18 Komunitas Bisnis Terbesar di Indonesia, Ingin Bergabung?

Komunitas bisnis merupakan sebuah wadah yang dicari oleh para pengusaha baik yang masih pemula maupun senior. Komunitas memiliki peran yang begitu penting bagi kalangan pebisnis, salah satunya adalah memperkenalkan bisnis yang tengah dijalankan.

Tak hanya berhubungan dengan bisnis itu sendiri, seorang pengusaha juga kerap menggunakan komunitas sebagai tempat pengembangan diri. Di sana, para pengusaha dapat saling berbagi banyak hal, mulai dari pengalaman, strategi bisnis, saling memberi motivasi serta inspirasi, dan lainnya.

Pebisnis di Indonesia ada beragam jenisnya, mulai dari pelaku UMKM hingga pengusaha kelas atas. Perbedaan jenis-jenis pengusaha ini melahirkan begitu banyak komunitas. Apakah Anda mengetahui apa saja komunitas yang dimaksud?

Baca juga: 20 CEO Muda Indonesia Paling Inspiratif

Daftar Komunitas Bisnis/Pengusaha di Indonesia

ilustrasi kekompakan komunitas bisnis di Indonesia
Sumber gambar: cimaglobal.com

Dari seluruh komunitas pengusaha atau pebisnis di Indonesia yang jumlahnya bisa mencapai ribuan, di bawah ini akan dijelaskan 18 di antaranya. Komunitas-komunitas yang akan dijelaskan di sini merupakan yang paling besar skalanya dibanding yang lain. Berikut ini adalah nama-nama komunitas bisnis di Indonesia?

1. Tangan di Atas (TDA)

Tangan di Atas adalah sebuah komunitas pebisnis Jakarta yang telah berdiri sejak 2006. Komunitas yang punya markas di bilangan Jakarta Selatan ini memiliki jumlah anggota hingga 15.000.

Tak hanya ada di Jakarta atau Indonesia, anggotanya juga tersebar di 4 negara seperti Mesir, Hongkong, Australia, dan Singapura.

TDA sangat mengedepankan spiritualitas dan pengembangan karakter pebisnis. Tujuan didirikannya Tangan di Atas ini tak hanya mengejar materi atau profit semata, hal inilah yang menjadikannya menarik dan mampu menggaet anggota hingga belasan ribu jumlahnya.

Untuk tahu lebih lanjut, silahkan kunjungi websitenya di tangandiatas.com

2. Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI)

Ketika membicarakan tentang komunitas pengusaha, rasanya kurang lengkap jika tidak membahas tentang HIPMI. Himpunan Pengusaha Muda Indonesia hampir memasuki usia setengah abad mengingat pertama kali didirikan pada 10 Juni 1972.

Usia komunitas yang tak lagi muda menjadikan HIPMI sebagai komunitas pengusaha terbesar dan memiliki jangkauan terluas di Indonesia.

HIPMI terbagi ke dalam kelompok-kelompok yang lebih kecil mulai dari skala perguruan tinggi, kota atau kabupaten, provinsi, hingga nasional. Jika ingin tahu lebih lengkap mengenai HIPMI, Anda dapat mengunjungi laman resminya di hipmi.org, atau melihat akun di media sosial Instagram.

3. Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI)

Seperti namanya, KPMI memiliki anggota yang terdiri atas pengusaha atau pebisnis muslim yang ada di Indonesia. Lahir tahun 2010, artinya KPMI sudah berusia 11 tahun di 2022 ini. Selama 11 tahun berdiri, komunitas bisnis muslim ini memiliki anggota kurang lebih 32 ribu orang.

Tak jauh berbeda dengan HIPMI, KPMI juga memiliki sub komunitas yang ada di seluruh wilayah Indonesia, baik di tingkat kota maupun provinsi.

4. Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI)

Pebisnis yang bergelut di bidang hospitality, khususnya hotel dan restoran tentu mengenal dengan sangat baik Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia. PHRI merupakan komunitas yang tepat untuk mendapatkan jaringan, pelatihan, dan peningkatan kapasitas diri.

Banyak anggota komunitas mendapatkan informasi penting terkait bisnis restoran dan hotel lebih cepat dibandingkan orang-orang di luar komunitas. Hal ini tentu menguntungkan pebisnis sehingga dapat mempersiapkan lebih awal untuk menentukan langkah yang harus diambil selanjutnya.

5. Asosiasi Kafe dan Restoran (AKAR)

Asosiasi Kafe dan Restoran atau AKAR sebenarnya merupakan anak komunitas dari PHRI. Fokusnya akar lebih mengarah kepada pengusaha di bidang kuliner, yaitu kafe dan restoran. Namun AKAR ini masih terbilang sangat baru.

