Perbedaan Star dan Star+ Shopee (Terlengkap)

Perbedaan Star Seller dan Star+ Seller – Kalau Anda sering menggunakan aplikasi Shopee, baik untuk belanja atau jualan, Anda pasti sering melihat label Star yang ada di produk dan penjual tertentu. Tapi pernahkan Anda melihat label Star+ yang juga disematkan pada beberapa produk dan toko tertentu?

Ternyata, label Star dan Star+ yang ditambahkan ke berbagai produk dan toko itu bukanlah label yang sama. Terdapat beberapa perbedaan antara keduanya.

Keduanya memang merupakan program yang disediakan oleh Shopee untuk para seller yang berjualan di marketplace tersebut, kedua label tersebut memiliki arti yang berbeda dan cara mendapatkan kedua status tersebut juga berbeda.

Apa Itu Star Seller dan Star+ Seller?

pengertian star dan star plus shopee

Masing-masing program dari Shopee mempunyai arti dan persyaratan yang berbeda. Tapi sebelum membahas lebih jauh tentang berbagai perbedaan antara dua program tersebut, cari tahu terlebih dahulu pengertian Star Seller dan Star+ Seller Shopee.

Pengertian program Star Seller

Status Star Seller akan diberikan oleh Shopee kepada berbagai toko, tapi bukan sembarang toko yang bisa mendapatkan predikat ini. Toko yang akan menerima predikat Star Seller adalah toko yang memenuhi semua kriteria performa dan pelayanan terbaik.

Program Star memberikan keuntungan kepada Penjual yang dipilih secara eksklusif oleh Shopee sebagai pengakuan atas penjualan dan layanan Pembeli yang sangat baik. Anda bisa mendapatkan label Star yang akan ditampilkan di toko dan produk Anda jika menjadi Penjual Star.

Pengertian program Star+ Seller

Program yang satu ini merupakan suatu program lanjutan dari program di atas. Star+ adalah predikat yang akan diberikan pada penjual dengan predikat Star Seller. Predikat Star+ akan diberikan jika Star Seller mampu mempertahankan kualitas toko dan produknya.

Selain mempertahankan kualitas, Star Seller juga harus melakukan peningkatan performa, baik performa toko maupun performa penjualan. Jika Anda belum meraih predikat Star Seller, maka Anda belum bisa mendapatkan predikat Star+ Seller.

Kriteria atau persyaratan untuk mendapatkan label Star maupun Star+ sangat berbeda, keuntungan yang akan didapatkan oleh kedua jenis penjual juga berbeda. Apa saja perbedaan yang ada diantara kedua jenis program tersebut?

Baca juga: Cara Mengaktifkan Fitur COD Di Shopee Untuk Penjual

Perbedaan Persyaratan Star Seller dan Star+ Seller

Agar bisa menjadi salah satu Star Seller maupun Star+ Seller, Anda perlu memenuhi beberapa persyaratan yang sudah ditetapkan oleh pihak Shopee. Persyaratan untuk Star Seller lebih ringan untuk dipenuhi daripada persyaratan untuk menjadi Star+ Seller. Berikut persyaratan lengkapnya.

perbedaan antara kreteria penjual star dan star

Syarat untuk menjadi Star Seller

Sebelum bermimpi menjadi penjual berpredikat Star+, Anda perlu memenuhi semua persyaratan dibawah ini terlebih dahulu dan berusaha untuk mendapatkan predikat Star Seller. Setelah semua persyaratan ini terpenuhi, Anda bisa menjadi Star Seller dan siap untuk mengejar predikat Star+.

  1. Persentase untuk chat pembeli yang dibalas harus mencapai minimal 70% dan untuk mempertahankan status star seller persentase chat minimal 60%
  2. Penilaian yang diberikan oleh para pelanggan terhadap toko Anda harus mencapai minimal 4,5 atau lebih tinggi.
  3. Untuk meraih predikat Star Seller, poin penalti toko minimal 2 dan untuk mempertahankan status Star Seller, poin penalti tidak boleh lebih dari 3.
  4. Persentase untuk berbagai produk pre order salama maksimal 5 hari adalah kurang dari 20%.
  5. Dalam waktu 30 hari terakhir, jumlah pesanan minimal 30 pesanan atau lebih banyak. dan untuk mempertahankan Toko memiliki min. jumlah transaksi berhasil sebanyak >= 15 pesanan 
  6. Untuk mendapatkan status Star Seller, pendapatan bersih (tidak termasuk biaya lainnya) selama 30 hari terakhir harus mencapai minimal 20 juta. Dan untuk mempertahankan status Star Seller, pendapatan bersih (tidak termasuk biaya lainnya) >= 19JT dalam 30 hari terakhir.
  7. Untuk memperoleh status Star Seller, pembeli yang berbelanja selama 30 hari terakhir harus mencapai minimal 10 pembeli berbeda. Dan untuk mempertahankan status Star Seller, jumlah pembeli berbeda harus mencapai minimal 9 pembeli.
  8. Toko tidak memiliki riwayat pesanan yang tidak wajar, kejanggalan pada aktivitas akun, atau penyalahgunaan program dari Shopee untuk kepentingan pribadi
  9. Informasi lebih lengkap tentang star seller Shopee, baca disini; http://seller.shopee.co.id/edu/article/7003/Menjadi-Penjual-Star-Shopee

Shopee tidak menetapkan durasi tertentu bagi para penjual yang sudah memenuhi semua kriteria di atas. Jika Anda sudah bisa memenuhi seluruh kriteria yang ditetapkan, maka kamu akan mendapatkan undangan dari Shopee.

Syarat untuk menjadi Star+ Seller

Setelah predikat Star Seller berhasil diperoleh, Anda masih harus melanjutkan perjuangan dan berusaha untuk memperoleh predikat Star+ Seller. Untuk bisa mendapatkan predikat tersebut, penuhi berbagai persyaratan berikut ini:

  1. Persentase untuk chat pembeli yang dibalas harus lebih dari 85%.
  2. Penilaian toko yang Anda Kelola harus mencapai angka 4,8 atau lebih besar.
  3. Tingkat keterlambatan pengiriman maupun pesanan yang tidak terselesaikan dalam 7 hari terakhir tidak boleh lebih tinggi dari 5%.
  4. Poin penalti yang diizinkan adalah maksimal 3. Kurang dari 3 poin akan lebih baik.
  5. Dalam waktu 30 hari terakhir, persentase produk pre order yang diizinkan adalah 20%. Dan dalam waktu 5 hari terakhir, persentase produk pre order harus lebih rendah dari 20%.
  6. Jumlah atau nilai pesanan yang didapatkan selama 30 hari terakhir harus mencapai minimal 15 pesanan.
  7. Selama 30 hari terakhir, pendapatan bersih (tidak termasuk biaya lainnya) yang harus didapatkan oleh penjual Star+ minimal 19 juta.
  8. Penjual Star+ harus mempunyai pembeli berbeda/ unik yang jumlahnya mencapai 9 pembeli dalam waktu 30 hari terakhir.
  9. Masa pengemasan dalam 12 minggu terakhir kurang dari 2 hari
  10. Untuk menjadi penjual Star+, ada durasi yang ditetapkan oleh pihak Shopee, yaitu minimal 12 minggu setelah penjual tersebut mendapatkan status Star Seller di Shopee.
  11. Informasi lebih lengkap tentang star+ Shopee, baca disini; http://seller.shopee.co.id/edu/article/3653

Persyaratan yang paling penting untuk menjadi Star Seller maupun Star+ adalah penjual harus bisa mempertahankan performa dan kualitas toko dan produk. Jika semua persyaratan sudah berhasil dipenuhi tapi performa atau kualitas yang ditunjukkan menurun, status yang ada bisa dicabut.

Penjual akan kehilangan status Star Seller maupun Star+ dan harus mengulangi kerja keras dari awal lagi untuk bisa mendapatkan kembali status Star Seller atau Star+ Seller. Pastikan untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik pada semua pelanggan setia dan para pembeli baru.

Baca juga: 5 Cara Menambah Followers Toko di Shopee Gratis 2022

Perbedaan Keuntungan Penjual Star dan Star Plus Shopee

perbedaan keuntungan penjual star dan star plus shopee

Ada beberapa bonus yang bisa didapatkan oleh setiap penjual yang menyandang status Star Seller maupun Star+ Seller. Bonus untuk setiap jenis penjual berbeda-beda, untuk penjual Star biasa, bonus saldo iklan mencapai 3% saja sedangkan untuk penjual Star+ bisa mencapai 5%.

Selain itu, keuntungan lain seperti biaya layanan untuk gratis ongkir ekstra, nominal minimal belanja untuk program gratis ongkir, maksimal upload produk, serta voucher cashback khusus sama saja untuk penjual Star maupun penjual Star+. Nikmati semua keuntungan dengan menjadi Star Seller.


Pastikan untuk memenuhi semua kriteria atau persyaratan yang sudah dibeberkan di atas. Jangan lengah setelah berhasil menyandang status Star Seller, terus tingkatkan performa dan pertahankan status tersebut sehingga dalam 12 minggu saja Anda akan menjadi salah satu penjual Star+.

Itu tadi pembahasan tentang perbedaan star dan star+ di Shopee, semoga bermanfaat

admin marketplace komtim
Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar