20 Cara Berjualan di Tokopedia Untuk Pemula Agar Cepat Laku & Laris

Cara Berjualan di Tokopedia – Salah satu marketplace yang paling banyak dikunjungi oleh pembeli adalah Tokopedia. Buat kamu terutama penggemar k-pop pasti sudah tak asing dengan aplikasi yang sering menggunakan grup musik korea sebagai brand ambassador ini, startup dalam negeri ini bahkan menjadi marketplace dengan pengunjung terbanyak di Indonesia di Kuartal 3 tahun 2022 menurut riset iPrice.

Tokopedia memiliki fitur yang tak kalah dengan marketplace buatan luar negeri. Dengan tampilan warna yang didominasi warna hijau, tokopedia menjadi pilihan pembeli ketika mereka mencari barang yang diinginkan. Tokopedia juga memiliki fitur yang memudahkan kamu sebagai seller loh!

Ingin menambah bisnis di tokopedia? Kamu harus tau beberapa cara yang dapat memaksimalkan penjualanmu agar bisa banjir orderan. Daripada kamu mengira-ngira dan berjualan tanpa pengetahuan, mending kamu simak tips berjualan di tokopedia untuk pemula agar cepat laris dari Komerce. 

Cara Berjualan di Tokopedia Agar Cepat Laku

Meskipun terlihat mudah, nyatanya berbisnis di marketplace lumayan sulit dan butuh pengetahuan serta strategi yang matang agar bisnismu tidak sia-sia. Tujuan utama dari berbisnis adalah memperoleh keuntungan yang bisa menambah penghasilanmu, bukan? Bagaimana kamu bisa memperoleh keuntungan jika jualanmu saja belum laku?

Langkah-langkah Berjualan di Tokopedia

langkah berjualan di tokopedia langkah berjualan di tokopedia agar ramai pembeli

Sebelum kita jauh berbicara tentang cara jualan di tokopedia agar produk kamu laris manis, terlebih dahulu kamu harus memiliki akun tokopedia. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan sebelum berjualan di tokopedia. Apa saja langkah-langkah tersebut?

1. Membuat Akun Email

Melalui browser, buka google mail dan mulai sign up untuk mendapatkan sebuah akun. Pastikan alamat email menggunakan kata-kata yang mudah diingat agar kamu tidak kerepotan di kemudian hari. Tak hanya nama e-mail, kamu juga harus membuat password yang bersifat rahasia.

Akun e-mail akan memuat beberapa informasi penting di dalamnya. Pastikan untuk menggunakan password dan nomor kontak yang masih dipakai dan diperbarui apabila kamu mengganti nomor kontak. Akun e-mail juga akan memuat informasi-informasi penting yang diberikan oleh marketplace.

2. Membuat Akun di Tokopedia

Sebelum memulai berjualan di tokopedia, tentu saja kamu harus memiliki akun tokopedia. Membuat akun tokopedia juga cukup mudah dilakukan. Kamu bisa mendaftarkan akun tokopedia kamu melalui website www.tokopedia.com atau melalui aplikasi tokopedia.

Isilah kolom formulir dengan benar. Jika kamu telah mengirimkan data akunmu, maka kamu akan menerima e-mail verifikasi untuk mengaktifkan akunmu. Maka dari itu, kamu bisa menggunakan e-mail yang telah kamu buat dengan mengikuti petunjuk di atas.

3. Membuka Toko

Setelah memiliki akun tokopedia, saatnya kamu membuat sebuah toko untuk menampilkan produk jualanmu. Membuat toko di tokopedia juga tergolong sangat mudah, kamu bisa membuatnya dengan mengunjungi situs maupun melalui aplikasi Tokopedia.

Cukup dengan buka aplikasi Tokopedia, ketik ‘Buka Toko’ di kolom pencarian, klik ‘Buka Toko Gratis. Langkah selanjutnya adalah mengisi identitas toko, isilah identitas dan deskripsi toko dengan benar dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami.

4. Mulai Menjual Produk

Yey!! Tokomu sudah siap, berarti saatnya kamu menjual produk-produk jualanmu di Tokopedia. Saatnya kamu menyiapkan produk yang ingin kamu jual di toko. Siapkan marketing kita yang siap digunakan untuk memasarkan jualanmu.

Tips Jualan di Tokopedia Agar Laris Manis dan Untung

strategi dan tips berjualan di tokopedia agar laris

Setelah kamu membuat toko, kamu baru saja memulai langkah sebagai seller di tokopedia. Ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan penjualan agar jualanmu cepat laku, laris manis dan tentu saja dapat memberikan keuntungan yang berlimpah. 

1. Buat Branding Toko yang Sesuai

Membuat branding toko bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan. Kamu harus memikirkan siapa target market kamu, apa yang harus kamu lakukan agar tokomu menjadi tujuan ketika targetmu membutuhkan produk yang kamu jual, dan bagaimana karakter dari tokomu.

Hal-hal seperti ini penting untuk dipertimbangkan secara matang untuk menentukan brand voice kamu di hadapan audiens media sosial atau kanal digital lainnya. Karena branding akan menjadi identitas tokomu, maka proses ini dapat memakan waktu dan perjalanan yang cukup panjang dan sangat penting untuk usahamu.

2. Buat Deskripsi Toko yang Jelas

Deskripsi toko dapat membantu pembeli dalam mengenali jenis tokomu, hal ini juga membantu calon pembeli dalam mencari produk-produk yang mereka inginkan. Tak hanya itu, penulisan deskripsi toko yang jelas dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap tokomu.

Membuat deskripsi toko tidak membutuhkan copywriting yang panjang dan menggunakan kata-kata sulit. Yang terpenting adalah, kamu memuat informasi yang dibutuhkan oleh konsumen seperti jenis produk, spesifikasi produk, ketentuan pembelian, dan tambahan lainnya.

3. Membuat Catatan Toko

Catatan toko berisi tambahan yang ditulis dengan lebih detail, tambahan tersebut berupa syarat dan ketentuan atau info penting lainnya yang dideskripsikan secara lengkap dan berbeda dengan deskripsi toko. Catatan ini akan semakin menambah kredibilitas toko kamu loh.

Catatan toko berisi hal-hal penting yang harus diketahui pembeli seperti kebijakan pengembalian barang, penambahan item pendukung, dan lainnya. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan tokomu dan cantumkan.

4. Gunakan Logo Profesional sebagai Profil Picture Toko

Apakah kamu sudah membuat logo untuk tokomu? Jika belum, saatnya kamu buat logo untuk semakin memperjelas identitas tokomu. Buatlah logo original yang merepresentasikan tokomu dan jenis bisnis yang kamu jalankan untuk menarik minat target marketmu.

Kamu bisa menggunakan logo tersebut sebagai foto profil tokomu. Hal ini bermanfaat untuk mempermudah konsumen dalam mengingat dan mencari tokomu. Tak hanya itu, dengan mencantumkan logo pada profil picture toko akan semakin menambah kesan profesional pada tokomu.

Baca juga: 5 Tips Memilih Warna Logo Brand Bisnis yang Tepat

5. Jasa Pengiriman yang Bervariasi

Berbagai jasa pengiriman memiliki berbagai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tak hanya itu, setiap pembeli pasti memiliki jasa pengiriman “favorit” yang ingin mereka gunakan karena berbagai pertimbangan. 

Dengan memberikan berbagai pilihan jasa pengiriman, pelanggan akan lebih leluasa menentukan jasa pengiriman mana yang ia pakai. Beberapa marketplace memberikan subsidi atau gratis ongkir pada jasa pengiriman tertentu dengan mengaktifkan fitur gratis ongkir.

6. Hias Toko dengan Fitur Dekorasi Toko

Menghias toko juga akan memberikan kesan lebih profesional dan terpercaya untuk tokomu, hiaslah dengan berbagai fitur yang disediakan oleh tokopedia untuk semakin membuat tokomu terlihat indah dan meyakinkan.

Jangan lupa untuk menggunakan foto-foto yang jelas dalam menampilkan produk dan memiliki resolusi yang baik. Jangan memajang foto jika kualitasnya rendah atau bahkan pecah. Jika kamu reseller atau dropshipper, mintalah foto dengan kualitas baik atau lakukan foto ulang secara mandiri.

7. Berikan Informasi Produk yang Jelas

Informasi produk berguna untuk calon pembeli dalam mempertimbangkan fitur, kelebihan dan kekurangan dari suatu produk. Jika kamu tidak memberikan informasi yang jelas dan lengkap, calon pembeli akan menganggap produkmu abal-abal dan mengurangi minat pembelian.

Berikan informasi yang dibutuhkan oleh calon pembeli seperti spesifikasi, ukuran, variasi, cara pakai, kelebihan, dan sebagainya. Semakin banyak kamu memberikan informasi, maka konsumen akan semakin teredukasi. Kamu juga dapat meminimalisir komplain dari konsumen karena ketidaktahuan produk.

8. Pasang Harga yang Kompetitif

Memasang harga yang kompetitif di sini maksudnya bukan banting harga ya. Sebelum kamu menentukan harga, kamu harus sudah mengantongi data rata-rata harga yang dipatok oleh kompetitor. Jangan sampai kamu memasang harga terlalu jauh.

Harga yang terlalu murah tidak selalu menguntungkan, membandrol harga yang terlalu murah dapat membuat calon pembeli berpikir dua kali tentang kualitas dari produkmu. Sebaliknya, membandrol harga terlalu mahal juga akan membuat pembeli mencari harga yang lebih murah namun tetap worthed.

Baca juga: Cara menentukan harga jual produk yang benar

9.  Selalu Update Toko agar Terlihat Aktif

Seller yang aktif akan meyakinkan calon pembeli untuk membeli di tokomu. Meskipun produkmu banyak, jika tokomu tidak aktif pembeli pun akan ragu untuk bertransaksi di tokomu, kamu tentu tidak mau ini terjadi kan?

Selain membuat calon pembeli semakin yakin dengan tokomu, selalu aktif juga akan membuat kamu dapat melihat secara real time trend yang sedang berlangsung. Jadi, rajin-rajin update dan cek tokomu di Tokopedia ya!

10. Selalu Fast Response

Sudah sering dibahas di artikel Komerce betapa pentingnya seller atau admin yang fast response. Ketika pembeli menghubungi tokomu, dia sebenarnya sedang mempertimbangkan toko yang lain juga. Jika tokomu lambat dalam merespon, besar kemungkinan mereka akan berpaling ke toko yang lain.

Admin marketplace yang fast response juga semakin meyakinkan calon pembeli untuk berbelanja di tokomu. Hal ini terjadi karena pembeli menganggap tokomu telah profesional, sehingga mereka akan merasa aman untuk melakukan transaksi.

11. Install Aplikasi Tokopedia Seller di HP

Install aplikasi tokopedia seller di HP kamu untuk mempermudah dalam mengelola tokomu di marketplace. Dengan aplikasi tokopedia seller kamu bisa update toko dan fast response karena semua bisa dari dalam ponsel.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan berbagai manfaat dari aplikasi tokopedia seller. Kamu bisa menemukan aplikasi ini dengan mendownload via google playstore dan app store jika kamu menggunakan perangkat iOS.

12. Memanfaatkan fitur Promote Satu Jam Sekali dari Tokopedia

Tokopedia menyediakan fitur untuk semakin meningkatkan bisnis seller yaitu fitur promote. Fitur ini bisa digunakan setiap satu jam sekali untuk menaikkan produk jualanmu tanpa membayar atau gratis.

Caranya juga cukup mudah, cukup dengan memilih produk yang ingin kamu promosikan kemudian klik “Promosikan Produk Ini” dari aplikasi tokopedia dan voila! Produk kamu muncul di halaman pertama dan dipromosikan gratis oleh Tokopedia.

13. Bergabung Gold Merchant Tokopedia

Dengan bergabung menjadi Gold Merchant Tokopedia, tokomu akan memperoleh badge emas dari Tokopedia. Manfaatnya, toko kamu akan tampil lebih terpercaya dengan badge emas ini.

Tak hanya sekedar badge, dengan kamu bergabung menjadi gold merchant Tokopedia, kamu akan berkesempatan mendapatkan beberapa keuntungan yang diberikan oleh Tokopedia seperti menambah admin, memberikan cover foto, dan benefit lainnya.

14. Jual Produk yang Sedang Happening

Trend marketplace cepat sekali bergeser dari waktu ke waktu. Kamu harus bisa memanfaatkan momen ini untuk semakin menambah penghasilan dengan menjual produk yang sedang happening.

