36 Istilah & Arti Status Pengiriman SiCepat Ekspres 2022 (Terlengkap)

komerce.id – Di Indonesia saat ini tersedia berbagai jasa ekspedisi, menawarkan keunggulan masing-masing. SiCepat adalah salah satu yang sedang banyak digunakan, dengan sistem pengiriman mudah dilacak.

SiCepat juga menggunakan berbagai istilah dalam informasi resi dan tracking paket, semuanya memiliki arti yang berbeda-beda. Sehingga penting bagi pengguna jasa untuk tahu apa saja istilah dan arti status dari pengiriman SiCepat.

Ekspedisi satu ini, juga sudah semakin melebarkan sayapnya. Bukan saja menerima pengiriman barang mandiri, tapi bekerjasama pula dengan marketplace ternama di Indonesia. Sudah saatnya kamu juga tahu semua seluk beluk tentang ekspedisi tersebut, apalagi yang sering melakukan transaksi belanja online.

Baca juga: 5 Cara Komplain SiCepat 2022 (Pengiriman Terlambat, Rusak, Hilang)

Kode SiCepat Adalah?

kode sicepat adalah
apa itu kode sicepat?

Ketika kamu mengirim barang menggunakan SiCepat, akan diberikan kode tersendiri yang dikenal dengan istilah kode SiCepat. Yaitu kode yang berupa angka dan huruf yang disusun secara acak, namun memiliki informasi lengkap tentang paket yang akan dikirim.

Kode akan muncul, saat kamu melakukan tracking paket menggunakan nomor resi yang sudah disediakan. Lebih mudah mengidentifikasi paket dan melihat perjalanan paket tersebut, apakah sudah diterima di alamat tujuan atau masih berada di gudang SiCepat.

Begini Isi Resi SiCepat

Mirip dengan resi pengiriman barang pada umumnya, resi SiCepat memiliki berbagai informasi penting seputar barang yang kamu kirim. Gambar di bawah ini adalah salah satu contohnya.

isi resi sicepat
Contoh isi resi sicepat, sumber gambar: keepo.me

1. Tracking Details

Pada bagian ini akan berisi informasi, terkait penerima dan siapa yang melakukan pengantaran paket. Mulai dari tanggal kirim, asal kota pengiriman, siapa yang mengirim, siapa yang menerima.

Ada juga data tentang siapa kurir yang menjemput paket, dari pengirim dan siapa pula yang mengantar paket ke alamat penerima.

2. History

Untuk mengetahui riwayat perjalanan paket, akan tercantum pada bagian history ada tanggal paket dikirim, kemudian perjalanan paket sampai akhirnya diterima. Semua informasi diberikan secara detail, sehingga kamu jadi mudah melacak perjalanan barang kiriman.

Kode dan Arti Status dari Pengiriman SiCepat

kode dan arti status dari pengiriman sicepat
kode dan arti status dari pengiriman sicepat

Kalau kamu mengecek informasi melalui sistem aplikasi SiCepat, akan tampak banyak istilah dan kode sesuai kondisi paket yang dikirim. Beberapa diantaranya adalah:

Kode StatusKepanjangan StatusArti Status
PDAPackage Destroyed by ApprovalPaket yang dikirim akan dihancurkan atas persetujuan dari pengirim atau pelanggan SiCepat
THPThird PartyPaket akan dikirim kepada pihak ketiga sesuai permintaan pengirim
ManifestedStatus yang akan muncul ketika barang dikirim melalui gerai SiCepat terdekat dari lokasi pengiriman
LostHilangnya paket dalam proses pengiriman
In_HubPaket sudah sampai di Hub SiCepat Ekspres
RBCReject by CustomerPaket yang sudah diantar oleh kurir Sicepat ternyata ditolak oleh penerima
OutBarang sudah dikirim dan keluar dari manifested
DropPaket sudah diletakkan di gerai SiCepat
PICKPaket sudah diambil oleh kurir dan akan diantar ke alamat penerima atau dibawa ke gerai pengiriman
Out_BranchPaket sudah keluar dari gudang atau hub SiCepat untuk masuk ke proses selanjutnya
UNPIUn PickPaket tidak dijemput oleh kurir yang bertugas
CancelPengiriman paket dibatalkan oleh pihak pelanggan
PICKREQPelanggan sudah mengajukan permintaan pengambilan paket
Out_HubPaket sudah keluar dari hub dan akan menuju ke lokasi gerai sesuai alamat tujuan
RBAReject by AirportPaket ditolak oleh otoritas bandara tempat pengiriman akan dilakukan karena adanya indikasi paket berisi barang ilegal
DLVDeliveredPaket sudah diterima oleh pelanggan dengan baik
OTSOn TransitPaket di posisi transit sementara sebelum lanjut menuju alamat penerima
ANTAntarPaket sudah dalam proses pengantaran ke alamat penerima sesuai data yang diberikan oleh pengirim
Out_LinehaulPaket akan keluar dari line haul dan diantar menuju gerai SiCepat
In_LinehaulPaket masuk ke line haul untuk mendapatkan Surat Muatan Darat (SMD)
On TransitPaket barang sedang transit di gudang perwakilan kota lain, siap untuk dikirim ke kota tujuan.
CODOCCOD Out of CoverageCOD tidak bisa dilakukan karena alamat tujuan di luar jangkauan layanan COD
NTHNot At HomeStatus saat kurir mengirimkan barang ke alamat tujuan namun penerima tidak ada di rumah
IN_BRANCHIn BranchPaket masuk dari gerai sekota
CONFISCATEDConfiscatedInformasi ketika paket disita, karena ilegal (ada pengiriman tanpa bea cukai)
DETAINED_BY_CUSTOMSDestained By CustomInformasi ketika Paket ditahan oleh Pihak Bea Cukai (sedang diperiksa perizinannya)
RTWReturn To WarehousePaket dikembalikan lagi ke Warehouse
BROKENBrokenPaket berada dalam kondisi rusak saat proses pengiriman
RTNRetur ke PusatPaket yang dikirimkan dikembalikan lagi ke pusat
RTSRetur ke ShipperPaket yang dikirimkan dikembalikan lagi kepada pengirim
UNRTSUn Return To ShipperGerai asal dimana customer melakukan proses pengiriman barang mengirimkan tersebut ke Gudang Retur
AUAntar UlangPaket akan dikirim ulang ke alamat penerima
BABad AddressAlamat tujuan paket salah dan tidak ditemukan oleh kurir
CUCnee UnknownPenerima paket tidak dikenal
CODAClosed Once Delivery AttemptKantor yang dituju sedang dalam kondisi tutup
CCCriss CrossTerjadi kesalahan input alamat penerima akibat kesalahan petugas SiCepat

