4 Cara Komplain ID Express Terbaru 2022 Paling Mudah

Komerce.id – Para seller tentunya sudah tidak asing lagi dengan jasa pengiriman ID Express, bukan? Meskipun menawarkan jenis layanan yang variatif dengan tarif pengiriman kompetitif, hal ini tidak menutup kemungkinan adanya komplain ID Express dari customer.

Kendala yang mungkin terjadi dan membuat customer mengajukan komplain yaitu adanya keterlambatan pengiriman barang, barang rusak, atau hilang. Kendala-kendala ini bisa disebabkan karena adanya masalah pada kurir, operasional, cuaca buruk, atau faktor lainnya.

Cara komplain di ID Express bisa dilakukan melalui Call Center, sosial media, live chat, atau datang langsung ke terdekat. Nah, untuk mengetahui secara lebih jelas mengenai cara-cara mengajukan komplain jasa pengiriman ID Express, berikut ulasan selengkapnya.

Baca juga: 19 Arti Status Pengiriman ID Express 2022 (Reguler, Same Day & IDlite)

Hal-hal Penyebab Komplain ID Express

penyebab komplain id express
penyebab komplain id express

Meskipun selalu berupaya untuk memberikan yang terbaik, terkadang ada beberapa hal yang menyebabkan barang datang terlambat, rusak, bahkan hilang. Berikut ini beberapa hal yang membuat konsumen ID Express mengajukan komplain.

  • Kurir tidak dapat menemukan alamat penerima karena tidak mengetahui lokasi desa atau nama jalan.
  • Paket barang yang dikirimkan diterima oleh orang yang salah sehingga penerima asli belum menerima paket barang tersebut (salah alamat).
  • Adanya keterlambatan pengiriman yang disebabkan adanya gangguan dalam proses kirim seperti terjadi bencana alam, blokade, dan lain sebagainya.
  • Kurir menitipkan paket kepada tetangga tanpa sepengetahuan penerima asli.
  • Paket hilang selama proses pengiriman dan tidak dapat ditemukan.
  • Paket tertukar dengan paket miliki konsumen lain sehingga terjadi keterlambatan pengiriman akibat salah alamat.
  • Status paket sudah diterima padahal penerima asli belum menerimanya.
  • dan masih banyak lainnya.

Cara Mengajukan Komplain ID Express

cara mengajukan komplain id express
cara mengajukan komplain id express

Setelah mengetahui kendala yang terjadi pada proses pengiriman ID Express, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengajukan komplain. Berikut ini cara efektif mengajukan komplain ekspedisi ID Express.

1. Komplain Melalui Call Center

Sama halnya seperti jasa ekspedisi lainnya, ID Express juga menyediakan layanan Call Center yang aktif selama 24 jam nonstop. Untuk mengajukan komplain barang di ID Express melalui cara ini, kamu tinggal menghubungi nomor (021) 8082-3899.

Karena termasuk panggilan berbayar, pastikan bahwa ponsel yang kamu gunakan sudah terisi pulsa. Jangan lupa juga untuk menginformasikan data pengiriman meliputi nomor resi, data pengirim, data penerima, jenis layanan ID Express yang digunakan, dan ciri-ciri paket.

2. Komplain via Live Chat

Untuk menunjang kenyamanan dan kepuasan pelanggan, ID Express sudah menyediakan fitur live chat yang bisa diakses secara online melalui website resmi ID Express. Cara komplain ID Express satu ini dinilai efektif karena kamu bisa mendapatkan respons cepat dan bebas biaya alias gratis.

Langkah-langkah untuk mengajukan komplain ID Express via Live Chat sangatlah mudah antara lain sebagai berikut.

  • Kunjungi website ID Express atau klik disini menggunakan perangkat ponsel atau komputer.
  • Setelah itu, kamu bisa tap tombol chat warna merah yang berada di pojok kanan bawah tampilan web hingga muncul fitur live chat.
  • Sampaikan kendala yang kamu alami beserta informasi pengiriman seperti nomor resi, data pengirim, data penerima, dan jenis layanan yang digunakan untuk memudahkan tracking paket.

3. Komplain via Media Sosial ID Express

Tidak hanya dijadikan sebagai media promosi saja, media sosial ID Express juga bisa digunakan untuk menyampaikan keluhan, kritik, atau saran. Ada beberapa platform media sosial yang bisa kamu gunakan untuk menyampaikan komplain barang ID Express antara lain:

  • Instagram : https://www.instagram.com/idexpress_official/
  • Facebook : https://www.facebook.com/idexpressofficial
  • Twitter : https://twitter.com/idexpress_care

Bagi kamu yang memilih komplain melalui pesan di akun media sosial ID Express, kamu tentunya harus bersabar karena respons yang diberikan biasanya lama. Admin ID Express akan membalas pesan keluhanmu sesuai antrian.

4. Komplain dengan Mendatangi Kantor atau Agen ID Express

Cara lainnya untuk mengajukan komplain ID Express yaitu dengan mendatangi kantor atau agen ID Express terdekat secara langsung. Sebelumnya, kamu bisa searching lokasi kantor ID Express terdekat melalui Google Maps.

Bagi kamu yang ingin komplain terkait paket barang yang hilang atau rusak, kamu bisa membawa bukti dan persyaratan yang dibutuhkan untuk melakukan klaim ganti rugi seperti bukti foto/video paket.

Sementara itu, bagi kamu yang mengalami permasalahan paket barang datang terlambat melebihi estimasi, kamu bisa mencatat informasi pengiriman seperti nomor resi, data pengirim dan penerima, dan jenis layanan ID Express yang digunakan untuk memudahkan pelacakan paket.

Baca juga: Cara Pick Up ID Express

Cara Klaim Asuransi Jasa Pengiriman ID Express

cara klaim asuransi jasa pengiriman id express
cara klaim asuransi jasa pengiriman id express

Sama seperti jasa pengiriman lainnya, ID Express juga menyediakan layanan asuransi untuk meminimalisir risiko kerugian akibat barang hilang/rusak selama perjalanan. Klaim asuransi ini bisa dilakukan jika kamu memesan barang melalui Shopee maksimal 2 hari setelah paket diterima.

Seller bisa menghubungi CS Shopee dengan beberapa informasi data seperti nomor pesanan, nomor resi pengiriman dari ID Express, dan bukti foto/video untuk paket barang rusak. Nantinya, CS Shopee akan meneruskan investigasi dan proses klaim asuransi ke pihak ID Express.

Pihak ID Express akan melakukan verifikasi pengajuan klaim selama maksimal 5 hari. Apabila ajuan klaim diterima, maka kamu akan mendapatkan saldo ganti rugi.

Namun, jika pengajuan komplain pengiriman ID Express tidak diterima, maka CS akan menghubungimu untuk memberitahukan bahwa pengajuan klaim asuransi ditolak dengan beberapa alasan seperti bukti video/foto kurang valid, dan lain sebagainya.

Solusi praktis yang bisa kamu lakukan untuk komplain barang hilang atau rusak di ID Express, kamu bisa menghubungi pihak Shopee melalui fitur Live Chat atau Call Center 1500702. Kamu juga bisa mengisi formulir komplain https://seller.shopee.co.id/edu/form.


Berikut sudah dijelaskan mengenai cara komplain ID Express dan klaim asuransi. Pengajuan komplain dan klaim asuransi ini bisa kamu lakukan melalui Live Chat, Call Center, media sosial, atau datang langsung ke agen ID Express terdekat.

ID Express juga menyediakan pilihan layanan yang beragam seperti pengiriman paket Regular, ID Lite, dan Same Day. Dengan banyaknya pilihan jenis layanan yang disediakan oleh ID Express, kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan estimasi waktu pengiriman yang diinginkan.

Bagi kamu yang yang ingin mengirimkan barang via ID Express, pastikan untuk mencantumkan alamat tujuan secara lengkap dan kemas paket sesuai standar untuk mencegah kerusakan.

komship ongkir
Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 3 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.