3 Cara Cek Resi JNE Cashless 2022 : Contoh Resi & Kelebihannya

komerce.id – Pembayaran cashless rasanya lebih simple dan mudah sehingga banyak yang memilihnya. Pastinya beberapa di antara kamu sudah pernah menemui layanan JNE Cashless di beberapa marketplace yang mana menawarkan kemudahan dalam proses pengirimannya. Lalu, bagaimana cek resi JNE Cashless?

Ketahuilah bahwa sistem pembayaran non tunai yang ada di berbagai marketplace akan berpengaruh terhadap cara belanja para konsumennya. Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak jasa ekspedisi kini juga mengikuti perkembangan zaman dengan menggunakan sistem pembayaran cashless.

Dengan JNE Cashless, pihak seller tidak perlu melakukan pembayaran ongkir lagi, mudah bukan? cara cek resi JNE Cashless masih menggunakan fasilitas pelacakan JNE versi reguler, namun terdapat perbedaan pada sisi nomor resinya.

Baca juga: Cara Kirim Barang COD (Cash On Delivery) Lewat JNE

Apa itu JNE Cashless?

Apa itu JNE Cashless
Apa itu JNE Cashless

Kini JNE Cashless bisa kamu jumpai di beberapa toko online atau marketplace, mulai dari Bukalapak, Tokopedia, Lazada, Zalora, Shopee, Blibli dan masih banyak lainnya. Bagaimana cara cek resinya? Berikut ulasannya.

JNE Cashless memang belum banyak dipahami oleh orang-orang, karena ini merupakan fitur yang ditujukan bagi seller atau penjual di marketplace dengan tujuan pembayaran ongkos kirim non tunai. Dengan begitu, seller tidak perlu membayar biaya pengiriman ketika mengantar paket ke konter JNE Express.

Salah satu fitur andalan dari JNE Cashless adalah online booking alias pemesanan secara online sehingga seller tidak perlu menuliskan kembali lokasi serta alamat pembeli. Hal tersebut secara otomatis akan diinput oleh sistem sehingga meminimalisir terjadinya kesalahan informasi pengiriman.

Tak hanya itu saja, resi dari JNE Cashless juga akan diinput secara otomatis. Hal tersebut tentu saja sangat membantu untuk menghindari kesalahan penulisan nomor resi. Dengan demikian, resi satu dengan lainnya tidak akan tertukar dan seller tidak perlu membayar biaya pengiriman di awal.

Contoh Resi JNE Cashless

Contoh Resi JNE Cashless
Contoh Resi JNE Cashless

Contoh resi JNE Cashless dapat kamu lihat pada gambar di atas, yang mana tertera logo JNE Cashless di dalamnya serta tracking number yang tercantum akan diawali dengan JNCL. 

Jadi, apabila kamu menemukan nomor resi yang diawali dengan kode JNCL, maka dapat dipastikan pengiriman tersebut menggunakan JNE Cashless.

Baca juga: Cara Mengatasinya Paket JNE Tidak Bergerak

Cara Cek Resi JNE Cashless

Daftar Cara Cek Resi JNE
Daftar Cara Cek Resi JNE

Pertanyaan tentang bagaimana cara cek resi JNE Cashless pastinya kini memenuhi pikiran kamu. Apakah caranya sama dengan cek resi pada umumnya? Kamu bisa menggunakan layanan pelacakan resi seperti biasanya, baik dari website atau aplikasi resmi JNE Express maupun pihak ketiga.

