13 Software Omni Channel Terbaik untuk Mengelola Bisnis

Software Omni Channel Terbaik – Pernahkah anda mendengar tentang Omni channel? Omni channel merupakan sebuah saluran komunikasi secara universal, menggabungkan berbagai saluran komunikasi ke dalam satu bentuk antarmuka.

Lalu apa hubungannya dengan bisnis? Software ini bisa memudahkan pelanggan untuk mencari informasi terkait barang yang dijual yang juga akan memudahkan interaksi antara penjual dan pembeli. Untuk lebih nyatanya, penggunaan software Omnichannel saat ini bisa dilihat pada akun-akun toko di Instagram yang menghubungkan akun instagram mereka dengan toko online yang ada di berbagai marketplace atau website mereka.

Software ini juga mendukung semua aktivitas bisnis seperti menargetkan, memperoleh, mempertahankan, dan memahami pelanggan. Dari penelitian yang sudah pernah dilakukan oleh Forbes menunjukkan jika sebanyak 73% bisnis menganggap Omnichannel sangat penting. Hal ini didasari dari kebiasaan 82% pelanggan yang sering menjelajah internet menggunakan Smartphone sebelum berbelanja.

Baca juga: Perbedaan Omni Channel dan Multi Channel

13 Software Omni Channel Terbaik untuk Mengelola Bisnis

Memasuki zaman yang sudah serba modern dan digital ini, sudah tidak bisa dihindari dan dipungkiri bahwa akan ada banyak penemuan dan perkembangan teknologi. Teknologi sudah menjadi hal yang akan selalu berkembang secara terus menerus tanpa henti dengan adanya penemuan baru yang kreatif dan inovatif.

Salah satu teknologi yang berkembang saat ini dan berhasil mempengaruhi dunia bisnis adalah Software Omnichannel. Mungkin sebagian dari anda sudah sering mendengar tentang software ini dan menyadari seberapa pentingnya untuk dunia bisnis saat ini. Keberadaannya ternyata berperan sangat penting karena dapat memudahkan tim support untuk memberikan pelayanan dengan adanya informasi pelanggan yang berada dalam satu panel.

Nah, dengan banyaknya manfaat yang bisa didapatkan setelah menggunakan Software Omnichannel seperti diatas tentu anda akan sangat tergiur untuk mencobanya kan? Pertanyaan selanjutnya yang mungkin muncul di benak anda adalah Software Omnichannel apa yang sebaiknya digunakan dan mendapatkan keuntungan? Untuk itu berikut ini beberapa Software Omnichannel terbaik yang bisa anda gunakan untuk mengelola bisnis:

1. Primaseller

tampilan software omnichannel - primaseller

Primaseller merupakan Software Omni Channel yang berdiri pada tahun 2013 dan berada di Walnut, California, USA. Software Omnichannel ini kini sudah terintegrasi dengan berbagai marketplace seperti eBay, Shopify, Amazon, Etsy, Magento, Woocommerce, dan BigCommerce dan sudah tersebar di lebih dari 10 Negara di dunia.

Untuk para penggunanya, ada beberapa klasifikasi tersendiri dari Primaseller yang terdiri dari kategori pemula, professional, lanjut, dan enterprise. Beberapa bidang atau cakupan yang dikelola oleh Primaseller adalah sebagai berikut :

  • Produk penjualan
  • Pengawasan inventory
  • Pengelolaan inventory
  • Pengelolaan pemesanan
  • Pengelolaan pergudangan
  • Pengelolaan pembelian
  • Pengelolaan pengiriman
  • Pencatatan yang integrative
  • Sistem bisnis B2B

2. Brightpearl

tampilan software omni channel - brightpearl

Hingga saat ini, setidaknya sudah lebih dari 1.200 bisnis di hampir 26 negara di dunia menggunakan Brightpearl. Brightpearl memiliki kantor pusat di Kota Austin, Texas, USA dan Kantor Global di Bristol, Inggris. Brightpearl merupakan salah satu Software Omni Channel yang mengelola lebih dari 10 juta transaksi dan $3 miliar bisnis per tahun. Hingga kini Brightpearl sudah terintegrasi dengan marketplace seperti Magento, BigCommerce, Walmart, dan Shopify.

Untuk klasifikasinya sendiri, Brightpearl ditujukan sebagai platform Omnichannel yang dikhususkan untuk para peritel dan wholesalers yang sudah melakukan perdagangan sebesar $1 juta atau lebih dalam jangka waktu satu tahun. Solusi yang digunakan oleh Brightpearl untuk mengelola bisnis adalah dengan pengelolaan keuangan, pengelolaan inventory dan pesanan penjualan, CRM, POS, B2B, pengelolaan pembelian dan pemasok, dan pencatatan akuntansi.

3. Hike

tampilan software omni channel - hike

Hike merupakan software Omni Channel yang memberikan solusi agar penjualan dapat terus meningkat dan mendorong lebih banyak keuntungan menggunakan fitur seperti POS, pengelolaan inventory di multilokasi, pencatatan akuntansi, membuat janji temu secara online, dan lain-lain. Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh Hike adalah bisa berfungsi atau digunakan bahkan ketika perangkat sedang offline dan tersedia di iCloud.

Berkantor pusat di Kota Glen Waverley, Victoria, Australia, Hike telah terintegrasi dengan Xero, MailChimp, dan Magento. Beberapa klasifikasi pricing yang dimiliki Hike Up terdiri dari tipe perusahaan Startup, One-Store, dan Multi-Store.

4. iVend

tampilan software omni channel - iVend

iVend merupakan salah satu platform Omnichannel dengan menggunakan sistem pricing yang dirancang sesuai dengan kebutuhan atau keinginan yang bersangkutan dan berbasis Cloud untuk manajemen ritel perusahaan.

Kini, iVend sudah terintegrasi dengan Magento Commerce, Sage 300cloud dan X3, Microsoft Dynamics 365 Business Central One, S/4 HANA, ECC 6.0 dan IS-Retail yang sudah terverifikasi.

5. Jubelio

tampilan software omni channel - jubelio

Jubelio merupakan salah satu perusahaan berbasis Omnichannel di Indonesia yang hadir sebagai pionir. Jubelio tidak hanya menawarkan layanan manajemen stok barang dan transaksi saja, namun juga layanan POS, akunting, dan Webstore.

Dengan open API milik Jubelio, pelaku bisnis bisa menyambungkannya ke berbagai macam marketplace seperti Lazada, Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan masih banyak lainnya.

Baca juga: 12 Aplikasi Pembukuan Usaha

6. Qontak

tampilan software omni channel - qontak

Software Omnichannel Indonesia lainnya adalah Qontak.com yang berfungsi untuk memudahkan mengukur produktivitas, menyelesaikan percakapan, meningkatkan produktivitas, mempercepat closing deal, dan masih banyak fungsi lain yang bisa anda rasakan.

Software Omnichannel asal Indonesia ini juga dilengkapi dengan fitur canggih seperti :

  • WhatsApp & Chat Integration
  • Dashboard & Reports
  • ChatBot Solution
  • Call Center Integration

7. NetSuite

tampilan software omni channel - NetSuite

NetSuite merupakan software Omni Channel yang dapat mengakses laporan, indikator performa dan menganalisa data vital bisnis dengan mudah. Beberapa fitur unggulan yang dimiliki oleh NetSuite adalah sebagai berikut :

  • Cloud Suite Commerce
  • CRM NetSuite
  • Content Management
  • Suite Commerce InStore

NetSuite sudah dirancang sedemikian rupa agar bisa digunakan untuk mobile dengan berbasis cloud yang bisa digunakan secara praktis.

8. SAP Hybris / E-Commerce

tampilan software omni channel - sap hybris

Software Omnichannel SAP Hybris / E-Commerce ini sudah disesuaikan dengan kebutuhan bisnis melalui pendekatan MDA (Model Driven Architecture). Software ini berfungsi untuk menganalisis penjualan, pasar, produk, dan pipeline yang dapat diakses di smartphone, laptop, maupun desktop sehingga lebih praktis dan mudah.

SAP Hybris / E-Commerce telah terintegrasi dengan sosial media, kalender, email, map dan aplikasi desktop lain yang dilengkapi dengan berbagai fitur seperti:

  • SAP Commerce Cloud, akan memberikan pelanggan kebebasan untuk berbelanja dan membeli produk di manapun dan kapanpun sesuai dengan kemauan dan kebutuhan.
  • SAP Customer Data Platform, akan mengaktifkan wawasan pelanggan yang kaya untuk memberikan pengalaman yang sangat dipersonalisasi dalam waktu nyata dengan tetap menghormati tujuan dari data.
  • Sales Solutions Cloud, akan melibatkan pelanggan dengan penawaran dinamis yang mampu memaksimalkan pendapatan, sekaligus meningkatkan kecepatan transaksi dan melindungi margin bisnis.
  • Service Solutions Cloud, akan memberikan pengalaman layanan melalui pusat kontak dan di lapangan.
  • SAP Marketing Cloud, akan memberikan kebebasan kepada pelanggan untuk menemukan, terlibat, dan membeli produk yang anda tawarkan.

9. Acquire

tampilan software omni channel - acquire

Secara sederhana, Acquire merupakan software Omni Channel yang berfungsi untuk membantu kinerja customer support, sales, dan service teams.

Software ini akan bekerja dengan memberikan bantuan pelanggan dengan mengklasifikasikan masalah dengan lebih cepat dan sudah terintegrasi dengan live chat, Chatbots, email, video chat, VoIP Calls, Unified Agent View, Knowledge ase, dan Analitik.

10. Talkdesk

tampilan software omni channel - talkdesk

Berfungsi sama dengan software Omnichannel lainnya yang bertujuan untuk memudahkan anda untuk berpindah dari satu saluran ke saluran lainnya saat berinteraksi, Talkdesk sudah terintegrasi dengan SMS, Live Chat, Email, Social Messaging, dan lainnya. Fungsi utama software ini adalah memastikan pelanggan agar mendapatkan pengalaman yang responsive dan dipersonalisasi.

Baca juga: Omni Channel Adalah: Pengertian, Cara Kerja, Manfaat dan Strategi

11. Freshdesk

tampilan software omnichannel - freshdesk

Freshdesk merupakan software Omni Channel yang berfungsi untuk menyederhanakan percakapan dengan pelanggan melalui email, chat, dan panggilan. Selain itu, software ini juga akan memastikan anda untuk mendapatkan semua informasi mengenai customer journey dari berbagai channel dalam satu platform.

12. CommBox

tampilan software omnichannel - commbox

CommBox merupakan aplikasi yang digunakan oleh ribuan perusahaan dan telah berhasil meningkatkan pengalaman pelanggan yang didukung dengan teknologi Al ChatBots. CommBox juga sudah terintegrasi dengan beberapa saluran komunikasi seperti SMS, WhatsApp, Messenger, dan media sosial lainnya.

13. Smooch

tampilan software omni channel - smooch

Smooch merupakan software Omni Channel yang menyederhanakan komunikasi pelanggan dengan membangun pengalaman chat interaktif dimana saja dan kapanpun. Dengan aplikasi ini, pelanggan bisa berpindah secara mulus ke saluran manapun yang paling nyaman untuk mereka dari email. Keunggulan lain yang ditawarkan adalah, pelanggan tetap bisa mempertahankan riwayat percakapan dan progress yang sebelumnya dilakukan.


Setelah membaca rekomendasi Software Omnichannel diatas, mungkin anda menangkap bahwa keberadaan Omnichannel hanya bermanfaat untuk pihak penjual saja. Padahal, penggunaan Software Omnichannel akan memberikan simbiosis mutualisme baik itu untuk pembeli maupun penjual.

Hal inilah yang semakin mendukung kenapa Software Omnichannel wajib untuk anda gunakan. Bagi pembeli atau pelanggan, anda akan mendapatkan kenyamanan berbelanja. Berkat omnichannel, seluruh histori atau riwayat di toko akan terekam sehingga anda tida perlu mengingat ataupun mencatatnya.

Sedangkan untuk pelaku bisnis atau penjual, Omnichannel akan membantu meningkatkan laba dan loyalitas kepada para pelanggan. Jika awalnya anda harus memantau dan melayani transaksi di setiap platform, dengan Omnichannel anda hanya cukup melayani melalui satu saluran saja sehingga sangat efektif dan efisien.

Demikian 13 Software Omni Channel terbaik di Indonesia yang bisa anda pilih untuk mengembangkan bisnis yang anda jalankan. Memilih Software Omnichannel terbaik akan sangat berpengaruh khususnya untuk mendorong para pelanggan untuk kembali menjadi pelanggan yang loyal sehingga akan menyebarkannya atau merekomendasikan toko anda kepada para koleganya sehingga toko atau bisnis yang anda jalankan bisa dikenal oleh masyarakat luas berkat pelayanan dan kualitas terbaik yang anda berikan.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 3 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.