Jasa Gudang Online: Solusi Penyimpanan Barang Hemat !

komerce.id – Seiring dengan berjalannya waktu, bisnis pasti semakin besar. Mau tidak mau, penjual harus menambah stok untuk memenuhi kebutuhan pembeli. Untungnya sekarang ini sudah ada gudang online guna menyimpan barang. Sebenarnya apa itu gudang online?

Jika awalnya stok barang hanya puluhan, ketika sudah ramai stok mungkin bisa ratusan sampai ribuan. Rasanya tidak mungkin menyimpan barang di ruang tamu atau ruang tengah rumah lagi. Kuantitas yang semakin banyak akan mengganggu fungsi rumah sebagai tempat istirahat.

Gudang online menjadi salah satu terobosan baru dalam dunia bisnis yang memudahkan para pebisnis online, terutama mereka yang tidak punya ruang luas untuk menyimpan barang jualan. Mulai tertarik tapi masih bingung mengenai pengertian dan kelebihan gudang online. Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut.

Baca juga: Jasa Pergudangan Terpercaya Untuk Bisnis Online

Apa Itu Gudang Online?

Apa Itu Gudang Online
Sumber gambar: pexels.com

Masih banyak yang bingung tentang apa itu gudang online. Seperti namanya, gudang adalah tempat untuk menyimpan barang. Dalam dunia bisnis, barang yang dimaksud adalah barang jualan.

Gudang online merupakan tempat untuk menyimpan stok barang yang diperuntukkan pebisnis dengan basis digital. Meskipun namanya gudang online, tapi gudangnya berupa bentuk fisik. Operasional gudang online ini tidak hanya fokus pada keperluan penyimpanan barang saja, tapi juga beberapa hal lain.

Di antaranya adalah pelacakan, perekaman informasi kedatangan barang, durasi waktu stok untuk disimpan, berapa jumlah stok barang, serta berbagai informasi relevan lainnya. Tentu saja semua hal itu bisa membantu penjualan menjadi lebih mudah.

Jasa gudang online ini sama seperti gudang secara umum, yaitu untuk menangani penerimaan barang, mencatat, melakukan penarikan sesuai pesanan, mengemas barang, sampai dengan mengirim paket ke pelanggan.

Gudang online biasanya memiliki tim pengelola sendiri. Semakin terampil tim yang dimiliki, pelayanan gudang juga semakin baik.

Manajemen Gudang

Apa fungsi manajemen gudang? Membahas pergudangan, tak lepas dari fungsi manajemennya. Kaitannya dengan pergerakan, pengambilan, pengepakan barang, sampai dengan penyimpanan barang.

Sistem manajemen gudang in berfungsi untuk menangani berbagai kendali dalam gudang jika ada masalah yang kompleks. Dengan manajemen gudang yang baik, penjual bisa memenuhi permintaan barang dari pelanggan dalam waktu yang cepat. Meskipun permintaan barangnya tergolong banyak.

Manajemen gudang juga tentang ketersediaan dari stok barang yang ada. Dengan manajemen yang baik, kamu tahu kapan waktu yang tepat untuk melakukan restock.

Sistem akan membantu untuk melihat apakah ada barang yang mungkin perlu untuk dipindahkan berdasarkan beberapa kriteria, salah satunya adalah tanggal kadaluarsa jika produk berupa makanan atau minuman.

Setelah tahu apa itu gudang online, selanjutnya bagaimana cara menggunakan gudang online?

Caranya cukup mudah dan praktis. Kamu bisa langsung melakukan pendaftaran ke website penyedia gudang online seperti kompack.id untuk registrasi. Kamu bisa menyewa gudang sesuai kebutuhan dengan biaya yang telah ditetapkan.

Kelebihan Menggunakan Gudang Online

Kelebihan Menggunakan Gudang Online
Sumber gambar: pexels.com

Bukan hanya memahami pengertian gudang online, kamu juga harus tahu manfaat gudang online untuk bisnis? Supaya tidak penuh tanda tanya, simak kelebihan menggunakan layanan gudang online berikut ini.

1. Hemat Biaya Operasional

Kelebihan pertama dari gudang online adalah bisa menghemat biaya pengeluaran., karena kamu tidak perlu repot menyewa tempat kosong untuk menyimpan barang-barang. Dana yang seharusnya kamu gunakan untuk penyimpanan tersebut bisa dialihfungsikan untuk kebutuhan bisnis lainnya.

Menyewa gudang online memerlukan dana yang jauh lebih hemat dibandingkan dengan menyewa gudang. Ini merupakan solusi yang tepat bagi kamu yang ingin memiliki gudang penyimpanan tapi terkendala masalah tempat dan biaya.

2. Penyimpanan Barang Lebih Sistematis

Kelebihan kedua adalah adanya jaminan bahwa barang yang kamu simpan di gudang online lebih sistematis, karena ada tim yang akan mengatur barang-barangmu menggunakan metode yang efektif. Salah satunya adalah menyusun kardus dengan rapi agar jumlahnya tidak melebihi batas maksimal sesuai ketetapan supplier.

Gudang online juga membantumu merapikan stok barang dengan optimal. Barang tersimpan dengan rapi untuk menghindari adanya kesalahan ketika mengirim barang. Kamu bisa mengecek barang kapanpun sesuai kebutuhan.

Selain itu, setiap barang pasti punya ketentuan masing-masing. Misalnya ada yang tidak boleh saling berdekatan. Pihak gudang sudah mempelajari hal demikian sebaik mungkin.

3. Stok Barang Dijamin Tersimpan dengan Aman

Dibandingkan menyewa tempat kosong untuk dijadikan gudang, menggunakan gudang online jauh lebih efektif. Pasalnya kamu tidak perlu mengawasi gudang secara mandiri karena sudah ada tim yang bertanggung jawab.

Pengawasannya pasti aman, sehingga kamu tak perlu merasa khawatir. Jika menyewa tempat kosong, kamu mungkin harus membayar dua kali jika ingin gudang dijaga oleh orang lain.

4. Inventory Menggunakan Manajemen Profesional

Jual beli online memang harus hati-hati dan teliti mengenai stok barang. Barang yang ada di gudang harus memiliki jumlah yang sama dengan data. Jadi saat pembeli order produk, kamu bisa tahu berapa banyak stok yang masih tersedia.

Pasti repot sekali membayangkan harus tahu berapa banyak stok barang, apalagi kalau pesanan sedang banyak. Selain repot, kekhawatiran lainnya juga takut stok yang tertulis tidak sesuai.

Jika menggunakan gudang online, hal ini bukan masalah besar. Kamu tidak perlu repot melakukan pengecekan barang langsung ke gudang secara mandiri karena sudah ada tim yang akan menanganinya.

5. Dapat Lebih Fokus pada Aspek Bisnis Lainnya

Dengan adanya gudang online, kamu bisa lebih fokus ke aspek bisnis lain yang tak kalah penting. Misalnya mengenai strategi untuk memajukan bisnis.

Kamu tak perlu terbebani masalah stok barang, mulai dari penyimpanan hingga pengemasan sudah diatasi oleh jasa profesional gudang online.

Kompack.id, Solusi Terintegrasi Penyimpanan Online

Kompack
Kompack

Kompack adalah solusi untuk masalah pergudangan, management, dan pengemasan barang.

Kompack.id cocok untuk pemilik bisnis online yang punya tempat dan biaya terbatas dalam menyediakan gudang. Bahkan ketika kamu tidak punya cukup waktu untuk menyimpan dan mengemas barang.

Pelayanannya praktis, hemat, dan mudah. Apalagi tim sudah terlatih dan terampil sehingga kamu tidak perlu khawatir masalah pergudangan. Kamu juga tidak perlu khawatir mengenai biayanya, karena harga layanan terjangkau dengan sistem keamanan terjamin.

Bagi pemilik bisnis, mengetahui apa itu gudang online sangat penting. Termasuk bagaimana sistem operasional yang diterapkan. Bagi kamu yang masih bingung tentang manajemen gudang padahal bisnis semakin ramai, langsung saja kunjungi website kompack.id sekarang juga.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar