20 Kekurangan Bisnis Online Yang Perlu Anda Ketahui

Kekurangan Bisnis Online – Bisnis online memiliki peluang yang besar untuk meningkatkan serta mengembangkan bisnis yang Anda jalankan. Perkembangan teknologi yang semakin pesat ini membuat banyak orang beralih untuk berbelanja online daripada harus datang langsung ke store, tentunya ini menjadi kemudahan bagi pelanggan untuk membeli produk yang diinginkan.

Saat memulai bisnis online Anda harus memperhatikan kualitas produk dengan baik, selain itu membangun kredibilitas dengan pelanggan juga harus diutamakan. Hal ini akan meningkatan kepuasan pelanggan yang nantinya akan memiliki pengaruh yang penting dalam kesuksesan bisnis Anda.

Tak hanya itu, Anda juga harus menyusun berbagai strategi pemasaran yang tepat agar bisnis berjalan dengan baik, ada beberapa orang yang mengabaikan rencana strategi tersebut sehingga bisnisnya sering gagal. Inilah yang akan menjadi kelemahan dari bisnis online yang tidak dipersiapkan dengan matang.

Baca juga: 20 Kelebihan dan Keuntungan Bisnis Online

Kelemahan dan Kekurangan Bisnis Online

daftar kelemahan bisnis online
Sumber gambar: nesabamedia.com

Dalam memulai bisnis online pastinya Anda akan mengalami hambatan yang disebabkan oleh beberapa faktor, hambatan tersebut bisa menjadi bumerang yang akan menyebabkan bisnis Anda gagal. Oleh karena itu sangat penting untuk mengatasi hambatan yang menjadi kekurangan bisnis online Anda.

Dengan adanya kelemahan pada bisnis online ini Anda bisa belajar untuk mencari solusi agar bisnis yang Anda jalankan bisa berkembang, apalagi jika Anda merupakan seorang pebisnis pemula yang masih harus banyak belajar.

Berikut ini adalah beberapa kekurangan dan kelemahan bisnis online yang perlu Anda ketahui:

1. Kekurangan Sharing Fungsional

Bisnis online yang tidak memanfaatkan kecanggihan teknologi tidak akan berkembang mengikuti zaman, seperti halnya tidak adanya informasi yang jelas pada website Anda mengenai informasi kontak pemesanan yang harus dihubungi.

Alangkah baiknya informasi tersebut tertera dengan jelas sehingga pelanggan bisa menghubungi Anda saat ingin melakukan pemesanan, ini juga akan meningkatkan keuntungan Anda menjadi lebih besar.

2. Tidak benar-benar memikirkan strategi SEO

Pada umumnya banyak bisnis online yang tidak menyusun strategi SEO dengan baik dan tepat, padahal dengan adanya pengaturan SEO pada bisnis online Anda akan membawa kesuksesan ke arah yang lebih besar.

Dalam sebuah bisnis online, SEO memiliki peranan yang sangat penting. Dengan adanya SEO akan meningkatkan kunjungan traffic ke situs Anda sehingga peluang mendapat pelanggan akan semakin besar.

3. Kemudahan perbandingan harga

Saat ini para pelanggan sudah diberikan kemudahan untuk bisa membandingkan harga dengan toko online lainnya, tentunya hal tersebut akan membuat Anda bersaing dari segi harga dengan penjual lainnya.

Selain itu persaingan pada diferensiasi produk atau dari faktor lainnya juga semakin rendah, kebanyakan pelanggan lebih memilih produk dengan harga yang lebih murah. Dengan begitu kemungkinan Anda akan mendapatkan margin yang lebih rendah pula.

4. Masalah keamanan dan keandalan

Bisnis online memiliki resiko kecurangan atau penipuan yang lebih besar, seperti misalnya kecurangan pada kartu kredit yang dapat disalahgunakan oleh pihak lain. Sehingga harus lebih berhati-hati ketika memberikan rincian bank kepada orang lain.

5. Informasi yang Overload

Kekurangan bisnis online selanjutnya adalah informasi yang ada di internet terlalu banyak dan belum tentu dapat dipercaya. Kemungkinan orang untuk tersesat saat melakukan pencarian di internet adalah karena banyaknya informasi yang membuat pelanggan akhirnya hanya penasaran saja dan menunda pembelian, banyak dari mereka pula yang ingin melihat dan mencoba produk lainnya sebelum akhirnya membeli produk tersebut.

Baca juga: 16 Tools untuk Memonitor Reputasi Bisnis Online

6. Kepercayaan

Kepercayaan menjadi dasar utama saat memulai bisnis online, hal ini karena proses transaksi dilakukan secara online sehingga antara penjual dan pembeli tidak bertemu langsung.

Maka dari itu menjalin kepercayaan sangatlah penting untuk kesuksesan bisnis Anda, seperti misalnya saat melakukan promosi di media sosial seperti instagram atau facebook biasanya menggunakan influencer terpercaya sehingga produk Anda akan lebih diminati.

7. Biaya pengiriman

Salah satu kelemahan saat memulai bisnis online adalah pada biaya pengiriman, biasanya biaya pengiriman ini akan dibebankan kepada pelanggan. Namun, apabila biaya pengiriman lebih mahal dari produk yang dibeli maka tidak memberikan kepuasan kepada pelanggan tersebut.

8. Anda Perlu Disiplin Diri

Perlu diketahui bahwa disiplin merupakan kunci kesuksesan pada bisnis online Anda, meskipun Anda menjalankan bisnis ini bisa dari rumah pastinya akan ada banyak godaan yang datang. Seperti halnya Anda merasa malas dan membiarkannya selama seharian.

Dengan begitu Anda tidak bisa fokus pada bisnis Anda dan akan merasa keteteran, tentunya hal tersebut akan sangat merugikan. Maka sangat penting untuk menjadi disiplin dan konsisten menjalankan bisnis online.

9. Lebih banyak pekerjaan

Pada umumnya seseorang yang memiliki bisnis online menghabiskan banyak waktu daripada pekerja kantoran, hal ini bisa disebabkan karena tidak ada jam khusus atau jadwal tetap bagi para pebisnis online, sehingga Anda bisa saja bekerja dengan jam tambahan yang berubah-ubah.

10. Tidak ada keamanan

Biasanya saat memutuskan untuk memulai bisnis online, Anda harus mengetahui bahwa tidak ada gaji yang tepat maupun asuransi kesehatan yang bisa didapatkan seperti wiraswasta.

Saat Anda menjadi karyawan maka yang menjadi kekhawatiran Anda adalah “bekerja”. Namun berbeda dengan menjalani bisnis online yaitu Anda harus memikirkan banyak hal seperti pajak, hukum dan lisensi.

Namun membangun bisnis online sering menjadi dambaan semua orang, bisa bekerja dari rumah dengan menggunakan internet serta menikmati kebebasan saat mencari uang melalui passion Anda.

Sangat penting untuk menjalani bisnis online dengan produktif menggunakan metode kerja yang tepat. Diantaranya adalah menciptakan ruang kerja yang nyaman, menyediakan peralatan yang dibutuhkan, disiplin, hingga bekerja dengan maksimal.

Baca juga: Pengertian Hit and Run

11. Kerja Lebih Keras

Bisnis online yang sukses dijalankan melalui kerja keras dan konsistensi tinggi, Anda harus mengurus semua keperluan sendiri seperti menyiapkan daftar produk dan mempertahankan katalog produk menjadi pekerjaan yang tak ada habisnya.

12. Layanan pelanggan

Memberikan pelayanan kepada pelanggan yang baik akan menambah nilai plus pada bisnis online Anda, dengan adanya layanan ini pelanggan akan merasa nyaman berbelanja di toko online Anda.

Berbeda jika pelayanan pelanggan yang Anda berikan sangat buruk misalnya Anda tidak merespon dengan baik saat ada yang menanyakan produk atau menjual produk dengan kualitas yang buruk.

13. Persaingan yang tinggi

Kelemahan bisnis online selanjutnya adalah persaingan yang tinggi. Hampir kebanyakan orang mengambil peluang untuk memulai bisnis online, hal ini mengakibatkan persaingan yang ketat diantaranya, sehingga perlu adanya strategi atau inovasi baru agar bisnis Anda jadi lebih unggul.

14. Mengambil jalan pintas

Agar produk Anda terjual lebih banyak maka Anda perlu melakukan promosi, seperti halnya mempromosikan produk melalui influencer yang pastinya Anda harus mengeluarkan uang lebih.

Dengan begitu agar tidak mengalami kerugian yang banyak maka Anda harus menjual produk dalam jumlah yang lebih banyak, keuntungan masih bisa didapatkan dengan cara seperti itu.

15. Persaingan lebih banyak

Mungkin saat menjalani bisnis online Anda harus siap dengan banyaknya persaingan yang lebih banyak diluar sana, dunia internet khususnya bisnis online ini memiliki peminat yang sangat banyak sehingga siapa saja bisa menggunakannya.

Anda harus membuat inovasi bisnis yang berbeda sekaligus menjaga kredibilitas dengan pelanggan agar produk Anda lebih unggul, selain itu tetapkan harga sesuai di pasaran agar produk Anda tidak terlalu mahal.

Baca juga: Pengertian Omni Channel

16. Margin yang lebih rendah

Produk yang dijual secara online memiliki perbandingan harga yang berbeda dengan produk yang dijual langsung di toko secara offline, orang akan cenderung membayar dengan harga yang lebih mahal. Ini karena mereka menyediakan layanan secara langsung.

Toko fisik tidak bersaing dengan toko online melalui harga akan tetapi dengan memberikan pelayanan langsung yang tidak didapat jika membeli online, seperti pada toko produk kecantikan yang menyediakan layanan makeover. Akan banyak yang memilih datang ke toko tersebut.

17. Ongkos kirim

Untuk beberapa produk terutama memiliki ukuran yang besar atau mudah rusak biasanya akan memakan biaya yang lebih mahal, Anda akan membayar biaya tambahan ongkos kirim serta menghabiskan waktu untuk pergi ke ekspedisi atau kantor pos.

Kemungkinan pelanggan juga bisa menolak karena ongkos kirim yang terlalu mahal, bahkan lebih mahal dari produk yang dibeli. Jadi Anda harus memperhitungkan kembali biaya ongkos kirim ini untuk mendorong mereka membeli produk Anda.

18. Kurang dorongan untuk membeli

Bisnis online terlihat lebih menarik karena memiliki variasi produk yang banyak dan bermacam-macam, tentunya hal tersebut akan meningkatkan banyak pelanggan yang akan membeli produk tersebut.

Namun berbeda dengan produk yang dijual di toko fisik, akan lebih menarik pelanggan secara acak karena mereka memiliki produk yang bisa dilihat bahkan dicoba secara langsung. Ini akan meningkatkan penjualan sedikit lebih banyak daripada toko online.

19. Ketergantungan pada software

Menjalani bisnis online tentunya harus menggunakan media elektronik seperti handphone atau komputer. Namun bisa saja perangkat keras pada komputer Anda mengalami kerusakan mesin atau terkena bencana lainnya, hal ini akan merugikan Anda karena kepercayaan pelanggan akan menurun.

Untuk itu Anda bisa menerapkan layanan failover dengan harga yang cukup mahal dan bahkan tidak dapat menjamin keandalan 100 persen, dengan harga yang mahal tersebut akan mengurangi tingkat keuntungan Anda.

20. Kurang percaya

Kekurangan bisnis online terakhir adalah customer kurang percaya. Terkadang yang menjadi kelemahan dari bisnis online adalah kurangnya kepercayaan pelanggan terhadap produk Anda, berbeda dengan produk yang dijual di toko fisik, pelanggan dapat melihat produk secara langsung tidak hanya melalui gambar atau video.

Namun Anda tidak perlu membayar uang sewa jika menjalankan bisnis online, meskipun pelanggan tidak dapat mendatangi toko Anda secara langsung namun Anda bisa meyakinkan dengan review produk yang baik atau testimoni dari pelanggan sebelumnya.

Baca juga: 8 Jenis Digital Marketing Untuk Mengembangkan Bisnis


Itulah penjelasan yang lebih detail mengenai kelemahan dan kekurangan bisnis online yang perlu Anda ketahui, dengan memahami kelemahan di atas Anda bisa menyiapkan alternatif untuk mengantisipasi agar bisnis online berjalan dengan baik.

Yang paling utama dalam memulai bisnis online adalah tidak menunda-nunda untuk memulai serta melakukan dengan disiplin dan konsisten, dengan usaha terus menerus Anda bisa mencapai puncak kesuksesan melalui bisnis online.

Saat memulai berbisnis online jangan pernah takut untuk gagal. Memang pada awalnya terdapat banyak rintangan yang menyebabkan bisnis Anda gagal, namun kegagalan tersebut harus membuat Anda bangkit dan mencari inovasi terbaru lainnya yang akan mengembangan bisnis online tersebut.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

2 pemikiran pada “20 Kekurangan Bisnis Online Yang Perlu Anda Ketahui”

Tinggalkan komentar