Produk yang sedang happening akan bertahan sementara, namun ketika produk ini sedang trend peminatnya akan sangat membeludak. Jadi, sering-seringlah update trend produk terkini.

15. Top Ads Tokopedia

Jika sedari tadi kita banyak menggunakan cara-cara organik, kali ini kita akan menggunakan cara berbayar. Ada cara berbayar selain upgrade ke gold merchant yaitu Ads Tokopedia. 

Untuk teknis dan strategi lainnya seperti penargetan dan lainnya kurang lebih hampir sama ketika kamu menjalankan iklan digital di Facebook. Dengan mengaktifkan iklan Tokopedia, produk dan tokomu akan tersebar lebih luas dibandingkan dengan cara organik. 

16. Aktifkan Bebas Ongkir

Selain promo diskon dan voucher, pembeli juga sangat tertarik dengan bebas ongkir. Seperti kita tahu, pembeli marketplace berada tersebar di berbagai daerah. Untuk membeli suatu barang, kadang pembeli masih ragu untuk melakukan transaksi karena ongkos kirim yang lumayan mahal.

Dengan adanya promo bebas ongkir, pembeli akan lebih yakin untuk melakukan transaksi karena mereka tidak perlu lagi memikirkan ongkos pengiriman. Aktifkan bebas ongkir sekarang juga di tokomu!

17. Memberikan Promosi

Tidak hanya bebas ongkir, kamu juga bisa memberikan promosi lain seperti diskon toko, paket bundling, dan sebagainya. Adanya promosi tambahan juga akan semakin menarik minat calon pembeli.

Kamu juga bisa mempromosikan di sosial media lain seperti instagram, facebook, tiktok, dan sebagainya. Dengan melakukan promosi secara menyeluruh, maka informasi tentang produkmu dapat tersebar lebih luas lagi.

18. Buat dan Share Konten Menarik

Salah satu kekuatan besar dari sebuah promosi dan pemasaran adalah dengan menciptakan konten yang menarik dan mudah diingat oleh audience, kamu bisa melihat konten-konten dari brand yang sesuai dengan target marketingmu untuk mencari inspirasi konten.

Tak hanya membuat konten, kamu juga harus membagikan konten tersebut agar dapat dilihat lebih luas oleh khalayak umum. Kamu bisa share di media sosial atau melakukan paid promote jika diperlukan.

19. Memaksimalkan Fitur-fitur yang Tersedia

Tokopedia menyediakan banyak sekali fitur yang dibuat untuk memaksimalkan bisnis merchantnya, kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan secara gratis dan bebas.

Untuk semakin handal dalam memaksimalkan fitur-fitur di Tokopedia, kamu bisa membaca berbagai petunjuk di panduan seller Tokopedia. Kamu juga bisa membaca tips-tipsnya di blog Komerce atau jika kamu tak memiliki waktu untuk itu semua, kamu bisa hire admin marketplace dari Komerce untuk memaksimalkan marketplace kamu.

20. Evaluasi dan Tingkatkan

Setelah kamu melakukan tips-tips di atas, saatnya kamu mengevaluasi secara berkala dengan periode waktu yang sudah kamu susun. Kamu bisa melakukannya secara mingguan, dua mingguan, maupun bulanan.

Hasil dari evaluasi tersebut bisa kamu gunakan sebagai dasar dalam membuat perencanaan bisnis kedepannya dan meningkatkan performa marketplace kamu. 


Itulah tips 20 cara berjualan di Tokopedia untuk pemula agar cepat laku dan laris manis. Berjualan di Tokopedia memang tidak mudah, namun juga tidak sesulit yang dibayangkan apabila kamu mengikuti tips-tips yang sudah dibagikan dalam artikel ini.

Bagaimana? Apakah tips-tips yang diberikan sudah cukup membantu kamu dalam berjualan di tokopedia? Jangan lupa untuk simak terus tips-tips lainnya seputar bisnis di marketplace dan bisnis online dalam blog kami.

Nanda

Nanda adalah content specialist di Komerce. Nanda ingin terus berbagi pengalamannya melalui artikel-artikelnya di blog Komerce. Memastikan Anda mendapatkan pengalaman-pengalaman baru tentang dunia customer service dan e-commerce.

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.