5 Tools Gratis Shopee Untuk Meningkatkan Penjualan

Komerce.id – Banyak orang membuat toko di Shopee karena terlihat menguntungkan dan mudah mendapatkan uang. Pada kenyataannya, kamu harus bersaing dan berjuang untuk meningkatkan penjualan. Tapi tak perlu khawatir karena ternyata kamu dapat menggunakan tools gratis Shopee untuk meningkatkan penjualan.

Dengan menggunakan tools tersebut, kamu dapat meningkatkan penjualan dengan mudah. Namun, kamu perlu menyusun strategi dalam menentukan jenis tools apa yang akan digunakan agar mendapatkan hasil yang maksimal. Pastikan tools yang dipilih sesuai dan bisa kamu jalankan.

Jika berhasil, kamu dapat melihat peningkatan terhadap hasil penjualan. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan keuntungan yang telah diharapkan selama ini. Namun, dibutuhkan kerajinan dan keuletan dalam menggunakan tools tersebut agar memperoleh hasil yang maksimal.

Tools Shopee Untuk Meningkatkan Penjualan yang Gratis

daftar tools gratis dari shopee
Sumber gambar: vulcanpost.com

Berikut ini merupakan tools gratis di Shopee untuk meningkatkan penjualan yang bisa digunakan. kamu harus pintar-pintar menyusun strategi yang tepat dalam menggunakan tools tersebut. Dengan demikian, penjualan yang diharapkan pun akan meningkat.

1. Promo Toko

Dengan menggunakan promo toko, kamu akan diberikan kesempatan untuk mempromosikan toko dengan penawaran terbaik. Tools ini akan memberikan diskon kepada tokomu dalam periode tertentu.

Untuk menggunakan tools ini secara gratis, kamu perlu login di Shopee Seller Centre. Setelah berhasil login, kamu dapat memilih menu “Promosiku”, kemudian pilihlah “Promo Toko” untuk mendapatkan diskon dalam jangka waktu tertentu.

Kamu akan disuruh untuk memilih produk yang akan diberikan diskon. Setelah itu, editlah promo toko dan masukkan harga diskon. Produkmu berhasil diberikan diskon. Pemberian diskon ini nantinya dapat membantu peningkatan penjualan karena banyak pembeli yang menyukai barang diskon.

Untuk lebih lengkap, silahkan baca artikel ini; Cara Membuat Harga Coret di Shopee Untuk Menarik Perhatian (2021)

2. Promo Shopee

Jika kamu bergabung dengan marketplace Shopee akan ada banyak kesempatan yang bisa kamu didapatkan untuk menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Melalui Shopee, kamu dapat menominasikan produk yang diinginkan.

Selanjutnya, kamu tinggal mengajukan penawaran yang menarik untuk meningkatkan kesempatan produk terpilih. Adapun cara yang dapat kamu lakukan agar penjualan produk menjadi meningkat melalui promo Shopee adalah dengan menekan menu “Promo”.

Setelah itu, pilihlah “Promo Shopee” dan kamu akan diarahkan untuk memilih produk yang akan ditawarkan. Selanjutnya, berikan penawaran pada produk yang telah dipilih sebelumnya. Setelah selesai, kamu harus memastikan bahwa produk tersebut terpilih pada saat masa promo berakhir.

3. Voucherku

Saat ini Shopee juga telah memiliki fitur yang membuatmu dapat membuat voucher sendiri untuk toko ataupun produk yang dijual. Memberikan banyak voucher kepada pembeli akan membuat banyak orang tertarik belanja di tokomu.

Dengan demikian, secara perlahan-lahan hasil penjualan tokomu pun akan semakin meningkat. Melalui fitur ini, kamu bebas membuat voucher tokomu sendiri dengan ketentuan yang sesuai dengan kehendak tanpa ada campur tangan dari pihak Shopee.

Adapun cara yang dapat dilakukan untuk membuat voucher toko sendiri ini adalah dengan memilih menu “Promo”. Setelah itu, pilihlah pilihan “Voucherku” dan kamu pun dapat membuat voucher sepuasnya.

4. Naikan Produk

Fitur ini sangatlah berguna untuk menaikkan urutan pencarian produk yang ada pada tokomu. Cara ini dianggap efektif untuk meningkatkan jumlah penjualan toko. Fitur ini akan membuat produkmu memiliki urutan atas pada hasil pencarian produk pada pilihan “Terbaru”.

Kamu pun dapat menaikkan sekitar 5 buah produk sekaligus dalam satu waktu, kamu dapat menaikkan produkmu kembali setelah 4 jam. Jika kamu rajin menaikkan produk, maka produk yang kamu jual akan selalu berada di peringkat teratas dalam pencarian.

Adapun cara untuk menaikkan produk pada Shopee adalah dengan mengklik menu “Produk Saya”. Kemudian, pilihlah 5 produk yang akan kamu naikkan. Setelah itu, pilih “Naikkan Produk”. Produkmu pun sudah berhasil dinaikkan peringkat pencariannya.

5. Iklanku (Berbayar)

Cara untuk meningkat penjualan lainnya adalah menggunakan tools Iklanku. Cara kerja tools ini adalah dengan membuat produk lebih banyak terlihat di sisi konsumen Shopee. Produkmu akan muncul ketika pengguna Shopee membuka aplikasinya.

Menggunakan tools ini akan membuat produkmu dilihat oleh banyak orang. Dengan demikian peluang produkmu dibeli akan semakin besar karena selalu muncul sebagai iklan di aplikasi Shopee.

Ketika menggunakan tools ini, produkmu akan langsung muncul di peringkat atas pada kolom pencarian. Biasanya calon pembeli akan memilih produk dengan peringkat teratas di kolom pencarian sehingga peluangmu akan menjadi lebih besar.

Untuk menggunakan tools ini, kamu dapat memilih “Akun Shopee”. Setelah itu, pilihlah menu “Promosiku” dilanjutkan dengan pilihan “Iklanku”. Kamu akan diminta untuk memilih saldo yang akan dibeli.

Setelah melakukan pembayaran, barulah kamu dapat mengiklankan produk yang diinginkan. Pilihlah produk unggulan yang akan diiklankan dan masukkan modal untuk iklan tersebut. Proses pengiklanan pun selesai.

Baca juga: Cara Cetak Label Alamat Pengiriman di Shopee

Apakah Tools Auto Follow Shopee Aman dan Efektif Untuk Digunakan?

Tools tersebut pasti dari pihak ke-3 dan bukan tools yang disediakan oleh Shopee untuk meningkatkan penjualan. Tools ini kurang efektif jika digunakan untuk meningkatkan penjualan karena followers yang banyak tersebut belum tentu akun aktif dan sesuai dengan target pemasaran.

Oleh karena itu, ada baiknya kamu tidak usah mencoba tools tersebut karena cenderung tidak berguna. 

Ada baiknya kamu fokus menggunakan tools lain untuk meningkatkan interaksi pembeli dan juga ketertarikan pembeli terhadap produk. Dengan demikian, penjualan pun akan meningkat perlahan.


Dalam berjualan melalui Shopee, kamu dituntut untuk rajin dan memahami bagaimana strategi untuk meningkatkan penjualan secara efektif. Jangan hanya tergiur dengan sesuatu yang instan karena untuk mencapai kesuksesan diperlukan usaha yang lebih.

Selalu lakukan inovasi produk dan usahakan untuk selalu melakukan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan ataupun calon pembeli sekalipun. Respon yang baik akan membuat pembeli tersebut kembali membeli produk dan bukan tak mungkin akan mengajak teman atau kerabatnya yang lain.

Selain itu, untuk meningkatkan penjualanmu juga bisa menggunakan tools gratis Shopee untuk meningkatkan penjualan. Jika tools tersebut digunakan dengan benar dan rajin, kamu akan mendapatkan peningkatan penjualan yang signifikan.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 3 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.