15 Peluang Usaha Minuman Modal Kecil yang Menjanjikan

komerce.id – Salah satu cara untuk menambah penghasilan adalah dengan membuat usaha mandiri, hal ini banyak dilakukan oleh orang-orang yang bekerja demi mendapat tambahan penghasilan. Namun, terkadang jika ingin membuat usaha orang-orang terkendala dengan modal.

Padahal banyak peluang usaha yang dapat dilakukan dengan modal kecil, jenis usaha ini bahkan dapat mendatangkan untung berkali-kali lipat jika kamu dapat mempromosikannya pada orang yang tepat.

Apa saja usaha-usaha tersebut? Komerce akan membahasnya dalam artikel 12 peluang usaha minuman modal kecil. Semua usaha ini membutuhkan modal kurang dari 10 juta loh, pas banget buat kamu yang ingin cari penghasilan dengan modal kecil.

Baca juga: 9 Tips Cara Mencari dan Riset Produk yang Sedang Trend di Pasaran

Contoh Peluang Usaha Minuman Modal Kecil

ilustrasi usaha minuman modal kecil
ilustrasi usaha minuman modal kecil, sumbe gambar: pexels.com

Bisnis minuman memang sangat menggiurkan, keuntungannya pun sesegar produknya. Hal ini tak lepas dari fakta bahwa Indonesia merupakan negara tropis yang merasakan sinar matahari sepanjang tahun, tak heran jika produk minuman segar tidak pernah surut. Buat kamu yang ingin mencoba bisnis minuman modal kecil, ini dia rekomendasi dari Komerce:

1. Es Teh (Dengan Berbagai Pilihan Rasa)

Siapa yang bisa menolak kesegaran es teh di siang hari yang terik? Es teh menjadi minuman segar yang paling digemari oleh masyarakat indonesia karena rasanya yang enak dan harganya yang cenderung terjangkau.

Saat ini jenis es teh tidak terbatas pada rasa teh original, namun juga tersedia dengan berbagai varian seperti es teh lemon, es teh leci, es teh mint, dan sebagainya. Modal usahanya pun cenderung murah.

2. Boba Milk Teh

Es boba atau black pearl menjadi minuman yang cukup hits beberapa tahun belakangan ini, es boba tersedia dengan berbagai rasa dan jenis minuman. Boba kini banyak tersedia di mana saja, bahkan di daerah yang jauh dari perkotaan.

Modal usaha untuk menjual boba milk tea cenderung murah, bahkan saat ini tersedia berbagai franchise yang mematok harga kurang dari 10 juta rupiah. Cukup murah bukan?

3. Es Degan

Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki bahan baku kelapa yang sangat melimpah. Kamu akan dengan mudah menjumpai pedagang kelapa muda di daerahmu, inilah yang membuat bisnis es degan dapat menjadi pilihan bisnismu.

Selain rasanya yang segar, modal usaha es degan atau kelapa muda sangatlah terjangkau. Kamu bisa membeli kelapa butir dari petani kelapa, dan kamu tinggal menyiapkan beberapa perlengkapan dan bahan tambahan.

4. Sari Tebu

Sama seperti kelapa, tebu juga banyak dijumpai di Indonesia meskipun tak sebanyak kelapa. Namun, kamu bisa dengan mudah memperoleh batang tebu dengan membeli dari petani. Untuk es sari tebu, kamu memerlukan alat khusus untuk memeras sarinya yang terdapat pada batang tebu.

Es sari tebu saat ini banyak dijumpai di manapun. Rasanya yang segar, manis, dan ramah di kantong membuat es tebu tidak pernah kehilangan penggemarnya. Apakah kamu salah satu dari mereka?

5. Es Pisang Ijo

Es khas Makassar ini memiliki ciri khas berwarna hijau dengan kelengkapan yang cukup banyak. Tapi, rasanya pun tak kalah sedap dibandingkan dengan minuman yang telah disebutkan dalam poin sebelumnya. 

Meskipun terlihat banyak memiliki bahan pelengkap, namus sebenarnya es pisang hijau cukup mudah dibuat. Bahan-bahannya pun mudah ditemui dan tak harus jauh-jauh mencarinya hingga ke Makassar.

6. Es Kepal Milo

Es kepal milo juga pernah hits beberapa tahun yang lalu, es ini sangat nikmat disantap di siang hari terutama buat para pecinta cokelat. Hal ini dikarenakan bahan utama dari es kepal milo adalah larutan cokelat.

Buat kamu yang ingin memulai bisnis ini, kamu bisa memulainya dengan modal yang relatif rendah. Bahannya pun tidak terlalu banyak dan sangat mudah dibuat. Tertarik untuk mencoba?

7. Es Cincau Hijau

Es cincau hijau berasal dari tanaman cincau yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan jelly dengan rasa yang khas. Untuk tambahannya, cukup lengkapi dengan santan cair, gula merah, dan es batu.

Es cincau ini banyak ditemui di pasar-pasar tradisional. Tapi tak salah jika kamu ingin menjualnya di tempat yang lebih kekinian, loh! Untuk modalnya juga cenderung murah dan pas untuk kamu yang memiliki modal minim.

8. Es Jus

Es jus merupakan minuman yang banyak digemari oleh berbagai kalangan dan usia. Indonesia dengan sumber daya alam berupa buah-buahan yang sangat melimpah sangat mendukung buat kamu yang ingin memulai bisnis ini.

Jus buah selain segar juga kaya akan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, harganya pun tergolong murah untuk minuman yang menyehatkan. Selain itu, es jus tidak membutuhkan pengolahan yang rumit.

9. Es Cendol

Es cendol sangat populer ketika memasuki bulan puasa. Namun, kamu juga bisa menikmati kesegarannya di hari-hari biasa tanpa harus menunggu datangnya bulan ramadhan. Jika kamu penyuka es cendol, kamu juga bisa mencoba bisnis minuman asli indonesia ini.

Modal yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Jika kamu ingin mempersingkat prosesnya, kamu bisa membeli cendol di pasaran yang dijual dengan kemasan plastik. Kamu cukup menyiapkan bahan pelengkap yang lainnya untuk menambah kesegaran es cendol.

10. Kedai Kopi

Saat ini kedai kopi sudah sangat menjamur dengan berbagai ciri khasnya. Kamu bisa mencoba bisnis sejenis dengan anggaran yang lebih minimalis, loh! Kuncinya, kamu harus tau jenis-jenis dan kualitas kopi yang baik.

Tertarik untuk mencoba bisnis ini? Indonesia salah satu penghasil kopi terbaik, kamu bisa mendapatkan biji kopi berkualitas dari dalam negeri untuk memanjakan lidah pecinta kopi.

Baca juga: 10+ Supplier Dropship Terpercaya dan Terbaik di Indonesia

11. Bisnis Cold Brew

Cold brew adalah teknik menyeduh kopi dengan air dingin, berbeda dengan bisanya yang menggunakan air panas. Sebagian pecinta kopi lebih memilih teknik ini dibandingkan teknik menyeduh kopi dengan air panas.

Jika kamu bisa melakukan teknik ini dengan baik, kamu akan mendapatkan rasa kopi yang khas dan berbeda. Kamu juga bisa menjadikan ini sebagai bisnis untuk menambah penghasilan kamu loh!

12. Minuman Susu Kedelai Aneka Rasa

Susu kedelai baik untuk tubuh terutama bagi wanita menyusui, olahragawan yang sedang membentuk otot, serta anak-anak yang alergi akan protein susu sapi. Tak heran jika susu kedelai tak kalah laris dibandingkan susu sapi.

Kamu akan sangat mudah menemukan bahan baku susu kedelai di pasar, prosesnya pun tidak memerlukan keahlian khusus. Harganya pun lebih murah dibandingkan dengan susu sapi yang banyak dijual di pasaran karena modal yang dibutuhkan pun tidak besar.

13. Es Coklat

Coklat banyak digemari oleh berbagai kalangan dalam berbagai sajian. Tak terkecuali dengan es coklat memiliki banyak penggemar, terutama anak muda yang sangat menyukai olahan biji kakao ini. 

Saat ini banyak terdapat bubuk minuman coklat yang sangat mudah diolah hingga menjadi minuman yang menyegarkan. Minuman ini semakin segar jika dilengkapi dengan berbagai topping tambahan seperti chocochips, meses, jelly, dan lain-lain.

14. Minuman Thai Tea

Thai Tea adalah minuman khas Thailand yang dibuat dari campuran teh hitam, susu cair, dan susu kental manis. Rasanya pun menyegarkan dan cocok dinikmati di siang hari yang terik.

Prospek bisnis ini cukup bagus karena thai tea dapat dinikmati oleh konsumen dari berbagai kalangan, untuk memulainya pun tidak membutuhkan modal yang banyak karena bahannya mudah didapatkan. 

15. Jus cold-pressed

Berbeda dengan jus biasa, jus cold-pressed dinilai lebih sehat dan kaya gizi sebab minuman ini dibuat dengan cara mengekstrak jus dari buah dan sayuran. Minuman ini banyak digemari oleh orang-orang yang menerapkan hidup sehat.

Kamu memerlukan alat khusus untuk memproduksi jus ini. Namun, kamu tidak membutuhkan modal yang sangat besar untuk membelinya. Bagaimana? Ingin mencoba jualan?

Baca juga: 18 Komunitas Bisnis Terbesar di Indonesia, Ingin Bergabung?

Peluang bisnis dari jualan minuman segar memang sangat menggiurkan. Namun, kamu harus menyesuaikan modal yang kamu miliki untuk membuka bisnisnya. Jika kamu memiliki modal yang relatif kecil, kamu bisa mencoba bisnis produk-produk yang sudah kami rekomendasikan.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Tak ada salahnya untuk menambah penghasilan dari bisnis minuman-minuman segar seperti di atas. Apalagi jika kamu dapat menemukan bahan bakunya dengan mudah.

Ikuti terus update artikel dari blog komerce untuk tips bisnis lainnya, jangan lupa untuk ikuti media sosial Komerce untuk update informasi seputar kami. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Nanda

Nanda adalah content specialist di Komerce. Nanda ingin terus berbagi pengalamannya melalui artikel-artikelnya di blog Komerce. Memastikan Anda mendapatkan pengalaman-pengalaman baru tentang dunia customer service dan e-commerce.

Satu pemikiran pada “15 Peluang Usaha Minuman Modal Kecil yang Menjanjikan”

Tinggalkan komentar