11 Platform/ CMS Untuk Membuat Toko Online Gratis (2021)

Komerce.id – Berjualan menggunakan platform online bukanlah hal yang baru lagi, sudah banyak orang berkecimpung di bidang ini dan banyak juga yang sukses. Ingin mengikuti jejak sukses mereka? Anda dapat memulai dengan memanfaatkan platform dan CMS untuk membuat toko online gratis.

Membuat toko online sendiri merupakan langkah yang bagus supaya bisnis Anda tidak bergantung pada pihak lain. Saat ini, kebanyakan penjual online memasarkan produk mereka di marketplace dan media sosial. Bisa dikatakan bahwa mereka bergantung pada media milik pihak lain.

Meski banyak yang sukses berjualan di media sosial dan marketplace, Anda akan lebih terlihat profesional apabila memiliki toko online sendiri. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, misalnya Anda bisa mendatangkan traffic pengunjung, meningkatkan konversinya, dan minim pesaing.

Baca juga: 10 Plugin Ongkos Kirim Terbaik Untuk Toko Online

Daftar Platform Toko Online Gratis Tahun 2021

daftar situs untuk membuat toko online gratis
Sumber gambar: Tokome.id

Banyak orang yang takut membuat toko online sendiri karena khawatir modalnya besar, padahal tidak sama sekali. Di bawah ini terdapat beberapa contoh Platform dan CMS Untuk Toko Online Gratis Yang Bisa Anda Gunakan Untuk Jualan Online. Beberapa di antaranya mungkin juga sudah Anda ketahui sebelumnya.

1. Blogger.com

platform blogger

Di urutan paling awal ada Blogger.com. Sebagian orang juga menyebutnya dengan Blogspot karena situs yang dibuat menggunakan blogger kebanyakan memiliki domain blogspot.com. Platform blog ini dimiliki oleh Google.

Untuk membuat blog menggunakan Blogger.com, pengguna hanya memerlukan akun Google. Anda tentu sudah punya akun Google, bukan? Namun untuk toko online, sebaiknya jangan menggunakan akun email pribadi.

Sebaiknya buatlah sebuah akun baru yang memang dikhususkan untuk operasional toko online. Hal ini bertujuan agar urusan pribadi tidak bercampur dengan urusan bisnis.

Setelah menyiapkan akun email Google yang baru, langsung saja kunjungi Blogger.com. Anda dapat langsung mulai membuat toko online di sana.

Catatan: Agar alamat toko online/ domainmu tidak ada embel-embel blogspot.com, kamu bisa membeli domain (di penyedia domain) kemudian sambungkan domain tersebut ke blogger.com sehingga domainmu dapat digunakan tanpa embel-embel blogspot.com

2. WordPress + WooCommerce

platform wordpress

Kalau Anda sudah pernah mengelola blog atau website sebelumnya, mungkin sudah tidak asing lagi dengan WordPress. Content Management System (CMS) yang satu ini memang sangat populer dan banyak digunakan di Indonesia, bahkan untuk beberapa website resmi sekalipun.

WordPress yang dipadukan dengan plugin WooCommerce merupakan pasangan yang serasi untuk membuat toko online sendiri. WordPress sendiri bersifat open source atau terbuka, oleh sebab itu banyak developer yang mengembangkan plugin khusus untuk CMS yang satu ini.

WooCommerce sendiri juga termasuk ke dalam jajaran plugin gratis, Anda tak perlu membayar sepeserpun untuk membangun toko online menggunakan WordPress. Namun untuk mendapatkan fitur-fitur istimewa atau premium, Anda perlu membayar biaya untuk beberapa add on premium.

3. Wix.com

platform wix

Belakangan ini, Wix.com mulai dikenal publik dan popularitasnya meningkat. Platform yang satu ini menyediakan layanan pembuatan website gratis berbasis online. Penggunanya tidak perlu mendownload aplikasi apapun, hanya perlu browser.

Bahkan pengguna tidak perlu mengerti berbagai bahasa pemrograman seperti PHP, JavaScript, dan sebagainya untuk dapat membuat website di Wix. Anda dapat membuat toko online gratis menggunakan Wix.com layaknya menyusul sebuah puzzle.

Situs ini benar-benar memudahkan mereka yang sama sekali tidak mengerti coding untuk mengembangkan website mereka sendiri. Hebatnya, situs ini menawarkan layanan gratis. Tentu saja fitur yang diberikan agak dibatasi dibandingkan layanan berbayarnya.

4. Webs.com

platform webs

Webs.com ini kurang lebih memiliki fungsi yang sama seperti Wix, yaitu untuk membuat sebuah website. Situs ini cocok sekali untuk orang-orang yang ingin membangun sebuah website tanpa harus mempelajari coding terlebih dahulu.

Salah satu hal yang bisa dibuat menggunakan Webs.com adalah website toko online , manfaatkan fitur gratis yang ditawarkan oleh Webs.com sekarang juga dan rasakan bagaimana rasanya membangun sebuah toko online hanya seperti menyusun puzzle.

5. Weebly.com

platform weebly

Satu lagi platform pembuat website berbasis online yang bisa Anda coba adalah Weebly.com. Pengembang atau developer situs Weebly.com sengaja memberikan layanan khusus untuk pembuatan website toko online.

Fitur-fitur di dalam Weebly.com juga telah disesuaikan untuk kebutuhan online, hal ini sangat memanjakan penggunanya karena tak perlu bekerja terlalu banyak untuk mengembangkan sebuah toko online. Keunggulan lain dari Weebly.com ini adalah gratis.

Tanpa modal sepeserpun untuk mengembangkan website, Anda dapat menghasilkan keuntungan hingga berjuta-juta setiap bulannya menggunakan Weebly.com.

Baca juga: Product Knowledge: Pengertian, Manfaat dan Pentingnya untuk Bisnis

6. Site.google.com

platform google site

Tak hanya blogger.com, ternyata Google juga memiliki site.google.com. Produk Google yang satu ini sangat membantu usaha mikro dan usaha kecil untuk mempromosikan dirinya dan memperoleh brand awareness dari masyarakat yang menjadi target pasarnya.

Anda akan secara otomatis memiliki situs site.google.com ketika menambahkan lokasi bisnis ke Maps. Sites.google.com ini memang terintegrasi dengan Google My Business dan Maps untuk membantu pengguna mengembangkan bisnis miliknya.

7. Yukbisnis (yubimini.com)

platform yubimini

Tempat membuat toko online gratis selanjutnya adalah Yukbisnis (yubimini.com), Yukbisnis adalah salah satu platform toko online yang dibuat oleh anak-anak bangsa alias buatan Indonesia. Jika penasaran dengan situs yang satu ini, silakan langsung kunjungi yukbisnis.com atau yubimini.com.

Pengembang sekaligus pemilik Yukbisnis sendiri mengklaim bahwa situs mereka sangat mudah digunakan. Bahkan mereka mengklaim bahwa siapa saja dapat membuat toko online di sini, bahkan nenek sekalipun. Hal ini menegaskan bahwa Yukbisnis memang user friendly.

Tak cuma mudah digunakan, Yukbisnis juga memberikan fitur-fitur menarik untuk penggunanya. Contohnya antara lain SMS notifikasi, dropship, dan lain sebagainya.

Yukbisnis memang menawarkan layanan gratis. Namun untuk menggunakan fitur-fitur yang bersifat premium, pengguna diharuskan untuk membayar biaya langganan per bulan. Biaya langganannya pun tak begitu mahal, hanya 100 ribu rupiah per bulan.

8. Shopify

platform shopify

Shopify ini sangat mirip seperti platform yang telah dibahas sebelumnya, yaitu Yukbisnis. Bedanya, platform ini lebih cocok untuk berjualan online dengan target pasar internasional. Kalau Anda menargetkan konsumen dari dalam negeri, sebaiknya gunakan Yukbisnis.

Ada dua jenis layanan yang ditawarkan oleh Shopify. Layanan pertama tidak berbayar atau gratis. Namun pengguna harus menerima fitur yang biasa-biasa saja dan tidak begitu istimewa. Di samping itu, Shopify juga menawarkan layanan premium dengan harga mulai dari $9.

