Profesi Picker Gudang : Definisi, Tugas, Kualifikasi, dan Gaji

komerce.id – Ada berbagai macam pekerjaan yang dijalankan di dalam gudang, salah satunya profesi picker gudang. Ini merupakan bagian dari operator gudang yang masih termasuk ke dalam bidang manajemen pergudangan.

Sebagai picker gudang, tentu saja terdapat tugas khusus yang perlu dikerjakan dengan tujuan agar aktivitas di dalam gudang berjalan lancar. Jadi, sebuah perusahaan yang memiliki gudang pastinya wajib memiliki tim picker sesuai dengan kapasitas gudang.

Lantas, apa sih picker gudang? Kemudian apa saja tugas-tugasnya? Seberapa penting kehadiran picker di alam gudang? Semua jawaban atas pertanyaan tersebut dapat kamu temukan pada informasi di halaman berikut ini.

Baca juga: Tugas Stock Keeper

Apa Itu Picker Gudang?

Apa itu picker gudang
Apa itu picker gudang, sumber gambar: pexels.com

Profesi picker gudang adalah seseorang atau tim yang memiliki tugas untuk mengambil pesanan di dalam gudang, kemudian menyerahkannya ke bagian pengepakan alias packing. Jika dilihat, pekerjaan ini memang mudah, namun dibutuhkan ketelitian yang tinggi ketika menjalankannya, lho.

Mengapa demikian? Pasalnya, jika terjadi kesalahan maka dapat memberikan risiko tinggi pada tingkat kepuasan konsumen, sehingga pelanggan bisa kecewa bahkan pindah langganan. Kesalahan yang dapat terjadi akibat ketidak telitian adalah kesalahan pengiriman barang kepada konsumen.

Nah oleh sebab itulah mengapa setiap perusahaan perlu memiliki picker gudang, karena perannya yang begitu penting demi kelancaran perusahaan serta loyalitas para konsumen.

Tugas Picker Gudang

Tugas picker gudang
Tugas picker gudang, sumber gambar: pexels.com

Salah satu hal yang mempengaruhi kelancaran proses pengiriman barang terletak pada profesi picker gudang. Mereka memiliki tugas khusus di dalam gudang, sehingga proses pengiriman bisa dilakukan dengan sempurna dan sesuai keinginan. Berikut ini tugasnya:

1. Memastikan Barang yang Masuk ke Gudang

Tugas pertama yang perlu dilakukan oleh seorang picker gudang ialah melakukan identifikasi barang yang akan masuk ke dalam gudang. Identifikasi tersebut seputar apakah barang yang masuk merupakan barang laris atau bahkan sebaliknya.

Setelah identifikasi barang masuk, maka staff picker gudang akan mendapatkan list mengenai barang dengan daya jual tinggi. Nah, dengan data tersebut picker gudang peru mengkategorikan barang sesuai dengan kode unik dan menempatkannya sesuai tempat.

Aktivitas ini nantinya akan berpengaruh besar pada posisi atau peletakan barang, karena barang-barang yang laris akan diletakkan di dekat divisi packing. Mengapa begitu? Tujuannya agar dapat mempersingkat waktu atau mempercepat proses pengiriman dari gudang menuju ke konsumen.

2. Membuat Laporan Inventaris dan Keluar – Masuk

Selanjutnya, seorang picker gudang harus membuat laporan terkait inventaris, yakni melaporkan barang-barang apa saja yang tersedia kemudian berapa jumlah stoknya.

Tidak hanya persoalan inventaris, picker gudang juga harus mencatat jumlah kemudian mendeskripsikan barang masuk dan keluar. Ke mana catatan tersebut diberikan? Laporannya akan diberikan langsung kepada kepala gudang untuk proses lebih lanjut.

3. Mengonfirmasi Jumlah Barang yang tersedia di Gudang Sama dengan Catatan

Seorang picker gudang juga perlu memastikan jumlah barang di dalam gudang sudah sama dengan catatan inventaris, karena apabila terjadi selisih nantinya laporan akan berbeda daripada kenyataannya.

Dengan begitu, picker gudang harus memiliki ketelitian lebih pada tugas ini, karena ia merupakan perantara dalam memberikan informasi ada atau tidaknya barang sesuai dengan permintaan pelanggan.

Tenang aja, dengan kompack, kamu bisa mendapatkan laporan stok barang terupdate!

4. Menggunakan Barcode Scanner Supaya Pekerjaan Picker Gudang Efisien

Barcode scan digunakan demi efisiensi pekerjaan picker, sehingga picker gudang perlu menggunakannya. Pasalnya, meneliti satu per satu barang atau stok akan memakan banyak waktu dan energi sehingga aktivitas lainnya bisa terganggu.

Nah, dengan penggunaan barcode scanner untuk melakukan pencatatan barang masuk maupun keluar tentu akan membantu mengurangi tingkat kesalahan kemudian juga mempermudah pekerjaan seorang picker gudang.

5. Klasifikasi Barang Berdasarkan Kode Unik Guna Menata Gudang

Tugas terakhir seorang picker gudang adalah mengklasifikasikan barang-barang di dalam gudang, baik yang masuk maupun keluar sesuai dengan kode unik. Nah, kode unik tersebut bisa membantu merapikan barang ketika proses peletakan berlangsung di dalam gudang.

Biasanya, produk diletakkan sesuai dengan urutan kode unik, sehingga nantinya apabila dicari akan lebih mudah menemukannya.

Baca juga: Gaji dan Tugas Kepala Gudang

Proses Kerja Picker Gudang

Proses kerja picker gudang
Proses kerja picker gudang, sumber gambar: pexels.com

Masih belum ada gambaran tentan profesi picker gudang? Secara singkat, proses kerja picker gudang akan bergantung pada dua sesi, yakni ketika pelanggan melakukan pemesanan barang kemudian juga ketika barang baru saja datang dan akan dimasukkan gudang.

Nah, ketika barang sampai di gudang, picker langsung akan menyortir barang-barang tersebut sesuai dengan kode unik dan juga list barang yang memiliki nilai jual tinggi. Setelah itu, picker gudang akan melakukan penataan yang mana akan bergantung pada jenis serta tingkat kelarisan barang.

Ketika nantinya pelanggan melakukan pemesanan barang, maka picker gudang harus mengambilkan barang tersebut yang mana letaknya sudah disesuaikan dengan kode unik. Dengan demikian, picker hanya perlu mencari barang sesuai kode unik kemudian mengirimnya ke bagian packing untuk ditindaklanjuti.

Kualifikasi Picker Gudang

Kualifikasi picker gudang
Kualifikasi picker gudang, sumber gambar: pexels.com

Sedang mencari seorang picker gudang, namun belum tahu kualifikasi terbaiknya seperti apa? Sebagai acuannya, rata-rata profesi picker gudang banyak diisi dengan pria, kemudian yang memiliki pendidikan minimal SMA dengan dibuktikan adanya ijazah.

Selain itu, ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi untuk bisa menjadi picker gudang, yakni sebagai berikut:

  • Kekuatan fisik yang bagus, karena dalam pekerjaan nantinya seorang picker gudang dituntut agar bergerak cepat dan mengangkat barang.
  • Kepribadian yang teliti, fokus, dan cekatan, karena picker gudang harus memastikan barang sampai ke tangan pelanggan dengan baik, kemudian benar dan pastinya dalam waktu cepat.

Setelah memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan di atas, maka seorang picker gudang yang lolos seleksi akan melalui masa training terlebih dahulu. Masa training ini bertujuan untuk membiasakan diri dengan pekerjaan di dalam gudang, khususnya pada job desknya masing-masing.

Pada masa training latihan yang dilakukan yakni latihan ketelitian dan juga perhatian terhadap seluruh tata letak batang ayan ada di dalam gudang.

Baca juga: Jasa Gudang Online

Gaji Picker Gudang

Profesi sebagai picker gudang memang merupakan pekerjaan yang spesifik, namun untuk gudang yang masih berskala kecil tugas picker akan dirangkap dengan tugas packer. Jadi, ia akan bertugas dalam proses pengepakan barang apabila bekerja di dalam gudang skala kecil.

Sedangkan perihal gaji, rata-rata seorang picker gudang akan menerima upah sesuai dengan level UMR di daerah masing-masing. Misalnya saja seorang picker gudang yang bekerja di daerah Jabodetabek akan digaji sekitar Rp3.500.000 per bulannya.

Namun, tidak semua daerah memiliki level UMR yang sama, ya, karena maisng-masing daerah memiliki kebijakan masing-masing. Oleh sebab itu, gaji picker gudang tidak bisa disamaratakan, apalagi jika perusahaannya berbeda bahkan skala gudang juga mempengaruhinya.


Profesi picker gudang wajib dimiliki oleh setiap gudang, karena tugasnya sangat berarti untuk kelancaran pengiriman barang dan kepuasan para pelanggan. Dengan adanya profesi ini, gudang dapat dipastikan tertata rapi, sehingga memudahkan pengambilan barang.

Jika tidak memiliki picker gudang, maka dapat dipastikan perusahaan akan kesulitan dalam menangani pesanan online untuk bisa sampai tepat waktu atau lebih cepat lagi.

Untungnya ada Kompack yang siap membantu pengelolaan gudang kamu. Kamu gak usah khawatir akan biaya gaji picker gudang, karena dengan Kompack kamu hanya perlu membayar mulai dari Rp 2.000 disetiap paket yang terjual dari gudang. Informasi selengkapnya bisa kamu dapatkan di kompack.id.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar