15 Perusahaan Terkenal Yang Menggunakan WordPress

Apakah Anda sedang berpikir menggunakan WordPress untuk keperluan website? Banyak yang ragu, karena sebenarnya belum terlalu mengetahui WordPress. Karena jika Anda masih ragu, ternyata sudah banyak perusahaan besar yang menggunakan WordPress untuk website official.

Mungkin Anda bingung mengapa perusahaan besar memilih WordPress walaupun mungkin budget yang dimiliki besar? Sebenarnya, ada banyak alasan mengapa perusahaan besar lebih memilih penggunaan WordPress untuk kebutuhan website.

Salah satu kelebihan dari WordPress.org yaitu self hosted di mana semua informasi dan data ada di bawah kontrol pengguna. Selain itu, fitur platform juga cukup lengkap dan memberikan kebebasan pengguna untuk melakukan modifikasi, mengkurasi, serta melakukan publikasi.

15 Perusahaan Besar yang Menggunakan WordPress

Supaya lebih yakin dan mengetahui apa saja yang bisa diberikan WordPress maka Anda perlu melihat contoh dari perusahaan yang sudah memakai WordPress. Berikut beberapa perusahaan besar yang menggunakan WordPress baik website internasional maupun lokal, yaitu:

1. Sony Music

Sony Music termasuk sebagai tiga perusahaan rekaman ternama yang berasal dari Amerika Serikat. Uniknya, di dalam website Sony Music ini tidak ada banyak unsur musik yang bisa ditemukan.

Tampilan website sangat simpel dengan konten utama berupa berita mengenai Sony Music. Di bagian atas website ada slider dengan foto-foto musisi Sony Music dan bagian bawahnya menampilkan feed akun twitter milik Sony Music.

2. TIME

Mungkin sudah banyak orang yang mengenai majalah TIME. Majalah TIME merupakan majalah yang sudah terkenal di dunia sejak tahun 1923. TIME.com menunjukkan bahwa website tersebut adalah sebuah majalah.

Di dalam website, terdapat berita terbaru dengan artikel yang membahas mengenai hal yang sedang terjadi di dunia. Walaupun memiliki tampilan yang padat, namun pengguna tetap merasa bahwa website ini simpel dan tidak membingungkan.

Sehingga, orang-orang dapat mengakses website WordPress ini dengan mudah.

3. TechCrunch

Perusahaan yang menggunakan WordPress selanjutnya adalah TechCrunch. TechCrunch merupakan website yang membahas berbagai hal mengenai teknologi.

Anda bisa menemukan bahasan mengenai review gadget, analisis teknologi, berita teknologi terbaru, sampai berita dunia startup. Website yang dibuat menggunakan WordPress ini lebih berfokus pada konten.

Di halaman depan website Anda juga bisa menemukan berbagai berita dan artikel terbaru.

Baca juga: 6 Plugin Ongkos Kirim Terbaik Untuk Toko Online

4. BBC Amerika

Berbicara mengenai western series pasti orang akan mengatakan nama BBC Amerika. Perusahaan entertain BBC Amerika ini telah mengeluarkan banyak serial bagus yang disukai oleh banyak orang di dunia. Misalnya, Doctor Who, Top Gear, Star Trek, dan sebagainya.

Website ini didominasi dengan warna hitam dengan konten berhubungan dengan produk yang dibuat. Mulai dari jadwal tayang, informasi lengkap, sampai video trailer.

5. Fortune

Website Fortune berisi artikel dan berita mengenai bisnis yang sedang terjadi di dunia. Bukan hanya berita saja, ternyata terdapat artikel mengenai prediksi sektor bisnis untuk masa depan. Website WordPress ini memiliki tampilan warna putih dan penuh dengan konten.

Tetapi, walaupun begitu website ini tetap ringan, memiliki load time yang cepat, dan pengguna tidak merasa kebingungan saat mengunjunginya.

6. Walt Disney

Apakah Anda yakin masih ragu menggunakan WordPress? Pasalnya perusahaan seperti Walt Disney saja menggunakan WordPress untuk website perusahaannya.

Walaupun terlihat sederhana, ternyata website ini bisa menghasilkan keuntungan mencapai Rp1000 triliun pada tahun 2019. Di dalam website terdapat tokoh-tokoh Disney dengan desain yang cerah.

Selain itu, konten yang lebih ditujukan bagi orang dewasa adalah adanya real-time counter harga saham di bagian atas website.

7. The Rolling Stones

Bagi pecinta musik rock, kehadiran The Rolling Stone memang sudah tidak asing. The Rolling Stone adalah grup band terkenal asal Inggris yang dibentuk tahun 1962.

Website The Rolling Stone juga sangat unik, karena kontennya dibuat memanjang ke sampai menggunakan slider. Penggunaan warnanya juga sangat khas dan mencolok.

8. AMC

Bagi Anda yang suka menonton The Walking Dead atau Breaking Dead pasti sudah tidak asing dengan AMC. Karena, di setiap episodenya logo AMC selalu muncul sebelum serial dimulai. Website AMC juga terlihat to-the-point dan sederhana.

Saat dibuka, Anda bisa melihat gambar satu layar penuh mengenai serial yang sedang berlangsung. Pada bagian menu samping, Anda juga dapat menemukan informasi lengkap mengenai serial-serial yang ada.

9. PlayStation Blog

Untuk pecinta blog, pastinya sudah sangat mengenali PS atau PlayStation. Website blog ini menggunakan WordPress dengan tema warna hitam yang sangat khas sejak PlayStation 2. Sebenarnya, tidak ada hal yang istimewa dari PlayStation Blog ini.

Tetapi, website ini bisa menjadi salah satu contoh yang paling baik dalam penerapan strategi pemasaran konten marketing. Karena, konten yang ada baik konten langsung maupun tidak langsung berhubungan dengan konsol PlayStation.

Hal ini dapat menjadi peluang untuk mengubah pengunjung blog menjadi konsumen.

10. Wired

Tidak ingin ketinggalan dengan majalah terkenal lainnya, Wired juga memilih WordPress untuk websitenya. Website Wired ini menjadi contoh penggunaan grid system untuk setiap konten yang ada.

Sehingga, ketika Anda membuka website, Anda akan merasa seperti membaca koran.  Ketika dibuka, website Wired juga cukup cepat walaupun ada banyak konten di halaman depan website.

Baca juga: 15 Theme WordPress Untuk Company Profile

11. Portal Informasi Indonesia

Jika sebelumnya adalah contoh website perusahaan luar negeri yang menggunakan WordPress, ada juga website terkenal Indonesia yang menggunakan WordPress. Salah satunya adalah indonesia.go.id.

Website pemerintah yang menggunakan WordPress ini berupa portal informasi negara Indonesia yang resmi. Mungkin ketika melihatnya, Anda merasa tidak yakin bahwa website tersebut dibangun dengan CMS WordPress.

Tampilan website juga terlihat modern dan bagus karena menggunakan berbagai modifikasi dengan warna dominan yaitu merah dan putih.

12. Hipwee

Siapa anak muda yang tidak mengenal Hipwee? Hipwee adalah media online yang berisi konten viral dengan target pembaca anak muda. WordPress Indonesia terkenal ini sangat berfokus dengan konten dan memiliki tampilan yang menarik.

Pemakaian CMS WordPress yang telah dimodifikasi membuat penulisan artikel menjadi lebih mudah. Hal ini dikarena kelebihannya sehingga bisa mengatur user dan konten dengan mudah.

13. UNPAD

Ada banyak universitas di Indonesia yang menggunakan WordPress untuk website, salah satunya UNPAD. Tampilan websitenya juga cukup modern dan menarik, bahkan menurut beberapa pihak memiliki tampilan yang lebih baik dari universitas lainnya.

Fitur menu yang ada dalam website yaitu agenda, berita, profil, video, dan sebagainya.

14. Binus

Ternyata, official website Binus juga menggunakan WordPress. Tampilan dan layout yang sederhana membuat website Binus ini sangat cocok dengan image sebuah kampus. Penggunaan background berwarna putih membuat website terlihat lebih bersih.

Jika Anda melakukan scroll ke bawah, terdapat beberapa kategori berupa programs, recognition, article, news, dan event.

15. Universitas Indonesia

Website dengan alamat ui.ac.id juga dibangun menggunakan WordPress. Tampilan website juga terlihat simpel namun tidak kuno. Di bawah menu slider terdapat banner-banner dan ada juga portingan terbaru yang bisa ditemukan di kategori berita.

Selain website-website diatas, website berikut ini juga menggunakan wordpress:

  • Tokopedia Blog
  • Niagahoster Blog
  • RumahWeb Blog
  • Qwords Blog
  • Ahrefs Blog
  • UMS (Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Baca juga: Cara Duplikat Website WordPress

Mengapa Perusahaan Besar Menggunakan WordPress?

Menanggapi fenomena ini, tentu timbul pertanyaan, kenapa perusahaan besar banyak yang menggunakan WordPress. Seperti saya singgung di atas, tentu, dengan uang yang mereka miliki, mereka seharusnya mampu untuk membayar developer handal untuk menangani kebutuhan website mereka.

Tapi mari kita lihat lebih jauh! Tidak ada masalah yang lebih besar dalam bisnis, selain masalah penjualan. Masalah branding bisa menunggu.
Masalah SDM? Bagaimana mau scale-up SDM kalau penjualan masih belum maksimal.

Jika masalah penjualan bisa ditangani, Anda tentu bisa mendapatkan penjualan lebih cepat. Itu berarti, Anda bisa memiliki budget untuk merekrut SDM, lalu mungkin menggunakan jasa agensi branding untuk menyelesaikan urusan branding bisnis Anda. Dan WordPress menawarkan solusi untuk itu.

1. Kecepatan

Ketika bisnis Anda menginginkan penjualan secepatnya, maka bisnis Anda juga harus secepatnya beroperasi. Dengan menggunakan CMS khususnya CMS WordPress, kita bisa dengan cepat membuat website kita online. Bahkan tidak lebih dari satu jam setelah kita membeli hosting dan domain.

Memang benar, untuk berbisnis tidak harus dengan website. Namun, perlu Anda ketahui Facebook yang merupakan salah satu channel promosi paling efektif saat tulisan ini dibuat, bisa berjalan maksimal ketika kita sudah memiliki website sebagai landing page? Itu juga yang dilakukan oleh perusahaan/brand besar dengan WordPress mereka.

2. Content Marketing

Lalu apakah hanya dengan secepatnya membuat website akan menjamin kesuskesan bisnis online Anda? Tentu tidak semudah itu. Pertanyaannya kemudian, bagaimana perusahaan besar sukses menggunakan WordPress sebagai platform website mereka.

Terlepas dari mereka telah memiliki nama besar, Contnet Marketing menjadi hal krusial yang menentukan keberhasilan website mereka. Pada awalnya, WordPress memang CMS yang digunakan untuk blog, meskipun sekarang ini WordPress bisa digunakan untuk banyak hal.

Dalam content marketing, kata kuncinya ada pada valuable (berharga/bermanfaat). Artinya, Anda harus bisa membuat konten yang bermanfaat bagi calon pelanggan Anda. Tujuannya, agar menarik perhatian calon pembaca untuk membaca artikel/konten yang Anda sediakan, sehingga bermanfaat bagi kebutuhan mereka.

Mungkin Anda pernah mendengar kata “Sharing-sharing dahulu, Selling-selling kemudian”. Jadi di website kita, buatlah konten yang memang bermanfaat untuk calon pelanggan Anda. Ketika mereka sudah merasa terbantu maka kemudian lakukan penjualan secara ‘soft’ kepada mereka.

3. SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah proses agar website kita masuk ke urutan teratas di mesin pencari sebagai hasil pencarian yang relevan dengan apa yang dicari oleh calon pelanggan Anda.

Pada praktiknya, ini adalah pekerjaan yang sulit. Karena kita bersaing dengan banyak website di luar sana. Belum lagi, mereka yang memanfaatkan Google Ads, tentu mereka akan selalu tampil di halaman teratas pencarian Google.

Namun dengan menggunakan WordPress, sedikit banyak akan mempermudah kita dalam proses Optimasi Mesin Pencari (SEO). Ada ratusan plugin yang mendukung proses SEO dan bisa Anda gunakan.

Walaupun Anda tidak menggunakan metode content marketing atau Anda tidak menyediakan fitur portal di website Anda, namun Anda harus tetap memperhatikan SEO untuk website.

4. Hemat Biaya

Anda tidak perlu menyewa programmer mahal untuk membuat website Anda. Bahkan jika Anda meng-hire Advertiser di Komerce, Advertiser Anda siap untuk membuatkan dan mengelola website WordPress Anda. Anda hanya perlu membayar biaya pembelian domain dan hosting saja. Dan itu tidak lebih dari 500 ribu untuk WordPress yang standar.

5. Banyak Plugin & Themes

Salah satu keunggulan WordPress adalah ketersediaan plugin dan themes yang begitu banyak dan bervariasi. Sifat WordPress yang open-source membuat banyak pengembang membuat plugin dan themes untuk CMS yang satu ini.

Meskipun banyak plugin dan themes yang berbayar, namun plugin dan themes yang gratis juga tidak kalah banyak tersedia.

Baca juga: 28 Cara Mengamankan Website WordPress

6. Fleksibel

Dengan dukungan begitu banyak themes dan plugin, fleksibilitas WordPress tidak diragukan lagi. Kita bisa membuat berbagai macam jenis website hanya dengan menggunakan WordPress.

7. Aman & Berkembang

WordPress dibuat dengan bahasa pemrograman PHP & bersifat open-source. Selain bersifat gratis, project open-source biasanya relatif lebih aman karena dikembangkan oleh seluruh penggunanya di seluruh dunia.

Contohnya saja, saat ini ada jutaan pengguna WordPress di seluruh dunia dan lebih dari 300.000 diantaranya adalah programmer PHP. Nah, para programmer inilah yang rutin berkontribusi untuk mengembangkan WordPress.

Bila ada celah keamanan yang memungkinkan website Anda di-hack oleh pihak lain, ratusan ribu programmer tersebut akan siap sedia berkontribusi memperbaiki celah keamanan. Bandingkan bila Anda hanya menyewa 1-2 programmer untuk membuat sistem/website Anda.


Melihat banyaknya perusahaan besar yang menggunakan WordPress bisa menjadi salah satu pertimbangan bagi Anda yang ingin memakai CMS WordPress. Tidak hanya dibiarkan begitu saja setelah dibuat, Anda juga harus mengisi website dengan konten yang berkualitas.

Pengoptimalan website bisa membuat bisnis menjadi lebih berkembang apalagi jika bisa mengkonversi pengunjung website menjadi konsumen.

kolaborasi bersama komerce
Hartanto

Hartanto adalah web developer di Komerce. Hartanto ingin memastikan agar setiap website yang dikelolanya terus online. Dia juga banyak berbicara tentang landing page untuk penjualan.