4 Cara Kirim Emas Lewat JNE, Mudah Tanpa Ribet!

Komerce.id – Pengiriman emas melalui jasa ekspedisi banyak dibatasi, sebab emas dianggap memiliki nilai tinggi namun ukurannya kecil sehingga mudah hilang. Akan tetapi kamu bisa bernafas lega, karena jasa ekspedisi JNE menerima layanan kirim emas dengan adanya jaminan dan asuransi.

Layanan tersebut adalah JNE Gold Shipment yang akan memudahkan kamu dalam mengirimkan emas ke berbagai tujuan domestik. Cara kirim emas lewat JNE juga tergolong gampang, bahkan bisa dilakukan oleh siapa saja yang berminat.

Meskipun caranya sangat mudah, namun kamu perlu melengkapi persyaratan serta ketentuan, khususnya dalam pengemasan paketnya. Kamu yang bekerja sebagai seller emas online pastinya sangat diuntungkan dengan layanan JNE Gold Shipment ini.

Baca juga: Cara Kirim Barang COD Lewat JNE

Syarat dan Ketentuan Kirim Emas Lewat JNE

Syarat dan Ketentuan Kirim Emas JNE
Syarat dan Ketentuan Kirim Emas JNE

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pengiriman emas melalui jasa ekspedisi JNE wajib memenuhi syarat dan ketentuan berlaku. Salah satu syarat wajib yang perlu kamu siapkan adalah sertifikat keaslian ataupun bukti penjualan.

Untuk ongkos kirimnya, JNE menawarkan tarif yang cukup terjangkau sehingga kamu bisa menghemat pengeluaran. Namun, apabila kamu mengirimkan emas melalui JNE, maka wajib memilih layanan Super Speed atau YES dengan estimasi pengiriman kilat.

Tak hanya itu saja, masih ada beberapa syarat dan ketentuan yang wajib kamu perhatian dan inilah ulasan selengkapnya:

  • Pengirim wajib menyertakan surat bukti keaslian emas atau logam mulia, bisa berupa bukti pembelian.
  • Pengirim wajib memberikan kode LM alias logam mulia, tepatnya di bagian label pengiriman.
  • Proses pengiriman tidak bisa dan tidak diperbolehkan menyertakan informasi emas ataupun perhiasan pada label pengiriman.
  • Pengirim tidak diperkenankan untuk menggunakan amplop atau pembungkus yang mudah sobek, agar meminimalisir kehilangan barang pada saat di perjalanan.
  • Biaya pengiriman bisa dibayarkan dengan dua metode, baik metode tunai maupun non tunai.

Biaya Kirim Emas Lewat JNE

Berapa biaya yang perlu dikeluarkan untuk mengirimkan emas melalui jasa ekspedisi JNE? Biaya pengiriman yang perlu kamu bayarkan akan bergantung pada jenis layanan yang dipilih. 

Hal tersebut juga akan dipengaruhi oleh daerah tujuan pengiriman, sehingga satu pengiriman dengan lainnya kemungkinan akan berbeda.

Namun, apabila kamu menggunakan jasa pengemasan emas dari pihak kurir ataupun kantor cabang JNE, maka perlu menambahkan biaya lain selain ongkos kirim.

Sedangkan biaya tambahan box pengemasan emas dibanderol dengan harga Rp4.000 per box dan amplop busa dengan harga Rp5.000 per amplop.

Baca juga: Cara Kirim Dokumen Lewat JNE

Cara Kirim Emas JNE dengan Aman

Cara Packing Emas
Cara Packing Emas

Cara kirim emas lewat JNE terbilang sangat mudah tanpa adanya hal rumit, namun kamu perlu memenuhi syarat dan ketentuan yang sudah disebutkan sebelumnya. Misalnya saja pada tahap pengemasan, emas tidak boleh dikemas hanya menggunakan amplop kertas saja.

Jika kamu merasa tidak bisa mengemas emas sesuai ketentuan, maka sebaiknya memilih untuk menggunakan jasa packing dari JNE saja. Nah, inilah cara aman yang bisa kamu gunakan untuk mengirim emas melalui JNE:

1. Cara Packing Emas

Langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan alat dan bahan untuk packing emas terlebih dahulu, mulai dari dus, sobekan kertas, kertas bungkus, lakban, isolasi, gunting, alumunium foil, serta kertas yang berisi alamat penerima. Setelah itu, lanjutkan dengan langkah-langkah berikut:

  • Kamu perlu memastikan bahwa kemasan emas bawaan sudah sangat aman sehingga nantinya tidak akan menimbulkan kerusakan yang berakibat fatal.
  • Bungkus emas atau perhiasan dengan menggunakan alumunium foil, kemudian rekatkan dengan isolasi.
  • Jika sudah, silahkan masukkan sobekan kertas ke dalam kardus dengan tujuan untuk mencegah terjadinya kerusakan emas.
  • Isi sobekan kertas secukupnya saja agar emas tidak terguncang saat pengiriman berlangsung. Selain sobekan kertas, kamu bisa menggunakan bubble wrap yang lebih aman.
  • Selanjutnya, langsung tutup bungkus kardus dan pasang isolasi agar aman.
  • Bungkus dus tersebut dengan kertas secara rapi dan rekatkan dengan isolasi agar kertas tidak sobek di perjalanan.
  • Apabila sudah, silahkan tempelkan kertas yang berisikan detail informasi tentang penerima, mulai dari nama, alamat, dan nomor telepon aktif.

2. Datang ke Kantor JNE

Setelah berhasil mengemas emas sesuai dengan syarat dan ketentuan dari JNE, maka kamu harus datang ke kantor JNE untuk proses pengiriman. Persiapkan dana lebih sebelum datang ke kantor JNE karena bisa jadi barang akan di packing ulang apabila tidak sesuai.

3. Pilih Layanan Pengiriman JNE Gold Shipment

Sesampainya di kantor cabang JNE, silahkan sampaikan tujuan kamu kepada petugas yakni pengiriman paket dengan label LM alias logam mulia. Dalam ketentuan JNE, kamu tidak boleh sama sekali menyebutkan emas ataupun perhiasan di label pengiriman.

Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan keterangan ACC untuk mewakili aksesoris. Jika sudah, langsung saja serahkan paket kepada petugas agar proses input data bisa dilakukan. 

Jangan lupa untuk memilih layanan JNE satu hari sampai, baik JNE YES maupun Super Speed demi mencegah terjadinya kerusakan maupun kehilangan paket.

4. Bayar Ongkos Kirim

Setelah proses input data sudah selesai, kamu perlu membayar sejumlah biaya pengirim yang disesuaikan dengan layanan dan juga tujuan pengiriman. Jika sudah, kamu akan mendapatkan bukti pengiriman resi dari JNE dan bisa kamu cek melalui cek situs resi.


Di tengah minimnya layanan pengiriman emas di berbagai jasa ekspedisi, JNE tetap memberikan layanan tersebut dengan adanya jaminan serta asuransi. Cara kirim emas lewat JNE bisa kamu lakukan dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah diulas di atas.

Sebagai catatan yang perlu kamu perhatikan, ketika menggunakan JNE untuk mengirimkan emas, maka secara otomatis kamu harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Hal tersebut tentunya untuk menunjang keamanan pengiriman, karena emas sangat rawan rusak dan hilang. Oleh sebab itu, ikuti saja syarat yang sudah ada dari pihak JNE.

komship ongkir
Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.