Cara Upload Produk di Shopee Lewat HP dan PC Untuk Pemula (2022)

Komerce.id – Berjualan di Shopee bisa menjadi salah satu alternatif yang bagus supaya kamu bisa mendapatkan penghasilan dari aktivitas niaga. Namun sebagai pemula, salah satu hal yang wajib kamu ketahui agar bisa berjualan dengan lancar ialah cara upload produk di Shopee. Kenapa ini sangat penting?

Tentu saja tanpa mengupload produk, kamu tidak akan bisa memperkenalkan produk dan para pengguna Shopee juga tidak tahu bahwa kamu menjual produk yang mungkin mereka butuhkan. Jika sudah begini, kamu tidak akan bisa mendapatkan uang sesuai dengan yang diinginkan.

Pengoperasian Shopee sendiri untuk aktivitas berjualan sangatlah mudah, dijamin kamu tidak akan kebingungan nantinya karena tampilannya juga user friendly.

Baca juga: 4 Cara Download Gambar di Shopee dengan HP dan PC

Cara Upload Produk di Shopee Untuk Pemula Update 2022

cara upload produk di shopee 1

Untuk upload produk di Shopee, ada dua alternatif yang bisa kamu pilih. Pertama, kamu bisa menggunakan PC atau laptop dan kedua bisa menggunakan aplikasi Shopee di HP atau smartphone. Sudah tidak sabar ingin segera melakukannya? Berikut informasi lengkapnya.

1. Cara Upload Produk di Shopee Lewat PC

Buat kamu yang lebih suka bekerja dengan laptop atau PC, bisa pilih cara yang pertama ini. Karena menggunakan PC, maka kamu harus mengakses website resmi milik Shopee. Untuk detail langkah-langkahnya bisa disimak dalam poin-poin di bawah ini:

  • Pertama, masuklah ke Seller Centre Shopee dengan alamatnya di seller.shopee.co.id.
  • Di halaman utama Seller Centre Shopee tersebut, login menggunakan akun Shopee yang kamu gunakan untuk berjualan.
  • Setelah berhasil masuk, cari saja menu Tambah Produk Baru. Biasanya, menu ini terdapat di daftar menu sebelah kiri layar.
    cara upload produk di shopee 2
  • Begitu berhasil masuk dalam menu tersebut, isi nama produk dan juga kategori produk sesuai dengan kondisi produk yang kamu jual. Kalau kamu masih belum yakin produk tersebut masuk kategori mana, bisa lihat daftar kategori produk yang disediakan oleh Shopee terlebih dahulu.
    cara upload produk di shopee 3
  • Jika sudah, klik Lanjut.
  • Masukkan berbagai informasi serta lakukan pengaturan produk di halaman selanjutnya yang terbuka, pastikan kamu memasukkan data-data yang ditanyakan dengan lengkap dan sesuai produk yang akan dijual.

    Untuk ini kamu harus mengisi deskripsi produk, merk produk, atribut produk, harga produk, stok produk, variasi produk, dimensi produk, ongkos kirim, serta foto dan video produk. Kamu juga bisa menambahkan informasi lainnya seperti keterangan Pre-Order, SKU Induk, dan lain sebagainya.
    cara upload produk di shopee 4
    cara upload produk di shopee 5
    cara upload produk di shopee 6
  • Pilih jasa ekspedisi untuk pengiriman produk. Sebaiknya kamu pilih setidaknya 3 jasa ekspedisi supaya pembeli bisa memilih ekspedisi mana yang disukai berdasarkan pada jarak serta preferensi pribadinya.
    cara upload produk di shopee 7
  • Jika semua kolom sudah selesai diisi, kamu bisa klik Simpan dan Tampilkan supaya produk yang kamu jual juga bisa muncul di Shopee.
Baca juga: 5 Tools Gratis Shopee Untuk Meningkatkan Penjualan

2. Cara Upload Produk di Shopee Lewat HP

cara upload produk di shopee lewat hp
ilustrasi urutan upload produk di Shopee lewat HP

Untuk kamu pengguna smartphone, upload produk juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi Shopee itu sendiri. Jadi pastikan kamu sudah download, install dan HP yang digunakan kapasitas RAMnya cukup besar supaya lancar pengoperasiannya.

Langkah-langkah upload produknya sebagai berikut:

  • Masuk ke aplikasi Shopee dengan menggunakan akun toko yang akan dipakai untuk berjualan.
  • Begitu sudah berhasil masuk, tinggal klik menu Saya yang ada di pojok kanan bawah layar.
  • Di halaman menu tersebut, kamu klik saja opsi Toko Saya yang posisinya ada di pojok kiri atas layar dan nantinya kamu akan otomatis diarahkan ke halaman Tambah Produk.
  • Di halaman Tambah Produk, klik tombol Tambah Produk Baru yang bisa dilihat dengan jelas karena ukurannya yang cukup besar.
  • Lanjutkan dengan melengkapi nama produk yang kamu tawarkan. Di sini, kamu harus melengkapinya juga dengan gambar produk. Usahakan agar gambar ini adalah gambar yang memperlihatkan bagian depan produk, bagian samping dan bagian belakang.

    Jadi sebaiknya memang kamu siapkan lebih dari satu gambar produk. Jangan lupa, gambarnya harus yang berkualitas tinggi ya agar tidak buram.
  • Masukkan Deskripsi Produk pada kolom yang sudah disediakan. Pengisiannya ini harus dilakukan sesuai dengan aturan karena ada batasan karakter yang harus dipenuhi mengenai deskripsi ini.
  • Lebih lanjut lagi, kamu harus memilih kategori yang tepat untuk produk kamu. Tujuannya adalah untuk mempermudah para calon pembeli menemukan produk yang kamu jual, karena mereka mencari produk yang dibutuhkan berdasarkan kategori tertentu.

    Oleh sebab itu, penentuan kategori ini harus tepat atau kalau masih bingung  bisa juga manfaatkan daftar kategori yang diberikan oleh Shopee.
  • Di bawahnya ada keterangan Produk Berbahaya. Jika memang produk kamu bukanlah produk berbahaya, bisa pilih opsi Tidak.

    Tetapi jika mengandung bahan berbahaya, maka masukkan keterangannya dengan tepat. Sebab pemberian keterangan yang tidak tepat bisa berdampak pada gagalnya pengiriman atau penambahan biaya pengiriman.
  • Masukkan juga harga yang kamu tetapkan untuk produk. Ada baiknya jika sebelum menentukan harga, kamu melakukan riset kecil-kecilan dulu terhadap produk yang serupa. Dengan begini, nanti kamu bisa lebih mudah memasang harga yang kompetitif.
  • Selanjutnya, fokus pada Variasi produk. Variasi produk maksudnya ialah jenis atau karakteristik yang berbeda yang terdapat pada beberapa produk yang sama. Biasanya, variasi ini terdiri atas pilihan warna dan ukuran.

    Adanya variasi produk bisa membantu mempermudah pembeli untuk memilih produk yang berbeda pada satu halaman produk saja. Beberapa poin penting terkait variasi produk ini sebagai berikut:

    1. Untuk mengubah variasi, kamu bisa klik Ubah dan jika sudah selesai bisa klik Selesai.
    2. Sedangkan untuk membatalkan variasi yang sudah ditentukan sebelumnya, bisa dilakukan dengan klik produk yang ingin dibatalkan maka kotak pilihannya akan berubah menjadi abu-abu, tidak merah seperti sebelumnya.
    3. Untuk menghapus variasi, bisa klik tanda X yang ada di sudut kanan atas kota variasi dan klik Selesai jika sudah.
    4. Untuk menambah variasi, bisa klik Tambah.
    5. Untuk masing-masing variasi bisa disertakan foto pendukung, caranya adalah klik icon + pada setiap kotak variasi.
  • Selanjutnya, mengenai Harga dan stok produk. Ingat, kedua informasi ini baru bisa diisi hanya apabila kamu sudah berhasil mengisi kolom-kolom sebelumnya dengan benar. Atur saja harga dan stok ini lalu klik Simpan agar pengaturan yang dilakukan tidak hilang.
  • Jika memang ada, kamu bisa isi Grosir, tetapi jika tidak ada bisa diabaikan saja.
  • Tentukan ongkos kirim yang berlaku untuk paket. Dalam hal ini, kamu harus mengisi berat produk dan ukuran paket yang terdiri atas lebar, panjang dan tinggi.
  • Masukkan pula kondisi barang, apakah sudah pernah dipakai sebelumnya atau masih baru. Lalu kalau kamu perlu waktu untuk menyiapkan produk, bisa aktifkan opsi Pre-Order.
  • Sebagai langkah terakhir, kamu bisa pilih Simpan atau Tampilkan supaya pengaturan dan foto produk yang baru saja kamu masukkan bisa tampil di Shopee.
Baca juga: Cara Membuat Harga Coret di Shopee Untuk Menarik Perhatian (2022)

Jadi kamu lebih suka cara upload produk di Shopee menggunakan PC atau HP? Cara apapun yang kamu pilih itu terserah pada pilihanmu sendiri. Hanya saja, masing-masing cara menuntut kamu untuk melakukan pengisian kolom-kolom yang ada dengan benar.

Tujuannya untuk memberikan informasi produk selengkap mungkin kepada para calon pembeli. Setelah mengisi kolom-kolom upload produk di Shopee, kamu bisa langsung publish dan bisa langsung share ke social media seperti Facebook, Twitter, dll.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.