13 Cara Mendapatkan Followers Tokopedia yang Organik dengan Aman

Komerce.id – Salah satu marketplace yang paling banyak digunakan oleh masyarakat adalah Tokopedia. Bagi kamu penjual yang baru bergabung, followers toko tentu sangat penting. Untuk memperoleh followers, kamu dapat mengikuti cara meningkatkan followers toko di Tokopedia dari komerce.

Mencari followers merupakan hal yang cukup sulit untuk dilakukan., apalagi jika tokomu merupakan toko yang baru dan belum banyak dikenal orang. Perlu strategi yang matang dan cara yang cerdas agar followers toko menjadi lebih banyak.

Followers toko yang banyak akan sangat berpengaruh terhadap hasil penjualan. Semakin banyak followers maka hasil penjualan pun biasanya akan bertambah banyak. Oleh karena itu, keberadaan followers toko sangat penting untuk kelangsungan bisnis online-mu.

Baca juga: 10 Kesalahan Pemula Saat Jualan di Tokopedia, Wajib Dihindari!

Cara Meningkatkan Followers Toko di Tokopedia

ilustrasi tampilan tokopedia

Berikut ini merupakan cara yang bisa kamu lakukan agar followers toko di Tokopedia menjadi lebih banyak, cara ini sangatlah mudah untuk dilakukan bahkan untuk pemula. Cara yang tersebut antara lain adalah:

1. Buat Promo yang Menarik

Hal ini wajib kamu lakukan apabila ingin menarik perhatian, calon pembeli akan tertarik jika tokomu memiliki berbagai diskon yang menarik. Biasanya, pembeli akan melihat toko yang menyediakan banyak promo dibandingkan dengan toko lainnya.

Peluang ini bisa kamu manfaatkan sebagai salah satu alat untuk menambah followers. Buatlah promo sebanyak-banyaknya untuk barang-barang yang kamu jual. Hal ini pasti akan menarik perhatian pelanggan dengan cepat.

Kamu bisa membuat promo gratis ongkos kirim jika untuk setiap orang yang follow akun toko di Tokopedia. Selain gratis ongkos kirim, kamu juga dapat menawarkan promo cashback. Dengan demikian, followers toko akan semakin bertambah.

2. Buat Post Menarik di Feed

Feed yang menarik juga akan membantu dalam menambah followers. Oleh karena itu, kamu harus memiliki konsep yang matang untuk tampilan feed toko di Tokopedia. Pastikan tampilan feed memiliki konsep warna yang sama dengan susunan yang rapi agar lebih enak dilihat.

Foto katalog barang yang dimuat di dalam feed juga harus memiliki komposisi yang baik. Hal ini bertujuan agar feed-mu terkesan rapi dan menarik.

Kamu juga dapat membuat beberapa postingan yang membuat tampilan feed menjadi menarik dan bervariasi. Selain katalog produk yang dijual, kamu juga bisa menambahkan beberapa artikel yang relevan dengan barang yang akan dijual.

3. Tampilkan Harga Coret

Hal ini merupakan trik yang sudah cukup lama digunakan, ada banyak sekali toko-toko online yang menggunakan strategi ini untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Strategi ini terbukti ampuh untuk menambah jumlah pengunjung yang berkunjung ke akun tokomu.

Hal ini dikarenakan menurut fakta, banyak pembeli yang menyukai harga yang lebih murah. Harga coret akan memberikan kesan bahwa harga produk yang dijual memiliki potongan harga yang sangat besar. Akan sulit bagi calon pembeli untuk tidak melirik produk dengan tampilan harga coret.

Oleh karena itu, kamu dapat mencoba cara ini dengan menampilkan harga coret pada produk yang dijual. Dijamin orang-orang akan tertarik pada toko kamu dan mulai mengikutinya.

4. Menulis Keterangan Secara Detail dan Menarik

Buatlah detail dan konsep toko yang jelas, pastikan informasi mengenai toko dibuat dengan sejelas mungkin sehingga akan meningkatkan kredibilitas tokomu. Karena semua transaksi dilakukan secara online, maka pembeli cenderung akan lebih teliti dalam memilih toko yang akan diikuti.

Toko dengan kredibilitas yang tinggi akan sangat dipercaya oleh calon pembeli. Walaupun nantinya terdapat toko yang menjual barang yang sama dengan harga murah, pembeli akan tetap memilih tokomu. Hal ini karena informasi yang kamu berikan sangat lengkap dan terpercaya.

Selain itu, untuk menarik perhatian orang, kamu harus membuat konsep yang menarik untuk toko tersebut. Buatlah tampilan profil dan juga feed menjadi lebih terkonsep dan menarik. Dengan demikian, banyak orang yang merasa penasaran dan pada akhirnya mengikuti tokomu.

5. Coba Beri Tagline Buy 2 Get 1 Free

Siapa sih yang tidak tertarik dengan barang gratisan? Semua orang pasti menyukainya. Hampir setiap orang akan merasa penasaran dengan toko yang menawarkan promo beli 2 gratis 1. Bahkan, banyak orang yang tanpa berpikir panjang akan membeli barang promo tersebut.

Walaupun tidak terlalu dibutuhkan, membeli barang dengan mendapatkan gratisan menjadi salah satu kebanggaan bagi pembeli. Oleh karena itu, gunakan strategi ini untuk meningkatkan rasa penasaran calon pembeli terhadap tokomu.

Rasa penasaran tersebut dapat kamu manfaatkan untuk memancing calon pembeli mampir ke tokomu. Dengan demikian, penjualan toko pun akan menjadi meningkat. Selain itu, kamu bisa menggunakan strategi ini untuk menarik lebih banyak followers.

6. Promosikan Toko Online di Media Sosial

Cara ini termasuk cara yang cukup praktis untuk meningkatkan jumlah followers toko di Tokopedia, seperti diketahui bahwa media sosial memiliki pengaruh yang besar terhadap seseorang.

Kamu dapat mempromosikan toko melalui sosial media seperti Instagram, Tiktok, ataupun Facebook. Buatlah promosi dengan tampilan yang menarik dan membuat orang penasaran. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan calon pelanggan karena rasa penasarannya terhadap toko yang dipromosikan.

Biasanya, orang-orang yang penasaran tersebut akan membuka link toko yang dipromosikan melalui media sosial. Kemudian, orang tersebut akan mengikuti toko online-mu jika menemukan hal yang berguna dan menarik. Hal ini tentu saja akan membantu kamu dalam menambah jumlah followers.

7. Maksimalkan Fitur Chat

Cara meningkatkan followers toko di Tokopedia ini harus dilakukan secara rutin, hal ini berhubungan dengan interaksi kamu dengan pelanggan maupun calon pembeli. Balaslah pesan calon pembeli dengan segera dan berikan jawaban yang jelas.

Pembeli akan sangat suka apabila pesannya dibalas dan ditanggapi dengan baik, pelayanan yang memuaskan inilah yang akan membuat kesan tokomu menjadi bagus. Pelanggan dan calon pembeli akan merasa sangat dihargai dan dengan sukarela akan mengikuti akun tokomu.

Baca juga: 10 Daftar Marketplace Terbesar dan Terpopuler di Indonesia Tahun 2021

8. Naikkan Produk Lama Setiap Jam

Biasanya, calon pembeli akan mengklik rekomendasi produk yang dicari dengan urutan yang paling atas, pembeli akan beranggapan bahwa produk dengan urutan teratas adalah produk yang dimiliki oleh toko yang terpercaya.

Agar produk yang dipromosikan selalu muncul di pencarian dan berada di urutan teratas, maka kamu harus rajin menaikkan produk tersebut setiap jam, terutama untuk produk lama. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan rajin melakukan promosi. 

Jika ada yang melihat dan tertarik produk tersebut maka biasanya orang tersebut akan mengikuti akun tokomu.

9. Buat Tampilan Profil Semenarik Mungkin

Tampilan profil yang menarik akan membuat pengunjung menjadi tertarik pada tokomu. Dengan demikian, kamu akan mendapat tambahan followers. Desain tampilan profil dengan desain dan warna yang kekinian sehingga membuat banyak orang tertarik.

Tampilan profil juga akan menjadi ciri khas dari tokomu. Oleh karena itu, pastikan tampilan profil memiliki ciri khas dengan desain yang menarik sehingga mudah dibedakan dari tampilan profil kompetitor. Jika bisa buatlah tampilan profil tokomu lebih menarik dari profil kompetitor.

10. Follow Akun Pengikut Toko Kompetitor

Kamu juga dapat mencari followers dengan melihat follower yang mengikuti toko kompetitor. Ikutilah akun-akun follower toko kompetitor tersebut, nantinya notifikasi akan masuk ke akun-akun tersebut dan pasti akun tersebut akan merasa penasaran dengan tokomu.

Ketika mereka penasaran, mereka akan membuka profil tokomu. Kemudian, tak jarang akun tersebut akan mengikuti balik akun tokomu di Tokopedia. Hal ini mungkin terjadi karena tampilan toko yang menarik atau rasa terima kasih dan hormatnya karena telah diikuti terlebih dahulu.

11. Follow Akun Pembeli

Biasanya, di Tokopedia dan marketplace lain seorang pembeli belum tentu mengikuti akun toko yang dibelinya. Bahkan setelah membeli barang, pembeli tersebut akan melupakan akun tokomu. Hal ini tentu saja sangat disayangkan karena pembeli tersebut bisa saja menjadi pengikut tokomu.

Oleh karena itu, kamu dapat mengikuti akun pembeli terlebih dahulu, pembeli tersebut nantinya akan merasa lebih dihormati dan akan mengikuti balik akun tokomu. Selain itu, pembeli tersebut kemungkinan besar akan kembali berbelanja di tokomu jika merasa dihormati seperti itu.

12. Tingkatkan Interaksi dengan Mengadakan Giveaway

Kamu juga dapat mengadakan giveaway sebagai salah satu cara menambah followers toko di Tokopedia dengan cepat. Biasanya pada saat mengadakan giveaway, kamu akan mengajukan beberapa syarat yang harus dilakukan untuk memenangkan giveaway tersebut.

Kamu dapat mengajukan syarat yang dapat menguntungkan bagi akun toko. Syarat tersebut misalnya adalah mengikuti akun toko, lalu mengajak beberapa orang teman untuk mengikuti akun tokomu juga. Kamu juga bisa mengajukan syarat untuk menyebarkan link tokomu kepada orang lain.

Dengan cara ini, dijamin followers toko akan mengalami peningkatan dengan pesat. Walaupun kamu harus mengeluarkan modal, tapi cara ini dinilai efektif untuk menambah followers toko dengan cepat dan efektif.

13. Beli Jasa Followers Tokopedia (Opsional)

Jika memiliki lebih banyak modal, kamu juga bisa membeli followers kepada jasa penjual followers. Terkadang jumlah followers akan menggambarkan seberapa terkenalnya sebuah toko, jumlah followers juga akan menggambarkan seberapa besar kredibilitas tokomu.

Oleh karena itu, jika ingin mendapatkan followers berjumlah besar dengan cara praktis maka beli followers adalah solusinya. Walaupun kamu harus mengeluarkan modal yang tidak sedikit, kamu tidak perlu pusing memikirkan strategi apa yang bagus untuk menambah followers dengan mudah.

Baca juga: 9 Perbedaan Online Shop, E-Commerce, dan Marketplace

Memulai berjualan secara online memang tidak mudah. Ada banyak sekali hal yang harus dipersiapkan. Mulai dari produk apa yang akan dijual, bagaimana konsep toko, strategi promosi, bagaimana cara mengelola toko, cara menghadapi pembeli, dan cara menambah followers toko.

Salah satu marketplace yang paling banyak dikunjungi oleh pembeli adalah Tokopedia. Hal inilah yang membuat para penjual membuat akun tokonya di Tokopedia dengan harapan mendapat pelanggan yang banyak. Namun, mengelola akun di Tokopedia tidaklah semudah itu.

Kamu harus memikirkan bagaimana cara meningkatkan followers toko di Tokopedia. 13 rekomendasi meningkatkan followers tersebut diharapkan dapat membantumu dalam menambah jumlah follower di akun Tokopedia.

Jika kamu kesusahan mengatur toko di Tokopedia, serahkan pada ahlinya. Pakai jasa admin marketplace dari komerce. Admin marketplace dari komerce akan mengelola tokomu, mulai dari balas pesanan, iklan, broadcast, order, dan lain-lain.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 3 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.