10 Daftar Jasa Ekspedisi yang bisa COD / Bayar di Tempat

Komerce.id – Semenjak marketplace berkembang dengan cepat, jasa ekspedisi dan paket juga ikut berkembang. Untuk memenuhi kebutuhan penjual maupun pembeli, perusahaan ekspedisi menawarkan berbagai layanan, misalnya pengiriman COD.

Jasa ekspedisi yang bisa COD kini lebih mudah ditemukan, hal ini berbeda dengan beberapa tahun lalu saat layanan COD hanya ada pada jasa ekspedisi tertentu saja. Maraknya perusahaan ekspedisi yang menawarkan sistem tersebut tak lepas dari berbagai keuntungan yang diperoleh penjual dan pembeli saat menggunakannya.

Salah satu keuntungan memakai layanan COD adalah penjual mampu menarik lebih banyak pembeli, karena banyak pembeli menganggap layanan COD sebagai sistem yang aman. Dengan menggunakan layanan ini, mereka tidak perlu khawatir akan mengalami kerugian finansial jika penjual melakukan penipuan.

Baca juga: Cara Kirim Barang COD (Cash On Delivery) Lewat JNE

Jasa Ekspedisi yang Bisa COD (Bayar di Tempat)

arti cod adalah
cod, sumber gambar: pexels.com

Penggunaan jasa pengiriman yang bisa bayar COD memang dapat menguntungkan penjual dan pembeli. Namun, keuntungan ini akan lebih maksimal diperoleh jika kedua belah pihak memilih perusahaan ekspedisi yang tepat. Berikut ini jasa ekspedisi yang bisa COD dan terpercaya.

1. JNE

JNE
JNE

JNE merupakan salah satu jasa ekspedisi terbaik yang menawarkan sistem COD. Selain itu, jangkauan layanan JNE juga sangat luas. Dengan begitu, bekerjasama dengan COD JNE pasti akan membuat toko online yang kamu kelola memiliki reputasi yang lebih baik.

Sistem COD JNE dapat digunakan untuk berbagai layanan, contohnya pengiriman Reguler, JNE YES, Super Speed, dan OKE. Cara kerjasama dengan COD JNE tidak terlalu sulit untuk dilakukan, kamu hanya perlu mengisi form dan menyiapkan fotocopy buku rekening, KTP, dan NPWP.

2. SiCepat

SiCepat
SiCepat

SiCepat berhasil menarik banyak pelanggan dan menjadi salah satu perusahaan ekspedisi yang populer. Hal ini tak lepas dari jenis layanannya yang lengkap, termasuk kirim paket COD.

Layanan COD SiCepat sudah menjangkau seluruh kota di Indonesia. Sehingga, penjual dan pembeli di negara ini dapat menikmati kemudahan pengiriman tersebut. Khusus untuk kota besar di Pulau Jawa, lamanya pengiriman maksimal dari layanan ini hanya 8 jam.

3. ID Express

ID Express
ID Express

Beberapa orang mungkin belum banyak mengetahui ID Express. Hal ini cukup dapat dimaklumi karena perusahaan ini baru berdiri di tahun 2019. Meskipun masih sangat baru, namun ID Express dapat dipercaya untuk mengirim paket secara cepat dan aman.

ID Express juga menawarkan berbagai layanan dan salah satunya dilengkapi dengan sistem COD. Perusahaan ini tidak mengharuskan penjual untuk memiliki akun marketplace untuk menggunakan pengiriman COD. Dengan demikian, penjual yang berjualan di Instagram atau media sosial lainnya dapat menikmati sistem pengiriman tersebut.

4. Pos Indonesia

POS Indonesia
POS Indonesia

Sebagai perusahaan pengiriman surat dan paket tertua di Indonesia, Pos Indonesia tampaknya selalu berhasil berkembang seiring perkembangan zaman. Hal ini terlihat dari layanannya yang tak kalah dari perusahaan ekspedisi lain, saat ini Pos Indonesia juga menjadi salah satu jasa ekspedisi yang bisa COD.

Bekerja sama dengan Pos Indonesia pasti akan membuat penjual semakin memiliki banyak pembeli. Mengapa demikian? Karena Pos Indonesia menawarkan banyak keuntungan bagi pelanggannya, di antaranya adalah jangkauan sangat luas, tarif terjangkau, dan aman.

5. Ninja Express

Ninja Xpress
Ninja Xpress

Ninja Express merupakan perusahaan expedisi yang berbasis di Singapura. Meski belum lama di Indonesia, tapi Ninja Express telah dipercaya oleh banyak masyarakat Indonesia.

Sistem COD Ninja Express juga disukai banyak penjual karena aman dan dapat diandalkan. Selain itu, Ninja Express juga merupakan perusahaan ekspedisi yang bisa COD tanpa marketplace.

Dengan begitu, banyak penjual non marketplace yang bisa memanfaatkan layanan COD Ninja Express. Syarat kerjasama bagi penjual yang tidak memiliki akun marketplace sangat mudah, mereka hanya perlu melengkapi syarat dokumen dan memiliki akun media sosial.

Baca juga: Pengertian COD (Cash On Delivery)

6. TIKI

TIKI
TIKI

TIKI adalah salah satu perusahaan ekspedisi tertua di Indonesia. Dengan begitu, mengirim paket dengan perusahaan ini dijamin cepat, aman, dan terpercaya.

TIKI juga menawarkan pengiriman COD, layanan tersebut berlaku untuk pengiriman ke semua wilayah di Indonesia. Namun, perlu diketahui bahwa TIKI hanya menerima layanan COD untuk barang dengan nilai dibawah 3 juta rupiah.

7. Shopee Express

Shopee Express
Shopee Express

Layanan Shopee Express tentu sudah tidak asing lagi bagi seller Shopee maupun orang yang hobi belanja di Shopee. Shopee Express cukup bisa diandalkan dan mampu mengirim barang dengan cepat.

Selain itu, pengiriman layanan COD Shopee juga semakin luas jangkauannya. Kini hampir semua kota di Indonesia dapat dijangkau oleh Shopee Express. Namun layanan ini tidak berlaku untuk semua barang. Hanya barang dengan harga bernilai minimal Rp50.000 dan maksimal Rp3.000.000.

8. SAP Express

SAP Express
SAP Express

Perusahaan yang didirikan pada tahun 2014 ini telah berkembang dengan pesat. SAP Express memiliki jaringan di 34 provinsi dengan lebih dari 40 kantor dan 200 kantor cabang. Jadi, SAP Express ini terbilang sebagai salah satu ahli jasa ekspedisi yang bisa COD.

SAP Express mengklaim bahwa layanan COD mereka memiliki jangkauan paling luas. Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh SAP Express adalah input resi otomatis bagi penjual. Sehingga, penjual tak perlu repot melakukannya secara manual.

9. Deliveree

Deliveree
Deliveree

Deliveree adalah jasa pengiriman yang menawarkan banyak kemudahan bagi pebisnis maupun masyarakat umum. Pengguna Deliveree dapat menggunakan layanan pengiriman barang untuk berbagai keperluan, misalnya pindahan, cargo, dan ekspedisi paket.

Khusus untuk penjual, Deliveree juga menawarkan layanan COD. Namun, penjual perlu membuat akun bisnis Deliveree untuk bisa menikmati layanan ini.

10. J&T Express

J&T Express
J&T Express

Para penjual online yang menggunakan COD J&T pasti akan mendapat lebih banyak pembeli. Hal ini karena COD J&T sudah terkenal dapat dipercaya dan mampu mengirimkan paket dengan cepat, sehingga pembeli pasti merasa puas.

Sistem COD J&T memiliki jangkauan luas dan dapat digunakan pada berbagai layanan. Selain itu, J&T juga menawarkan berbagai kemudahan bagi penjual yang mendaftar sebagai member J&T. Kemudahan ini adalah input resi otomatis dan paket diambil oleh kurir.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Fitur COD Di Shopee

Bagi para penjual, bekerjasama dengan perusahaan ekspedisi yang menawarkan sistem COD akan memberikan keuntungan tersendiri. Hal ini karena banyak pembeli Indonesia yang menyukai metode ini.

Dengan begitu, jika penjual tidak menawarkan pengiriman paket dengan sistem COD, mereka pasti lebih susah untuk meningkatkan penjualan mereka. Namun, penjual juga perlu memilah-milah jasa ekspedisi yang bisa COD yang akan diajak kerjasama.

Ketika memilih jasa tersebut, pastikan bahwa jasa ekspedisi dapat melakukan pengiriman paket dengan amanah dan cepat. Selain itu, pastikan juga bahwa jasa tersebut tidak mematok potongan besar untuk tiap pengiriman sistem COD yang mereka lakukan. Sehingga, penjual tidak akan mengalami kerugian.

komship ongkir
Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.