10 Daftar Marketplace Terbesar dan Terpopuler di Indonesia Tahun 2022

Marketplace terpopuler di Indonesia –  Indonesia merupakan salah satu negara dengan angka belanja digital terbesar, hal ini juga berpengaruh pada tingginya angka penggunaan dan kunjungan marketplace. Pasti kamu pernah merasakan atau bahkan masih menggunakan marketplace bukan?

Menurut laporan riset “The state of e-commerce app marketing 2022” yang dilakukan oleh AppsFlyer sebuah perusahaan pelacakan aplikasi, Indonesia berada di urutan nomor tiga setelah Brazil dan India. Hal ini juga dipengaruhi oleh kenaikan jumlah pemasangan aplikasi di ponsel android naik sebesar 70 persen pada periode Januari 2020 hingga Juli 2022.

Lalu, marketplace apa yang paling banyak digunakan oleh pengguna di Indonesia? Apakah marketplace dalam negeri mampu mengalahkan marketplace lain dalam hal kepopulerannya di Indonesia? Untuk tau jawabannya, simak 10 daftar marketplace terbesar dan terpopuler di Indonesia tahun 2022 di bawah ini.

Marketplace Terpopuler di Indonesia Tahun 2022

daftar marketplace terpopuler
Sumber gambar: Unsplash

Ada berbagai marketplace yang terkenal dan banyak digunakan oleh pengguna dari Indonesia, biasanya para pengguna menginstall beberapa jenis untuk memilih transaksi yang dirasa paling menguntungkan. Untuk kamu yang sedang ingin mengembangkan bisnis di marketplace, kamu harus tahu daftar marketplace terbesar dan terpopuler di Indonesia berikut ini.

1. Tokopedia

tampilan tokopedia

Urutan pertama marketplace paling terpopuler di Indonesia diduduki oleh aplikasi marketplace dalam negeri, Tokopedia. Tokopedia berhasil mengumpulkan jumlah pengunjung sebanyak 147,8 juta orang pada kuartal 2, 2022. Terjadi peningkatan sebanyak 9,4 persen dibandingkan kuartal sebelumnya yaitu sebanyak 135,1 juta kunjungan.

Kenaikan angka ini juga dipengaruhi oleh beberapa strategi marketing. William Tanuwijaya mengungkapkan bahwa dipilihnya bintang-bintang populer dari Korea seperti BTS dan Blackpink sangat berpengaruh dalam mendongkrak penggunaan aplikasi ini. Ditambah Tokopedia juga mengeluarkan berbagai program yang menguntungkan penjual (merchant) dan pembeli (buyer).

Kamu tertarik berjualan di Tokopedia? Jika iya, baca artikel ini: 20 Cara Berjualan di Tokopedia Untuk Pemula Agar Cepat Laku & Laris

2. Shopee

tampilan shopee

Urutan kedua datang dari pesaing terberat Tokopedia, yaitu Shopee. Perusahaan teknologi asal singapura ini harus turun menuju posisi kedua setelah mengalami kemenangan berturut-turut sejak kuartal IV 2019 hingga kuartal IV 2020. Shopee memperoleh kunjungan sebanyak 127 juta atau turun sebanyak 0,3% dari kuartal sebelumnya yaitu 127,4 juta.

Namun begitu, Shopee masih menjadi pilihan yang sangat diperhitungkan dalam berbelanja online. Berdasarkan survey, pengunjung banyak memilih Shopee karena harganya yang terjangkau dan memiliki banyak promo yang bisa digunakan. Beberapa kategori populer di Shopee antara lain produk kecantikan, peralatan rumah tangga, dan fashion muslim. Untuk info lebih lengkap, baca artikel ini; produk terlaris di Shopee

3. Bukalapak

tampilan bukalapak

Urutan ketiga kembali diduduki oleh aplikasi marketplace dari dalam negeri, Bukalapak. Perusahaan yang berdiri pada 2010 ini lebih berfokus pada penjualan produk UMKM di Indonesia. Meskipun tidak sepopuler Tokopedia dan Shopee, Bukalapak bisa kamu perhitungkan sebagai platform dalam menjual produkmu.

Sejak 2017 bukalapak memiliki program Mitra Bukalapak untuk mendigitalisasi warung di seluruh Indonesia. Berdasarkan data dari riset Nielsen yang dilakukan pada Juni 2022 terhadap 3.000 warung dan kios pulsa, ditemukan bahwa di antara 14 kota di Indonesia, 14,8 persen penetrasi O2O dipimpin oleh Mitra Bukalapak dengan penetrasi 42 persen.

Bukalapak juga terus menggandeng berbagai pihak dari swasta maupun pemerintahan untuk semakin meningkatkan dampak bagi mitra melalui kerja sama strategis.

Jika kamu tertarik berjualan di Bukalapak, baca artikel ini: 13 Cara Berjualan di Bukalapak Agar Cepat Laku dan Laris Manis

4. Lazada Indonesia

tampilan lazada

Posisi selanjutnya diduduki oleh marketplace milik perusahaan Alibaba Group, Lazada Indonesia. Hingga Juli 2022, Lazada Indonesia mengalami pertumbuhan seller lokal sebesar 2,4 kali lipat dibandingkan Maret 2020 saat awal pandemi. Ini berarti Lazada masih memiliki peminat dan terus tumbuh.

Untuk semakin meningkatkan bisnis sellernya, Lazada juga mengadakan program untuk pebisnis online yang bergabung di marketplace nya. Program-program tersebut adalah Mulai di Laz, Bisa Naik Kelaz, Program Pendaftaran Seller dengan Tiga Langkah Mudah

Kamu tertarik berjualan di Lazada? Jika iya, baca artikel ini: 15 Cara Jualan di Lazada Agar Cepat Laku untuk Pemula

5. Blibli

tampilan blibli

Posisi kelima ada anak perusahaan milik Djarum, Blibli.com. Dengan perolehan pengunjung sebanyak 18,4 juta orang, blibli masih eksis di dunia marketplace Indonesia. Marketplace yang pernah menjadi sponsor PBSI ini juga banyak mengeluarkan program dan promosi untuk mengundang pembeli dan seller.

Apalagi, menjelang harbolnas blibli semakin memanjakan pengunjung. Kunjungi websitenya untuk mendapatkan info lebih lanjut tentang program mereka. 

6. Bhinneka

tampilan bhinneka

Bhinneka bisa dibilang veteran dalam jual beli online. Marketplace yang dimulai dari toko online sejak tahun 1999 ini awalnya fokus pada penjualan barang-barang elektronik. Namun seiring waktu, kini Bhinneka telah mengembangkan bisnisnya dan menyediakan berbagai merchant dengan berbagai kategori.

Bhinneka tidak hanya berbisnis dengan melayani kebutuhan konsumen (B2B), namun juga kebutuhan sesama pebisnis (B2B) dan bekerja sama dengan pemerintah (B2G). Bhinneka juga melebarkan sayapnya dengan mengembangkan berbagai sektor bisnis yang dapat membantu pebisnis dalam mengembangkan bisnisnya.

7. Orami

tampilan orami

Apakah kamu merasa asing dengan nama orami? Hal ini sangat wajar karena orami mengkhususkan segmentasi bisnisnya pada orangtua dan ibu hamil, Orami juga menerapkan model bisnis inventori.

Dalam model bisnis marketplace orami, mereka mengambil barang dari brand kemudian menjualnya pada customer. Barang-barang yang dijual di sini pun seputar parenting, seperti perlengkapan bayi, perlengkapan ibu hamil dan menyusui, mainan anak, dan sebagainya.

8. Ralali

tampilan ralali

Posisi selanjutnya ada marketplace Ralali dengan 5,1 juta pengunjung. Ralali juga mendukung seller di platformnya dengan menyediakan berbagai fitur dan layanan untuk mendukung bisnis seperti permintaan harga, bantuan permodalan, layanan logistik, penghubung brand & distributor, dan sebagainya.

Ralali juga siap menyasar buyer dan pengguna muda dengan Star Fox family yang bekerjasama dengan HYBE untuk menggaet pasar kpopers muda di Indonesia. Dengan usianya yang masih muda, ralali juga berusaha untuk memanjakan usernya dengan berbagai program.

9. JD.id

tampilan jd.id

Marketplace yang beroperasi sejak 2015 ini terkenal dengan marketplace yang menyediakan barang original. Tak heran, meskipun baru berdiri kurang lebih 6 tahun ini, JD.id sudah menduduki posisi ke-9 dengan jumlah pengunjung sebanyak 3,8 juta. 

Produk yang paling banyak dibeli dari marketplace ini adalah produk-produk elektronik. Hal ini tak lepas dari kebutuhan pembeli yang menginginkan barang original untuk menjamin kualitasnya. Apalagi, barang elektronik memerlukan perawatan dan garansi.

10. Zalora

tampilan zalora

Posisi terakhir dari 10 marketplace terbesar dan terpopuler di Indonesia diisi oleh Zalora yang memfokuskan bisnisnya pada penjualan fashion dan kecantikan, Zalora memiliki model bisnis yang hampir sama dengan Orami yaitu model bisnis inventori.

Zalora kini telah melebarkan bisnisnya dengan turut menjual produk-produk rumah tangga dan gaya hidup. Untuk memanjakan pelanggannya, Zalora juga mengadakan program-program menarik dan promosi yang bisa dinikmati oleh penggunanya.


Marketplace kini telah menjadi bagian penting dari bisnis online, baik di Indonesia maupun di dunia. Berbagai fitur yang disediakan sangat membantu berjalannya transaksi baik bagi seller atau penjual maupun untuk pembeli. Tak hanya itu, marketplace juga sangat sering memberikan program promosi yang semakin menarik minat penggunanya.

Untuk kamu yang ingin mengembangkan bisnis online, sudah saatnya kamu mengembangkan bisnis melalui marketplace. Dengan berbagai program yang diadakan, marketplace juga turut mendukung dan mempermudah seller dalam mengoperasikan bisnisnya.

Namun, untuk mengelola berbagai marketplace kamu harus menyiapkan waktu, tenaga, serta pikiran yang tak sedikit agar penjualanmu bisa maksimal. Komerce hadir untuk menjawab kebutuhan kamu dalam memaksimalkan performa marketplace. Dengan talent terlatih dan proses perekrutan yang mudah, Komerce siap mengiringi langkah pebisnis online untuk mengembangkan usahanya. Kolaborasikan bisnismu dengan Komerce!

Nanda

Nanda adalah content specialist di Komerce. Nanda ingin terus berbagi pengalamannya melalui artikel-artikelnya di blog Komerce. Memastikan Anda mendapatkan pengalaman-pengalaman baru tentang dunia customer service dan e-commerce.

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.