Apa Itu Staff Logistik, Tugas, Skill dan Kisaran Gajinya

komerce.id – Staff logistik adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dengan manajemen pergudangan, karena mereka memiliki tugas dalam mengatur keluar masuknya barang di dalam gudang. Apakah kamu sudah mengetahui skill dan kemampuan yang perlu dimiliki oleh staff logistik? 

Ada beberapa tugas yang perlu dilakukan staff logistik di bagian manajemen pergudangan dan semua tugasnya sangat penting untuk kelancaran semua proses di dalam gudang. Tentu saja pengelolaan di dalam gudang sangat membutuhkan peran staff logistik, sehingga wajib tersedia di pergudangan. 

Sebelum mengetahui apa saja tugas dari pekerjaan satu ini, kamu juga perlu mengetahui definisinya terlebih dahulu. Di bawah ini akan ada informasi mengenai staff logistik secara lengkap namun singkat, sehingga kamu perlu menyimaknya!

Baca juga: Pengertian Admin Gudang

Apa Itu Staff Logistik?

apa itu staff logistik
Apa itu staff logistik, sumber gambar: jurnal.id

Apa itu staff logistik? Itulah pertanyaan yang sering diajukan oleh orang awam karena tidak mengetahui sama sekali adanya profesi ini dalam manajemen pergudangan, padahal staff ini sangat penting kehadirannya. 

Staff logistik adalah salah satu profesi yang ada di dalam manajemen pergudangan, yang mana ia memiliki peranan penting bagi perusahaan. Mengapa demikian? Pasalnya, tugas dari staff logistik sangat berkaitan erat dengan pengelolaan dan juga distribusi produk 

Tidak cukup sampai situ saja, profesi di manajemen pergudangan ini diwajibkan mencapai target yang pastinya sudah ditentukan oleh perusahaan, khususnya bagian supervisor logistik. 

Nah, untuk dapat mencapai target tersebut, staff logistik harus melakukan beberapa fungsi dari manajemen, misalnya saja seperti:

  • Planning
  • Actuating
  • Organizing
  • Controlling

Seorang staff logistik juga dituntut agar mampu membangun hubungan baik dengan bagian lainnya, khususnya divisi yang berkaitan dengan operasional logistik maupun distribusi di perusahaan masing-masing.

Tidak hanya itu, mereka juga harus bisa koordinasi baik dengan pihak eksternal, misalnya vendor logistik. Tujuan dari hal tersebut tentu saja untuk mendukung kelancaran pekerjaan yang dilakukan oleh staff logistik dan perkembangan usahanya. 

Sedangkan secara struktural, profesi ini berada di bawah naungan manager logistik dan distribusi, sehingga perlu memberikan laporan dan menyampaikan berbagai macam kendala (apabila ada) yang terjadi selama proses pemenuhan kebutuhan konsumen, khususnya kepada supervisor logistik.

Baca juga: Fungsi Warehouse Management System

Tugas Staff Logistik

tugas staff logistik
Tugas staff logistik, sumber gambar: simplidots.com

Jika kamu pikir staff logistik hanya mengatasi segala hal di dalam gudang, maka hal tersebut sangat salah besar karena mereka tidak hanya fokus pada gudang. Staff logistik memiliki tugas lain, yakni dapat kamu lihat di bawah ini:

  • Memberikan pelayanan serta informasi yang berkaitan dengan data-data inventaris gudang.
  • Melakukan distribusi produk dan memastikannya sampai ke tangan konsumen dengan benar.
  • Melakukan penyimpanan item atau stock barang yang masuk maupun keluar dari gudang.
  • Mengendalikan proses penyimpanan stock barang di dalam gudang.
  • Staff logistik menentukan sistem logistik yang ada pada perusahaan masing-masing.

Kemampuan yang Harus Dimiliki Staff Logistik

kemampuan yang harus dimiliki staff logistik
Kemampuan yang harus dimiliki staff logistik, sumber gambar: selly.id

Staff logistik adalah mereka yang harus memiliki kemampuan khusus terkait pergudangan, sehingga mampu membuat segala macam proses di dalam gudang berjalan dengan baik. Hal tersebut membuat setiap perusahaan harus memilikinya, agar proses mobilisasi barang dari atau ke gudang berjaln lancar. 

Kira-kira, apa kemampuan yang perlu dimiliki oleh staff logistik? Kamu bisa menyimaknya pada informasi berikut: 

1. Perencanaan dan Eksekusi

Skill yang perlu dimiliki staff gudang adalah perencanaan dan eksekusi, karena mereka akan berada di masa-masa sibuk. Skill ini nantinya akan membuat staff logistik tetap produktif meskipun diserbu oleh kesibukan yang beragam. 

Tidak hanya itu saja, dengan adanya skill ini di dalam diri staff logistik bisa membuatnya mudah dalam menyusun prioritas kerja dan manajemen kerjanya sendiri. Hal ini tentu akan memberikan banyak manfaat kepada manajemen pergudangan sekaligus pemilik usaha. 

2. Optimalisasi Tata Letak Gudang

Soal logistik, sudah pasti akan berkaitan erat dengan gudang, sebab pada prosesnya akan membutuhkan gudang sebagai tempat penyimpanan barang. Dengan demikian, maka staff logistik harus memiliki kemampuan dalam mengoptimalkan tata letak atau layout gudang. 

Kemampuan ini dapat membuat gudang tertata rapi, sehingga mempermudah pengambilan barang sesuai dengan sistem yang digunakan. Tak hanya itu, sebagai staff logistik kamu juga perlu memiliki skill permodelan dan alur kerja pergudangan.

3. Penyelesaian Perselisihan

Kemampuan ketiga yang perlu dimiliki oleh staff logistik adalah penyelesaian perselisihan, namun hal ini pada dasarnya tidak hanya perlu dimiliki oleh staff logistik karena setiap profesi harus memilikinya. 

Mengapa staff logistik perlu kemampuan ini? Pasalnya, di dalam gudang akan banyak orang yang terlibat, dan pastinya lambat laun akan ada konflik yang terjadi. Hal tersebut tidak bisa dihindari lagi, namun pastinya dapat diselesaikan apabila staff logistik memiliki skill ketiga. 

4. Pengembangan Proses Kerja

Pengembangan proses kerja juga perlu dimiliki oleh profesi ini dengan tujuan agar klien atau pelaku usaha dapat melihat bagaimana staff logistik bekerja dan mampu menghemat sejumlah biaya, kemudian produktivitas, serta mengkondisikan proses kerja. 

Pasalnya, di bidang logistik tergolong bidang yang sangat dinamis dan memiliki tuntutan besar di dalamnya, bahkan tuntutan tersebut bisa berubah-ubah seiring dengan beban pekerjaan yang ada.

5. Permodelan Transportasi

Di bidang logistik ada hal yang perlu dan wajib ada, yakni transportasi, karena ini merupakan bagian penting. Transportasi yang dibutuhkan tentu saja yang efektif, karena tujuannya agar barang cepat sampai di tangan konsumen. 

Tidak hanya sampai saja, keadaan barang juga harus baik dan sesuai dengan pesanan konsumen. Namun, transportasi yang dimaksud juga harus bisa menghemat biaya, sehingga bisa dipastikan paling murah. 

Oleh karena itu, staff logistik sangat perlu memiliki kemampuan dalam hal pemodelan transportasi dan juga transaksi agar bisa mendapatkan transportasi murah meriah.

6. Penguasaan WMS

Hal yang disebut WMS atau Warehouse Management System merupakan sistem yang keberadaannya sangat membantu pekerjaan, khususnya staff logistik. 

Karena hal tersebutlah seorang staff logistik wajib menguasai sistem WMS ini, agar seluruh proses pengelolaan barang yang ada di dalam gudang, kemudian pelacakan stock dan pengiriman, serta hal lainnya yang berkaitan dengan gudang menjadi lebih mudah dan hasilnya maksimal.

Baca juga: Pengertian Engineer to Order

Gaji Staff Logistik 

Penasaran dengan persoalan gaji staff logistik memang seringkali dirasakan oleh orang-orang yang membaca informasi tentang pekerjaan ini. Namun, ternyata kita tidak bisa menyamaratakan gaji orang-orang yang berprofesi sebagai staff logistik karena tergantung pada UMK di mana perusahaan berdiri. 

Kamu pasti tahu jika setiap daerah memiliki standarisasi gaji pekerja yang disebut sebagai UMK, bukan? Nah, hal tersebutlah yang menjadi dasar pemberian upah kepada staff logistik, sehingga setiap daerah memiliki nominalnya masing-masing. 

Tidak hanya soal UMK, gaji staff logistik juga sangat dipengaruhi oleh perusahaan masing-masing. Jadi, meskipun berada di daerah yang sama, gaji mereka belum tentu sama apabila perusahaan tempat bekerja berbeda.


Menurut informasi di atas, staff logistik adalah mereka yang bekerja di gudang dan berkaitan erat dengan pengelolaan serta distribusi barang atau produk. 

Tak hanya itu saja, masih banyak tugas-tugas lainnya yang perlu dilakukan oleh seorang staff logistik seperti penjabaran di atas. Sedangkan untuk persoalan gaji, kamu bisa berpedoman pada UMK daerah masing-masing atau berkaca pada perusahaan lain.

Biar lebih hemat, kamu bisa titipin stok produk kamu di gudang Kompack. Dari sewa gudang, manajemen stok, sampai pengiriman akan diurus oleh tim gudang profesional kami! Kunjungi website kompack.id untuk informasi lebih lanjut.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar