13 Cara Berjualan di Bukalapak Agar Cepat Laku dan Laris Manis

Komerce.id – Saat ini toko online bisa menjadi salah satu sumber pendapatan yang menguntungkan, kamu bisa coba gunakan marketplace populer seperti Bukalapak. Hanya saja sebagai pemula cobalah simak beberapa cara berjualan di Bukalapak agar laku dan laris manis setiap hari.

Bukalapak merupakan salah satu marketplace yang sudah lama ada di Indonesia. Marketplace satu ini menjual berbagai produk seperti; barang-barang elektronik, alat rumah tangga, furniture, kendaraan, peralatan digital seperti laptop atau smartphone dan lain sebagainya.

Bukalapak juga merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia saat ini. Oleh karena itu, menjual produk di Bukalapak adalah hal yang tepat, apalagi jika target market produkmu sama dengan kebanyakan pengguna Bukalapak.

Untuk memudahkanmu berjualan di Bukalapak, komerce akan membahas bagaimana toko atau produkmu cepat laris, berkembang dan dapat bersaing dengan kompetitor. Simak selengkapnya.

Cara Jualan di Bukalapak Untuk Pemula Agar Cepat Laku

Banyak dari para pemula yang masih bingung mengenai cara apa yang harus dilakukan ketika ingin memulai jualan secara online. Apalagi masing-masing marketplace memiliki tampilan dan fitur yang berbeda-beda. Dibawah ini adalah penjelasan singkat mengenai petunjuk langkahnya.

Langkah-Langkah Berjualan di Bukalapak

langkah-langkah jualan di bukalapak untuk pemula

Bisnis online di marketplace seperti Bukalapak menjadi salah satu tempat yang tepat untuk memulai berjualan secara online, tampilan fitur yang disediakan oleh Bukalapak juga terkesan sederhana sehingga mudah dipahami oleh para pemula, bahkan yang gaptek sekalipun. Berikut ini adalah langkah-langkah berjualan di Bukalapak.

1. Buat Akun Bukalapak

Hal pertama yang harus dilakukan tentu saja membuat akun Bukalapak dengan menggunakan identitas yang benar dan sesuai. ikuti langkah-langkah buka toko di Bukalapak.

  • langkah pertama, kunjungi web resmi Bukalapak yaitu https://www.bukalapak.com/
  • Klik tombol Daftar yang berada di sudut kanan layar.
  • Untuk melakukan pendaftaran manual, masukkan nomor handphone atau email kemudian klik daftar.
  • Jika sudah klik daftar, masukkan kode verifikasi
  • Selanjutnya, silahkan isi formulir dengan benar dan sesuai.
  • Jika semua proses di atas sudah dilakukan, maka kamu sekarang bisa mulai melengkapi profil toko.
  • Selain menggunakan pendaftaran manual, kamu bisa mendaftar menggunakan akun Facebook atau akun Google. Kemudian Ikuti langkah-langkahnya
  • Jika sudah selesai, akun Bukalapak mu siap untuk digunakan.

2. Lengkapi Profil Toko

Setelah proses pendaftaran selesai, sekarang waktunya melengkapi profil toko. Isi profil toko selengkap dan semenarik mungkin agar pelanggan bisa semakin percaya. Selain itu, kamu juga harus melengkapi informasi berikut ini.

  • Nama toko yang akan digunakan
  • Penggantian foto profil toko
  • Deskripsi singkat mengenai tokomu
  • Alamat toko
  • Metode pembayaran yang digunakan
  • Sinkronisasi nomor rekening
  • dan lain-lain

Kamu bisa melengkapi berbagai informasi tersebut menggunakan smartphone maupun PC, untuk lebih lengkapnya, buka dan masuk “seller.bukalapak.com” dan lengkapi setiap menu nya.

3. Unggah Foto Produk

Langkah selanjutnya adalah mengunggah foto produk di laman akun tokomu. Biasanya foto produk lebih bagus jika menggunakan background putih, kemudian diambil dari berbagai sisi sehingga pelanggan yang melihatnya secara jelas walaupun hanya lewat online saja.

Untuk lebih jelasnya, baca artikel tentang cara upload produk di Bukalapak

Strategi dan Tips untuk Berjualan di Bukalapak

tips, strategi dan cara sukses jadi seller bukalapak
ilustrasi Bukalapak, sumber gambar: market.bisnis.com

Berjualan lewat toko online harusnya juga tidak boleh asal-asalan. Harus punya strategi yang dipikirkan matang. Bagi para pemula sebaiknya simak tips dan strategi untuk berjualan di Bukalapak di bawah ini untuk membantu adaptasi dan meningkatkan performa toko agar semakin baik dari hari ke hari.

1. Patuhi Kebijakan dan Peraturan Bukalapak

Berjualan online juga ada kebijakan dan peraturan yang harus dipatuhi, begitu juga di Bukalapak. Ada regulasi tertentu yang harus dilaksanakan untuk membuat kegiatan jual beli secara online berjalan dengan lancar, mengingat kegiatan online banyak oknum tidak bertanggung jawab.

Peraturan yang diberlakukan bisa saja bersifat umum dan tidak terlalu spesifik, misalnya saja jangan menyerahkan data diri seperti KTP kepada orang tidak jelas. Data diri seperti KTP biasanya tidak digunakan untuk kegiatan jual beli online, bisa saja itu adalah ulah dari oknum nakal.

Untuk lebih jelasnya, baca laman berikut; https://www.bukalapak.com/terms

2. Percantik Tampilan Lapak

Punya toko online sebaiknya juga harus diperlakukan seperti halnya toko offline. Setiap saat ada perubahan pada layout ataupun tampilan grafisnya, hal ini sangat berguna demi membuat para pelanggan betah scroll dan menemukan kebutuhannya hanya pada lapakmu saja.

Mempercantik penampilan lapak sebenarnya tidak harus setiap hari, sedikitnya dalam satu minggu sekali ada perubahan konsep. Misalnya saja membuat foto produk dengan tema tertentu, dengan begitu tampilan toko juga tidak akan terlihat membosankan karena itu-itu saja.

Jika kamu binggung untuk optimasi toko di Bukalapak, komerce menyediakan jasa admin marketplace untuk mengurus dan mengoptimasi toko onlinemu agar penjualan meningkat dan untung.

3. Optimasi SEO di Bukalapak

Langkah selanjutnya adalah melakukan optimasi SEO pada akun toko, aspek satu ini sering dilupakan oleh para seller pemula. Prosesnya memang panjang, sedangkan hasilnya juga tidak bisa dinikmati dalam waktu dekat dan perlu konsistensi untuk bisa merasakan dampaknya.

Sekarang ini sudah banyak layanan yang menyediakan jasa optimasi SEO pada berbagai macam platform marketplace, termasuk Bukalapak. Jadi bagimu yang masih merasa pemula dan belum tahu ilmunya tidak masalah jika pakai jasa terlebih dulu sambil mempelajari cara-caranya.

4. Terima Tantangan dari Bukalapak

Selayaknya marketplace lainnya, Bukalapak juga sering memberikan tantangan kepada para sellernya. Baik mereka yang baru maupun profesional sama-sama mendapatkan tantangan sesuai rating atau bintang mereka di platform tersebut, hasilnya tentu berguna untuk meningkatkan performa toko.

Biasanya tantangan yang diberikan juga beragam, misalnya saja ada kompetisi seller terbaik yang harus mengumpulkan pesanan dengan jumlah tertentu. Jika dirasa mampu untuk mengikutinya tidak ada salahnya bergabung, semakin banyak kesempatan maka semakin bagus pula untuk reputasimu.

5. Gunakan Fitur Promosi di Bukalapak

Biasanya banyak pemula yang kurang menyadari fungsi dari fitur-fitur yang disediakan oleh Bukalapak. Seringkali para seller baru hanya upload foto produk, nama dan deskripsi produk copas, pasang tagar sudah sampai situ saja. Sebenarnya langkah seperti itu juga tidak salah, hanya saja kurang maksimal jika untuk meningkatkan penjualan apalagi untuk toko baru.

Sebaiknya saat awal bergabung mulai coba dan pahami masing-masing fungsi dari fitur promosi. Dengan begitu kamu bisa cepat memaksimalkan fungsinya, optimasi toko lebih baik dan bisa meningkatkan penjualan dari waktu ke waktu daripada hanya jualan dengan cara biasa.

6. Upgrade Menjadi Super Seller

Agar performa toko jadi lebih bagus di mata para pelanggan, kamu juga bisa melakukan upgrade menjadi super seller. Hanya saja memang ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dilengkapi agar pengajuan menjadi super seller bisa terealisasikan dengan baik.

Misalnya saja memastikan jika ada setidaknya 1 pembelian dalam kurun waktu 30 hari. Status lapak juga selalu aktif setiap hari, kemudian ada 1 produk yang bisa dinilai sebagai best seller dan paling laris di pasaran. Dengan pertimbangan poin-poin tersebut biasanya toko bisa jadi super seller.

Pembahasan lebih lengkap, silahkan baca laman berikut; https://www.bukalapak.com/bantuan/sebagai-pelapak/super-seller/program-super-seller

7. Pilih Produk yang Sesuai

Sebelum memutuskan untuk berjualan online di Bukalapak, kamu harus memastikan kesesuaian konsep dengan target pasarnya. Hal ini dinilai sangat penting agar kedepan bisa mengembangkan toko sesuai konsep sudah dibuat, tidak rancu dan akhirnya toko tidak berkembang sama sekali.

Karena banyaknya kompetitor yang berjualan barang serupa, sebaiknya kamu juga memikirkan tentang ciri khas produk. Hal ini agar tokomu terlihat berbeda dan unik dibandingkan dengan toko lainnya, kesesuaian produk dengan target market di Bukalapak dijamin bisa membuka peluang penjualan lebih tinggi.

8. Pilihan Produk Banyak

Salah satu faktor untuk membuat pelanggan betah berlama-lama di toko adalah menambah pilihan produk. Selain menjaga kualitasnya kamu juga harus pandai melakukan inovasi, misalnya saja menambah pilihan warna yang sekiranya bagus dan tidak ada di toko lainnya.

Semakin banyak pilihan produk yang sesuai dengan target pasar tentu semakin bagus juga, tidak ada salahnya melakukan riset terlebih dulu untuk mengetahui selera dan minat pasar saat ini. Sekali-kali tidak masalah jika menjual produk yang sedang tren di pasaran untuk menarik pelanggan.

Jika produkmu cuma sedikit dan tidak bisa dibuat banyak, coba buat produk bundling agar produk terlihat banyak dan lebih menarik.

9. Jumlah Pengikut Banyak

Jika ingin cepat dikenal orang banyak sebaiknya setiap hari harus rajin aktif di akun toko. Selain itu, kamu juga bisa melakukan aktivitas iklan dan promo di berbagai sosial media untuk meningkatkan jumlah pengikut, jadi jangan hanya masuk ke akun toko satu kali saja dalam satu minggu.

Memang tidak mudah untuk mengumpulkan pengikut saat masih merintis sebagai pemula. Namun bagaimanapun juga jika tidak dilakukan maka tokomu hanya akan diam di tempat saja, padahal kompetitor terus bergerak ke depan.

10. Mengikuti Program Khusus dari Bukalapak

Perlu diketahui jika sebenarnya Bukalapak sendiri juga sering mengadakan workshop atau pertemuan untuk para seller. Biasanya ada yang terbuka untuk umum namun ada juga yang hanya menunjuk seller pilihan saja untuk ikut bergabung.

Kelas workshop biasanya akan membahas tentang banyak hal. Bisa mengangkat topik cara menjadi seller yang sukses, meningkatkan omset penjualan, literasi digital, dan masih banyak lagi topik lain bisa diangkat dalam pertemuan tersebut. Program seperti ini biasanya juga tidak dipungut biaya sepeserpun, jadi jika kamu adalah salah satu yang diundang untuk mengikuti program khusus atau ada program khusus, ikuti programnya.

11. Tidak Menjual Barang yang Dilarang Pihak Bukalapak

Biasanya saat awal pendaftaran sudah ada syarat dan ketentuan yang diberikan oleh pihak Bukalapak. Saat kamu menyetujuinya berarti sepakat untuk mematuhinya, oleh karena itu baca dengan teliti agar kamu tidak menjual barang yang dilarang Bukalapak.

Misalnya saja ada beberapa barang yang dilarang oleh pihak Bukalapak, itu tandanya kamu juga harus mematuhinya. Jika sampai nekat menjual maka akun tokomu akan dikenakan hukuman, bisa saja toko langsung dinonaktifkan oleh pihak Bukalapak.

12. Perbaiki Feedback Penjualan

Tips untuk berjualan di Bukalapak selanjutnya adalah memperbaiki feedback buruk dari pelanggan. Jika mendapati hal demikian sebaiknya segera bereskan, perbaiki melalui layanan yang ada. Misalnya saja memperbaiki kualitas produk, tingkat responsif dari customer service dan lain-lain.

Usahakan customer service selalu cepat dalam membalas pesan ataupun keluhan dari para pelanggan. Sama halnya dengan orang pacaran, komunikasi yang bagus juga menjadi kunci dari menjaga riwayat hubungan yang bagus dengan customer.

13. Menaikkan Skor Performa Lapak

Terakhir adalah memaksimalkan rating atau skor dari performa lapak. Banyak faktor dari dalam maupun luar yang akan berpengaruh pada performa lapak. Misalnya saja review jujur dan perolehan bintang dari para customer.

Oleh karena itu, agar para pelanggan puas tentunya kamu harus pintar mengambil hati mereka. Usahakan jangan membuat mereka kecewa dengan pelayanan yang sudah diberikan, kepuasan pelanggan adalah prioritas.


Dengan bantuan dari optimasi poin-poin diatas tidak sulit untuk mendapatkan keuntungan atau peningkatan omset di Bukalapak dari waktu ke waktu. Semua bisa didapat asalkan konsisten dan rajin melakukan bentuk usaha tersebut.

Masih banyak lagi bentuk upaya yang bisa kamu lakukan guna meningkatkan performa dari akun toko tersebut. Tidak usah ragu jika ingin belajar dari keberhasilan kompetitor, siapa tahu itu juga bisa berhasil di tokomu.

Poin-poin diatas tadi juga bisa dilakukan pada platform marketplace lainnya, karena pada dasarnya cara optimasi dari masing-masing marketplace agak mirip. Selagi menguntungkan dan tidak merugikan orang lain kamu bebas mempelajari dan mempraktekkannya.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 3 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.