Fitur dan Layanan SiCepat

fitur dan layanan sicepat
fitur dan layanan sicepat

Walau terbilang baru, tapi SiCepat mampu menjadi saingan berat dari berbagai jasa ekspedisi pengiriman barang yang sudah lebih dulu eksis. Buktinya, tersedia berbagai jenis pengiriman dengan keunggulannya masing-masing.

Tentunya akan lebih memuaskan pelanggan karena mereka bisa memilih sesuai kebutuhan, jangka waktu, dan biaya yang lebih terjangkau.

1. Si Untung

Si Untung yaitu sebuah layanan dengan pengiriman 15 jam sampai untuk kawasan Jabodetabek dan Bandung. Diklaim lebih cepat dan harganya murah, jika dibandingkan dengan jenis pengiriman standar dan reguler ke seluruh Indonesia.

Sudah banyak digunakan pelanggan dan sudah dibuktikan, paket bisa sampai dalam waktu yang sudah ditentukan tersebut.

2. SiCepat Ekspress

SiCepat Ekspress merupakan layanan untuk mengirim barang ekspress. Kalau kamu kirim barang hari ini, maka estimasi akan sampai di lokasi tujuan keesokan harinya.

Jenis pengiriman Sicepat Ekspress menjangkau pengiriman, ke berbagai daerah terutama kota besar yang ada di Indonesia.

3. Cargo Kilat (Gokil)

Untuk pengiriman barang partai besar minimal seberat 10 kg, akan lebih cepat dan mudah kalau pakai jenis Gokil. Kamu bisa mengirim hari ini dan barang akan sampai sesuai estimasi pengiriman.

Asalkan prosedur pengiriman dipenuhi dan informasi yang dibutuhkan, terutama data penerima sudah lengkap dan tidak ada yang salah.

4. Harga Mulai Lima Ribu (Halu)

Ketika kamu berbelanja online melalui marketplace yang bekerjasama dengan SiCepat, ada ongkos kirim termurah bisa didapat yaitu mulai dari lima ribu rupiah saja. Tentunya sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dan dikirim ke kawasan yang masuk area penggunaan jenis pengiriman Halu.

5. COD

Tidak memiliki uang di rekening untuk membayar secara online belanjaan di marketplace? Jenis pengiriman COD adalah pilihan paling tepat, kamu bisa membayar biaya kirim dan harga barangnya saat sudah menerima paket tersebut.

Jenis pengiriman ini berlaku untuk transaksi di seluruh wilayah Indonesia, yang diakomodir oleh SiCepat dan marketplace yang kamu gunakan.

6. Sicepat Syariah

Dengan mengusung legalitas secara syariah sesuai dengan syariat Islam, SiCepat juga menyediakan jenis pengiriman syariah. Biaya kirim akan disalurkan sebesar 2,5 persen untuk berbagai pesantren yang sudah masuk daftar SiCepat. Beberapa diantaranya ada di kawasan Cilacap dan juga Lombok, Nusa Tenggara Barat.

7. H3lo

Untuk jenis pengiriman H3lo ini hanya berlaku untuk kawasan Jawa dan Bali. Jika kamu mengirim barang dengan berat 3,3 kg, maka ongkos kirimnya hanya dibayar 2 kg saja.

H3lo berlaku pada paket melalui social commerce dan beberapa jenis paket lainnya. Pastinya akan sangat murah, ketika kamu akan mengirim barang dalam waktu singkat dan biaya pengiriman terbatas.

8. Sicepat Mancanegara

Saat ini SiCepat juga sudah menyediakan jasa pengiriman barang ke luar negeri, dengan sistem yang sudah sesuai standar internasional. Jadi, tidak perlu lagi mencari ekspedisi internasional karena di Indonesia sudah ada yang mengakomodirnya.

9. Whatsapp Bot SiCepat

Merupakan layanan tambahan, yang menggunakan teknologi berbasis chatting yaitu menggunakan Whatsapp Bot. 


Tidak sulit untuk paham semua arti status dari pengiriman SiCepat, dengan penjelasan di atas kamu akan lebih mudah mengetahui kondisi paket yang dikirim. Termasuk apapun kendala yang terjadi selama proses pengiriman tersebut.

Jika menemukan kendala, kamu bisa update berita terbaru dari website resminya. Atau, bisa langsung segera hubungi customer service agar permasalahan segera ditangani.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar