untuk dikirimkan oleh Google. Selanjutnya proses pemantauan reputasi bisnis online para pelaku usaha bisa sukses terpantau.

Kelebihan Google Alerts lain yakni bisa dioperasikan dengan ringan melalui gawai apa pun. Baik komputer, laptop, tablet, atau ponsel. Sehingga saat santai, bisa membuka ponsel sekaligus mengecek reputasi bisnis online melalui gadget.

3. Social Mention

Sesuai namanya, Social Mention akan membantu Anda memantu reputasi bisnis Anda di media sosial seperti Facebook, Twitter, YouTube, dll.

socialmention tokopedia
Hasil dari Social Mention untuk Tokopedia

Perhatikan di bawah logo dari Social Mention, ada 4 parameter yang bisa kita baca.

  • Strength: Berapa persen kemunckinan merek Anda didiskusikan di media sosial.
  • Sentiment: Rasio penyebutan positif dengan penyebutan negatif tentang merek Anda.
  • Passion: Kemungkinan orang berbicara tentang merek Anda akan melakukannya berulang kali.
  • Reach: Jumlah penulis unik yang menulis tentang atau menyebutkan merek Anda.

4. ReviewTrackers

ReviewTrackers

Platform pertama yang wajib Anda ketahui untuk memantau reputasi bisnis online adalah ReviewTrackers. Aplikasi ini sudah banyak dipercaya pelaku bisnis daring. Software ini dapat diandalkan karena keakuratannya sangat tinggi. Bagi yang tak terlalu melek teknologi tak perlu khawatir karena software ini mudah dioperasikan.

ReviewTrackers memiliki keunggulan mengumpulkan dan menganalisis ulasan daring dari semua situs ulasan utama. Juga dapat diandalkan dalam membantu bisnis multi-lokasi. Juga bisa menemukan dan menafsirkan data pelanggan. Sehingga Anda dapat mengoptimalkan operasi, meningkatkan SEO lokal, dan membangun loyalitas pelanggan.

ReviewTrackers juga menyajikan beragam riset seputar dunia bisnis. Sehingga dapat memundahkan Anda untuk belajar sekaligus menganalisa peluang. Cukup dengan menulis ReviewTrackers di Google.com, selanjutnya tinggal mengikuti petunjuk yang ada.

Baca juga: Rekomendasi Tools Rotator Untuk Pembagian Leads

5. Naymz

naymz

Software ini memang masih asing di kalangan pengguna internet. Namun jangan salah, Naymz memiliki fitur yang dapat melacak dan mengelola lebih dalam produk bisnis online Anda. Seperti menganalisa pengaruh sosial hal tertentu terhadap lingkungan yang berhubungan erat dengan reputasi bisnis online Anda.

Semakin tinggi pengaruh sosial bisnis yang ditangkap Naymz, maka akan semakin positif pula reputasi dari bisnis online kita. Salah satu program Naymz yang patut diperhitungkan lainnya adalah Repscore merupakan program yang mengukur pengaruh bisnis secara online di seluruh jaringan sosial yang ada.

Meski tak terlalu populer, Naymz bisa jadi pilihan untuk mengecek dan memonitor reputasi bisnis online karena memiliki fitur penunjang yang sangat bagus. Juga mudah dioperasikan siapa saja. Naymz juga akan memberikan data-data menarik seputar reputasi bisnis Anda.

6. YouScan

YouScan

YouScan bisa menjadi software pilihan para pelaku usaha yang ingin memonitor reputasi bisnis online. Dapat digunakan untuk memindai media sosial dan situs website apa pun. Pemindaian dapat dilakukan dengan menyebut merk bisnis. Selanjutnya aplikasi akan menganalisa semua kata kunci yang ditulis.

Tak perlu waktu lama, YouScan akan menampilkan semua hasil pelacakan data. Keunggulan YouScan yang tidak dimiliki banyak platform serupa adalah image recognition. Seperti diketahui, image recognition adalah kecerdasan buatan yang dapat menampilkan data secara spesifik dengan pencarian visual.

Dengan pencarian visual, para pelaku bisnis seperti Anda dapat mengetahui secara spesifik. Meskipun hanya mengunggah gambar atau tanpa menulis, mesin YouScan dapat bekerja secara optimal. Platform ini tidak akan mengecewakan Anda yang membutuhkan tools untuk memonitor reputasi bisnis daring.

7. Yext

Yext

Salah satu tools untuk memonitor reputasi bisnis online lainnya adalah Yext. Yext merupakan situs yang wajib dibuka pelaku usaha yang ingin mengelola daftar online. Yext menampilkan ulasan bertema lokasi seperti buku kuning atau yellow paes. Tujuannya untuk memastikan informasi sudah akurat.

Keunggulan Yext yang sangat istimewa adalah fitur PowerListings. Fitursatu ini dapat memberikan notifikasi terkait tingkat kesalahan informasi yang ditulis. Dengan fitur ini, para pelaku usaha dapat memperbaiki dan memastikan pelanggan dapat mengakses bisnis online dengan baik. Dengan demikian reputasi pun dapat terjaga.

Tahap yang harus dilakukan, para penggunanya cukup memasukkan nama bisnis online, nomor telepon, alamat dan kode pos usaha. Selanjutnya Yext akan menjalankan program dengan memindai semua daftar situs beserta review dalam database nya. Anda cukup menunggu dan membaca semua ulasan yang diberikan oleh para konsumen.

8. Hootsuite

Hootsuite

Jejaring sosial satu ini mungkin sudah tak asing bagi sebagian pengguna Android. Sebab, di beberapa ponsel berbasis Android selalu ada Hootsuite sebagai salah satu aplikasi bawah. Hootsuite memungkinkan penggunanya untuk melihat semua jaringan media sosial di dalam satu aplikasi sajat.

Pengguna Hootsuite juga dapat mengatur jadwal pesan untuk beberapa waktu ke depan. Para penggunanya juga dapat mendengarkan dan terlibat lebih dekat dengan followers. Hootsuite menyajikan analisa mendalam dari berbagai media sosial. Tujuannya untuk melihat reputasi bisnis di dunia maya.

Sayangnya Hootsuite tak sepenuhnya gratis. Untuk menikmati fitur pro atau yang lebih banyak, penggunanya harus upgrade ke premium dengan biaya $10 atau sekitar Rp 150 ribu per bulannya. Hootsuite Pro memberikan banyak keuntungan. Salah satunya dapat menghubungkan hingga 50 profil media sosial dan meningkatkan laporan terhadap analisis reputasi online lebih banyak.

9. SEMrush Brand Monitoring

SEMRush Brand Monitoring

Salah satu software online reputation terbaik, yaitu SEMrush Brand Monitoring. Software ini termasuk ke dalam kategori alat SEO terbaik pula. Adanya fitur Brand Monitoring, membuatnya semakin lengkap dan banyak digunakan oleh sebagian besar pengusaha atau pelaku usaha.

Adanya fitur Brand Monitoring ini, fungsinya dapat digunakan untuk bisa melacak beberapa komentar atau bahkan ulasan yang ada di dalam situs website aktif. Tujuannya juga untuk mengidentifikasi posisi brand yang Anda sebutkan sebelumnya. 

Dengan menggunakan software bernama SEMrush Brand Monitoring ini, maka pelaku usaha dapat lebih dalam menyelami cakupan reputasi dari brand mereka sendiri. Dari situlah, Anda bisa menyesuaikan bagaimana caranya menafsirkan serta menindaklanjuti dari hasil pelacakan.

Bahkan juga bisa mengetahui “tone” dari audiens, sehingga akan lebih membantu pelaku usaha dalam pengambilan keputusan dan juga memahami bagaimana konsumen melihat brand Anda. Tidak hanya itu saja, pelaku usaha juga dapat mengumpulkan umpan balik menggunakan software ini.

Pihak user bisa mencari lewat mention yang sesuai dengan frase keyword, bahkan juga dapat memfilter berdasarkan dari sumber. Kemudian, mengurutkannya langsung sesuai tanggal maupun peringkat lalu memberikan beberapa sentimen. Baik positif, negatif dan netral.

10. Mention

mention

Kemudian, ada software reputation bernama Mention. Memiliki keunggulan yang tidak jauh berbeda dengan software sebelumnya, Anda seakan merasakan seperti menggunakan Google Alerts. Betapa menyenangkannya bisa mendapatkan update harian dari brand secara online. Bayangkan menerima notifikasi secara real time termasuk sosial media.

Ada beberapa testimoni dari pelaku usaha yang menggunakan software Mention ini, mereka mengatakan bahwa layanannya hampir mirip seperti Google Alerts. Namun, jauh lebih terlihat canggih dan juga komprehensif. Tidak hanya itu saja, software ini juga memberikan analitik yang cukup menarik dan kuat.

Misalkan saja, Anda bisa membandingkan sebuah merek pribadi dengan milik orang lain. Seperti pada sentimen, pangsa suara, jangkauan serta pengaruhnya. Jadi, sebagai pelaku usaha tidak hanya bisa tahu yang dikatakan orang terhadap pribadi dan kapannya.

Namun, Anda juga bisa melakukan identifikasi trend serta dapat membuat opsi pemasaran / marketing yang jauh lebih kreatif. Langkah pertama yang harus dilakukan, yaitu dengan mengetahui apa yang konsumen pikiran tentang merk buatan sendiri. Bila memang itu tujuannya, maka tidak akan sulit untuk tidak menyebutkannya.

Baca juga: Cara Mengukur Keberhasilan Digital Marketing Campaign

11. Reputology

Reputology

Selain itu, ada software yang tidak kalah menjadi unggulan dan andalan banyak pelaku usaha yang ada di seluruh Indonesia. Salah satunya adalah Reptology, software yang memiliki tujuan untuk manajemen reputasi secara online dengan cara memantau berbagai macam ulasan atau bahkan komentar online.

Selain dari situs media sosial, Anda juga bisa mendengarkan apa yang dikatakan para pelanggan terkait situs pribadi dari website ulasan / komentar secara khusus. Misalnya saja industri dalam bidang perhotelan, perawatan kesehatan, makanan, real estate, dan juga kebugaran.

Tidak hanya itu saja, software Reptology ini memberikan lebih banyak dari sekedar kesempatan dalam mengumpulkan berbagai macam ulasan hanya dalam satu dasbor. Software satu ini juga bisa mengirimi Anda sebuah notifikasi email secara otomatis bila memang ada ulasan baru. Setelah itu Anda bisa membalas ulasan tersebut secara langsung dari platform.

12. BrandMentions

BrandMentions

Software reputation selanjutnya adalah BrandMentions, menariknya lagi hampir di setiap platform sosial media populer sekali pun. Semuanya ada di dalam software ini, bersamaan dengan website non sosial. Misalnya saja seperti situs berita, website berupa ulasan dan juga blog pada umumnya.

Dengan menggunakan software bernama BrandMentions ini, sebagai pelaku usaha Anda bisa melakukan tindakan konfigurasi yang lebih ekstensif lagi. Langkah pertama, identifikasikan kata kunci yang ingin dilacak sebelumnya. Misalnya saja nama dari sebuah perusahaan serta alamat sosialnya.

Anda juga bisa melakukan pemantauan dari pesaing maupun kompetitor dengan menggunakan software satu ini. Dengan memakai BrandMentions, pelaku usaha dapat melakukan persiapan proyek dengan filter tertentu. Setelah membuatnya, kurang dari satu menit saja maka akan terlihat rincian dari mention brand terkait. Bisa juga meresponnya langsung ulasan maupun komentar dari para audiens.

13. Buzzsumo

Buzzsumo

Selain itu, ada software reputation lain yang bisa Anda andalkan sebagai pelaku usaha yaitu bernama Buzzsumo. Software satu ini merupakan salah satunya website yang dapat diakses serta bisa menunjukkan kepada para pebisnis terkait konten apa yang saat ini sedang menjadi trend di berbagai media sosial, pemberitaan atau bahkan blog.

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa menggunakan software Buzzsumo untuk dapat membandingkan beberapa konten pribadi dengan para pesaing atau produk milik orang lain. Cobalah untuk memahami apa alasannya karya mereka lebih populer secara online.

14. TalkWalker

Talkwalker

Kemudian, ada software TalkWalker yang termasuk ke dalam alat analisis sosial reputasi elektronik. Keunggulan yang menonjol dari software satu ini adalah dapat memungkinkan sekitar lebih dari 2.000 brand atau merk serta agensi yang bisa mengoptimalkan dari dampak atas upaya komunikasi sebagian besar pelaku usaha.

TalkWalker ini juga akan memberikan layanan yang cukup mumpuni, seperti di mana brand yang dapat secara mudah menggunakan software satu ini. Tujuannya adalah untuk dapat melindungi, mempromosikan serta mengukur brand di seluruh dunia dan saluran komunikasi.

Platform analitik bernama TalkWalker ini pun telah menggunakan teknologi yang didukung oleh Al. Fungsinya dapat memantau serta melakukan analisis percakapan secara online dan real time di seluruh sosial media paling populer. Seperti misalnya berita, blog bahkan forum yang tersedia dalam 187 bahasa.

15. Meltwater

Meltwater

Tidak hanya itu saja, software reputation masih ada beberapa yang bisa diandalkan. Seperti salah satunya software bernama Meltwater ini, merupakan software yang memiliki fungsi untuk dapat mengukur suatu reputasi secara online. Bahkan juga dapat menambahkan analisis sosial media ke bagian analisis secara real time.

Software Meltwater ini memiliki keunggulan yang cukup menonjol daripada yang lain. Seperti dengan menawarkan database media paling besar yang ada di seluruh dunia. Dengan begitu, Anda dapat yakin tidak akan melewatkan satu mention pun yang ada. Selain itu, ada keunggulan lain dari software ini.

Bagi Anda yang yang ingin mengetahui terhadap siapa saja yang selalu memperbincangkan pesaing pribadi, di mana keberadaan mereka, serta berapa banyak mention yang diterima setiap harinya. Baik mingguan dan bulanan, serahkan semua itu kepada software Meltwater.

Baca juga: Plugin Ongkos Kirim Untuk Toko Online

16. Awario

Awario

Software andalan selanjutnya, yaitu Awario. Software yang paling cerdas dan cukup membantu Anda dalam melakukan pemantauan, memengaruhi, bahkan melibatkan suatu web. Baik untuk web dalam dunia bisnis atau bahkan secara individu. Cara pengoperasiannya pun cukup mudah.

Anda hanya cukup mengatur peringatan, seperti nama perusahaan maupun brand atau bisa juga dengan memasukkan kata kunci di software Awario. Ada beberapa fitur yang termasuk unggulan di software ini, yaitu opsi pemfilteran yang cukup membantu untuk menjaga mention agar tetap selalu teratur serta mudah dilihat.

Tidak hanya itu saja, kemampuan untuk dapat mengunduh data berupa kutipan ke dalam file Excel yang dapat memungkinkan melakukan analisis data cukup mudah. Software Awario ini juga sangat mudah untuk digunakan.


Setelah mengetahui 16 tools untuk memonitor reputasi bisnis online, Anda dapat langsung mengoperasikannya. Software, platform, dan website yang direkomendasikan di atas merupakan alat untuk mempermudah para pelaku bisnis dalam menjaga reputasi dan kredibilitas tempat usahanya. Apalagi sekarang ini banyak konsumen yang aktif di media sosial.

Perlu diketahui, 16 tools untuk memantau reputasi bisnis di atas memiliki keunggulan dan fitur yang berbeda. Salah satu kesamaannya yakni semua tools tidak hanya menjaring komentar yang baik, 146 tools tersebut di atas juga bisa memantau kritik dan saran dari para konsumen. Sehingga dapat menjadi bekal penting para pelaku usaha untuk meningkatkan kualitas. Jangan pernah anggap remeh pendapat, tanggapan, maupun kritik dari para konsumen. Sebab akan menjadi bekal penting untuk meningkatkan kualitas bisnis Anda.

Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati

Memang benar, sering kali kita akan membutuhkan usaha, waktu dan biaya yang tidak sedikit untuk mengobati daripada apa yang kita keluarkan untuk mencegah. Jadi penting untuk para pebisnis online untuk menjaga reputasi mereka dan mencegah citra negatif di kalangan warganet.

Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan kita memberikan layanan terbaik kepada para pelanggan kita. Tapi itu bukan perkara mudah tentunya. Apalagi kalau bisnis Anda sedang berkembang pesat. Anda mungkin akan membutuhkan banyak karyawan, memperluas atau menambah kantor, dan biaya-biaya lain untuk meningkatkan layanan Anda.

Jika Anda mengalami masalah seperti ini, Kampung Marketer siap membantu Anda dalam menyediakan SDM yang terampil dan terlatih. Disini kami mendidik dan melatih pemuda-pemudi di desa kami untuk menjadi SDM yang terampil di bidang Internet Marketing seperti sebagai Advertiser dan Customer Service.

Tidak hanya dilatih tentang teknis saja, tapi mereka juga dilatih tentang bagaimana memberikan pelayanan prima kepada para pelanggan. Pentingnya pelayanan kepada pelanggan memang telah disadari betul oleh CEO Kampung Marketer yaitu Nofi Bayu Darmawan yang telah lama berkecimpung di dunia bisnis online. Sehingga pendidikan tentang bagaimana cara memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan menjadi salah satu prioritas di Kampung Marketer.

Ratusan pebisnis online dari berbagai daerah di Indonesia telah berkolaborasi menjadi partner kami dengan kami untuk memberdayakan lebih dari 500 warga desa kami.

partner kampung marketer
Kunjungan salah satu Partner Kampung Marketer

Jadi kalau Anda ingin meningkatkan layanan dan memaksimalkan penjualan bisnis Anda, segera bergabung bersama Komerce!
Salam Suskes…!

kolaborasi bersama komerce
Hartanto

Hartanto adalah web developer di Komerce. Hartanto ingin memastikan agar setiap website yang dikelolanya terus online. Dia juga banyak berbicara tentang landing page untuk penjualan.