10 Menu Pada Layanan Shopee Seller Center dan Penjelasannya

Menu Shopee Seller Center – Perkembangan teknologi digital dari tahun ke tahun dinilai semakin maju, hal ini merupakan suatu keuntungan yang bisa dimanfaatkan oleh para generasi muda untuk mempermudah dalam mengerjakan semua hal dengan lebih cepat dan membuat pekerjaan yang dihasilkan menjadi lebih baik.

Teknologi digital saat ini juga dimanfaatkan dan diterapkan dalam berbagai macam aktivitas, salah satunya adalah kegiatan jual beli. Kini, aktivitas ini bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun hanya dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi.

Kesempatan ini dimanfaatkan oleh Shopee sebagai salah satu platform e-commerce yang sedang ramai saat ini untuk turut membantu para penjual yang ada di platformnya untuk meningkatkan performa tokonya. Shopee menyediakan fitur khusus untuk para Seller yang dinamai Shopee Seller Center.

Apa Itu Shopee Seller Center?

tampilan profile shopee seller center
tampilan profile toko

Shopee Seller Center adalah fitur yang dirancang khusus untuk memudahkan para seller mengatur dan mengelola tokonya. Para seller dapat melakukan berbagai aktivitas untuk meningkatkan performa toko mereka dan juga meningkatkan penjualan.

Fitur-fitur dalam Shopee Seller Center berguna untuk melakukan berbagai hal seperti mengatur stok produk, mengatur penjualan dan penghasilan toko, mengecek dan mengeksport penghasilan toko ke dalam bentuk excel, dan juga menambahkan deskripsi toko atau memberikan link video di toko.

Baca juga: 9 Cara Berjualan di Shopee Untuk Pemula Agar Cepat Laku

Daftar Menu Shopee Seller Center

Dilihat dari keuntungan yang didapatkan dari fitur diatas, kira-kira apa saja sih menu pada layanan Shopee Seller Center itu? Yuk simak, berikut adalah 10 menu pada layanan Shopee Seller Center!

1. Menu Pengiriman

menu pengiriman pada Shopee seller center
tampilan menu pengiriman

Pada menu pengiriman, seller bisa melakukan checking pesanan yang harus diproses pada hari itu juga. Seller juga bisa mengecek beberapa pengiriman yang telah diproses dengan klik menu “Telah Diproses”, dan selanjutnya akan muncul beberapa produk yang sudah diproses pengirimannya.

Menu ini juga memungkinkan seller untuk melakukan pengiriman massal dengan klik menu “pengiriman massal” dan filter pesanan kamu berdasarkan jenis jasa kirim. Ada banyak jasa kirim yang didukung oleh Shopee dalam menu ini.

2. Menu Pesanan

menu pesanan pada Shopee seller center
tampilan menu pesanan

Pada menu pesanan, seller dapat mengetahui semua produk pesanan yang masuk dan harus di proses. Selain itu, seller juga dapat melakukan pembatalan atau pengembalian barang yang harus dikonfirmasi maupun ditolak dengan memberikan alasan yang kuat.

Untuk menyelesaikan suatu pesanan, kamu tidak hanya dapat melakukannya melalui shopee seller center, namun kamu juga bisa melakukannya melalui aplikasi Shopee. Namun, kamu tidak dapat mencetak label pengiriman jika kamu melakukannya melalui aplikasi Shopee.

3. Menu Produk

menu produk pada Shopee seller center
tampilan menu produk

Pada menu produk, seller dapat memasukan produk baru dan menghapus produk di dalam tokonya. Seller juga dapat melihat semua produk pada toko, dengan klik menu “Produk Saya”.

Berilah nama produk yang benar dan jelas. Produk dengan nama yang kurang akurat dan sulit diingat akan mempersulit pembeli membaca informasi. Efek buruk dari hal ini akan mengurangi minat calon pembeli untuk melakukan transaksi.

4. Menu Promosi Saya

menu promosi pada Shopee seller center
tampilan menu promosi

Promosi adalah salah satu hal yang menentukan kesuksesan penjualan. Pada layanan Shopee Seller Center, terdapat menu “Promosi Saya” yang berguna untuk membuat promosi toko dan setiap produk yang dijual seperti cashback dan gratis ongkir.

Promosi saya terdiri dari berbagai fitur promosi yang dapat meningkatkan berbagai tujuan bisnis. Adanya menu ini cukup menguntungkan bagi seller karena produk dan toko akan otomatis diprioritaskan pada menu pencarian. 

5. Menu Keuangan

menu keuangan pada Shopee seller center
tampilan menu keuangan

Pada menu keuangan, seller bisa melihat pendapatan toko yang masuk per hari, minggu dan bulan dengan cara klik menu “Penghasilan Saya”. Seller juga dapat melakukan cek saldo cukup dengan klik menu “Saldo Saya”. 

Pada menu ini, pihak Shopee juga memudahkan seller untuk melakukan penarikan saldo hanya dengan mendaftarkan rekening bank seller pada menu “Rekening Saya”

6. Menu Data

menu data pada Shopee seller center
tampilan menu data

Pada menu data, seller bisa dengan mudah melihat data terupdate dari penjualan harian toko di Shopee. Selain itu, seller juga dapat melihat data performa tokonya sehingga bisa menjadi bahan evaluasi toko kedepannya.

Keputusan yang diambil melalui data akan menghasilkan hasil yang lebih baik dibandingkan keputusan yang diambil tanpa mempertimbangkan data. Atas dasar itu, Shopee memberikan fitur yang mempermudah kamu dalam memperoleh data performa dari tokomu.

Baca juga: 14 Rekomendasi Produk Terlaris di Shopee 2021, Ayo Mulai Jualan !

7. Menu Perkembangan Penjual

menu perkembangan penjual pada Shopee seller center
tampilan menu perkembangan penjual

Pada menu ini, seller dapat melihat perkembangan penjualan di shopee secara real-time yang memungkinkan seller untuk monitoring performa produk dan melakukan perubahan dengan cepat pada masa promosi. 

Seller juga dapat melihat data terkait 5 produk terlaris di tokonya. Data tersebut dapat digunakan selama masa promosi untuk memantau penjualan toko. 

8. Menu Layanan Pembeli

menu layanan pembeli pada Shopee seller center
tampilan menu layanan pembeli

Pada menu layanan pembeli, seller dapat dengan mudah untuk mengatur chat seperti Auto-Reply, Asisten FAQ, dan Template Pesan sehingga seller tidak perlu stay on selama 24 jam untuk membalas pesan dari penjual.

Layanan pembeli dapat meningkatkan loyalitas pelanggan karena salah satu faktor penentu dari itu adalah kualitas pelayanan yang diberikan oleh seller. Kamu pasti tahu kan jika loyalitas pembeli akan memberikan keuntungan hingga 6x lipat dibandingkan pelanggan baru?

9. Menu Toko

menu toko pada Shopee seller center
tampilan menu toko

Pada menu toko, seller dapat dengan mudah melakukan perubahan dasar mengenai toko seperti perubahan nama toko, deskripsi toko, dan sebagainya. Terdapat beberapa menu yang dapat membantu meningkatkan performa toko kamu seperti penilaian toko, profil, dekorasi toko, kategori toko, dan performa.

Penampilan toko juga tak kalah berpengaruh dalam meningkatkan keputusan pembelian loh! Jadi, rajin-rajinlah untuk selalu update dan mendekorasi toko kamu sebaik mungkin agar pelanggan semakin yakin.

10. Menu Pengaturan

menu pengaturan pada Shopee seller center
tampilan menu pengaturan

Terakhir, layanan Shopee Seller Center menyediakan menu pengaturan. Pada menu ini, seller dapat mengubah beberapa pengaturan seperti pengaturan pengaktifan toko libur, pengaturan bahasa, update PIN saldo penjual, pengaturan privasi, pengaturan notifikasi, dan pengaturan lainnya. 

Kamu juga dapat mengubah pengaturan dasar di akun Shopee kamu mulai dari mengelola notifikasi, menerima tawaran dari pembeli, hingga mengganti negara tempat tinggal.


Itulah 10 menu Shopee Seller Center, menu-menu tersebut disediakan sebagai bentuk penyempurnaan fitur dari pihak manajemen, yang mana didasarkan dari survey terhadap para seller Shopee.

Kalian punya toko bisnis di Shopee tapi tidak punya waktu untuk mengatur fitur-fitur diatas? Komerce punya solusi untuk kamu loh! Dengan hire talent admin marketplace di Komerce,  kamu tak perlu repot dan pusing memikirkan optimasi toko di Shopee. Komerce’s talent will help you to handle it!

Nanda

Nanda adalah content specialist di Komerce. Nanda ingin terus berbagi pengalamannya melalui artikel-artikelnya di blog Komerce. Memastikan Anda mendapatkan pengalaman-pengalaman baru tentang dunia customer service dan e-commerce.

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.