Staff Gudang : Pengertian, Tugas, Syarat, dan Gajinya

Komerce.id – Dalam manajemen pergudangan, terdapat staff gudang yang menjalankan tugas agar proses keluar masuknya barang tetap lancar. Staff gudang adalah orang-orang yang bekerja di dalam gudang dengan tujuan agar warehouse tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Aktivitas logistik tidak lepas dari peran staff gudang, karena merekalah yang mengatur sekaligus mematikan proses pendistribusian barang berjalan dengan lancar. Dengan begitu, perusahaan tidak akan mengalami kerugian yang berarti ketika mempunyai staff gudang, apalagi yang memenuhi syarat.

Staff gudang memiliki tugas yang tidak bisa dianggap sepele, karena persoalan tentang stok merekalah yang mengetahuinya. Lantas, apa saja tugas yang dilakukan staff gudang di manajemen pergudangan?

Baca juga: Tugas Supervisor Gudang

Apa Itu Staff Gudang?

Pengertian staff gudang
Pengertian staff gudang, sumber gambar: pexels.com

Staff gudang adalah orang-orang yang menangani segala macam hal tentang barang di gudang, mulai dari persediaan, kemudian pengaturan barang, mendata stok, memastikan tidak adanya produk-produk yang tidak layak jual alias kadaluarsa, dan juga membuat laporan ketika melakukan stok opname.

Dengan kata lain, staff gudang merupakan pegawai atau pekerja yang memiliki tanggung jawab guna mengawasi kelancaran proses distribusi dan juga penataan barang di dalam gudang penyimpanan, baik bahan baku maupun produk milik perusahaan tempatnya bekerja.

Selain itu, mereka yang berprofesi sebagai staff gudang juga perlu memastikan barang-barang di dalam gudang ditata dan diletakkan sesuai dengan data, kemudian daftar, dan memeriksa apakah stok opname berjalan sebagaimana mestinya.

Profesi ini memegang peran yang cukup penting, sejak proses persiapan barang hingga distribusi alias melepas barang-barang dari gudang ke tangan distributor.

Tugas Staff Gudang

Tugas staff gudang
Tugas staff gudang, sumber gambar: pexels.com

Seperti yang dikatakan sebelumnya, staff gudang memiliki tugas penting dalam manajemen pergudangan dengan tujuan melancarkan proses distribusi barang. Tugas staff gudang adalah sebagai berikut:

1. Menyusun Barang Sesuai Ketentuan

Secara umum, tugas yang perlu dilakukan oleh seorang staff gudang adalah mengatur produk-produk di dalam gudang dengan tujuan agar sesuai karakteristik tertentu, misalnya sesuai tanggal diterima, kemudian kondisi, ketahanan, dan masih banyak lainnya. 

Ketika perusahaan hendak melakukan proses distribusi barang-barang di dalam gudang, maka dapat dipastikan hal tersebut membutuhkan bantuan staff gudang agar berjalan lancar.

2. Mendata Keluar Masuknya Barang

Kamu juga perlu tahu, bahwasannya seorang staff gudang diharuskan melakukan pendataan yang baik dan benar. Hal tersebut dapat berarti staff gudang perlu memastikan kesesuaian antara data pada laporan dengan realitas yang ada di lapangan.

Proses pendataan barang mulai dari masuk hingga keluar memiliki tujuan tertentu, yakni agar bisa menyortir produk-produk apa saja yang telah sesuai dengan standar perusahaan.

3. Memantau Pemindahan Barang Saat Distribusi

Tugas staff gudang adalah melakukan pengawasan terkait jalannya proses pemindahan barang, khususnya selama pendistribusian dilakukan, baik ketika produk masuk maupun keluar dari dalam gudang.

Setelah proses pemantauan, staff gudang akan mencatat semua barang, kemudian dipindahkan, serta ditata sesuai dengan kategori yang telah ditentukan perusahaan.

4. Koordinasi dengan Tim

Tugas seorang staff gudang cukup kompleks, sehingga satu dengan lainnya perlu melakukan koordinasi, baik secara individu maupun antar tim.

Hal tersebut tentu saja karena adanya alasan, yakni guna menjaga proses penataan, kemudian penataan, proses mengkategorikannya sesuai dengan SOP.

Artinya, seluruh anggota tim yang termasuk staff gudang wajib memahami prosedur serta alur keluar masuknya barang, dengan tujuan agar bisa memastikan pengelolaan gudan sudah tepat.

5. Menyesuaikan Data Produk yang Akan Dikirim

Sebelum proses pengiriman barang berlangsung, staff gudang memiliki tugas penting, yakni melakukan pendataan sekaligus memastikan seluruh barang yang akan didistribusikan telah sesuai dengan permintaan konsumen.

Jika hal tersebut sudah selesai, maka hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memontor roda distribusi dan juga mencatat laporan sesuai dengan realita di lapangan.

6. Menanti Prosedur dan SOP

Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya saja kesalahan dan salah paham ketika bertugas, maka staff gudang secara keseluruhan perlu mematuhi prosedur serta SOP yang dibuat oleh perusahaan.

Prosedur dan SOP yang dimaksud adalah terkait penyediaan barang, kemudian pendistribusian, dan juga pengelolaan seluruh gudang tempat bekerja. Tujuannya adalah agar dapat menciptakan keselarasan kerja antara tim dengan perusahaan tempat mereka bekerja.

Tenang aja, Kompack mempunyai staff gudang professional yang bekerja sesuai standar SOP gudang. Jadi, kamu gak perlu khawatir terjadi kendala yang tidak diinginkan. Yuk titipin produk kamu sekarang juga di gudang Kompack. Kunjungi www.kompack.id sekarang!

7. Memelihara Barang

Sedangkan tugas staff gudang di urutan ketujuh adalah memeriksa dan juga memelihara barang-barang di dalam gudang, dengan tujuan agar kualitasnya tetap terjaga.

Selain itu, staff gudang diwajibkan untuk terus memantau persoalan kelayakan produk sesuai dengan SOP perusahaan. Dengan begitu, proses pendistribusian produk di dalam gudang dapat berjalan secara maksimal dan mendapatkan keuntungan.

Baca juga: Tugas Kepala Gudang

Syarat Menjadi Staff Gudang

Syarat menjadi staff gudang
Syarat menjadi staff gudang, sumber gambar: pexels.com

Perusahaan sangat perlu mengetahui apa saja syarat-syarat apabila sedang mencari staff gudang agar mendapatkan pekerja yang sesuai. Lantas, apa saja syaratnya? Silahkan simak di bawah ini:

1. Memahami Prosedur Supply Chain

Supply chain merupakan prosedur yang memuat tentang rangkaian proses suatu barang mulai dari awal produksi hingga akhirnya bisa sampai ke tangan konsumen atau pelanggan.

Mengapa hal ini perlu dipahami? Karena profesi staff gudang berkaitan erat dengan proses distribusi produk agar bisa sampai ke tangan pelanggan.

2. Dapat Mengerjakan Administrasi Gudang

Karena aktivitas administrasi gudang cukup kompleks, maka dapat dipastikan staff gudang perlu menguasai administrasi gudang. Selain itu, penguasaan tentang administrasi gudang perlu dimiliki karena staff gudang perlu mengerjakannya ketika sudah bekerja di lapangan.

3. Mempunyai Fisik yang Kuat

Mengapa staff gudang harus kuat? Kuat di sini adalah kuat fisik, karena pekerjaan sebagai staff gudang dapat dikatakan sebagai pekerjaan yang berat. Pasalnya, staff gudang harus mengangkut barang-barang yang akan didistribusikan dan biasanya juga harus mengelilingi warehouse dalam waktu lama.

4. Mengetahui Matematika Dasar

Memahami matematika dasar adalah salah satu kemampuan yang perlu dimiliki staff gudang, karena nantinya mereka akan lebih sering melakukan pendataan, kemudian pencatatan, menghitung stok barang, dan juga melaporkannya kepada atasan.

5. Mampu Bekerja Sama, Teliti, dan Berkomunikasi dengan Baik

Kamu pasti tahu, jika barang-barang di dalam gudang jumlahnya begitu banyak, apalagi untuk perusahaan bonafit yang besar. Karena itu, setiap gudang perlu memiliki beberapa staff gudang, sehingga mereka harus mampu bekerja sama, kemudian teliti, serta mampu berkomunikasi dengan baik.

Baca juga: Tugas Helper Gudang

Gaji Staff Gudang

Gaji staff gudang tidak sama antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya, apalagi jika berbeda daerah. Pasalnya, gajinya akan bergantung pada UMK masing-masing daerah dan juga tergantung perusahaan tempatnya bekerja.

Tidak hanya itu, gaji staff gudang juga bergantung pada kinerja masing-masing pegawai dan waktu bekerja. Jika kamu lembur lama, maka dapat dipastikan di bulan itu juga gaji yang kamu terima lebih banyak daripada gaji sebelumnya atau tanpa lembur.


Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa staff gudang adalah mereka yang bertanggung jawab atas persediaan stok, baik mulai dari proses masuk hingga keluarnya barang dari gudang.

Setiap perusahaan yang memiliki gudang, wajib mempekerjakan staff gudang demi kelancaran bisnis masing-masing, karena tugas staff gudang sangatlah penting. Kamu mau mempekerjakan staff gudang?

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar