facebook-viewcontent

Paket Lazada Tidak Bisa di Scan Barcode & Cara Mengatasinya

komerce.id – Alasan paket Lazada tidak bisa discan memang ada banyak penyebabnya. Proses pengiriman paket Lazada sendiri akan melalui jasa logistik, seperti MDOP, drop point, atau warehouse. Maka dari itu, hal ini harus segera diatasi agar tidak ada masalah dalam pengiriman nantinya.

Dalam proses pengiriman paket, kamu membutuhkan barcode scan untuk mengupdate resi pada lokasi transit. Lazada sendiri akan menempelkan label yang berisikan nomor resi dan barcode.

Permasalahan paket tidak bisa discan ini memang banyak dijumpai dalam dunia logistik. Untuk memudahkan perjalanan pengiriman di banyak tempat, jasa logistik menggunakan fitur scan. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai penyebab dan cara mengatasi paket Lazada yang tidak bisa discan.

Baca juga: Cara Membatalkan Pesanan di Lazada yang Sudah Diproses

Penyebab Paket Lazada Tidak Bisa Discan

Penyebab Paket Lazada Tidak Bisa Discan
Penyebab Paket Lazada Tidak Bisa Discan

Setiap marketplace tentu memiliki kebijakan tersendiri mengenai standar kemasannya. Tak terkecuali Lazada yang menetapkan kualifikasi tertentu untuk kemasan produknya. Setiap penjual harus menempelkan barcode pada label paket Lazada.

Label pengiriman sendiri menjadi dokumen yang sangat penting dalam proses logistik. Biasanya, label ini memuat nama toko, penerima, alamat, dimensi & berat, nomor pelacakan, dan barcode.

Penjual harus memproduksi barcode dan label dengan baik agar rincian informasi yang ada di dalamnya bisa membantu proses pengiriman. Untuk menghasilkan label barcode yang baik, kamu harus memastikan beberapa poin berikut.

  • Hasil cetakan harus jelas, sebaiknya gunakan thermal printer agar barcode tidak mudah rusak saat tergores atau terkena air.
  • Label yang memuat barcode harus berukuran minimal A6.
  • Permukaan label harus rata, terhindar dari lakban apalagi pada tracking number dan barcode.

Proses pengemasan juga sangat berpengaruh terhadap keutuhan barcode selama di pengiriman. Paket yang dikemas dengan rapi bisa memudahkan tim logistik dalam menscan barcode. Dengan begitu, lokasi paket akan lebih cepat terupdate dan pengiriman berjalan dengan lancar.

Ketika mengirim barang, penjual dan pembeli pasti sama-sama harap cemas. Makanya, penting untuk memilih jasa logistik terpercaya yang menyediakan layanan update resi. Untuk mengupdate resi ini, kamu membutuhkan barcode yang harus di scan di setiap tempat transit.

Sayangnya, pada beberapa kasus, petugas mengaku tidak bisa menscan paket Lazada. Mengapa demikian?

  1. Ada kesalahan pada nomor resi dari pertama kali petugas menginput nomor. Hal ini akan menyebabkan data resi tidak sesuai, sehingga sistem tidak mampu membacanya
  2. Terjadi keterlambatan pengiriman dari petugas Lazada dalam memasukkan nomor resi, sehingga fungsi scan terpengaruhi
  3. Pengiriman mengalami overload, sehingga paket harus antri dan barcode belum bisa terbaca
  4. Ada gangguan pada sistem Lazada dan fitur scan terkendala
  5. Kode barcode terhapus maupun hilang karena kemasan paket mengalami kerusakan.
Baca juga: 15 Cara Jualan di Lazada Agar Cepat Laku untuk Pemula

Cara Mengatasi Paket Lazada Tidak Bisa Discan

Cara Mengatasi Paket Lazada Tidak Bisa Discan
Cara Mengatasi Paket Lazada Tidak Bisa Discan

Jangan khawatir jika paket Lazada kamu tidak bisa discan. Kamu bisa mencoba mengatasinya dengan melakukan beberapa cara di bawah ini.

1. Memastikan Barcode Masih dalam Kondisi Baik

Ketika hendak mengirim barang, penjual sebenarnya sudah memperhatikan kemasannya. Kemasan tentu sudah dibuat sekuat mungkin sesuai dengan produk di dalamnya. Namun, entah karena alasan apa terkadang kemasan masih bisa rusak.

Bisa jadi karena terkena air, mengelupas, atau lain sebagainya. Hal ini bisa menyebabkan barcode tidak bisa di scan karena kodenya hilang sebagian atau bahkan seutuhnya.

