Apa itu Helper Gudang, Tugas, Tanggung Jawab dan Gajinya

komerce.id – Salah satu pekerjaan di dalam gudang adalah helper gudang, yang mana memiliki tanggung jawab cukup besar terkait stok barang. Tugas helper gudang juga cukup banyak, mengingat tujuan pengadaan profesi ini adalah untuk membantu segala aktivitas di gudang. 

Sebagai helper gudang, kamu perlu menguasai beberapa hal mulai dari pengelolaan gudang, baik dalam mengelompokkan barang hingga mencatat keluar masuknya barang. Jika hanya dilihat sekilas, pekerjaan ini memang cukup simple namun pada kenyataan tidak begitu. 

Apalagi jika kamu bekerja sebagai helper di warehouse besar, dapat dipastikan tanggung jawabnya akan jauh lebih banyak dan besar. Ingin tahu lebih jelas tentang satu profesi di pergudangan? Jika iya, simak di bawah ini:

Baca juga: Apa Itu Staff Logistik

Apa Itu Helper Gudang? 

apa itu helper gudang
Apa itu helper gudang

Kamu perlu tahu bahwa setiap perusahaan yang memiliki gudang penyimpanan, pasti harus memastikan bahwa semua barang-barang di dalam ya terpantau dengan baik. Pasalnya, apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di dalam gudang, nantinya pasti akan berimbas pada perusahaan bahkan bisa terjadi kerugian besar. 

Oleh sebab itu, harus ada pencegahan agar tidak mengalami kerugian besar yakni dengan mempekerjakan posisi helper gudang. Helper gudang merupakan staff yang pekerjaannya dilakukan di area gudang dengan tujuan agar memastikan kelancaran arus stok barang dan lain sebagainya. 

Helper gudang perlu memastikan hal-hal penting, misalnya saja memeriksa jumlah dan kualitas barang, kemudian mencatat nama serta kode barang yang keluar masuk, bahkan perlu mencatat pula siapa saja yang mengangkut barang tersebut.

Peran seorang helper gudang cukup penting dan krusial, sehingga mereka diwajibkan memiliki ketelitian, fokus, dan berbadan sehat, karena biasanya helper gudang harus pindah dari gudang satu ke gudang lainnya dengan cepat.

Baca juga: Arti Paket telah Dikirim dari Gudang Sortir

Tugas Helper Gudang dan Tanggung Jawabnya

tugas helper gudang dan tanggung jawabnya
Tugas helper gudang dan tanggung jawabnya

Apakah kamu masih belum jelas dan belum mendapatkan gambaran tentang profesi helper gudang? Jika belum, mungkin informasi tentang apa saja tugas helper gudang bisa membuat kamu lebih paham lagi. Berikut ini informasinya:

1. Mencatat Persediaan Stok Barang

Tugas helper gudang adalah melakukan pencatatan persedian stok barang dengan benar dan secara berkala, sehingga mampu memastikan jumlah barang dan sesuai dengan sistem. 

Ketika stok barang menipis, maka helper gudang akan memberikan informasi tersebut kepada staff yang bersangkutan. Dengan demikian, ketika proses pengiriman barang atau distribusi barang dapat berjalan lancar tanpa ada hal-hal yang menghalangi, misalnya saja kekurangan stok.

2. Mendata dan Membuat Laporan Perihal Keluar Masuknya Barang

Pengelolaan secara rinci perlu dilakukan di dalam gudang, karena terdapat barang yang merupakan aset perusahaan. Tugas dari helper selanjutnya adalah melakukan pendataan terhadap semua barang, baik yang keluar maupun masuk ke gudang setiap harinya. 

Helper gudang juga akan melakukan pengecekan terhadap jumlah produk, apakah sudah benar dan sesuai dengan sistem serta dalam kondisi baik atau tidak. Nah, data tersebut nantinya akan dibuatkan laporan dan diserahkan kepada atasan sebagai bahan evaluasi.

3. Menjaga Kebersihan dan Kerapian Gudang

Kebersihan dan kerapian gudang pada dasarnya merupakan tanggung jawab helper gudang, sehingga perlu diperhatikan dengan tujuan agar aktivitas pergudangan dapat berjalan sebagaimana mestinya. 

Gudang harus dibersihkan setiap hari, agar selalu terhindar dari hama-hama misalnya saja tikus dan juga kecoa yang kemungkinan besar bisa merusak barang di dalamnya. Sedangkan untuk kerapian gudang bertujuan agar gudang terlihat lebih luas, sehingga barang yang dapat ditampung di dalamnya semakin banyak.

4. Melakukan Persiapan Barang yang Hendak Keluar Gudang

Tugas helper di urutan keempat adalah melakukan persiapan terhadap barang yang akan keluar dari gudang atau yang akan didistribusikan kepada konsumen. Hal tersebut sudah termasuk packing dan juga memasukkan seluruh barang ke dalam alat transportasi yang digunakan dalam pengiriman. 

Dengan demikian, ketika mereka sudah memeriksa keadaan produk, mereka juga akan memastikan bahwa produk tersebut telah siap untuk dikirim kepada para konsumen. Sedangkan apabila ada kecacatan pada produk, helper gudang bertugas untuk melaporkan hal tersebut kepada staf yang berwenang.

5. Mengelompokkan Barang-Barang di Gudang

Barang-barang di dalam gudang ditata dan dikelompokan berdasarkan jenis atau kategorinya, agar mudah dicari. Hal tersebut merupakan tanggung jawab seorang helper gudang, sehingga wajib menata dan mengelompokkan barang sebagaimana mestinya di dalam gudang. 

6. Mengelola Faktur dan Struk Barang Produksi

Faktur merupakan sebuah dokumen transaksi yang berisikan tentang daftar barang serta biaya pengiriman, sedangkan struk merupakan bukti atau nota tentang harga barang. Helper gudang dapat dipastikan akan memperoleh kedua dokumen tersebut ketika proses keluar masuk barang dilakukan. 

Dokumen-dokumen yang didapatkan nantinya akan dilaporkan kepada bagian keuangan dan akan diinput ke dalam sistem untuk kepentingan laporan setiap periode.

7. Mengantar Barang dari Gudang

Tugas ketujuh ini sebenarnya bukan sepenuhnya pekerjaan seorang helper gudang, karena sudah ada sopir khusus dalam penanganannya. Namun, apabila sopir tersebut berhalangan hadir dalam proses pengantaran, maka helper gudang harus menggantikan posisinya agar proses pengiriman tidak terhambat sama sekali.

Baca juga: Apa itu Receiving Gudang

Syarat Lengkap Menjadi Helper Gudang

syarat menjadi helper gudang
Syarat menjadi helper gudang

Untuk menjadi seorang helper gudang, ada syarat-syarat tertentu yang perlu kamu miliki. Apa saja syaratnya? Kamu bisa melihatnya di bawah ini:

1. Kondisi Fisik yang Fit

Sebagaimana tugasnya, seorang helper gudang akan melakukan pengelompokkan barang, kemudian mengeceknya dari satu barang ke barang lainnya, serta proses penataan gudang. Dengan aktivitas yang begitu banyak, tentu saja seorang helper gudang harus memiliki kondisi fisik yang fit.

2. Disiplin dan Bertanggung Jawab

Sebenarnya tidak hanya sebagai helper gudang, disiplin dan tanggung jawab juga perlu dimiliki oleh semua pekerja demi berkembangnya tempat kerja mereka. Dengan disiplin dan tanggung jawab tersebut, maka sistem pergudangan dapat berjalan sebagaimana mestinya.

3. Teliti dalam Bekerja

Tugas sebagai helper gudang tidak bisa disepelekan dan dianggap mudah, sehingga pekerjaan ini membutuhkan ketelitian dan juga fokus tinggi.

Teliti dalam melakukan pengecekan kondisi barang, kemudian pencatatan, dan juga persiapan barang siap kirim, karena pada dasarnya proses ini tidak bisa dilakukan sembarangan.  Pasalnya, jika terjadi kesalahan, maka dapat dipastikan hal tersebut akan berefek negatif pada perusahaan.

Gaji Helper Gudang

Untuk persoalan gaji, helper gudang biasanya mendapat upah atas pekerjaannya sebesar Rp2.000.000 sampai dengan Ro4.500.000. Nominal tersebut akan bergantung pada tempat kerja dan juga daerah tempat berdirinya usaha, karena akan disesuaikan dengan UMK. 

Tidak menutup kemungkinan juga bahwa gaji yang diperoleh oleh helper gudang bisa lebih tinggi dari angka yang telah disebutkan. Biasanya gaji juga disesuaikan dengan lama bekerja serta kinerja yang diberikan kepada perusahaan. 


Tugas helper gudang ternyata cukup banyak dan tanggung jawabnya besar, sehingga tidak heran jika gajinya juga lumayan tinggi. Untuk menjadi seorang helper gudang, kamu perlu memenuhi syarat yang berlaku, namun tidak semua perusahaan sama. 

Helper gudang memiliki peran penting, khususnya dalam hal melancarkan seluruh aktivitas pergudangan, baik saat barang masuk hingga barang keluar kembali. 

Untungnya, Kompack menyediakan helper gudang profesional yang akan membantu seluruh urusan pergudangan kamu. Yuk pakai Kompack! Solusi masalah pergudangan, manajemen stok, packing, sampai pengiriman, semuanya bisa di Kompack. Kunjungi kompack.id sekarang juga!

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar