11 Cara Menjadi Star Seller di Shopee Dengan Mudah dan Cepat

Komerce.id – Menjadi Star Seller Shopee adalah impian setiap para penjual online yang sudah lama berjualan di marketplace Shopee. Star Seller ibarat status yang berikan kepada toko-toko terpilih oleh Shopee.

‘Status’ ini membuat para pembeli lebih mempercayai suatu toko dibandingkan yang lain, penjual yang menyandang gelar Star Seller di Shopee akan mendapatkan berbagai keuntungan.

Para pembeli akan lebih percaya pada toko Star Seller sehingga penjualan pun akan meningkat pesat. Selain itu, Star Seller juga punya kesempatan untuk terlibat dalam berbagai promo khusus yang diadakan oleh Shopee untuk para penjual dengan status Star Seller.

Apa Itu Star Seller Shopee?

apa itu star seller shopee?

Sebelum membahas berbagai cara untuk menjadi salah satu Star Seller, pastikan kamu memahami terlebih dahulu pengertian dari Star Seller. Star Seller merupakan suatu bentuk penghargaan yang pihak Shopee berikan kepada toko yang aktif, ramai, dan mampu memberikan pelayanan terbaik.

Ketika toko tertentu menyandang status sebagai Star Seller, kepercayaan pembeli pun akan meningkat dan akan memilih untuk berbelanja di toko tersebut. Penjual sendiri akan termotivasi untuk melayani pembeli dengan semangat dan lebih baik.

Baca juga: 9 Cara Berjualan di Shopee Untuk Pemula Agar Cepat Laku

Syarat Menjadi Star Seller di Shopee

syarat toko menjadi star seller di Shopee

Untuk mengubah status tokomu di Shopee, kamu harus tau dan melengkapi kriteria dan syarat dari Shopee. Nah, berikut ini adalah kriteria, cara mempertahankan star seller, dan larangan untuk star seller di Shopee.

Kriteria Star Seller

Berikut ini adalah daftar kriteria yang harus tokomu penuhi untuk menjadi star seller:

  • Identitas KTP yang terdaftar dan terverifikasi oleh Shopee.
  • Mempunyai persentase chat dibalas lebih dari 80%.
  • Skor atau penilaian toko lebih dari 4.5.
  • Mempunyai persentase dan jumlah produk Pre Order kurang dari 20% selama maks. 5 hari.
  • Mempunyai jumlah transaksi minimal 30 pesanan atau pendapatan bersih.
  • Mempunyai lebih dari 10 pembeli berbeda di bulan sebelumnya.
  • Tidak mempunyai poin penalti.
  • Patuh pada kebijakan Shopee (tidak ada pelanggaran pada akun, penyalahgunaan program untuk kepentingan pribadi atau riwayat pesanan yang tidak wajar).

Perlu kamu pahami, program star seller shopee adalah untuk para penjual yang terpilih di Shopee. Artinya, saat tokomu sudah memenuhi hal-hal diatas, maka kamu akan mendapatkan undangan dari Shopee untuk menjadi star seller melalui sebuah notifikasi.

Cara Mempertahankan Star Seller di Shopee

Setelah tokomu menjadi star seller, bukan berarti kamu harus berpuas diri dan tidak mempertahankan status star seller. Oleh karena itu, kamu harus tetap menjadi performa toko untuk mempertahankan status star seller. Berikut ini adalah beberapa hal tersebut.

  • Point penalti kurang dari 3 point.
  • Melayani lebih dari 9 pembeli berbeda pada bulan sebelumnya.
  • Mempunyai persentase chat dibalas lebih dari 70%.
  • Tidak mempunyai riwayat pelanggaran terhadap kebijakan Shopee.
  • Skor penilaian lebih dari 4.5.
  • Mempunyai minimal jumlah transaksi berhasil minimal 15 pesanan.

Larangan untuk Star Seller Shopee

Kamu ingin mendapatkan status star seller di Shopee ? atau tokomu sudah menjadi star seller? Jika iya, kamu harus mematuhi kebijakan Shopee agar tidak terkena pelanggaran. Untuk itu, ketahui produk jualan yang tidak boleh dijual di Shopee berikut ini.

  • Barang- barang, deskripsi produk, dan kemasan mengandung pelanggaran hak cipta atau merek dagang merek lain. Misalnya, logo merek terkenal yang terduga KW di foto produk atau terdapat keterangan KW/ SEMI ORI/ GRADE ORI/ GRADE AAA/ SUPER COPY, dan sejenisnya.
  • Produk perawatan kulit, obat, dan suplemen tidak mempunyai izin BPOM.
  • Produk yang berkaitan dengan kesehatan ilegal, seperti krim racikan, resep dokter, obat penggugur kandungan, obat kuat, obat perangsang, serta peralatan medis.
  • Minuman keras, rokok, dan obat- obatan terlarang.
  • Produk ‘share in jar’ (produk yang dijual ulang dalam kemasan lebih kecil) dengan jumlah lebih dari dari 10% dari keseluruhan jumlah produk di tokomu.
  • Produk bermerek yang tidak mempunyai izin distribusi resmi dari pihak berwenang.
  • Barang bekas.
  • Parfum badan.
  • Produk MLM.
  • Lensa kontak.
  • Voucher.
  • Jasa yang tidak sesuai dengan Syarat dan Ketentuan Shopee, seperti jastip, jasa sewa, jasa impor, dan yang lainnya.

Untuk informasi syarat dan ketentuan berjualan di Shopee yang lebih detail dan update, silahkan buka laman panduan Star Seller Shopee berikut ini.

Baca juga: 14 Rekomendasi Produk Terlaris di Shopee Tahun 2021

Tips Agar Diterima Star Seller Shopee Dengan Cepat

tips agar toko cepat menjadi star seller

Tidak semua toko bisa mendapatkan status sebagai Star Seller. Kalau kamu belum menjadi salah satu Star Seller di Shopee, pahami beberapa tips berikut ini dan terapkan dengan teliti agar tokomu bisa segera menjadi salah satu Star Seller di Shopee.

1. Patuhi Kebijakan dan Peraturan Shopee

Masing-masing marketplace menetapkan kebijakan serta peraturan yang harus diikuti oleh semua penjual. Agar bisa memperoleh status Star Seller, kamu tidak boleh sekalipun melanggar semua kebijakan dan peraturan tersebut. Pelanggaran bisa berakibat pemblokiran terhadap akun penjual.

Baca dan pahami semua kebijakan serta peraturan yang tersedia. Ikuti semua peraturannya dan jangan melakukan hal tertentu yang bisa melanggar salah satu peraturan atau kebijakan Shopee.

Untuk informasi detail mengenai peraturan dan kebijakan jualan di Shopee, baca laman berikut; https://shopee.co.id/legaldoc/terms

2. Penuhi Syarat Upload Identitas KTP

Shopee juga mengharuskan para penjual dan penggunanya untuk mengunggah foto KTP jika ingin menikmati semua fitur yang ada di marketplace tersebut. Penjual juga sebaiknya melakukan verifikasi data dengan mengunggah foto wajah sambil menunjukkan KTP.

Tujuannya adalah untuk memastikan keaslian identitas setiap pengguna Shopee serta melindungi para pembeli dari kemungkinan terjadinya penipuan. Kalau ada penjual yang melakukan kecurangan, Shopee bisa melacak keberadaannya dari KTP yang diunggahnya.

3. Kualitas Foto Produk

Foto yang dipakai untuk jualan di Shopee memang harus menarik, tapi sebaiknya juga sesuai dengan produk yang memang kamu jual.

Gunakan foto asli dan sebisa mungkin hindari menggunakan foto dari sumber yang lainnya, apalagi kalau perbedaannya dengan produkmu sangat jauh.

4. Judul dan Deskripsi Produk

Judul harus sesuai dengan produk yang memang dijual dan tidak membuat pembeli bingung dengan penjelasannya.

Deskripsi produk juga harus detail dan jelas. Deskripsikan warna, bahan, ukuran, cara membeli, dan rincian lainnya.

Selain itu, kamu juga harus memberi beberapa peraturan dan keterangan terkait sebelum dan sesudah produk tersebut dibeli customer.

5. Harga Lebih Murah

Untuk bisa mendapatkan status sebagai Star Seller, kamu perlu bersaing dengan para penjual lainnya. Salah satu cara untuk bersaing adalah dengan menawarkan harga yang lebih murah.

Selisih harga tidak perlu jauh, yang penting cukup untuk membuat pembeli tertarik membeli dari tokomu.

Jika ada perang harga dan jika mengikuti perang harga tersebut bisa membuat kamu rugi, jangan ikuti!

6. Seller yang Ramah dan Baik

Penjual yang layak menyandang status Star Seller adalah penjual yang persentase chatnya tinggi. Hal ini berarti kamu harus selalu merespon chat pembeli dengan cepat dan ramah di setiap percakapan dengan para calon pembeli. Meskipun pembeli banyak bertanya, kamu tidak boleh bosan menjawab.

Setiap chat merupakan peluang atau kesempatan yang sebaiknya jangan pernah kamu lewatkan. Bisa jadi, pembeli yang tadinya sudah tertarik batal membeli karena ketidakramahanmu atau karena kamu tidak membalas chatnya sesegera mungkin.

Jika kamu tidak punya skill untuk handel customercustomer di Shopee, serahkan hal tersebut ke Komerce. Komerce menyediakan jasa admin marketplace untuk meningkatkan performa tokomu di berbagai marketplace.

Baca juga:

7. Pengiriman Tepat Waktu

Setelah menerima pesanan, usahakan untuk melakukan pengiriman pesanan dengan tepat waktu. Memang, ada jangka waktu untuk mengirimkan pesanan dari Shopee. Tapi agar bisa menjadi Star Seller, pengiriman sebaiknya segera dilakukan agar pembeli tidak kecewa karena menunggu lama.

Selain itu, dengan mengirim barang lebih cepat dari jangka waktu yang ditentukan pihak Shopee, akan membuat customer lebih senang.

Baca juga: 10 Kesalahan Seller Saat Berjualan di Shopee, Jangan Ditiru!

8. Hindari Kesalahan dan Keterlambatan Pengiriman

Keterlambatan dalam pengiriman akan sangat berakibat buruk bagi toko online. Kalau keterlambatan pengiriman sudah mencapai persentase yang tinggi, proses meraih status Star Seller bisa menjadi lebih sulit lagi.

Bahkan meskipun kamu sudah menyandang status Star Seller, keterlambatan pengiriman yang terlalu sering dan membuat pelanggan kecewa akan membuat review customer menjadi jelek dan itu bisa menjadi dasar pencabutan status Star Seller dari tokomu dan bisa terjadi setiap waktu.

9. Update Produk Secara Rutin

Update ketersediaan produkmu secara rutin. Hal ini sangat penting untuk dilakukan, apalagi kalau kamu berjualan online di beberapa marketplace. Bisa jadi produkmu sudah terjual habis di marketplace lain tapi kamu lupa mengupdate stok yang ada di Shopee.

Ketika ada yang akan membeli dari tokomu, kamu terpaksa menolak pesanan tersebut. Hal ini tentu merugikanmu serta membuat kerja kerasmu untuk menjadi Star Seller sia-sia. Miliki manajemen stok yang baik dan selalu lakukan update produk untuk menghindari terjadinya pembatalan pesanan.

10. Menaikkan Produk Secara Rutin

Optimalkan kemunculan produk yang kamu jual dengan cara memanfaatkan suatu fitur yang tersedia di Shopee. Ada fitur gratis untuk menaikkan produkmu tapi terbatas hingga 5 produk saja. Meskipun dibatasi, fitur ini cukup efektif dan berguna dalam meningkatkan rating produk yang kamu jual.

Produk yang kamu naikkan dengan menggunakan fitur tersebut akan ditampilkan di halaman rekomendasi dan di halaman pencarian yang ada di aplikasi Shopee.

11. Promo Berbayar

Tips yang terakhir ini berbeda dari tips sebelumnya. Cara yang satu ini mengharuskanmu untuk membayar agar bisa beriklan di Shopee.

Tujuannya sama, yaitu untuk membuat penjualanmu jauh lebih optimal. Produkmu pun bisa ditemukan dengan mudah di halaman pencarian aplikasi Shopee, sehingga performa toko akan naik dan menjadi bagus.


Sebelas langkah di atas memang tampaknya merupakan proses yang panjang. Tapi sebenarnya, jika diringkas, persyaratan untuk mendapatkan status Star Seller tidak terlalu rumit. Kamu hanya perlu melakukan verifikasi identitas, memenuhi semua kriteria Star Seller, dan mematuhi semua kebijakan.

Beberapa kunci lain yang bisa memudahkanmu untuk menjadi Star Seller adalah mengoptimalkan penjualan serta review pada tahap awal dan yang paling penting adalah selalu menjaga kualitas tokomu sehingga kamu tidak akan pernah kehilangan status sebagai Star Seller di Shopee.

Setelah menerapkan seluruh tips yang disebutkan sebelumnya dan berhasil mendapatkan status sebagai Star Seller. Kamu dapat menikmati semua keuntungan yang hanya bisa dinikmati oleh Star Seller, yaitu penjualan yang tinggi dan kepercayaan para pembeli yang mahal dan sulit didapat.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 3 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.