Tugas Operator Gudang, Gaji, dan Tanggung Jawabnya

komerce.id – Kebutuhan akan staff gudang semakin hari semakin tinggi dan macamnya ada banyak, hal tersebut disebabkan oleh perkembangan tren digital serta adanya marketplace. Salah satu staff yang dibutuhkan adalah operator gudang. Lantas, apa tugas operator gudang?

Operator gudang memiliki tugas yang lumayan banyak, karena mereka bertanggung jawab penuh atas gudang atau warehouse setiap harinya. Apabila tidak ada operator gudang, pastinya aktivitas di dalam gudang tidak akan berjalan lancar dan pastinya rumit.

Gudang dan operator adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan, tentunya untuk tujuan agar keluar masuknya barang bisa terdata dengan baik dan sesuai data di dalam sistem komputer. Apakah kamu ingin menjadi operator gudang?

Baca juga: Tugas Kepala Gudang

Apa Itu Operator Gudang?

Apa itu operator gudang
Apa itu operator gudang, sumber gambar: pexels.com

Operator gudang adalah salah satu staff gudang yang memiliki posisi penting dan selalu dibutuhkan setiap saat, khususnya untuk fungsional warehouse atau gudang. Tahukah kamu bahwa kata operator merupakan kata yang berasal dari Bahasa Inggris yang artinya mengoperasikan. 

Dari arti kata tersebut, dapat disimpulkan bahwa operator khusus gudang adalah seseorang atau sekelompok orang yang memiliki tugas dalam proses pengoperasian serta kinerja di dalam gudang.

Dalam pelaksanaan tugas, seorang operator gudang pada dasarnya masih satu tim dengan staff administrasi dan juga foreman gudang, kemudian semuanya dipekerjakan dengan tujuan membantu pekerjaan kepala gudang alias supervisor.

Tentunya seorang operator gudang perlu dan wajib memiliki komitmen guna melakukan pemeliharaan, baik sistem serta operasional di dalam gudang. Tidak hanya itu, mereka juga perlu memastikan sistem yang digunakan telah siap meraih target kinerja. 

Tanggung Jawab Operator Gudang

Tanggung jawab operator gudang
Tanggung jawab operator gudang, sumber gambar: pexels.com

Pekerjaan sebagai operator guna sama saja dengan pekerjaan lainnya mengenai tanggung jawab, karena pada dasarnya setiap pekerjaan memiliki tanggung jawab masing-masing. Lantas, apa tanggung jawab operator gudang?

Berikut ini ulasannya:

  • Operator gudang harus menjaga barang yang ada di dalam gudang semaksimal mungkin agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Operator gudang perlu memastikan jumlah barang di dalam gudang dengan baik dan benar.
  • Tanggung jawab untuk selalu memastikan kesesuaian data yang ada di dalam komputer apakah sama dengan realita yang ada di lapangan.
  • Memiliki tanggung jawab untuk selalu memastikan proses pengiriman barang dari gudang terlaksana dengan baik dan pastinya tepat waktu.
  • Petugas operator gudang harus mencapai target yang telah disesuaikan dan ditentukan oleh pihak perusahaan dalam kurun waktu tertentu.
  • Operator gudang juga bertanggung jawab atas penjagaan serta pemeliharaan di dalam gudang, khususnya kebersihan gudang.
Baca juga: Tugas Helper Gudang

Tugas Operator Gudang

Tugas operator gudang
Tugas operator gudang, sumber gambar: pexels.com

Tugas operator gudang bukan hanya tanggung jawab saja, melainkan ada hal lain yang perlu dilakukan demi kelancaran seluruh proses pergudangan. Kira-kira apa tugasnya? Simak informasi di bawah ini:

1. Briefing Pagi

Tugas operator gudang yang pertama adalah selalu melakukan briefing atau meeting di pagi hari dengan tujuan untuk memastikan operator mengetahui perencanaan yang perlu dilakukan pada hari tersebut.

Hal tersebut juga memiliki tujuan lain, yakni agar dapat meminimalisir kesalahan yang mungkin saja terjadi selama proses kerja di hari itu juga. Apabila terjadi kesalahan, maka hal tersebut menjadi tanggung jawab operator gudang sepenuhnya, ya.

2. Receiving

Selanjutnya, operator gudang juga bertugas dalam proses receiving, yang mana mereka perlu menerima masuknya barang ke area gudang. Tentunya barang yang diterima kemungkinan besar akan datang dari tempat berbeda-beda, bahkan merupakan produk return juga bisa.

3. Stacker

Operator gudang yang memiliki job desk di bagian stacker bertugas untuk menyusun display barang dan juga menghafal keseluruhan nama-namanya, khususnya item-item di dalam gudang.

Jika kamu ingin membayangkan, stacker ini sama halnya dengan posisi merchandise di suatu perusahaan retail. Akan tetapi apabila menurut dunia manufaktur, maka dapat dipastikan bahwa posisi stacker hanya ada di perusahaan garmen dan juga fast moving foods.

4. Picker

Tugas selanjutnya adalah sebagai picker yang mana harus mengambil serta menyiapkan barang pesanan yang akan dikirimkan kepada pemesan atau klien. Biasanya untuk mempercepat proses kerjanya, seorang picker diwajibkan dapat berkoordinasi baik dengan bagian stacker.

Hal tersebut tentu ada alasannya, yakni seorang stacker akan lebih tahu nama-nama barang yang masuk atau keluar gudang maupun yang dibutuhkan oleh picker. Tidak hanya itu, seorang stacker juga pasti akan mengetahui lokasi barang yang diperlukan oleh picker, sehingga proses akan lebih cepat.

5. Checker

Pada umumnya, tugas seorang checker atau salah satu operator gudang adalah menerima serta memeriksa barang yang tadinya sudah disiapkan oleh picker. Pemeriksaan yang dilakukan oleh checker tentunya wajib sebelum barang dikirim dengan tujuan pesanan sudah sesuai atau belum.

Maka dari itu, seorang checker harus memiliki ketelitian yang baik, karena ketika terjadi kesalahan pada stock nantinya akan ada kesulitan saat stock opname dilakukan.

6. Dispatcher

Tugas terakhir dari seorang operator gudang adalah sebagai dispatcher dengan job desk transporter. Bahasa sederhananya, dispatcher ini sama halnya dengan orang yang bertugas di bagian pengiriman atau delivery.

Tugas utama mereka yang bekerja di bagian ini adalah mengirimkan barang, khususnya yang telah disiapkan oleh picker kemudian juga sudah diperiksa oleh bagian checker.

Baca juga: Tugas Staff Logistik

Gaji Operator Gudang

Gaji operator gudang
Gaji operator gudang, sumber gambar: pexels.com

Sekarang kamu sudah tahu tentang apa saja tugas yang perlu dilakukan oleh orang-orang di bagian operator gudang. Tugasnya ternyata dibagi sesuai dengan status pekerjaan, yang mana tidak semua operator gudang memiliki tugas sama.

Nah, karena sudah tahu apa saja tugasnya, kemungkinan kamu juga penasaran dengan gaji atau upah menjadi seorang operator gudang. Gaji operator gudang di negara Indonesia tidak bisa disamaratakan, karena masing-masing tempat memiliki perhitungan masing-masing.

Namun, pada umumnya gaji operator gudang akan disesuaikan dengan tempat atau daerah mereka bekerja dan juga UMK daerah tersebut. Tenang saja, biasanya gaji operator gudang akan mengalami peningkatan sesuai dengan kinerja maupun lama bekerjanya.

Peningkatan gaji juga bisa terjadi apabila kamu sebagai operator gudang bekerja lebih dari waktu kerja yang ditentukan, misalnya saja lembur. Selain itu, apabila ada pekerjaan tambahan, misalnya di hari raya atau hari besar nasional, maka otomatis gaji kamu juga akan bertambah.

Apakah setiap bagian operator gudang memiliki gaji yang sama? Hal tersebut merupakan kebijakan dari perusahaan, ya, sehingga nominal angka setiap operator gudang kemungkinan berbeda-beda.


Menjadi operator gudang memang tidak mudah, namun apabila kamu berminat tidak ada salahnya untuk mencoba. Apabila kamu seorang pengusaha, mengetahui tugas operator gudang kuga sangat penting sehingga bisa menghandle usaha dengan baik.

Tanggung jawab operator gudang cukup besar, karena seluruh sudut gudang adalah daerah teritorialnya. Semakin besar perusahaan, maka bisa jadi akan semakin besar pula gudangnya dan semakin besar juga tanggung jawab operatornya.

Pasalnya, semakin besar perusahaan dapat dipastikan memiliki intensitas memasukkan dan mengeluarkan barang sangat tinggi, bahkan setiap hari akan ada ratusan bahkan ribuan aktivitas keluar masuk barang di dalam gudang.

Buat kamu yang tidak mau repot urus operasional gudang, kamu bisa pakai layanan pengelolaan gudang Kompack! Kompack melayani proses inbound, management stok, packing, sampai pengiriman. Yuk kunjungi kompack.id sekarang!

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar