Cara Cetak Label Alamat Pengiriman di Shopee

Komerce.id – Setiap pesanan yang masuk harus segera diproses oleh pihak seller Shopee. Dengan begitu, produk bisa segera dikirimkan dan pembeli bisa segera mendapatkan produk yang dibutuhkan dan diinginkannya. Salah satu langkah untuk memproses pesanan adalah mencetak label pengiriman.

Langkah ini dilakukan agar penjual bisa membedakan banyak pesanan yang masuk dan tidak mengirim pesanan ke alamat yang salah. Cara mencetak label pengiriman adalah dengan mengakses Seller Center Shopee, cara ini akan mempermudah penjual untuk mencetak label pengiriman dengan cepat.

Ada fitur dalam Seller Center yang bisa dimanfaatkan untuk mencetak label pengiriman atau invoice pesanan, jadi kamu tidak perlu lagi menyalin dan menempelkan data pesanan pembeli secara manual. Manfaatkan fitur bawaan Shopee dan pesanan pun akan siap untuk diproses.

Baca juga: 10 Kesalahan Seller Saat Berjualan di Shopee, Jangan Ditiru!

Cara Mudah Cetak Invoice/ Label Alamat Pengiriman di Shopee

cetak label alamat pengiriman di Shopee

Shopee menyediakan berbagai ekspedisi atau pengiriman yang bisa dipilih oleh para pengguna marketplace Shopee. Dua diantara berbagai ekspedisi tersebut adalah JNE dan J&T, kedua ekspedisi tersebut bisa menjadi ekspedisi paling populer karena sering menyediakan promo gratis ongkir untuk pembeli.

Jika pembeli memilih untuk menggunakan ekspedisi JNE atau J&T, penjual perlu mempelajari cara mencetak label pengiriman sehingga pesanan Shopee bisa segera diproses dan dikirimkan ke pembeli. Berikut ini cara untuk mencetak label pengiriman untuk pilihan ekspedisi J&T dan JNE.

1. Cara Mencetak Label Pengiriman Pesanan Untuk Ekspedisi J&T

Cara Mencetak Label Pengiriman Untuk Ekspedisi J&T

Kalau pembeli memilih ekspedisi pengiriman J&T Jemari, J&T Express atau J&T Economy, kamu perlu mengirimkan produk melalui ekspedisi yang sudah ditentukan. Tapi sebelum mengirimkannya, persiapkan dulu label pengiriman dan tempelkan ke kemasan paling luar produk agar tidak terjadi kesalahan pengiriman. Berikut caranya:

  • Buka dan login pada akun Seller Center Shopee di http://seller.shopee.co.id/
  • Jika sudah, Buka menu “Penjualan Saya”, kamu akan melihat berbagai pesanan yang masuk.
  • Di pesanan yang siap proses kirim, klik “Atur Pengiriman”. Selanjutnya akan muncul jendela baru yang berisi detail pesanan dari pembelimu. klik “Atur Pengiriman” sekali lagi.
  • Shopee akan muncul jendela pop-up konfirmasi cetak label pengiriman, pilih “Konfirmasi” jika kamu sudah yakin akan mencetak alamat pengiriman.
  • Setelah memilih konfirmasi, pesanan dari pembelimu akan dilengkapi dengan nomor resi. Resi itulah yang siap untuk dicetak dan ditempelkan di kemasan pesanan yang akan dikirimkan.
  • Klik pada bagian “Cetak Resi” untuk mencetak atau print label pengirimannya.

Pastikan komputer atau laptopmu sudah terhubung ke printer sehingga label pengiriman bisa dicetak dengan lancar. Tempelkan label pengiriman tersebut di bagian yang bisa dilihat dengan jelas oleh kurir yang akan mengantarnya ke rumah pembeli.

2. Cara Mencetak Resi Pengiriman Untuk Ekspedisi JNE

Cara Mencetak Label/Invoice/Resi Pengiriman Untuk Ekspedisi JNE

Jika pembeli yang memesan produkmu memilih menggunakan ekspedisi JNE, kamu juga bisa mencetak label pengiriman secara manual, yaitu ketika kamu mengantar pesanan ke JNE atau kamu juga bisa mencetak resi sendiri dengan menggunakan JNE Online Booking atau JOB.

JOB merupakan layanan untuk memesan tiket untuk pengiriman melalui JNE Trucking, JNE Reguler, JNE YES, pemesanan bisa dilakukan secara online jadi penjual bisa lebih efisien dalam mengirimkan barang karena tidak perlu melakukan input resi secara manual. Berikut ini adalah langkah- langkah yang harus kamu ikuti dalam mencetak label pengiriman Shopee dengan JOB.

  • Kunjungi “Seller Center Shopee” di salah satu aplikasi web browser yang ada di laptop atau komputermu. Masuk dengan akun Shopee mu untuk mengakses semua pengaturan pesanan dan pengaturan lainnya.
  • Buka menu “Penjualan Saya” di Seller Center Shopee lalu pilih salah satu pesanan yang sudah siap dikirim. Klik dan pilih “Atur Pengiriman”. Akan muncul pilihan untuk memasukkan resi JNE secara manual atau menggunakan layanan JOB.
  • Klik pada pilihan “Saya menggunakan JOB (JNE Online Booking)”. Setelah bagian JOB berubah dari hitam putih menjadi berwarna, klik pada tombol “Buat Kode JOB”.
  • Lanjutkan dengan membuat kode JOB.
  • Setelah itu, kamu pun akan memperoleh kode booking secara otomatis dari pihak Shopee.
  • Kode dari Shopee tersebut bisa digunakan untuk mencetak invoice untuk ekspedisi JNE Reguler, hubungkan komputermu ke printer dan cetak label pengiriman JNE untuk kemudian ditempelkan ke paket yang akan dikirim ke pembeli.
Baca juga: Cara Mengaktifkan Fitur COD Di Shopee Untuk Penjual

3. Cara Cetak Resi Pengiriman Shopee menggunakan Sicepat

Cara Cetak Resi atau Label Pengiriman Shopee menggunakan Sicepat

Berikut ini adalah cara cetak label pengiriman atau resi pengiriman di Shopee menggunakan ekspedisi Sicepat Gokil, Sicepat REG, dan Sicepat Halu.

  • Buka dan login di aplikasi atau laman Shopee seller center.
  • Buka menu “Penjualan Saya”, kamu akan melihat semua pesanan yang masuk di tokomu.
  • Buka “Perlu Dikirim”, kemudian klik pengiriman “Perlu Diproses”.
  • Jika sudah, maka semua daftar pesanan yang harus kamu kirim atau proses akan terlihat. Kemudian Klik dan pilih “Atur Pengiriman”.
  • Setelah klik “Atur Pengiriman”, Shopee akan menampilkan pop-up menu cara pengiriman ke kurir. Pilihlah, apakah kamu ingin mengantar paket yang dipesan ke counter SiCepat terdekat atau bisa juga meminta kurir SiCepat menjemput paket kirimanmu. Pada langkah ini saya akan memilih mengantar sendiri ke counter SiCepat terdekat.
  • Setelah memilih metode pengantaran, silahkan klik tombol “Konfirmasi” agar sistem dapat membuat kode booking mu.
  • Setelah kode booking muncul, silahkan klik tombol “Cetak Resi”. Jika sudah, maka halaman resi akan muncul pada tab baru.
  • Langkah terakhir, cetak label pengiriman atau print resi tersebut untuk ditempelkan pada paket yang akan dikirimkan kepada pembelimu.

Selain mencetak label pengiriman untuk tiga ekspedisi yang paling populer tersebut, kamu juga bisa mencetak label pengiriman untuk ekspedisi yang lainnya seperti; Anteraja, Bluebird, GoSend, GrabExpress (Sameday, Instant), ID Express, Ninja Xpress, Shopee Express (Standard, Hemat, Instant). Cara mencetaknya kurang lebih sama dengan dua cara di atas, yaitu melalui Seller Center dan dengan mengakses bagian “Pengiriman Saya”.

Kedua cara diatas adalah cara paling mudah yang bisa kamu gunakan untuk mencetak label pengiriman, sesuai dengan ekspedisi yang dipilih oleh setiap pembelimu. Tapi ada cara lain yang bisa digunakan untuk mencetak label pengiriman, terutama jika kamu perlu mencetak banyak label.

Baca juga: Perbedaan Star dan Star+ Shopee (Terlengkap)

4. Cara Mencetak Label Pengiriman Dalam Jumlah Banyak Sekaligus

cara cetak pengiriman massal di shopee

Jika semua pesanan yang masuk sudah siap untuk dikirimkan, kamu bisa mencetak banyak label pengiriman sekaligus. Untuk bisa mencetak semua label pengiriman secara massal, kamu perlu mengikuti langkah-langkah ini:

  • Kunjungi Seller Center Shopee dari aplikasi web browser apapun yang ada di laptop atau komputermu. Masuk ke akun penjual Shopee untuk mengakses semua pesanan yang masuk ke toko onlinemu.
  • Masuk ke bagian “Penjualan Saya”. Klik tombol yang berjudul “Pengiriman Massal” di sebelah kanan atas halaman Seller Center Shopee.
  • Setelah itu, kamu akan diarahkan ke halaman baru untuk mencetak semua label pengiriman atau invoice pengiriman secara bersamaan.
  • Centang label pengiriman yang akan kamu cetak secara masal. Atau centang semua pesanan yang ada dalam daftar jika semuanya sudah siap untuk dikirimkan. Kemudian pilih menu “Cetak Label Pengiriman” yang ada di bagian kanan halaman ini.

Setelah komputermu berhasil terhubung dengan printer, label pengiriman akan segera dicetak dan siap untuk digunakan. Dan setelah semua label pengiriman sudah selesai dicetak, tempelkan setiap label ke setiap paket yang akan dikirimkan dan dijemput atau diantar ke ekspedisi pengiriman.

Periksa ulang dan pastikan setiap label sudah berada di paket yang benar sehingga tidak akan terjadi kesalahan dalam pengiriman paket. Kesalahan pengiriman bisa merugikan pihak penjual karena kamu harus mengirimkan ulang produk atau pesanan ke alamat yang benar.


Jika biasanya kamu hanya menuliskan nomor resi yang muncul di marketplace Shopee, coba gunakan salah satu cara yang disebutkan diatas untuk mencetak label pengiriman untuk kemudian ditempelkan ke pesanan yang akan dikirimkan.

Optimalkan proses pengiriman dan penjualan produk yang tersedia di Shopee mu. Dengan mengoptimalkan produk, kualitas toko, dan pelayanan, pembeli akan betah berbelanja di tokomu dan tidak akan beralih ke toko lain, karena sudah mengetahui seberapa bagus kualitas tokomu.

Beberapa cara untuk mengoptimalkan toko adalah dengan menyediakan berbagai pilihan metode pembayaran atau berusaha untuk mendapatkan status Star Seller Shopee.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 3 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.