9 Cara Mengatasi Aplikasi Shopee Lemot (Update 2021)

Komerce.id Aplikasi Shopee sangat dibutuhkan oleh banyak orang, terutama yang berjualan secara online di marketplace tersebut maupun yang sering membeli berbagai kebutuhan bulanan di aplikasi Shopee. Sayangnya, ada yang mulai mengeluh aplikasi Shopee mengalami kelambatan performa atau lemot.

Agar bisa menikmati kegiatan jualan online, kamu tentu harus mengatasi masalah lemot ini agar aplikasi Shopee bisa digunakan lagi dengan lancar. Kondisi lemot ini sering terjadi ketika kapasitas penyimpanan cache dan datanya terlalu besar.

Apa yang harus dilakukan saat aplikasi kesayangan ini mulai lemot dan tidak berjalan dengan lancar? Adakah solusi mudah untuk mengatasi keadaan lemot pada aplikasi Shopee? Berikut solusi lengkapnya.

Baca juga: 11 Cara Menjadi Star Seller di Shopee Dengan Mudah dan Cepat

Ciri-Ciri Shopee Mengalami Masalah Lemot

ciri-ciri aplikasi shopee lemot

Apakah aplikasimu sudah mulai lemot? Kalau sudah, kamu perlu mulai melakukan pemeriksaan untuk mencari tahu penyebab utama kelambatannya. Selanjutnya, kamu bisa menemukan solusi yang paling tepat untuk permasalahan tersebut. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri aplikasi Shopee lemot antara lain.

  • Saat kamu membuka aplikasi Shopee, dibutuhkan waktu yang lama untuk loading. Bahkan bisa jadi butuh waktu 2 menit atau lebih untuk aplikasi Shopee terbuka dan menampilkan halaman beranda.
  • Ketika melakukan transaksi, seperti misalnya melakukan checkout produk yang akan dibeli atau mengunggah gambar produk yang akan dijual, aplikasi berjalan lambat dan berat, atau bahkan tidak merespon sama sekali.
  • Muncul pemberitahuan error pada waktu aplikasi Shopee dijalankan.
  • Muncul notifikasi bahwa aplikasi Shopee tidak merespon kemudian diikuti dengan force close atau aplikasi menutup dengan sendirinya.

Lemotnya aplikasi Shopee bisa sangat merugikan bagi penjual dan pembeli. Penjual jadi tidak bisa menggunakan aplikasi untuk mengunggah produk yang akan dijual. Pembeli bisa ketinggalan event yang sangat penting seperti misalnya Flash Sale.

Apa saja Kerugian jika Aplikasi Shopee Lemot?

Aplikasi Shopee yang lemot akan merugikan banyak pihak, baik dari pihak pembeli maupun penjual. Berikut ini adalah beberapa kerugian yang dimaksud:

Kerugian Pihak Pembeli

  • Gagal login sehingga tidak bisa berbelanja menggunakan aplikasi Shopee.
  • Gagal checkout sehingga tidak bisa melakukan pembayaran produk.
  • Tidak bisa update dan ketinggalan event-event menarik seperti diskon, flash sale dll.
  • Tidak bisa bertransaksi banyak hal di Shopee, seperti; Shopee Food, Shopeepay, belanja, dll.

Kerugian Pihak Penjual

  • Kesulitan untuk mengunggah foto produk, update produk, judul dan deskripsi produk.
  • Kesulitas dalam memproses pemesanan, seperti membalas chat pembeli, upload resi hingga mengubah status pemesanan.
  • Menurunkan performa toko sehingga beresiko terkena sanksi penalti dari Shopee.
Baca juga: 10 Kesalahan Seller Saat Berjualan di Shopee, Jangan Ditiru!

Penyebab dan Solusi untuk Masalah Shopee Lemot

tips dan cara mengatasi aplikasi shopee lemot

Aplikasi Shopee yang tidak bisa digunakan dengan baik karena lemot bisa diatasi dengan sangat mudah. Tapi pertama-tama, kamu perlu mencari tahu dulu apa yang menyebabkan aplikasi tersebut berjalan dengan sangat lambat. Berikut ini adalah beberapa penyebab lemotnya aplikasi Shopee berserta solusinya.

1. Penyimpanan Smartphone Terlalu Penuh

Jika penyimpanan internal smartphone terlalu penuh, aplikasi akan berjalan dengan lebih lambat. Hal ini karena aplikasi yang dibuka akan terlebih dahulu dimuat di RAM, Kemudian smartphone akan menulis perintah ke penyimpanan smartphone.

Kalau tidak ada ruangan yang kosong di penyimpanan, aplikasi tidak bisa menulis data cache. Akibatnya, aplikasi akan berjalan dengan lambat atau bahkan mengalami crash.

Cara Mengatasi: Hapus aplikasi yang sudah jarang atau bahkan tidak pernah dipakai. Pindahkan video dan foto lama ke kartu memori atau media penyimpanan berbasis cloud seperti Google Drive atau Dropbox. Hapus berbagai berkas yang sudah tidak kamu gunakan lagi.

2. Bloatware Memenuhi Smartphone

Periksa aplikasi yang masih berjalan di latar belakang smartphone. Jika ada aplikasi yang sudah ada dan berjalan sendiri tanpa kamu buka, aplikasi tersebut bernama bloatware dan harus diwaspadai. aplikasi yang sudah terpasang dari bawaan perusahaan atau vendor, bisa juga dari pemasangan berbagai aplikasi, seperti cleaner, games, dan app berita yang membawa iklan.

Para developer aplikasi tersebut bisa jadi menyisipkan suatu aplikasi yang mengakibatkan proses smartphone bekerja terus padahal tidak ada yang menggunakannya.

Cara Mengatasi: Periksa seluruh aplikasi yang ada di smartphone dan hapus pemasangan aplikasi yang tampak mencurigakan. Jika ada aplikasi bloatware yang ternyata tidak bisa dibuang, nonaktifkan aplikasi tersebut melalui pengaturan aplikasi.

3. Terlalu Banyak Aplikasi di Recent Apps

Bagian Recent Apps menunjukkan seberapa banyak aplikasi yang sudah dibuka dan masih berjalan di latar belakang smartphone. Jika ada terlalu banyak aplikasi yang berjalan di Recent Apps, aplikasi yang sedang dibuka bisa jadi mengalami crash atau berjalan dengan lemot.

Hal ini bisa terjadi karena sistem operasi smartphone butuh lebih banyak waktu untuk memberikan respon terhadap penggunaan fitur.

Cara Mengatasi: Lakukan pembersihan rutin pada Recent Apps sehingga aplikasi latar belakang bisa dikurangi. Dengan begitu, respon yang diperlukan oleh prosesor smartphone bisa lebih cepat ketika aplikasi Shopee dibuka dan digunakan untuk membuat berbagai transaksi.

4. Terdapat Masalah pada Aplikasi Shopee

Penyebab lain aplikasi Shopee menjadi lemot adalah adanya file atau berkas aplikasi yang hilang atau corrupt, aplikasi pun mengalami error dan tidak merespon. Hal ini ditandai oleh munculnya ikon loading pada aplikasi yang tidak selesai-selesai.

Ikon loading tersebut menandakan bahwa aplikasi Shopee sedang mencari file yang bermasalah tapi ternyata file yang dicari itu tetap tidak bisa ditemukan.

Cara Mengatasi: Lakukan pengecekan ke App Store atau Play Store, sesuai dengan jenis perangkat yang kamu gunakan. Jika ada update atau pembaruan, unduh update tersebut dan pasang versi yang terbaru. Kalau masalahnya masih muncul, hapus dulu aplikasinya lalu pasang kembali aplikasi Shopee.

5. Jaringan Internet Tidak Bagus

Saat terjadi error atau lambat pada aplikasi Shopee, selalu periksa dulu sinyal yang didapatkan oleh smartphone mu. Pastikan smartphone bisa mendapatkan sinyal dengan baik. Kalau sinyal hanya sebatas 1 sampai 2 bar, aplikasi Shopee tidak bisa berjalan dengan baik.

Aplikasi Shopee menggunakan data yang cukup besar karena aplikasi belanja online ini memuat banyak sekali video dan gambar.

Cara Mengatasi: Buka aplikasi Shopee di lokasi lain yang sinyalnya jauh lebih kuat, pastikan smartphone mendapatkan sinyal 4G dan bar sinyal dalam keadaan penuh. Kalau masalah masih muncul, bisa jadi sedang ada gangguan dari pihak penyedia seluler.

6. Spesifikasi Smartphone Tidak Memenuhi Syarat

Sudah berapa lama kamu menggunakan smartphone yang kamu gunakan sekarang? Jika smartphone mu masih mempunyai spesifikasi yang rendah, bisa jadi smartphone mu yang usianya sudah tua ternyata sudah tidak sanggup lagi menjalankan berbagai aplikasi terbaru.

Aplikasi selalu berkembang, fitur yang lama digantikan dengan berbagai fitur baru. Biasanya, smartphone akan bekerja dengan efektif dan lancar selama 3 tahun pertama.

Cara Mengatasi: Jika performa smartphone sudah tidak bisa mengikuti perkembangan aplikasi, disarankan untuk mengganti smartphone dengan produk generasi yang lebih baru. Saat ini sudah banyak smartphone Android murah yang membawa spesifikasi yang bagus.

Baca juga: 14 Rekomendasi Produk Terlaris di Shopee 2021, Ayo Mulai Jualan!

7. Cache Aplikasi Terlalu Besar

Adakalanya konsumsi ruang penyimpanan pada aplikasi Shopee terlalu besar sedangkan kapasitas memori di perangkat HP cukup terbatas. Hal ini bisa terjadi ketika kamu mengakses aplikasi Shopee dan membuka gambar produk serta teks yang akan disimpan sementara di HP.

Dengan begitu, maka aplikasi tidak perlu mengunduh kembali gambar maupun teks tersebut. Namun bila ukuran cache sudah terlalu besar, maka hal itu akan membuat performa HP melambat dan aplikasi yang dibuka menjadi lemot.

Cara Mengatasi: kamu harus rajin membersihkan cache pada aplikasi tersebut. kamu hanya perlu masuk ke menu Pengaturan dan mencari aplikasi Shopee, kemudian clear cache. Jika memungkinkan, kamu juga bisa login ulang di aplikasi tersebut.

8. File Sistem di Android Bermasalah

Adanya file sistem di Android yang bermasalah juga bisa menyebabkan aplikasi mengalami crash atau error. Jika tidak mengetahui letak permasalahannya di mana tentu saja akan sulit untuk diperbaiki.

Cara Mengatasi: kamu bisa kembali ke pengaturan awal atau factory default settings. Silahkan masuk ke pengaturan, kemudian pilih menu Backup & Reset > Factory Data Reset. Sebelum reset, pastikan data yang ada sudah di backup semua agar tidak hilang.

9. 3D Effect HP Diaktifkan

Tampilan home screen maupun 3D effect yang berlebihan pada wallpaper akan membutuhkan waktu lebih banyak untuk menjalankan aplikasi, hal ini akan membuat aplikasi Shopee tidak bisa memuat gambar dan proses data jadi lebih berat.

Cara Mengatasi: kamu bisa mengubah pengaturan wallpaper, home screen maupun keyboard pada tampilan yang statis atau default.


Dari berbagai informasi atau keterangan di atas, bisa dilihat bahwa permasalahan lemot bisa disebabkan oleh berbagai hal. Maka, dibutuhkan berbagai solusi yang bisa membantu mengatasi semua penyebab lemotnya aplikasi Shopee.

Dari ulasan sebelumnya, maka bisa disimpulkan beberapa cara untuk mengatasi aplikasi Shopee yang lemot adalah seperti berikut ini:

  • Memastikan ruang penyimpanan di perangkat ponsel memadai.
  • Menghapus aplikasi bawaan (bloatware) yang tidak digunakan.
  • Menghapus aplikasi di latar belakang (recent apps).
  • Rutin menghapus cache di aplikasi Shopee.
  • Melakukan reset pabrik.
  • Memastikan perangkat ponsel kompatibel dengan RAM yang memadai.
  • Update aplikasi Shopee di Playstore atau Appstore.
  • Menggunakan theme statis.

Setelah mencoba salah satu dari berbagai cara di atas, seharusnya aplikasi Shopee yang menjadi lemot akan dapat diatasi dengan baik dan kamu bisa melakukan berbagai kegiatan di Shopee, seperti berbelanja online atau menjual berbagai produk secara online.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 3 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.