Maklum saja karena barcode ditempelkan pada bagian luar kemasan, sehingga rentan terkena goresan. Maka dari itu, kamu harus memastikan barcode berada dalam kondisi baik. Pastikan bentuknya utuh dan bisa di scan.

2. Memakai Nomor Resi Sebagai Pengganti Scan

Keberadaan barcode memang akan memudahkan kamu dalam scan paket. Namun, jika memang barcode rusak, kamu bisa menggunakan nomor resi untuk melacak paket. Pada dasarnya, fungsi input nomor resi sama seperti scan barcode.

Kamu bisa langsung mengetikkan nomor resi ke komputer untuk mengupdate status pengiriman barang. Selain itu, keberadaan resi juga bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan dan membuktikan kredibilitas suatu jasa logistik.

3. Periksa Perangkat Scan

Untuk scan barcode paket, tentu saja kamu membutuhkan alat khusus. Alat ini sudah dilengkapi dengan fitur canggih dan sensor modern, sehingga memudahkan kamu dalam membaca barcode.

Kamu bisa memeriksa perangkat scan. Siapa tahu bukan barcode yang mengalami kerusakan, melainkan perangkat scan kamu. Cara mengetesnya sangat mudah, kamu bisa mencoba fungsi scan pada barcode paket lain.

Jika pada paket lain bekerja dengan baik, maka sudah pasti barcode kamu rusak. Namun, jika sama-sama tidak bisa scan, maka sebaiknya kamu mengganti perangkat scan kamu.

4. Cek Koneksi Internet

Alat scan barcode menggunakan listrik dan internet agar dapat berfungsi secara optimal. Seringkali barcode Lazada tidak dapat di scan karena koneksi internet lemot. Maka dari itu, cara mengatasi paket Lazada tidak bisa discan selanjutnya adalah dengan memeriksa koneksi internet.

Pastikan internet lancar tanpa hambatan. Kamu bisa menggunakan personal hotspot jika memang WiFi sedang terkendala. Selain itu, pastikan tidak ada banyak perangkat yang terkoneksi dengan daya internet kamu.

5. Kontak CS Lazada

Paket Lazada tidak bisa discan memang begitu menyulitkan penjual maupun petugas. Namun, daripada kamu terus kebingungan dan berdiam diri saja, lebih baik kamu segera mencari jalan keluarnya. 

Ternyata, kamu bisa meminta bantuan dari customer service Lazada secara langsung. Kamu bisa menghubunginya pada jam kerja, yakni setiap hari pukul 09.00 – 17.00 WIB agar masalah cepat teratasi. Namun, sebenarnya Lazada memiliki customer service yang siap sedia selama 24 jam.

Pihak Lazada akan melayani kamu dengan ramah dan memberikan penyelesaian termudah atas masalah yang kamu hadapi. Untuk menghubungi customer service, kamu bisa email support@lazada.co.id atau hubungi call center langsung di nomor 021 80640090.

6. Datangi MDOP Lazada atau Drop Point Terdekat

Layaknya marketplace lainnya, Lazada juga memiliki drop off point untuk mengirim paket. Drop off point ini menjadi tempat pertama penjual meletakkan barang untuk selanjutnya jasa logistik melakukan pengiriman.

Bila memang barcode paket Lazada tidak bisa di scan, maka kamu harus mendatangi drop off point terdekat. Kamu bisa langsung bertanya kepada petugas, apa penyebab paket tidak bisa discan. Setelah itu, jangan lupa untuk minta penyelesaiannya.

Petugas akan membantu kamu secara langsung sampai gangguan selesai teratasi. Mengunjungi drop off point juga memudahkan kamu dalam menggali informasi terkait pengiriman dan fasilitas lainnya.

Baca juga: 12 Rekomendasi Produk Terlaris di Lazada Untuk Penjual Pemula

Barcode untuk scan dalam pengiriman logistik memang sangat penting dilakukan. Sayangnya, karena beberapa alasan barcode ini bisa error dan tidak terbaca.

Jika ada barcode yang error, kamu harus langsung tahu cara mengatasinya. Hal ini penting untuk menjamin keselamatan paket sampai ke tangan pembeli. Keberadaan barcode ini yang bisa terus mengupdate kondisi paket, sehingga pembeli merasa tenang.

Apalagi, cara mengatasi paket Lazada tidak bisa di scan juga cukup mudah. Kamu tidak membutuhkan waktu lama untuk menanganinya. Semakin banyak masalah barcode paket yang kamu temui, maka akan semakin terbiasa pula kamu mengatasinya.

admin marketplace komtim
Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar