Tugas Kepala Gudang, Pengertian, Gaji & Tanggung Jawabnya

komerce.id – Salah satu peran penting di manajemen pergudangan terletak pada profesi sebagai kepala gudang. Apa itu kepala gudang? Pasti orang awam hanya mengetahui bahwa ia merupakan orang penting di dalam gudang tanpa tahu apa saja tugas yang perlu dilakukannya.

Padahal, peran kepala gudang sangatlah besar untuk manajemen pergudangan dan juga kelancaran manajemen perusahaan industri maupun logistik. Berbicara soal tanggung jawabnya, maka tidak bisa diungkapkan karena tidak terbatas.

Seluruh kejadian-kejadian selama terjadi di dalam gudang, bahkan yang berkaitan dengan pihak eksternal juga menjadi tanggung jawab seorang kepala gudang, tanpa terkecuali. Ketahui lebih lanjut di bawah ini:

Baca juga: Tugas Helper Gudang

Apa Itu Kepala Gudang?

Apa itu kepala gudang
Apa itu kepala gudang, sumber gambar: pexels.com

Apa itu kepala gudang? Secara garis besar, kepala gudang adalah seseorang yang memiliki tugas untuk mengawasi seluruh pekerjaan yang ada di dalam gudang dan berhubungan dengan gudang agar dapat memenuhi keinginan atau target dari perusahaan masing-masing.

Bagi perusahaan jasa logistik maupun industri, kehadiran kepala gudang adalah hal yang sangat dibutuhkan, karena hanya kepala gudang saja yang mampu mengendalikan serta mengoptimalisasi persediaan barang produksi.

Jadi, kesimpulannya, prosesi kepala gudang adalah orang yang bekerja mulai dari perencanaan, kemudian persediaan dan juga pendistribusian bahan atau hasil produksi, memantau sistem laporan persediaan, dan memastikan ketersediaan barang sesuai permintaan pasar.

Tugas Kepala Gudang

tugas kepala gudang
Tugas kepala gudang, sumber gambar: pexels.com

Setelah mengetahui apa itu kepala gudang, maka kamu juga perlu mengetahui apa saja tugas yang perlu dilakukannya selama bekerja. Berikut ini daftarnya:

1. Menilai Segala kegiatan

Tugas pertama dari seorang kepala gudang adalah menilai segala kegiatan yang terjadi di dalam gudang dengan tujuan agar bisa memahami apa yang perlu ditingkatkan dan apa yang perlu mendapatkan perbaikan.

Alangkah lebih baiknya, penilaian yang dilakukan kepala gudang dilakukan secara berkala, misalnya saja sebulan sekali atau mungkin tiga bulan sekali.

Setelah melakukan penilaian, maka kepala gudang perlu sesegera mungkin melakukan perbaikan kerja apabila hal-hal yang tidak berkenan terjadi.

2. Melaksanakan Hal-Hal sesuai SOP

Apa itu kepala gudang? Mereka adalah orang-orang yang bertugas untuk melaksanakan segala hal sesuai dengan SOP berlaku. Hal tersebut juga termasuk pada aktivitas keluar masuknya barang di dalam gudang.

Namun perlu diketahui, setiap perusahaan memiliki SOP masing-masing yang pada kenyataannya satu sama lain tidaklah sama. Jika kamu bekerja sebagai kepala gudang di perusahaan A, kemudian beralih ke perusahaan B maka SOP harus disesuaikan kembali.

Untungnya Kompack memiliki SOP untuk menyimpan dan menjamin keamanan barang kamu. Jadi, kamu tidak perlu khawatir untuk menitipkan barang kamu di gudang Kompack! Kunjungi kompack.id untuk informasi lebih lanjut.

3. Menyusun Rencana

Tugas ketiga seorang kepala gudang adalah bertanggung jawab penuh dalam proses pembuatan perencanaan agar pekerja yang ia jalankan bisa lebih baik tanpa adanya kesalahan serta kendala.

Hal tersebut dapat dimulai dari pembuatan perencanaan pendapatan barang, kemudian penyimpanan barang, hingga barang didistribusikan dengan cepat kepada konsumen. Selain itu, ia juga bertugas untuk memimpin staff-staff yang berada di tingkatan lebih bawah dari dirinya.

4. Menginspeksi Alur Penerimaan dan Pengiriman Produk dengan Teliti

Tugas terakhir untuk seorang kepala gudang adalah memastikan tujuan barang serta keadaannya berada di tempat yang sama. Cek kembali setiap akhir bulan agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan perusahaan.

Sedangkan setiap barang yang masuk dan tidak terkirim, nantinya akan diperbarui datanya sesegera mungkin setelah barang disimpan dengan rapi. Tugas ini sangat membutuhkan ketelitian, karena jika terjadi kesalahan maka akan berimbas negatif pada gudang bahkan perusahaanya.

Baca juga: Tugas Admin Gudang

Fungsi Kepala Gudang

Fungsi kepala gudang
Fungsi kepala gudang, sumber gambar: pexels.com

Tak hanya mengetahui apa itu kepala gudang, kemudian tugasnya, kamu juga perlu tahu apa sejatinya ungsi dari adanya profesi ini. Sebenarnya, fungsi dari profesi kepala gudang adalah bertanggung jawab atas seluruh hal di dalam gudang, mulai dari perencanaan hingga distribusi barang. 

Mengenai fungsi ini, pada kenyataannya seorang kepala gudang tidak hanya fokus pada pergudangan saja, melainkan juga hal0hal di luar gudang, misalnya saja yang berkaitan dengan klien, supplier, distributor, dan masih banyak pih lainnya.

Hasil Kerja Kepala Gudang

Pada kenyataannya, saat kepala gudang mengerjakan tugas-tugasnya seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ia memiliki sebuah tuntutan yakni laporan yang nantinya harus diserahkan kepada pihak perusahaan. 

Tentunya hal ini memiliki tujuan positif, yakni untuk mengetahui hasil kinerja kepala gudang beserta dengan seluruh staff gudang, apakah sudah sesuai dengan SOP atau bahkan sebaliknya. 

Hasil kerja kepala gudang adalah dalam bentuk laporan, yakni seperti berikut ini: 

  • Raw material: laporan penerimaan semua barang yang ada di dalam gudang, baik itu merupakan barang masuk atau sebaliknya barang yang keluar.
  • Laporan stock opname gudang: laporan yang berisi tentang hasil perhitungan fisik barang yang terletak di toko ataupun di dalam gudang.

Gaji Kepala Gudang

Gaji kepala gudang di lapangan sebenarnya cukup bervariasi, karena berdasarkan penetapan upah minimum setiap daerah berbeda-beda. Namun, apabila dilansir dari media-media terpercaya, profesi sebagai seorang kepala gudang bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp3 jutaan sampai Rp5 jutaan. 

Selain itu, gaji kepala gudang juga bergantung pada lama pengabdian di perusahaan tersebut, sehingga dapat dipastikan gajinya bisa saja lebih tinggi atau terus mengalami kenaikan setiap periodenya.

Baca juga: Tugas Staff Logistik

Cara Menjadi Kepala Gudang yang Baik

Untuk menjadi seorang kepala gudang yang baik, ada beberapa kriteria penting yang perlu dipenuhi. Apa saja kriteria tersebut? Setidaknya ada dua kualifikasi yang wajib dipenuhi mereka yang mau menjadi kepala gudang dan kamu bisa menyimak di bawah ini: 

1. Kualifikasi Akademik

Kualifikasi pertama yang perlu dimiliki oleh calon kepala gudang adalah dari segi akademik dahulu. Sebenarnya kualifikasi secara akademik hampir mirip dengan profesi-profesi di manajemen pergudangan lainnya, yakni seperti berikut: 

  • Pendidikan minimal SMK atau D3 dan sederajat
  • Memiliki pengalaman sebagai admin dan sejenisnya kurang lebih minimal 1 tahun dan menyertakan bukti
  • Memiliki pengetahuan banyak terkait bidang pergudangan serta pendistribusian
  • Bisa mengoperasikan sistem komputer, khususnya Office dan Excell.

2. Kualifikasi Perilaku

Sedangkan kualifikasi lain yang perlu dimiliki oleh seorang yang mencalonkan ata mendaftarkan diri sebagai kepala gudang adalah kualifikasi perilaku. Hal ini memang terlihat sepele, namun pada kenyataannya sangatlah penting. Berikut ini kualifikasinya: 

  • Rasa solidaritas tinggi, kemudian disiplin dan bisa dipercaya
  • Memiliki pengetahuan yang menam terkait sistem pergudangan dan lain sebagainya
  • Tekun, gesit, dan rajin
  • Mampu membuat keputusan bijak
  • Berani mengambil resiko
  • Berani menerima resiko
  • Tekun dan percaya diri dalam bekerja
  • Bisa menemukan ide untuk memecahkan masalah
  • Bersedia bekerja keras serta mampu berbicara atau berkomunikasi secara  baik dengan semua bagian bisnis
  • Bertanggung jawab tinggi dalam bekerja

Nah, kini kamu sudah mengetahui apa itu kepala gudang, bukan? Sebenarnya, kepala gudang dapat diartikan sebagai pimpinan yang berjasa dan bertanggung jawab atas seluruh aktivitas di dalam gudang.

Ada berbagai macam tugas yang perlu dilakukan oleh seorang kepala gudang seperti yang telah disebutkan diatas dan hal tersebut tentu memiliki tujuan yang menguntungkan bagi perusahaan. Jadi apakah kamu berminat menjadi seorang kepala gudang?

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar