19 Arti Status Pengiriman ID Express 2022 (Reguler, Same Day & IDlite)

Komerce.id – Di Indonesia ada berbagai macam layanan ekspedisi dengan tarif murah. Saking banyaknya pilihan ekspedisi yang murah, maka siapapun jadi bingung untuk memilih mana yang terbaik. Salah satu ekspedisi tersebut adalah ID Express, Nah, apa arti status pengiriman ID Express menjadi ekspedisi yang banyak digunakan dan dicari.

ID Express merupakan salah satu ekspedisi yang menawarkan harga murah, ID Express menyediakan fasilitas pick up paket dan semua agen juga sudah tersebar di wilayah Indonesia. Nah, jika kamu menggunakan ekspedisi dari ID Express, biasanya ada sebuah resi.

Kegunaan resi adalah untuk melacak posisi barang untuk memantau. Ketika resi dilacak, maka akan menampilkan sebuah informasi status pengiriman dan setiap status pengiriman ini mempunyai arti yang berbeda. Sebagai pebisnis online, kamu harus bisa memahami arti dari setiap status yang ada. Apa saja sih status pengiriman di ID Express?

Baca juga: Cara Pick Up ID Express

Arti dan Istilah Status Pengiriman ID Express

Istilah-istilah Pengiriman ID Express
Istilah-istilah Pengiriman ID Express, sumber gambar: marketing.co.id

Status tentang pengiriman paket merupakan hal yang sangat berguna untuk memantau keberadaan paket. Kalau kamu merupakan seorang pebisnis online yang selalu berhubungan dengan jasa ekspedisi, ada baiknya kamu memahami tentang arti status pengiriman ID Express, apa saja itu?

Status PengirimanArti Status Pengiriman ID Express
Arrival ScanJika kamu mengecek resi paketmu dan mendapatkan status ini, maka artinya adalah ID Express paket kamu sudah sampai ke alamat yang telah dicantumkan.
Confirm Return BillKamu harus mengkonfirmasi pengembalian atau harus melakukan retur barang. Artinya, ada masalah yang terjadi dengan paket yang kamu kirimkan ke customer sehingga kamu perlu melakukan konfirmasi retur.
Create Return BillApabila ada kesalahan yang terjadi seperti alamat tidak ditemukan, rumah tidak ada penghuninya atau si customer menolak paket yang kamu kirimkan, maka akan muncul status ini. Status ‘Create Return Bill’ ini memiliki arti bahwa ada permintaan untuk pengembalian atau retur paket
Delivery ScanPaket kamu sedang berada dalam proses untuk menuju ke alamat si penerima atau customer kamu.
FBJika kamu melihat ada tulisan ‘FB’ dalam status pengiriman di customer-mu, itu artinya adalah agen ID Express yang sedang proses mengantarkan pesanan.
Kurir (Nama si Kurir) Sedang Proses PengantaranKalau status pengantarannya di atas, maka sudah sangat jelas artinya bahwa kurir dari ID Express sedang dalam proses mengantarkan paket yang kamu kirimkan ke alamat si customer.
Masalah Dalam PengirimanAda masalah dalam pengiriman yang menghambat proses kurir untuk menyerahkannya ke customer.
MHKetika kamu mengecek status pengiriman da nada tulisan ‘MH’, artinya adalah gudang pusat
Paket DikirimkanPaket yang kamu kirimkan ke customer sudah berhasil untuk dikirimkan ke si penerima.
Paket Telah Didaftarkan Untuk ReturKetika ada paket yang tidak berhasil diantar ke customer, maka resi akan menampilkan status di atas. Adapun paket akan sementara waktu disimpan di kantor ID Express.
Paket Telah Dikonfirmasi untuk ReturnPaket sudah dikonfirmasi untuk dikembalikan dan dilakukan pada hari berikutnya
Paket Telah DiterimaStatus pengiriman di atas menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para pebisnis online dan customer karena artinya paket sudah diterima ke tujuannya.
Paket Telah SampaiHampir sama dengan status sebelumnya, maka arti dari status ini adalah bahwasannya paket telah sampai menuju alamat tujuan.
Pick Up ScanPaketan sudah diterima agen ID Express ataupun kurir berhasil mengambil barang
POD ScanMerupakan informasi pemeriksaan paketan sudah diantar sampai ke penerima.
Problem On Shipment ScanAda masalah terjadi di pengiriman sehingga akan dilakukan pemeriksaan.
Sending ScanPemeriksaan barang kemudian akan diantarkan ke lokasi tujuan.
THArti TH dalam pengiriman barang ID Express adalah gudang transit.
WaybillMemiliki arti nomor resi ataupun kode pengiriman.
Baca juga: 4 Cara Komplain ID Express Terbaru 2022

Jenis-jenis Layanan ID Express

Layanan Unggulan ID Express
Layanan ID Express, sumber gambar: carabelanja.id

Sebagai layanan ekspedisi, ID Express menyediakan berbagai macam layanan pengantaran yang bisa dijadikan opsi untuk mengantarkan barang kamu ke customer. Layanan pengiriman tersebut terbagi menjadi 3 pilihan, di antaranya:

1. ID Express Reguler

Pertama, merupakan layanan pengiriman yang bisa dibilang adalah paling standar untuk mengirimkan paket ke customer. Adapun estimasi waktu menggunakan ID Express Reguler sendiri rata-rata adalah 3-5 hari kerja.

Adapun ongkos kirim menggunakan layanan reguler sendiri lumayan terjangkau. Layanan reguler ID Express sudah tersebar di seluruh Indonesia.

2. ID Express Same Day

Layanan kedua yang bisa diandalkan adalah ID Express Same Day atau satu hari bisa sampai. Layanan pengiriman menggunakan ID Express Same Day ini bisa sampai di hari yang sama jika paket langsung dikirim di jam operasional sebelum keberangkatan.

Namun, khusus untuk layanan Same Day dari ID Express ini hanya bisa digunakan untuk kamu yang tinggal di Jabodetabek. Adapun tarifnya cenderung lebih mahal dibandingkan regular, hanya saja keuntungan paketnya adalah bisa sampai hari itu juga atau 24 jam setelah barang di pick up.

3. ID Express IDlite

Terakhir adalah layanan khusus yang bisa diandalkan jika kamu mau mengirimkan barang yang bobotnya ringan atau kurang dari ½ kg. Jadi, ID Express IDlite ini khusus digunakan untuk mengirim barang kecil seperti aksesoris, kertas, materai, dan sebagainya.

Keunggulan dari layanan ID Express IDlite adalah ongkos kirimnya sangat murah, yakni kelebihannya mulai Rp 6000 jadi bisa menjangkau semua kalangan.


Jika dibandingkan dengan arti status pengiriman dari layanan Go Send, maka ID Express ini mempunyai banyak istilah. Hal ini dikarenakan proses pengirimannya melalui kantor pusat hingga cabang di setiap kotanya.

Mengetahui arti status pengiriman ID Express sangat penting agar kamu selaku seller bisa mengecek resi apabila ada komplain dan masalah pada paket saat pengiriman ke customer. Tentu mendapat masalah saat pengiriman bukan hal yang diinginkan oleh seller manapun, maka dari itu, memahami informasi seputar resi adalah hal penting untuk berjaga-jaga dari hal yang buruk.

komship ongkir
Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.