Fitur yang ditawarkan di layanan premiumnya antara lain menerima pembayaran menggunakan kartu kredit, menambahkan produk ke blog atau website, berjualan menggunakan melalui Facebook dan berkomunikasi melalui Messenger, serta masih banyak lagi.

Untuk pengiriman, Anda tak perlu khawatir karena banyak opsi ekspedisi yang dipilih, berikut rinciannya:

  • SF Express
  • TNT
  • DHL
  • UPS
  • FedEx
Baca juga: 13 Software Omni Channel Terbaik untuk Mengelola Bisnis

9. Prestashop

platform prestashop

Selain menggunakan WordPress dan plugin WooCommerce, ternyata banyak toko online di Indonesia yang memakai CMS Prestashop. CMS yang satu ini bersifat open source seperti WordPress sehingga bisa dipakai secara gratis oleh semua orang.

Bahkan pihak Prestashop mengizinkan semua pengguna untuk memakai CMS ini untuk tujuan komersial atau tujuan pribadi. Kalau Anda penasaran tentang fitur-fitur yang dimiliki oleh Prestashop, kunjungi langsung situs resminya di prestashop.com.

Di situs tersebut tersedia demo yang dapat Anda lihat untuk mengetahui bagaimana cara kerja CMS. Jika merasa cocok, langsung saja download melalui link yang juga tersedia di situs ini.

10. Opencart

platform opencart

Satu lagi CMS open source yang direkomendasikan untuk membangun toko online sendiri adalah Opencart. Dengan CMS ini, Anda dapat membangun sebuah toko online yang lengkap, yaitu mencakup front end dan back end sekaligus.

Front end adalah tampilan online shop yang akan dilihat oleh pengguna ketika mengakses toko online Anda. Sementara back end adalah sisi admin. Di sini, pemilik toko online dapat melakukan berbagai hal seperti memasang produk, memproses order dari pelanggan, dan masih banyak lagi.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Opencart ini adalah CMS yang open source. Oleh sebab itu, pengguna bebas memakainya untuk tujuan komersial.

11. Tokoko.id

platform tokoko

Tokoko.id adalah penutup dari list platform dan CMS untuk membuat toko online gratis kali ini. Domain id yang dimiliki Tokoko menandakan bahwa situs ini berasal dari Indonesia. Platform yang satu ini termasuk pendatang baru di dunia online shopping.

Meski begitu, fitur-fitur yang dimiliki platform satu ini sama sekali tak bisa dianggap remeh. Platform Tokoko.id sudah membantu begitu banyak UMKM untuk membangun toko online milik mereka sendiri.

Beberapa fitur yang menjadi andalan di Tokoko.id antara lain katalog produk yang menarik, dukungan promosi di semua platform digital, order dari pelanggan langsung masuk ke Whatsapp, dan kemudahan mengelola pesanan.

Baca juga: 8 Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

Berdasarkan pembahasan mengenai platform dan CMS untuk membuat toko online gratis di atas, carilah lebih dalam mengenai platform dan CMS yang selain menyediakan website gratis juga memudahkanmu untuk mengumpulkan data pembeli berupa nama, email, nomor handphone, serta alamat pengiriman. Data ini akan sangat berguna di masa mendatang, terutama untuk menjalankan email marketing atau strategi marketing lain.

Hingga saat ini, email marketing masih menjadi strategi yang cukup bagus untuk meningkatkan brand awareness. Apalagi saat ini hampir semua orang menggunakan smartphone dan sudah terintegrasi dengan email. Mengecek dan membaca email akan semakin mudah tentunya.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 3 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

3 pemikiran pada “11 Platform/ CMS Untuk Membuat Toko Online Gratis (2021)”

  1. Ternyata utk membut toko online banyak sekali ya platform yg bisa digunakan selain wordpress. Ya masing” punya pilihan utk memulai belajar dari mana dan pke apa, klo sya suka pke wp wlo dengan domain murah.. 😁

    Balas

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.