Cara Kirim Barang COD (Cash On Delivery) Lewat JNE 2022

Komerce.id – Sistem COD atau Cash On Delivery menjadi metode pembayaran yang semakin disukai oleh banyak orang karena menyediakan kemudahan untuk para konsumen, terutama untuk mereka yang suka belanja di marketplace. Cara kirim barang COD lewat JNE menjadi satu dari sekian yang disukai.

JNE menjadi perusahaan ekspedisi yang telah berkecimpung lama dalam mengantarkan paket ke alamat. JNE sendiri hadir di berbagai marketplace online mulai dari Tokopedia, Bukalapak sampai Shopee. Nah, kalau kamu seorang seller, maka ada baiknya kamu paham bagaimana sistem COD pada JNE.

Cara mendaftar sistem COD JNE harus memenuhi berbagai macam syarat jika ingin diproses dengan cepat. Jadi, kalau kamu mau mengaktifkan sistem COD di toko online mu, maka pastikan bahwa kamu tahu apa saja syarat dan cara daftar COD-nya.

Baca juga: 45+ Arti Status Pengiriman JNE dan Istilah Terlengkap

Syarat COD dari JNE

Syarat COD dari JNE
Syarat COD dari JNE, sumber gambar: sindonews.net

Sebagai seorang seller pemula, mungkin kamu pernah bertanya, apakah COD dari JNE ini hanya bisa dilakukan di marketplace? Tentu tidak, kamu bisa mengaktifkannya, bahkan bisa mengirim barang tanpa marketplace sehingga menjadi lebih fleksibel.

Berikut adalah syarat mengajukan COD di JNE:

  1. Pastikan kamu melakukan pendaftaran dengan isi formulir COD atau PCRF.
  2. Klik bit.ly/3ax9Q8e untuk daftar COD
  3. Fotocopy KTP
  4. Fotocopy Kartu JNE Loyalty Card (JLC)
  5. Fotocopy NPWP atas nama pribadi maupun badan usaha
  6. Fotocopy buku tabungan
  7. Isi formulir Customer Self Service System atau CS3 untuk mendaftar sebuah akun baru

Ketentuan COD Dari JNE

COD JNE sendiri memiliki beberapa ketentuan yang harus dipenuhi oleh seller. Tanpa memenuhi ketentuan yang sudah disyaratkan oleh JNE, maka seller sulit mendaftar COD untuk toko online yang dimiliki. Berikut adalah ketentuannya:

  • COD hanya bisa dilakukan oleh penjual non marketplace dan transaksi yang dilakukan melalui sales counter dari JNE yang telah terdaftar.
  • Penjual harus sudah terdaftar sebagai member dari JNE Loyalty Card minimal sudah sebulan berjalan.
  • Layanan COD yang bisa dipilih hanya regular.
Baca juga: Cara Komplain JNE Lewat Ask Joni, Call Center, Sosial Media, Email

Cara Kirim Paket COD Lewat JNE

Cara Kirim Paket COD Lewat JNE
Cara Kirim Paket COD Lewat JNE, sumber gambar: tempo.co

Setelah seluruh persyaratan terpenuhi, sekarang kamu bisa mengakses situs JNE untuk mengirim barang. Kamu hanya perlu menggunakan layanan JNE COD saja dan tidak harus menjadi anggota dari marketplace manapun. Berikut adalah cara kirim barang COD JNE:

  1. pertama kamu bisa mengunjungi situs JNE di laman cs3.jne.co.id, kemudian akan muncul menu ‘Login’. Ketikkan username dan password, kemudian tekan ‘Sign in’.
  2. Jika sudah masuk ke dashboard, maka kamu bisa tekan ‘Create Order’. Setelah itu, tekan opsi ‘Orders Manually’ agar kamu lebih pengaturannya. Lanjutkan memilih apakah paket dropshipper atau bukan.
  3. Berikutnya, masukkan nama pengirim, nama penerima kemudian dibawahnya alamat penerimanya secara lengkap. Untuk PIC bisa dikosongi kemudian dibawahnya ketikkan nama kota tujuan.
  4. Masukkan nomor handphone penerima, kode POS, kota tujuan, dan provinsinya. Kemudian, tekan opsi ‘Create Reference’ agar bisa mendapatkan nomor referensi.
  5. Setelah nomor referensi berhasil didapatkan, lanjutkan menekan menu ‘Goods Type’. Kemudian pilih jenis barang yang hendak kamu kirim, apakah ‘Dokumen’ atau ‘Paket’.
  6. Langkah berikutnya adalah masukkan informasi barang, penanganan khusus, kategori dan estimasi harganya. Tekan ‘Choose Service’ kemudian pilih layanan JNE, disarankan REG karena mendukung COD.
  7. Masukkan berat barang dan jumlahnya. kemudian pilih penambahan layanan seperti asuransi dan juga packing kayu JNE. Setelah semua informasinya sudah benar tekan ‘Calculate’
  8. Selanjutnya, secara otomatis menu ‘Goods Amount’ akan menampilkan ongkos kirim JNE COD. Untuk melanjutkan kirim barang tekan ‘Process Now’.
  9. Halaman akan secara otomatis membawa kamu ke menu resi JNE COD yang sudah selesai dibuat. Silahkan cetak langsung resi atau label pengirimannya, kemudian tempelkan pada packing paketmu.
  10. Setelah packing paket ditempeli label pengiriman, barang pun siap untuk dikirimkan. Kamu hanya perlu mengunjungi kantor JNE terdekat, jangan lupa untuk membawa sejumlah uang tunai yang disesuaikan dengan ongkir COD.
  11. Kamu bisa menyerahkan paket tersebut kepada petugas JNE dan proses pengiriman pun akan segera dilakukan. Kamu hanya perlu membayar ongkos kirimnya sesuai nominal yang kamu bawa.
  12. kamu jangan khawatir karena ketika barang sudah diterima konsumen maka uang ditransfer maksimal 14 hari setelahnya.

Kelebihan Menggunakan JNE COD

Cara kirim barang COD JNE bisa dibilang mudah untuk dilakukan karena semua prosesnya bisa dilakukan dengan online, kamu bisa mendaftar JNE COD kapan saja jika ada customer yang memilih COD. Berikut adalah kelebihan mengirim barang dengan sistem COD JNE :

  1. Sistem COD JNE membuat kepercayaan konsumen menjadi semakin meningkat karena mereka bisa melihat sendiri barang yang dipesan dari toko online sebelum mereka membayarnya ke kurir.
  2. JNE COD bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan citra dan reputasi dari sebuah toko online.
  3. Menjadi sarana untuk menghindari segala tindak penipuan sebab barang yang dikirimkan terjamin aman dan bisa dikembalikan jika tidak sesuai.
  4. Menyediakan berbagai macam pilihan pembayaran sehingga cukup efisien.
  5. Menawarkan layanan gratis pickup paket di rumah maupun lokasi bisnis lainnya tanpa harus membayar minimal ongkos kirim.
  6. Sangat mendukung berbagai macam toko online sehingga siapapun bisa menggunakannya tanpa harus terhubung di marketplace.
  7. Selain bisa mengirim paket, kamu juga bisa mengecek berapa ongkir dari JNE COD sehingga pembayarannya lebih transparan.

Kamu yang memiliki bisnis online, ada baiknya jika menggunakan COD dari JNE. Apalagi cara kirim barang COD JNE juga terbilang murah dan efisien.


COD menjadi metode yang lebih diunggulkan saat ini karena membuat pilihan baru bagi customer, apalagi proses pengirimannya mudah. Kamu hanya perlu mengakses website JNE untuk mencetak resi dan menempelkan label ke paket.

Selanjutnya, kamu bisa mengirimkan paket melalui kantor JNE terdekat. Ketika kamu menyediakan sistem COD pada toko online kamu, maka orang-orang akan menjadi lebih tertarik untuk berbelanja di toko onlinemu.

Meski begitu, masih banyak pebisnis yang masih takut untuk menggunakan sistem COD. Padahal, keuntungan COD sangat banyak dan dapat mengundang pembeli. Seringkali mereka takut akan rugi jika paket tidak sampai atau dikembalikan oleh pembeli (retur).

Untuk mengantisipasi kerugian akan risiko sistem pembayaran COD melalui JNE, Komship memberikan GRATIS BIAYA RETUR. Tak tanggung-tanggung, promo ini BERLAKU UNTUK SEMUA WILAYAH DI-INDONESIA. Makin cuan maksimal kan kalau COD JNE pakai Komship?

Mulai transaksimu sekarang dan dapatkan promo lainnya yang tak kalah menarik mulai dari diskon ongkir, gratis jemput paket tanpa minimal order, gratis biaya bulanan, dan masih banyak lainnya. Klik komship.id sekarang. Sistem COD menambah jumlah pelanggan baru karena sistem pembayaran ini menjadi trend dan lebih disukai oleh beberapa kalangan. Jadi, jangan ragu untuk mendaftar COD JNE.

komship ongkir
Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.