Paket JNE Tidak Bergerak, Penyebab dan Cara Mengatasinya

komerce.id – Banyak seller dan masyarakat yang mengandalkan JNE untuk mengirimkan paket mereka. Nah, untuk memudahkan pengguna, JNE menyediakan sebuah tracking online yang bisa diakses via website JNE maupun aplikasi pihak ke 3. Lalu bagaimana jika paket JNE tidak bergerak?

Ketika kamu mengecek resi JNE, kemungkinan kamu akan menjumpai sebuah paket yang tidak bergerak atau statusnya tidak ada perubahan atau masih itu-itu saja. Kalau sampai status pengiriman kamu stuck, maka bisa dibilang ada masalah yang terjadi.

Ketika paket yang ditunggu tidak bergerak, akan muncul sebuah status bertuliskan ‘JNE On Process’. Namun, kalau status itu masih berlanjut hingga berhari-hari, tentu saja ada masalah yang terjadi bukan? Nah, bagaimana cara untuk mengatasi hal ini? Baca artikel ini sampai selesai.

Baca juga: 45+ Arti Status Pengiriman JNE dan Istilah Terlengkap

Kenapa Paket JNE Tidak Bergerak?

Alasan Paket JNE Tidak Bergerak
Alasan Paket JNE Tidak Bergerak, Sumber gambar: instagram.com/jne_id

Ada beberapa penyebab yang membuat paket JNE menjadi tidak bergerak, hal tersebut tentunya bisa mempengaruhi durasi pengiriman sehingga membuat paket menjadi lebih lama sampai ke customer.

Nah, kalau kamu adalah pengguna JNE, maka kamu harus pahami betul apa yang terjadi sampai paket kamu tidak bergerak, apa penyebabnya?

1. Proses Pengiriman Masih Berjalan

Alasan pertama yang menyebabkan paket kamu tidak bergerak adalah proses pengiriman yang diproses dari kurir menuju ke gudang maupun kota yang dituju belum selesai atau tuntas dilakukan.

Setelah kamu melacak keberadaan paket JNE, maka terkadang status yang dimiliki tidak berubah bahkan hingga 2 hari lamanya. Kalau paket kamu mengalami hal ini, bisa jadi ada hambatan saat perjalanan.

Apalagi jika pengiriman yang dilakukan beda pulau, pasti perpindahan paket antara satu lokasi dengan lokasi lainnya akan memakan waktu lebih. Maka dari itu, kamu harus ekstra bersabar menunggu paket datang.

Namun ada juga sebagian kasus yang memang menghambat perjalanan paket karena faktor internal dari kurir, baik itu kendaraannya sedang bermasalah, terjadi bencana alam atau musibah lainnya.

2. Resi Terlambat untuk di Update

Terkadang, paket JNE yang tidak bergerak juga disebabkan karena permasalahan resi yang terlambat untuk di update. Bisa jadi kurir atau pihak kantor operasional dari JNE terlambat untuk input sehingga status pada tracking JNE menjadi tidak berubah.

Ketika resi tidak diinput, maka status paket dari JNE menjadi tidak bergerak meski sebenarnya sudah sampai ke gudang penyortiran.

3. Salah Input Informasi Pengiriman

Penyebab lainnya yang membuat paket JNE kamu tidak bergerak juga bisa dikarenakan salah input data, bisa jadi kamu salah dalam memasukkan kode kota ataupun gudang dan membuat status tracking menjadi tidak bergerak sama sekali.

Kesalahan seperti ini memang bisa dibilang sering terjadi sehingga jika kamu melihat ada hal yang mencurigakan setelah cek resi, maka coba untuk melihat estimasi pengiriman dan layanan JNE apa yang digunakan.

Baca juga: 6 Cara Komplain JNE 

Cara Mengatasi Paket JNE Tidak Bergerak

Cara Mengatasi Paket JNE Tidak Bergerak
Cara Mengatasi Paket JNE Tidak Bergerak, sumber gambar: instagram.com/jne_id

Sebagai pengguna setia JNE, sepertinya kamu harus terus mengecek keberadaan paket JNE kamu secara rutin supaya bisa mengetahui bagaimana perkembangan dari perjalanan paketmu, apakah sudah sampai ke kota tujuan atau belum.

Ketika kamu menemukan paket JNE tidak bergerak 2 hari, lakukanlah beberapa cara ini:

Kamu bisa komplain kendala atau permasalahan terkait pengiriman paket JNE melalui nomor telepon (021) 2927 8888. Atau, kamu juga bisa komplain melalui email customercare@jne.co.id, medsos JNE, Ask Joni maupun datang langsung ke kantor JNE terdekat.

1. Cek Estimasi Sampai Layanan JNE

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi paket yang stuck tidak bergerak adalah dengan mengecek, apa jenis layanan yang sudah kamu gunakan. JNE sendiri menyediakan layanan ekspedisi seperti OKE, REG dan YES.

Setiap layanan pengiriman dari JNE ini mempunyai waktu pengiriman yang berbeda. Kalau status pengiriman belum melebihi batas, maka kamu jangan tergesa-gesa untuk ambil kesimpulan.

Kalau dilihat dari layanan yang dipilih, pada umumnya paket dengan jenis layanan Yakin Esok Sampai atau YES jarang sekali terjadi. JNE YES biasanya bisa sampai hanya dalam hitungan jam saja, berbeda dengan layanan REG dan OKE yang mungkin bisa membutuhkan waktu lebih lama dari YES.

Nah, kalau kamu ingin lebih jelas mengetahui layanan yang disediakan oleh JNE serta estimasi sampainya, simak informasi di tabel ini:

Jenis Layanan JNEEstimasi Sampai
OKE2-3 hari
REG1-2 hari
YESSehari

2. Melaporkan ke Ask Joni

Jika kamu sudah tahu berapa lama estimasi paket sampai namun paket masih tidak bergerak, maka kamu bisa menggunakan cara ini. Ya, kamu bisa memanfaatkan fitur ‘Ask Joni’ untuk melaporkan apa yang kamu alami.

Cara melaporkan paket JNE tidak bergerak melalui Ask Joni tidak begitu sulit, kamu hanya perlu mengisi formulir dengan menggunakan identitas paketmu.

Selanjutnya, isilah data diri dan kirim secara online untuk bisa segera mendapatkan tanggapan dari pihak JNE, berikut panduannya :

  • Klik situs ini jne.co.id/id/hubungi-kami/ask-joni
  • Selanjutnya, isilah formulir dengan menggunakan nama lengkap.
  • Kemudian ketik email dan nomor teleponmu yang bisa dihubungi.
  • Pada menu ‘Subject’, pilihlah opsi yang ‘Customer Service’.
  • Selanjutnya, kamu bisa menuliskan apa yang menjadi masa pada paket JNE kamu di kolom pesan.
  • Selesai menulis keluh kesahmu, maka kamu bisa menekan ‘Send Message’.

3. Kontak Call Center JNE

Jika ‘Ask Joni’ tidak mendapat respon dalam waktu lama, maka kamu bisa menghubungi call center dari JNE. Hubungi nomor (021)29278888 dan sampaikan permasalahan mengenai paket JNE tidak bergerak.

Pastikan kamu memiliki pulsa untuk telepon ke nomor tersebut sehingga percakapan kamu tidak akan terputus sebelum selesai bertanya ke call center JNE.

4. Hubungi Sosial Media JNE

Kalau kamu tidak memiliki nomor telepon JNE, maka kamu bisa menghubungi sosial media milik mereka. JNE punya banyak sosial media untuk sarana customer yang ingin berkeluh kesah mengenai pengalaman, keluh kesah, komplain, dan lain-lain. Berikut alamat sosial media dari JNE:

  • Twitter : @jnecare
  • Instagram : @jne.id
  • Facebook : JNE

5.  Mengurus di Cabang JNE Terdekat

Jika memang paket kamu masih saja belum bergerak meskipun telah menghubungi semua sosial media dan nomor yang tercantum di atas, maka kamu bisa mengunjungi kantor operasional JNE yang paling dekat.

Kunjungi kantor JNE dan sampaikan kepada petugas bahwa paket kamu tidak bergerak. Petugas akan menyelesaikan masalah paket kamu.

Baca juga: 7 Cara Mengirim Barang Lewat JNE Express

Sebagai pelanggan yang sering menggunakan layanan dari JNE, kamu berhak untuk komplain jika memang paket bermasalah dan tidak kunjung sampai. Paket JNE tidak bergerak atau tidak kunjung berubah ini bisa terjadi pada apapun layanan yang disediakan oleh JNE.

Hambatan yang terjadi pada perjalanan kurir selama mengirim paket juga bisa menjadi penyebab mengapa paket tidak segera sampai dan stuck. Namun, kamu tidak perlu khawatir jika mengalami hal demikian sebab kamu bisa mengatasinya dengan menghubungi call center JNE, dan cara lain seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Untuk memudahkan proses pengiriman order, kamu juga bisa menggunakan Komship. Komship adalah platform yang dapat membantu kamu dalam melakukan pengiriman order dengan mudah, hemat, dan professional.

kamu juga bisa menikmati berbagai diskon dan promo-promo menarik lainnya. Kabar baiknya, kamu juga tak perlu menyediakan uang administrasi bulanan. Komship dapat dijangkau di manapun di wilayah Indonesia.

Mulai transaksi mu sekarang juga! kunjungi komship.id

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

6 pemikiran pada “Paket JNE Tidak Bergerak, Penyebab dan Cara Mengatasinya”

  1. Paket saya juga stuck, pengiriman dari hari minggu tgl 27 Nov 2022 sampai dengan tgl 02 Dec 2022 blm sampai tujuan. Saya cek resi tidak begerak samasekali, saya sdh complain ke CS JNe dgn nmr laporan 350103071748. Sampai dengan saat ini data belum update juga.Harus kmna lagi saya mengajukan complain????

    Balas
    • Silahkan coba mengajukan komplain melalui cara-cara yang sudah dibahas dalam artikel ini. Jika masih belum ada solusi, silahkan datang ke kantor cabang JNE terdekat.

      Balas

Tinggalkan komentar