Jangkauan AKAR masih belum seluas PHRI. Berdasarkan informasi terakhir, AKAR ini baru ada di wilayah Jawa Barat, khususnya Kota Bandung. Namun, dapat dipastikan anggota AKAR akan semakin bertambah dan jangkauannya pun semakin meluas seiring berjalannya waktu.

6. Komunitas Publisher Indonesia (Ads.id)

Ads.id pasti sudah sangat dikenal oleh pengusaha-pengusaha di bidang publisher. Awalnya, komunitas online ini memang dibuat sebagai wadah berkumpul para publisher. Namun seiring berjalannya waktu, anggotanya pun merambah ke pebisnis di bidang sejenis.

Contoh anggota Ads.id selain dari kalangan pengusaha publisher antara lain pengusaha di bidang bisnis digital, media sosial, dan afiliasi. Meski begitu, jumlah anggota dari kalangan publisher masih mendominasi di sini. Ads.id juga termasuk komunitas bisnis digital Indonesia yang paling ramai dan lama.

7. Richvolution Community

Belakangan ini, investasi sedang menjadi tren di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya untuk kalangan dewasa muda. Kalau Anda baru terjun ke bisnis investasi dan membutuhkan bimbingan dari para senior, Richvolution Community adalah tempat yang tepat.

Visi utama dari komunitas investor ini adalah memberikan edukasi kepada generasi muda mengenai finansial, khususnya investasi. Jika merasa penasaran dan tertarik dengan komunitas satu ini, kunjungi saja akun Instagramnya yang memiliki username richvolution.

8. Komunitas Startup Jakarta

Dari namanya saja mungkin Anda sudah bisa memahami arah dari komunitas bisnis yang satu ini. Ya, tebakan Anda sama sekali tidak meleset. Komunitas Startup Jakarta adalah sebuah organisasi yang beranggotakan founder-founder startup dari wilayah Jakarta.

Uniknya, komunitas startup ini berada di bawah naungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta secara langsung. Usianya memang masih terbilang sangat muda karena baru diresmikan pada 29 Maret 2017.

Aktivitas utama yang dijalankan oleh Komunitas Startup Jakarta antara lain knowledge sharing, meetup, dan masih banyak lagi.

9. Online Seller Meetup

Penjual online di Indonesia jumlahnya sangat banyak, mungkin bisa mencapai jutaan jika dihitung dari Sabang sampai Merauke. Tak heran jika akhirnya Online Seller Meetup lahir.

Kelahiran komunitas ini dipelopori oleh perusahaan bernama KoinWorks. Visi utama pendirian komunitas ini adalah pengembangan usaha di bidang teknologi digital.

Para anggotanya mendapatkan banyak pelatihan mengenai bisnis dan networking. Tak cuma itu, KoinWorks pun memberikan pembiayaan.

10. Boeatan

Masih berhubungan dengan komunitas sebelumnya, Boeatan ini sama-sama dipelopori dan didanai oleh KoinWorks. Boeatan ini memiliki anggota yang terdiri atas pebisnis atau pengusaha di bidang kerajinan tangan.

Kegiatan utama yang dijalani oleh anggota komunitas Boeatan adalah pelatihan atau workshop. Hal ini bertujuan agar para pengusaha dapat terus mengikuti tren yang sedang berkembang saat ini.

Baca juga: 16 Kisah Wirausahawan Sukses di Bidang Kerajinan yang Memotivasi

11. HerAction

Tak sedikit wanita Indonesia yang terjun ke dunia bisnis dan menjadi sukses. Pengusaha wanita ini mendapatkan perhatian khusus dari KoinWorks sehingga pihaknya mendirikan komunitas bernama HerAction.

Di komunitas ini, para pengusaha wanita dapat melakukan banyak hal, misalnya berdiskusi mengenai bisnis, bertemu dengan berbagai sosok inspiratif, dan mengembangkan skill dalam berbisnis. Berkat komunitas ini, bisnis yang dijalankan oleh para businesswoman ini pun semakin cemerlang.

12. JDA Community

Kalau saat ini Anda ingin terjun ke dunia bisnis namun masih bimbang karena banyak hal, cobalah untuk bergabung dengan JDA Community. Komunitas ini mengedepankan orientasi pada aksi.

Para anggota di komunitas ini tidak segan memberikan pendampingan untuk Anda yang baru akan memulai bisnis.

Jika sudah punya bisnis sebelumnya, JDA Community juga akan mendampingi Anda untuk mengembangkan bisnis. Bagi anggota JDA, aksi lebih penting daripada ide brilian yang hanya diucapkan.

13. Global Entrepreneurship Program Indonesia (GEPI)

GEPI terinspirasi dari komunitas bernama Global Entrepreneurship Program yang dibentuk oleh Barrack Obama bersama Hillary Clinton di AS. Foundernya adalah 13 pengusaha yang sudah sukses sebelumnya.

Visi utama dari Global Entrepreneurship Program Indonesia adalah membantu startup atau perusahaan rintisan dalam memulai bisnis mereka. Tak cuma soal permodalan, GEPI ini juga sangat welcome kepada pengusaha yang ingin meningkatkan kapasitas dirinya.

14. YukBisnis

Komunitas bisnis YukBisnis termasuk organisasi yang besar. Tidak hanya para pebisnis yang dapat menjadi anggota di sini. Anda yang baru berniat untuk terjun ke dunia bisnis pun dipersilakan untuk bergabung bersama YukBisnis.

Aktivitas utama dari YukBisnis adalah mentoring dan sharing. Komunitas ini bahkan memiliki kurikulum tersendiri untuk menjalankan bisnis. Kurikulum tersebut terdiri atas 5 aspek berikut:

  • Mulai
  • Profit
  • Sistemasi
  • Multiplikasi
  • Investasi

Komunitas yang satu ini juga memiliki beberapa unit usaha yang bergerak di bidang jasa. Berikut detailnya:

  • YUBImini
  • Sarang Semut
  • YubiPRO
  • Yubistore
  • Yubi.id
  • Guyub
  • Formula

15. SB1M

Sekolah Bisnis 1 Milyar atau SB1M merupakan komunitas bisnis online yang sudah berdiri sejak 2013. Visi utamanya adalah mencetak pengusaha-pengusaha yang dapat memiliki penghasilan bersih sebesar 1 Milyar setiap bulannya.

Komunitas SB1M memiliki fokus utama pada internet marketing. Apabila Anda bergabung dengan komunitas ini, para pebisnis yang lebih senior di komunitas ini akan memberikan pendampingan dan berbagai arahan sampai Anda mengikuti jejak suksesnya.

Baca juga: Ide Bisnis Dropship Paling Laris dan Menguntungkan

16. JCI Indonesia

JCI Indonesia masuk ke dalam jajaran komunitas bisnis yang terbesar sekaligus terbaik di Indonesia. Hingga saat ini, keanggotaan JCI telah tersebar di 27 dari 34 provinsi di Indonesia. Apakah Anda tertarik untuk menjadi salah satu anggota di sini?

Para anggota yang tergabung dalam JCI Indonesia akan mendapatkan banyak manfaat positif, misalnya mendapatkan ilmu mengenai bisnis di berbagai bidang sesuai dengan minat anggota tersebut. JCI pun membekali anggotanya dengan skill yang nyata, bukan hanya ilmu tanpa aksi.

17. AVANA Indonesia

AVANA sendiri merupakan platform yang menyediakan jasa pembuatan toko online berbasis website. Namun tak hanya itu, rupanya AVANA juga mendirikan sebuah komunitas bisnis bernama AVANA Indonesia.

Fokus utama dari komunitas ini adalah memberikan training dan ilmu kepada penggunanya mengenai bisnis di dunia online. Para anggota pun berkesempatan mempromosikan dan memperluas pasarnya melalui komunitas ini.

18. Investor Muda

Pada dasarnya, Investor Muda merupakan sebuah komunitas yang fokus pada saham. Namun tak sedikit pebisnis yang menjadi anggota di klub ini.

Investor Muda fokus berbagai ilmu dan pengetahuan tentang analisis saham, strategi investasi, manajemen risiko, dan mempelajari kondisi pasar. Komunitas ini selalu mengadakan online gathering untuk berbagai wawasan.

Baca juga: 11 Perbedaan Pemasaran Online dan Offline

Komunitas bisnis merupakan sebuah organisasi yang anggotanya merupakan para pebisnis atau pengusaha. Masing-masing perhimpunan yang telah dijelaskan di atas tentu memiliki visi dan misi yang berbeda satu sama lain.

Kalau Anda berminat untuk bergabung di sebuah komunitas bisnis di Indonesia, tentukan terlebih dahulu apa yang ingin didapatkan dari komunitas tersebut? Setelah itu, Anda bisa memilih komunitas yang visi dan misinya sesuai dengan tujuan awal.

Bergabung ke dalam sebuah komunitas bukanlah suatu keharusan bagi seorang pengusaha atau pebisnis. Namun, tidak ada salahnya mencoba bergabung ke perkumpulan seperti ini. Pasalnya, tak jarang kesempatan dan peluang bisnis muncul dari dalam komunitas.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 3 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Satu pemikiran pada “18 Komunitas Bisnis Terbesar di Indonesia, Ingin Bergabung?”

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.