5 Cara Menambah Followers Toko di Shopee Gratis 2021

Apakah kamu memiliki sebuah toko online di marketplace Shopee tapi belum memiliki banyak followers? Ternyata, followers yang benar-benar tertarget dengan baik bisa meningkatkan penjualan tokomu di Shopee!

Jadi, jangan coba meremehkan adanya followers, karena pengaruhnya cukup bagus untuk menaikkan jumlah penjualan pada produkmu. Kira-kira apa saja sih hal yang perlu kamu lakukan untuk bisa menambah dan menaikkan jumlah followers akun toko jualan di Shopee?

Baca juga: 10 Kesalahan Seller Saat Berjualan di Shopee

Cara Meningkatkan Followers Tertarget di Shopee

tips menambah followers shopee
Sumber gambar: Shopee

Mungkin kamu bingung, apa maksud dari followers tertarget? Jadi, berbeda dengan followers di Instagram atau Facebook yang mengikuti akunmu tanpa alasan tertentu. Di Shopee, followers tertarget ini harus sesuai dengan produk yang kamu jual.

Misalnya, kamu ingin menjual makanan burung, tidak semua pengguna Shopee pasti memiliki peliharaan burung bukan? Nah, tugasmu adalah mencari pengguna yang memiliki burung supaya produk pakanmu terjual kepada orang yang tepat.

Faktanya, followers non-targeting belum menjamin akan suka dengan produk yang kamu jual bahkan sampai membeli. Lalu bagaimana sih cara untuk bisa tambahkan followers? Berikut ini adalah beberapa tips dan cara menaikkan followers di Shopee.

1. Ikuti Akun Follower Toko Sainganmu

Cara agar followers-mu bertambah di Shopee adalah dengan mencoba ikuti siapa saja yang menjadi followers dari toko sainganmu. Namanya juga saingan, pasti toko tersebut menjual berbagai produk yang sama dengan apa yang kamu jual.

Misalnya saja, kamu menjual sebuah produk baju Korea, maka carilah toko kompetitor yang menjual baju atau pakaian mengingat tokomu dan kompetitor masih ada di 1 kategori yakni produk fashion. Tapi pastikan bahwa kamu mengikuti followers dari toko pesaingmu yang memang sudah besar.

Biasanya toko yang sudah besar pasti mempunyai ribuan followers dengan jumlah penjualan tinggi. Ketika toko kompetitormu lebih besar, maka biasanya followers akunnya asli bukan tipuan.

Berikut adalah cara untuk mengikuti para pengikut dari kompetitormu di Shopee :

  • Cobalah mencari toko kompetitor dengan memanfaatkan fitur “Pencarian”. kamu bisa juga mengaktifkan filter dengan tema “Pencarian Terpopuler”.
  • Cobalah menulis daftar toko mana saja yang mempunyai banyak pengikut dan reputasinya bagus.
  • Lakukan riset dan bandingkan antara satu toko dengan yang lainnya dan jika perlu, kamu bisa baca ulasan toko sesuai dengan followersnya.
  • Jika kamu sudah memiliki daftar toko sainganmu yang sekiranya tepat, maka kamu bisa pilih mana yang toko yang hendak ditargetkan dan pilihlah semua kategori.
  • Ikuti 100 hingga 200 akun Shopee dari toko yang kamu targetkan setiap harinya.
  • Jika sudah mengikuti, tunggu saja sampai mendapatkan notifikasi follback dari akun yang sudah diikuti.

2. Follow Akun Pembeli

Tips kedua agar pengikut tokomu di Shopee bertambah adalah dengan follow semua akun yang sudah membeli barang di tokomu. Ya, cobalah membuat aturan wajib bagi dirimu sendiri untuk mengikuti siapapun yang membeli produk di tokomu dengan harapan mereka akan follback akun jualanmu.

Menurut riset, cara yang kedua ini 60% berhasil lho untuk meningkatkan jumlah followers Shopee mu. Namun yang perlu diingat adalah, jual produk yang berkualitas dan memuaskan pembeli.

Ketika pembeli merasa puas, mereka pasti tidak segan untuk follow akun tokomu. Jika kasusnya adalah belum ada satu orangpun yang membeli produkmu, solusinya adalah mengikuti akun followers dari toko kompetitormu dan strategi-strategi lain.

3. Cobalah Mengaktifkan Voucher “Ikuti Toko”

Trik yang bisa kamu coba selanjutnya adalah dengan memanfaatkan voucher “Ikuti Toko”. Dengan voucher ini, maka followers mu bisa bertambah. Biasanya voucher ini akan memberikan diskon kepada calon pembeli berupa diskon kalau mereka mau mengikuti tokomu.

Kamu bisa menggunakan trik satu ini supaya followers toko ini bertambah. Voucher ini ternyata bisa terbukti bisa menambah banyak pengikut setiap bulan. Nah, agar banyak orang mau mengklaim voucher dan mengikuti tokomu, maka pastikan bahwa kamu meningkatkan traffic pada toko, caranya :

  • Buyer belum pernah follow tokomu sebelumnya saat voucher “Ikuti Toko” tengah berlangsung.
  • Satu buyer hanya dapat mengklaim 1 voucher “Ikuti Toko” dari 1 toko saja.
  • Buyer perlu rutin untuk mengunjungi dan follow tokomu selama voucher diskon sedang berlangsung.

Beberapa cara untuk mendaftar voucher “Ikuti Toko” untuk akun tokomu adalah :

  • Masuklah ke akun Shopee Seller Center.
  • Kemudian klik tulisan “Fitur Promosi Saya
  • Lalu pilihlah “Voucher Ikuti Toko”.
  • Selanjutnya, klik “Buat
  • Aturlah rincian untuk voucher yang kamu berikan kepada calon pengikutmu seperti tipe, jumlah potongan harga dan periode promo.
  • Ubahlah rincian mengenai voucher dan jika sudah klik “Aktifkan”.

4. Hubungkan Toko dan Sosial Media

Mengintegrasikan tokomu di Shopee dengan media sosial juga bisa menjadi salah satu cara jitu untuk menambah pengikut. Adapun cara menggunakan trik ini adalah :

  • Bukalah aplikasi Shopee yang ada di smartphone mu.
  • Setelah itu tekan “Halaman Saya”.
  • Kemudian pilih “Toko Saya”.
  • Kamu bisa scroll halaman ke bawah dan klik saja tulisan “Lihat Toko Saya”.
  • Berikutnya, kamu bisa tap “Tombol Titik Tiga” yang ada di sudut kanan.
  • Kemudian pilihlah menu “Share”.
  • Klik opsi bertuliskan “Salin Tautan” jika ingin menyalin link tokomu.
  • Langkah terakhir, kamu bisa menempelkan link toko di bio Instagram atau sebarkan di sosial media.

5. Beli Followers

Sebenarnya, cara yang kelima ini sifatnya opsional, ya! kamu bisa menggunakan cara yang terakhir ini sebagai pilihan terakhir, jika memang tidak memiliki waktu untuk melakukan semua cara yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Hanya saja, resiko yang kamu dapatkan ketika menggunakan cara yang kelima adalah followers mu bisa saja hanya bot atau palsu. Jadi, jika ingin gratis dan alami, gunakan 4 cara sebelumnya.

Baca juga: 14 Rekomendasi Produk Terlaris di Shopee 2021, Ayo Mulai Jualan !

Cara Menaikkan Jumlah Followers Toko di Shopee Gratis

Triknya tidak hanya sampai di 5 cara di atas saja! Masih ada beberapa hal yang bisa kamu coba untuk menaikkan jumlah pengikut tokomu di Shopee secara organik, yakni :

  1. Pastikan bahwa tokomu menggunakan foto profil jelas, menarik dan relevan dengan nama toko.
  2. Lengkapi tokomu dengan informasi yang akurat.
  3. Cobalah untuk rutin memposting produk jualanmu di “Shopee Feed” setidaknya 3 kali per seminggu.
  4. Ketika memposting produk di Shopee Feed, jangan lupa untuk gunakan hastag, minimal 3.
  5. Cobalah membuat giveaway yang mensyaratkan pengguna untuk mengikuti akun jualanmu di Shopee.
  6. Buatlah acara “Live Streaming” paling tidak sekali dalam 1 minggu sebagai sarana untuk promosikan produkmu ke followers.

Ingat, semakin banyak followers Shopee, maka akan semakin besar pula peluang produkmu terjual dengan banyak.

Pastikan kamu mengikuti semua trik menambah dan meningkatkan followers Shopee dengan mengikuti akun followers toko kompetitor, akun yang pernah membeli produkmu dan tautkan link toko di sosial media.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 3 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.