facebook-viewcontent

5 Cara Komplain SiCepat 2022 (Pengiriman Terlambat, Rusak, Hilang)

komerce.id – Sebagai salah satu jasa pengiriman yang populer di Indonesia, SiCepat memang selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik dengan tarif pengiriman yang kompetitif. Proses pengiriman SiCepat juga dikenal cepat, meskipun tidak menutup kemungkinan adanya keterlambatan / rusak / hilang.

Bagi kamu yang mengalami kendala dalam proses pengiriman barang maupun terjadi kerusakan atau kehilangan paket barang, kamu bisa mengajukan komplain. Caranya juga sangat mudah karena bisa melalui email, telepon Call Center, atau datang langsung ke agen SiCepat terdekat.

Layanan aduan komplain ini bertujuan agar pengguna SiCepat yang mengalami masalah bisa mendapatkan solusi terbaik dari pihak SiCepat. Untuk mengetahui cara mengajukan komplain ekspedisi SiCepat, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Baca juga: 36 Istilah & Arti Status Pengiriman SiCepat Ekspres 2022 (Terlengkap)

Persiapan Sebelum Mengajukan Komplain ke SiCepat

persiapan mengajukan komplain ke sicepat
logo SiCepat

Sebelum kamu menghubungi Customer Service SiCepat untuk mengajukan komplain, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan antara lain sebagai berikut.

1. Cek Resi SiCepat

Sebelum mengajukan komplain barang terlambat atau hilang, kamu bisa cek nomor resi SiCepat terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mengetahui lokasi terkini paket barangmu. Cara cek resi bisa melalui website SiCepat atau website pihak ketiga cek resi seperti komship.

Apabila paketmu belum sampai padahal sudah melebihi estimasi, kamu bisa cek pergerakan barang. Jika status pengirimannya tidak berubah, kamu bisa segera menghubungi CS SiCepat agar kendala pengiriman barangmu segera ditangani.

2. Catat Kendala yang Dialami

Setelah melakukan pelacakan nomor resi dan pengiriman paket masih bermasalah, kamu bisa mencatat permasalahan apa yang dialami. Ada 3 kendala yang mungkin terjadi antara lain keterlambatan pengiriman barang, paket barang hilang, dan paket barang rusak.

Jangan lupa juga untuk mencatat nomor resi, nama pengirim dan penerima, nomor HP, dan alamat penerima untuk memudahkan pelacakan.

Cara Mengajukan Komplain SiCepat yang Efektif

cara mengajukan komplain sicepat
cara mengajukan komplain sicepat

Demi kepuasan customernya, SiCepat memang memberikan layanan aduan komplain yang fast respons. Untuk mengajukan komplain terkait kendala yang dialami, kamu bisa menggunakan cara berikut ini.

1. Hubungi Call Center SiCepat

Cara komplain SiCepat barang rusak, terlambat, atau hilang bisa dilakukan dengan menghubungi layanan Call Center SiCepat di nomor (021) 5020 0050. Karena termasuk panggilan berbayar, kamu bisa mengisi pulsa terlebih dahulu agar bisa terhubung dengan Customer Service SiCepat.

Cara mengajukan komplain melalui Call Center juga sangat mudah. Berikut ini langkah-langkah pengajuan komplain SiCepat.

  • Pertama, kamu bisa membuka dial telepon pada HP, kemudian ketik nomor (021) 5020 0050.
  • Klik tombol Call atau Telepon untuk menyambungkan dengan panggilan Call Center SiCepat.
  • Sampaikan kendala yang dialami beserta informasi pengiriman seperti nomor resi, nama pengirim, nama penerima, nomor HP, alamat pengirim dan penerima, layanan SiCepat yang digunakan, dan ciri-ciri barang.

2. Kirim Email SiCepat

Cara komplain SiCepat selanjutnya yaitu dengan mengirimkan email komplain ke pihak SiCepat. Selain menyampaikan kendala yang dialami, kamu juga bisa mencantumkan nomor resi pengiriman, asuransi yang digunakan, foto packing, dan info lainnya.

Ketika kamu mengirimkan keluhan via email SiCepat, sebaiknya gunakan format yang tepat. Berikut ini langkah-langkah mengajukan komplain SiCepat melalui email.

  • Buka Gmail yang sudah terpasang di smartphone atau PC, kemudian tap opsi tombol +Tulis.
  • Isikan data-data yang dibutuhkan seperti nomor resi, nama pengirim dan penerima, alamat pengirim dan penerima, nomor HP aktif, jenis layanan SiCepat, dan kendala yang dialami.
  • Klik opsi menu Kirim untuk mengirimkan pesan kepada CS SiCepat.

Apabila kamu bingung bagaimana cara menulis komplain melalui email SiCepat, kamu bisa meniru format email seperti berikut ini.

Kepada : [email protected]
Subjek : Komplain Keterlambatan Pengiriman SiCepat Halu
Body :

Halo Customer Service SiCepat Express,Perkenalkan saya (isi nama lengkap) ingin mengajukan komplain terkait pengiriman barang yang terlambat. Untuk memudahkan proses pelacakan paket barang, berikut ini saya lampirkan data pengirimannya.

  • Nomor Resi : 123xxxxxxxxxx
  • Data Pengirim : (nama, nomor HP aktif, dan alamat pengirim)
  • Data Penerima : (nama, nomor HP aktif, dan alamat penerima)
  • Jenis Layanan : (SIUNTUNG, Halu, GOKIL, BEST, dan lain-lain)
  • Kendala yang Dialami : (paket barang terlambat, hilang, rusak, dan lain-lain)

Dengan ini, saya berharap agar kendala paket barang yang saya alami bisa segera ditindaklanjuti oleh pihak SiCepat. Terima kasih.

3. Kirim Pesan Melalui Media Sosial SiCepat

Selain melalui email, kamu juga bisa mengajukan komplain SiCepat melalui akun media sosial. Ada beberapa platform media sosial yang digunakan SiCepat antara lain sebagai berikut.

  • Facebook : /sicepatekspresofficial
  • Instagram : @sicepat_ekspres
  • Twitter : @sicepat_ekspres
  • Line : @sicepat
  • YouTube : /sicepatekspres

Meski bebas pulsa alias gratis, kamu wajib bersabar apabila memilih komplain dengan cara ini karena biasanya pihak CS SiCepat akan membalas pesan masuk sesuai antrian.

4. SiCepat Klik

Cara komplain barang di Sicepat selanjutnya yang bisa kamu coba yaitu melalui SiCepat Klik. Layanan satu ini dapat dilakukan melalui aplikasi WhatsApp untuk menanyakan status pengiriman barang, cek ongkos kirim, order, hingga pengajuan komplain.

Cara mengajukan komplain menggunakan SiCepat Klik juga sangat mudah. Berikut ini langkah-langkah pengajuan komplain melalui SiCepat Klik.

  • Pertama, kamu bisa membuka aplikasi WhatsApp, kemudian simpan nomor 0813 1920 0030.
  • Apabila nomor sudah terhubung ke pesan WA, kamu bisa ketikkan SICEPAT pada kolom chat yang tersedia dan klik Kirim.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul beberapa pilihan opsi, kemudian klik layanan CS dan sampaikan keluhan atau kendala yang kamu alami.

5. Datang ke Kantor atau Gerai SiCepat Terdekat

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengajukan komplain di SiCepat yaitu datang langsung ke kantor atau gerai terdekat. Untuk memudahkan proses pelacakan paket dan klaim ganti rugi, kamu bisa mencatat nomor resi, data pengirim dan penerima, dan jenis layanan yang digunakan.


Itu tadi pembahasan mengenai cara-cara komplain SiCepat. Bagi kamu yang menjalankan bisnis online, kamu bisa memilih layanan SiCepat sesuai kebutuhan mulai dari layanan SIUNTUNG, Halu, GOKIL, BEST, dan lain sebagainya.

Setiap layanan yang disediakan oleh SiCepat juga memiliki keunggulannya masing-masing baik dari segi ongkos kirim maupun kecepatan pengiriman. Jika terjadi kendala dalam proses pengiriman paket, kamu bisa komplain via email, media sosial, Call Center, atau datang langsung ke kantor SiCepat.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

2 pemikiran pada “5 Cara Komplain SiCepat 2022 (Pengiriman Terlambat, Rusak, Hilang)”

  1. Barang saya udah lebih dari 10hari ga juga sampai… Bagaimana ini masalah nya sudah bayar klo belum bayar mah bodoamat

    • halo harsono, kamu bisa mengirimkan komplain/keluhan lewat cara dalam artikel diatas agar bisa ditindak lanjuti pihak SiCepat

Komentar ditutup.