Cara Mengaktifkan Fitur COD Di Shopee Untuk Penjual

Shopee menawarkan berbagai pilihan metode pembayaran kepada para penggunanya sehingga penjualan toko pun bisa lebih dioptimalkan, salah satu metode pembayaran yang tersedia di aplikasi Shopee adalah cash on delivery atau COD.

Selain COD, ada juga beberapa pilihan pembayaran lainnya, seperti transfer bank, pembayaran via minimarket, atau bahkan menggunakan Shopee Pay.

COD sebenarnya merupakan pilihan pembayaran yang lebih tradisional, tetapi ternyata masih banyak orang yang lebih suka membayar dengan metode pembayaran ini. Penjual Shopee sebaiknya mempertimbangkan kebutuhan pembeli dan mengaktifkan fitur pembayaran COD.

Apa Itu Pembayaran Shopee COD?

apa itu cod

COD merupakan metode pembayaran paling populer yang sering digunakan oleh para pembeli dan penjual di berbagai marketplace. Metode pembayaran ini memungkinkan pembeli untuk membayar belanjaan atau pesanan dengan uang tunai, pada waktu pesanan diantar ke tempat tinggal mereka.

Metode pembayaran COD adalah metode pembayaran yang paling umum digunakan oleh para pembeli yang tidak atau belum memiliki rekening bank. Ada juga yang memilih metode pembayaran ini karena khawatir atau kurang percaya dengan penjual dari marketplace tertentu.

COD Shopee biasanya bisa dilakukan jika pembeli memilih kurir pengiriman Shopee Express, JNE, dan J&T.

Baca juga: 10 Menu Pada Layanan Shopee Seller Center

Cara Mengaktifkan Pilihan Pembayaran COD di Shopee

cara menambah fitur cod di shopee

Karena beberapa pembeli masih suka dengan metode pembayaran COD, penjual perlu menyesuaikan kebutuhan mereka dan mempersiapkan metode pembayaran COD yang bisa dipilih oleh para pembeli. Cara mengaktifkannya tidak terlalu sulit, cukup ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Cara mengaktifkan COD dari aplikasi Shopee

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengaktifkan metode pembayaran Shopee COD. Cara yang pertama adalah melalui aplikasi Shopee yang sudah terpasang di perangkat selulermu, baik yang berbasis Android maupun yang berbasis iOS. Berikut cara mengaktifkannya:

  • Buka aplikasi Shopee yang sudah terpasang di smartphone dan sudah masuk ke akun Shopee penjual. Tap pada menu Saya di bagian kanan bawah jendela Shopee untuk membuka profilmu.
  • Tap pada label Toko Saya yang ada di kanan atas halaman profil Shopee. kamu akan melihat berbagai menu dan pengaturan toko di halaman ini. Untuk mengatur pengiriman dan cara pembayaran, tap pada menu Jasa Kirim Saya.
  • Halaman ini memuat berbagai informasi pengiriman produk, seperti alamat pick up produk dari tokomu, pilihan pembayaran yang tersedia di tokomu, dan pilihan pengiriman yang bisa digunakan. Tap pada menu Aktifkan COD sampai tombolnya berubah menjadi hijau.

Setelah selesai mengaktifkan COD, kembali ke halaman utama. Para pembeli akan menemukan metode pembayaran Shopee COD di produk yang tersedia di toko online mu. Para pembeli yang lebih suka berbelanja dengan metode pembayaran COD akan tertarik untuk menjadi pelanggan mu.

2. Cara Mengaktifkan Pembayaran COD di Shopee dari Seller Center

Selain melalui aplikasi Shopee di perangkat seluler, kamu juga bisa mengaktifkan metode pembayaran Shopee COD di situs web khusus penjual Shopee yaitu Seller Center. Langkah mengaktifkan metode pembayaran melalui Seller Center sangat mudah untuk dilakukan, yaitu:

  • Jalankan aplikasi web browser yang ada di PC atau laptopmu dan pastikan kamu sudah tersambung ke jaringan internet. Kemudian ketikkan alamat Seller Center atau klik disini untuk membuka Seller Center Shopee.
  • Masuk dengan akun penjual Shopee yang sudah kamu miliki. Selanjutnya, buka bagian Pengaturan Toko untuk mengubah pengaturan yang ada. Pilih pengaturan Jasa Kirim Saya untuk mengubah pilihan metode pengiriman dan pembayaran.
  • Pilih metode pengiriman atau ekspedisi yang mendukung metode pembayaran COD, seperti misalnya J&T Ekspress. Lalu aktifkan tab yang berjudul Aktifkan COD. Simpan pengaturan yang terbaru agar pembeli bisa segera menggunakan metode pembayaran itu.

Sebenarnya, metode pembayaran COD bisa segera diaktifkan setelah metode pengiriman atau ekspedisi yang mendukung pembayaran COD sudah diaktifkan. Tidak semua ekspedisi mendukung metode COD, periksa ekspedisi yang mendukung COD dan pastikan ekspedisi tersebut sudah aktif.

Baca juga: 10 Kesalahan Pemula Saat Berjualan di Shopee

Kelebihan dan Kekurangan Metode Pembayaran Shopee COD

kelebihan dan kekurangan fitur cod di shopee

Seperti halnya semua metode pembayaran yang lainnya, metode pembayaran COD mempunyai beberapa keunggulan dan kelemahan. Sisi positifnya adalah sistem pembayaran ini bisa membuat pembeli lebih mempercayai tokomu. Beberapa kelebihan dan kekurangan metode COD adalah:

1. Keunggulan metode pembayaran COD

Keuntungan metode pembayaran COD bisa dirasakan oleh kedua pihak pengguna Shopee, yaitu pembeli dan penjual. Beberapa keuntungan yang bisa dirasakan dengan aktifnya metode pembayaran COD antara lain:

  • Pembeli akan merasa jauh lebih aman ketika berbelanja, terutama jika pembeli pernah mendapat pengalaman buruk berbelanja online tapi produk ternyata tidak dikirimkan oleh penjual.
  • Pembeli yang belum mempunyai rekening bank atau tinggal jauh dari minimarket akan lebih mudah untuk berbelanja secara online karena bisa membayar pesanan ketika barang tersebut diantar ke rumah.
  • Penjual bisa mengcover lebih banyak pelanggan, mulai dari yang sudah sering belanja online hingga yang masih ragu belanja online karena metode COD membuat beberapa jenis pembeli menjadi lebih yakin untuk belanja online dengan adanya metode COD.
  • Karena semakin banyak pelanggan bisa ditangani oleh pihak penjual, penjualan pun bisa semakin meningkat. Penjual pun mendapatkan kesempatan untuk menjadi salah satu Star Seller di aplikasi Shopee.

Mengetahui keuntungannya saja tidak cukup. Kamu sebagai penjual juga perlu memahami berbagai kelemahan metode pembayaran COD sebelum memutuskan untuk mengaktifkan metode pembayaran tersebut. Perhatikan kelemahan metode pembayaran COD dari keterangan di bawah ini.

2. Kelemahan metode pembayaran Shopee COD

Hampir semua sistem di dunia ini mempunyai kelemahan. Sistem pembayaran Shopee COD juga tidak luput dari kelemahan. Sayangnya, kelemahan metode pembayaran ini bisa mengakibatkan berbagai kerugian bagi pihak penjual Shopee. Hanya satu kelemahan metode Shopee COD: pembeli nakal.

Pembeli nakal adalah pembeli yang asal melakukan checkout tapi kemudian tidak mau membayar produk yang diantar ke rumahnya dengan alasan tidak punya uang untuk membayar produk tersebut. Ada juga pembeli yang melakukan pembatalan pesanan setelah barang dikirim ke rumahnya.

Hal ini membuat penjual rugi karena pihak penjual-lah yang harus membayar ongkos kirim sehingga barang akan dikirim kembali ke tokonya. Selain itu, produk yang dijual pun tidak jadi laku.

Baca juga: 11 Cara Menjadi Star Seller di Shopee dengan Mudah

Cara Menonaktifkan Metode Pembayaran Shopee COD

Setelah mempertimbangkan berbagai kelebihan dan kekurangannya, kamu bisa mempertimbangkan lebih matang apakah akan tetap menggunakan metode COD atau akan menonaktifkannya saja. Kalau kamu tetap akan menggunakan metode COD, ikuti langkah-langkah untuk mengaktifkan COD di atas.

Tapi kalau kamu berubah pikiran dan tidak ingin lagi menggunakan metode pembayaran COD, buka kembali pengaturan toko di aplikasi Shopee atau Seller Center. Akses kembali pilihan Jasa Kirim yang tersedia, lalu nonaktifkan metode COD tanpa menonaktifkan ekspedisinya.

Pastikan untuk selalu berhati-hati dalam berjualan sehingga kamu tidak perlu bertemu dengan pembeli nakal yang bisa merugikan toko online yang kamu kelola dengan menyalahgunakan metode COD.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.