4 Cara Download Gambar di Shopee dengan HP dan PC

Komerce.id – Shopee adalah salah satu marketplace yang terkenal memberikan harga menarik untuk setiap produknya. Ini membuat para reseller serta dropshipper bisa mencari barang murah untuk dijual kembali. Tentunya, para reseller dan dropshipper ini harus tahu cara download gambar di Shopee untuk mempermudah aktivitas posting produk di marketplace dan media sosial masing-masing.

Untuk reseller dan dropshipper pemula di Shopee, foto produk dengan kualitas baik seringkali menjadi kendala. Akibatnya, rencana mereka untuk posting produk menjadi tertunda, sehingga rencana untuk segera berjualan ikut tertunda.

Sebenarnya, untuk menyimpan gambar dari Shopee itu sangat mudah. Tetapi kamu harus memastikan ada ruang yang cukup untuk menyimpannya, apalagi jika HP mu memiliki kapasitas terbatas. Jadi nanti aktivitas download tidak mengalami kegagalan.

Baca juga: Cara Membuat Harga Coret di Shopee Untuk Menarik Perhatian

Cara Mudah Menyimpan Gambar di Shopee dengan HP dan PC

Foto produk adalah salah satu hal penting yang harus ada saat kamu ingin berjualan secara online. Foto ini bisa didapatkan salah satunya adalah dengan download dari marketplace seperti Shopee. Dalam mendownloadnya, bisa menggunakan HP saja, PC, dan bisa dengan tools seperti berikut:

1. Cara Download Gambar di Shopee Lewat HP / Smartphone

cara download gambar di shopee lewat hp

Dimulai dari download gambar dengan HP atau smartphone dulu. Untuk melakukannya, sebaiknya kamu sudah memiliki aplikasi Shopee di HP atau smartphone yang akan digunakan. Kalau sudah, bisa ikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini:

  • Masuklah aplikasi Shopee yang sudah diinstal dalam smartphone-mu. Lalu, buka gambar produk yang akan didownload.
  • Jika gambar sudah ketemu, klik gambar tersebut sehingga tampilan layar berubah menjadi gambar produk yang tepat di tengah-tengah layar sedangkan bagian atas dan bawahnya hanya hitam.
  • Pada bagian atas layar terdapat tanda panah ke arah kiri yang bisa kamu pilih jika ingin kembali ke tampilan sebelumnya, sedangkan di bagian bawah layar terdapat tanda titik yang menunjukkan banyaknya foto produk seperti berikut.
  • Tekan dan tahan gambar tersebut selama beberapa saat sampai keluar tulisan “Simpan Gambar” atau “Simpan ke Handphone”. Jika tulisan tersebut sudah muncul, klik saja dan gambar akan langsung tersimpan di galeri HP atau smartphone. Silahkan dicek, apakah cara ini berhasil atau tidak.
Baca juga: Cara Cetak Label Alamat Pengiriman di Shopee

2. Cara Download Gambar di Shopee Lewat PC / Laptop

Untuk download gambar di PC atau laptop, langkah-langkahnya sangat berbeda dari saat menggunakan HP atau smartphone. Kali ini langkah-langkahnya lebih panjang, tetapi masih bisa dikatakan mudah kok. Mau coba? Ini langkah-langkah yang bisa diikuti.

  • Buka website Shopee dan carilah produk yang gambarnya akan didownload.
    cara download gambar di shopee lewat pc 1
  • Begitu produk sudah ketemu, selanjutnya klik gambar pada produk sehingga gambar akan muncul dalam tampilan yang besar lengkap dengan nama di sampingnya.
    cara download gambar di shopee lewat pc 2
  • Tempatkan kursor (pointer atau penunjuk) pada gambar yang akan di download. Setelah itu, klik kanan pada gambar tersebut.
  • Jika sudah, klik Inspeksi yang biasanya di bagian bawah atau jika browser menggunakan bahasa Inggris, pilih Inspect Element. Supaya mudah, kamu bisa menggunakan kombinasi tombol Ctrl + Shift + I pada keyboard yang bisa ditekan secara bersamaan.
    cara download gambar di shopee lewat pc 3
  • Begitu Inspeksi diklik, maka layar akan menampilkan tampilan baru di sebelah gambar produk yang isinya adalah kode-kode. Kalau sudah seperti ini, arahkan kursor menuju link yang ada di bawah tulisan background-image.
  • Klik kanan link tersebut sehingga muncul sejumlah pilihan lagi dan selanjutnya pilih open in new tab.
    cara download gambar di shopee lewat pc 4
  • Setelah opsi tersebut dipilih, maka secara otomatis layar akan menampilkan gambar produk tanpa keterangan apapun yang menandakan bahwa gambar siap didownload.
  • Langkah selanjutnya adalah klik kanan pada gambar kemudian pilih Save as atau Simpan gambar sebagai. Jika ingin lebih mudah, tekan saja tombol ctrl + S pada keyboard secara bersamaan.
    cara download gambar di shopee lewat pc 5
  • Pilih tempat di mana kamu akan menyimpan gambar tersebut. Jika sudah, ganti nama gambar bila memang diperlukan dan akhiri dengan menekan tombol save. Selanjutnya, kamu bisa cek folder atau tempat di mana kamu menyimpan gambar tersebut.
Baca juga: 11 Cara Menjadi Star Seller di Shopee Dengan Mudah dan Cepat

3. Cara Download Gambar di Shopee Lewat dengan Tools

Selain menggunakan PC atau Laptop dan HP atau smartphone, kamu juga bisa download gambar di Shopee menggunakan tools khusus. Namun, biasanya perangkat yang bagus digunakan untuk ini adalah PC atau laptop yang layarnya lebih besar. Informasi lengkapnya sebagai berikut:

a. Menggunakan Ekstensi Image Downloader

  • Install ekstensi Image Downloader di browser Google Chrome pada PC atau laptop.
  • Buka browser Google Chrome dari laptop atau PC dan buka.
  • Buka halaman ekstensi.
  • Lanjutkan dengan menekan tombol Tambahkan ke Chrome dan setelah itu kamu hanya perlu menunggu sampai proses install ekstensi Image Downloader selesai.
  • Setelah ekstensi Image Downloader selesai di instal, langkah selanjutnya ialah buka Google Chrome yang ada ekstensi Image Downloader tadi. Dari Google Chrome ini, masuklah ke akun Shopee milikmu sendiri.
  • Begitu masuk, mulailah mencari toko yang gambar produknya akan kamu download.
  • Setelah berhasil ditemukan, klik gambar tersebut dan biarkan tetap terbuka dulu.
  • Perhatikan bagian kanan atas layar akan muncul Extensions Image. Klik tanda tersebut sehingga nanti akan muncul kotak pop up baru, klik saja Download. Setelah ini, kamu hanya perlu menunggu karena gambar akan didownload secara otomatis serta tersimpan di laptop atau PC.

b. Menggunakan Lightshot

  • Instal software Lightshot di laptop atau PC kamu dan buka setelah proses instalasi selesai.
  • Jika sudah, tinggalkan aplikasi tersebut dan sekarang buka website Shopee lalu pilih produk mana yang akan kamu download gambarnya.
  • Setelah itu, kamu hanya perlu menekan tombol PrtSc atau tombol screenshot yang ada di PC atau laptop.
  • Pada saat muncul layar yang berwarna hitam, tarik saja menuju foto produk yang hendak di download.
  • Jika sudah, tekan saja ikon Save. Kalau ingin lebih mudah, tekan tombol Ctrl + S pada keyboard, pilih folder atau tempat di mana kamu akan menyimpan foto tersebut dan selesai. Selanjutnya, kamu hanya perlu mengecek hasilnya

Saat mempraktekkan cara download gambar di Shopee diatas, pastikan perangkat kamu tersambung dengan internet. Kalau tidak, mustahil aktivitas download gambar bisa dilakukan. Pastikan juga koneksi internetnya stabil supaya aktifitas bisa dilakukan dengan cepat.

Selain dengan cara di atas, masih ada cara lain yang tidak kalah mudah. Misalnya dengan screenshot di layar. Cara ini tetap bisa dilakukan.  Namun, cara ini mengharuskan kamu untuk edit dengan memotong bagian gambar yang tidak perlu.

Biasanya, kualitas gambar hasil screenshot tidaklah maksimal dan tidak sebagus gambar aslinya jadi lebih baik kamu menggunakan cara-cara diatas.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

2 pemikiran pada “4 Cara Download Gambar di Shopee dengan HP dan PC”

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.