Caranya juga mirip dengan proses pengecekan yang biasa kamu lakukan pada pengiriman pada umumnya. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa mengikuti cara-cara berikut ini:

1. Cek Resi JNE Cashless melalui Situs Resmi

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan situs resmi dari JNE Express, sama halnya ketika kamu cek resi pada umumnya. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Silahkan masuk ke laman resmi JNE Express, yakni melalui alamat http://www.jne.co.id/id/tracking/trace.
  • Setelah berhasil masuk, di beranda akan muncul kolom pencarian. Di sana kamu bisa ketikkan nomor resi JNE Cashless.
  • Pastikan resi yang kamu input sudah benar dan diawali dengan kode JNCL, kemudian silahkan tekan tombol “Search”.
  • Selanjutnya, akan muncul tabel pengiriman di bagian bawah halaman, silahkan tekan nomor resinya untuk bisa menampilkan informasi pelacakan.
  • Tunggu hingga setail pengiriman yang ingin kamu lihat muncul dengan history statusnya.

2. Cek Resi melalui Aplikasi My JNE

Selain bisa dilakukan di laman website JNE Express, kamu bisa memanfaatkan aplikasi resmi JNE, yakni My JNE. Aplikasi ini bisa didownload secara gratis di Play Store. Tak hanya resi JNE Cashless saja, melalui aplikasi ini kamu bisa cek resi JNE lainnya.

Syarat utama agar bisa cek resi melalui My JNE, kamu perlu mendaftarkan diri atau daftar akun terlebih dahulu. Apabila sudah memiliki akun, ikutilah langkah-langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi My JNE yang sudah terpasang di ponsel kamu.
  • Di laman utama atau beranda, kamu akan menemukan kolom pencarian, kemudian ketikkan nomor resi JNE Cashless dengan benar.
  • Silahkan lanjutkan dengan menekan tombol “Cek Resi”.
  • Tunggu hingga status pengiriman muncul.

3. Cek Resi melalui Pihak Ketiga

Jika belum mantap dengan kedua cara di atas, kamu bisa melakukan cara ketiga yakni cek resi melalui pihak ketiga. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Akses laman cekresi.com, kemudian langsung isikan nomor resi di kolom pencarian yang sudah tersedia di laman tersebut.
  • Setelah itu, langsung tekan “Cek Resi”.
  • Pilih opsi “JNE”.
  • Informasi pelacakan resi akan muncul secara detail.
Baca juga: Alamat Kantor JNE

Kelebihan JNE Cashless

Ada banyak hal yang bisa menjadi kelebihan dari adanya JNE Cashless dan pastinya hal tersebut sangat menguntungkan bagi seller atau penjual di toko online. Lantas, apa saja kelebihannya? Kamu bisa simak beberapa kelebihannya di bawah ini:

  • JNE Cashless bisa meminimalisir bahkan menghindari terjadinya kesalahan ketika menginput nomor resi, sehingga proses pengiriman bisa berjalan dengan lancar.
  • JNE Cashless dapat menghindari terjadinya paket tertukar, hal tersebut dikarenakan sistem resinya diinput secara otomatis.
  • Label JNE Cashless dapat langsung dicetak, tanpa harus menginput informasi apapun, baik informasi penjual maupun pembeli.
  • Resi JNE Cashless akan secara otomatis terinput pada sistem e-commerce atau marketplace yang digunakan oleh pembeli.
  • Alamat pengiriman, baik dari penjual maupun pembeli akan secara otomatis terinput pada sistem, sehingga tidak perlu input data secara manual.
  • Seller atau penjual tidak perlu membayar biaya pengiriman di awal, sehingga bebannya sedikit lebih ringan.
  • Nomor resi JNE Cashless lebih cepat muncul dibandingkan dengan resi pengiriman reguler.

Cek resi JNE Cashless sangat mudah dan tidak berbeda jauh dari cek resi pengiriman lainnya. Hanya saja yang berbeda adalah nomor resinya karena resi JNE Cashless akan diawali dengan kode unik, yakni JNCL.

JNE Cashless merupakan fitur JNE yang mudah digunakan, bahkan memberikan banyak keuntungan, khususnya pada pihak penjual. Pasalnya, pihak penjual tidak perlu melakukan pembayaran biaya pengiriman di awal. 

Dengan begitu, seller atau penjual bisa menjadikan JNE Cashless menjadi alternatif pilihan yang lebih praktis dan cepat.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar