Sales Assistant: Pengertian, Tugas, dan Skill yang Dibutuhkan

Komerce.id – Sales assistant adalah pekerjaan yang cukup menjanjikan di era globalisasi seperti sekarang ini. Kemajuan teknologi dan perkembangan internet begitu pesat, sehingga memudahkan seseorang menjadi sales assistant. Jika dahulu sales assistant hanya bersifat langsung, sekarang ada versi online-nya.

Ketika berbelanja di suatu toko, kamu pasti akan bertemu sales assistant. Pekerjaan ini memang tampak mudah untuk dilakukan, namun kenyataannya juga membutuhkan skill tertentu. Sales assistant merupakan orang yang memberikan pelayanan kepada pelanggan secara langsung.

Seorang sales assistant harus mengikuti pelatihan, karena berkaitan dalam etika bisnis dan pelayanan pelanggan. Sederhananya, bisa dibilang sales assistant merupakan wajah dari suatu bisnis.

Baca juga: Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Apa Itu Sales Assistant (SA)?

Pengertian Sales Assistant
Pengertian Sales Assistant (SA), sumber gambar: pexels.com

Sales assistant merupakan seseorang yang bekerja di bisnis atau usaha milik orang lain untuk membantu pelanggan. Tugas utama dari pekerjaan ini adalah memberikan pelayanan yang memuaskan kepada para customer.

Sales assistant juga harus memberikan bantuan jika ada pelanggan yang bingung untuk membeli barang atau memiliki pertanyaan. Kamu juga bisa menyampaikan keluhan atau saran terkait produk kepada sales assistant.

Bagi usaha, peran sales assistant sangat penting. Profesi ini menjadi wajah bisnis yang akan berhubungan langsung dengan pelanggan. Sales assistant akan bertanggung jawab langsung terhadap manajer atau atasan toko.

Bekerja sebagai seorang sales assistant bisa dilakukan oleh siapa saja. Tidak terbatas oleh gender dan pendidikan. Namun, tentu saja kamu harus memenuhi persyaratan dan menaati perjanjian kerja yang berlaku.

Baca juga: Perbedaan Sales Kanvas, Sales Taking Order, dan Sales Motoris

Skill yang Dibutuhkan Sales Assistant (SA)

Skill yang Dibutuhkan Sales Assistant (SA)
Sumber gambar: pexels.com

Semua pekerjaan tentu saja membutuhkan kualifikasi agar pekerja bisa menjalankan tugasnya dengan maksimal. Untuk melamar kerja sebagai seorang sales assistant, kamu harus memiliki beberapa skill yang terbagi dalam dua kategori, yakni hard skill dan soft skill. Berikut pembahasannya.

Hard Skill

Hard skill adalah kemampuan yang bisa kamu dapatkan dari pendidikan secara formal maupun non formal. Kamu bisa meningkatkan hard skill dengan belajar efektif, baik sendiri maupun bersama orang lain. Beberapa hard skill sales assistant adalah sebagai berikut.

1. Kemampuan Matematika

Matematika adalah ilmu perhitungan yang memuat angka-angka pasti. Seorang sales assistant harus menguasai matematika karena pekerjaannya berkaitan dengan perhitungan stok maupun harga produk. Matematika dapat memudahkan kamu dalam membantu proses transaksi pelanggan.

Selain itu, matematika juga penting dalam pengembangan usaha atau pembuatan laporan keuangan. Tidak perlu matematika yang rumit, kamu hanya dituntut untuk menguasai ilmu matematika mendasar, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

2. Kemampuan Bahasa

Ketika menjual produk, kamu tidak akan bisa menebak darimana asal pelanggan. Bisa saja pelanggan kamu berasal dari luar negeri. Sales assistant adalah orang yang bertanggung jawab dalam melakukan penjualan, sehingga wajib mengetahui bahasa asing.

Bila bisnis masih tergolong kecil, kemampuan berbahasa asing memang belum tentu dibutuhkan. Namun, kemampuan ini harus kamu tingkatkan seiring dengan berkembangnya bisnis.

3. Kemampuan Menggunakan Teknologi

Saat ini, segala pekerjaan membutuhkan kemampuan teknologi dan internet. Pasalnya, keberadaan perangkat lunak maupun keras ini mampu menunjang keberhasilan bisnis. Banyak usaha yang menggunakan platform digital dalam memasarkan bisnisnya.

Maka dari itu, sales assistant dituntut untuk menguasai teknologi. Setidaknya, kamu harus mampu mengoperasikan komputer, menggunakan Microsoft Word, Power Point, dan Excel.

Soft Skill

Sementara itu, soft skill adalah kemampuan yang tidak bisa kamu pelajari melalui pendidikan akademis. Soft skill biasanya terbentuk karena kebiasaan, pengalaman, atau pendidikan moral dari lingkungan. Menjadi seorang sales assistant menuntut kamu untuk memiliki soft skill berupa:

1. Mampu Berkomunikasi dengan Baik

Komunikasi adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki semua manusia. Terlebih, bila kamu hendak bekerja sebagai seorang sales assistant. Kamu harus mampu berkomunikasi dengan jelas. Percaya diri juga penting untuk meningkatkan branding produk.

Dengan adanya kepercayaan diri, pelanggan akan lebih yakin untuk membeli produk yang kamu tawarkan. Proses transaksi yang berlangsung juga lebih berpotensi menimbulkan hasil positif.

Kemampuan komunikasi seorang sales assistant tidak hanya terbatas pada komunikasi dengan pelanggan. Melainkan, juga komunikasi dengan rekan kerja agar tidak menimbulkan lingkungan kerja yang buruk. Hal ini juga bertujuan agar koordinasi sesama pekerja tidak menimbulkan miskomunikasi.

2. Mampu Memasarkan Produk

Sales assistant adalah orang yang bertugas dalam memasarkan produk yang dimiliki. Penjualan bisa meningkat bila sales assistant bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya. Melalui pemasaran yang efisien, pelanggan akan tertarik pada produk hingga akhirnya muncul keinginan untuk membeli.

3. Berorientasi pada Pelayanan

Melayani pelanggan adalah tugas utama seorang sales assistant. Seorang sales assistant harus melayani pelanggan dengan sebaik mungkin. Memberikan pelayanan yang ramah, cepat tanggap, dan profesional menjadi skill penting yang harus dimiliki.

4. Berorientasi pada Target

Dalam menjalankan pekerjaannya, seorang sales assistant harus berorientasi pada target. Profesi ini bertanggung jawab dalam memenuhi penjualan produk bisnis. Selain itu, adanya target ini bisa membuat pekerjaan sales lebih terarah dan jelas.

5. Bisa Mengambil Keputusan

Seorang sales assistant harus mampu menjalankan tugas sesuai SOP. Namun, dalam beberapa hal profesi ini menuntut kamu untuk mengambil keputusan seorang diri. Tentu saja keputusan yang kamu hasilkan harus memajukan perusahaan dan membawa dampak positif.

Baca juga: Apa itu Sales Call

Tugas Sales Assistant

Tugas Sales Assistant
Tugas Sales Assistant, sumber gambar: pexels.com

Sales assistant adalah orang yang memegang tanggung jawab terhadap penjualan produk. Jadi, tugas utamanya adalah memasarkan produk kepada pelanggan, sehingga pelanggan tertarik untuk membeli. Namun, selain itu sales assistant juga memiliki tugas lainnya.

Beberapa tugas lain sales assistant adalah sebagai berikut.

  • Menyambut pelanggan yang datang dengan ramah, sopan, dan ceria.
  • Menawarkan produk kepada pelanggan.
  • Memberikan informasi kepada pelanggan terkait promosi, harga, dan kebijakan.
  • Memastikan persediaan stok produk.
  • Melaporkan segala kegiatan transaksi kepada atasan.
  • Mengemas dan mengirimkan produk sesuai aturan yang berlaku.
  • Membantu proses pembayaran atau transaksi produk sampai selesai.
  • Mendemonstrasikan cara menggunakan produk.
  • Menjawab pertanyaan dari pelanggan dan memberi solusi atas keluhan pelanggan.

Berapa Gaji Sales Assistant di Indonesia?

Gaji seorang sales assistant terbilang cukup tinggi di Indonesia. Rata-rata gajinya berkisar di angka Rp6,2 juta per bulan. Untuk gaji tertingginya sendiri adalah Rp9,5 juta jika sudah bekerja sangat lama. Sementara, gaji terendahnya berada di kisaran harga Rp3,2 juta.

Gaji ini biasanya sudah termasuk biaya tempat tinggal, fasilitas, dan transportasi. Namun, besaran gaji ini tidak bisa kamu jadikan patokan karena masing-masing perusahaan memiliki patokan yang berbeda dalam menentukan gaji. Besaran gaji juga bisa bergantung pada lamanya kamu bekerja.

Kalau kamu tidak ada biaya untuk hire sales assistant, cobain Komtim aja! Komtim menyediakan talent advertiser, customer service, dan admin marketplace yang profesional dan kompeten. Dengan Komtim, kamu tak perlu repot untuk mengurus berbagai hal sehingga bisa fokus ke pengembangan bisnis. 


Sales assistant memang memiliki peran yang sangat penting dalam suatu bisnis. Pekerjaan ini memang tampak sederhana, namun tanggung jawabnya sangat besar karena langsung terhadap penjualan produk.

Menjadi branding dari suatu produk juga bukanlah hal yang mudah, sehingga sales assistant membutuhkan soft skill dan hard skill. Tanpa adanya profesi ini, bisnis yang kamu jalankan tidak akan berjalan dengan lancar.

Peminat profesi sales assistant cukup tinggi. Namun, perusahaan akan melakukan seleksi ketat karena sales assistant adalah kunci utama kesuksesan suatu usaha. Semoga informasi dan pemaparan materi tadi bisa membuat kamu paham, ya!

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.