5 Cara Membatalkan Pesanan di Lazada yang Sudah Diproses

Komerce.id – Belanja online tengah menjadi trend di kalangan masyarakat. Lazada adalah salah satu platform belanja online yang terkenal. Bila salah memesan barang, kamu pun bisa membatalkannya. Jangan khawatir, cara membatalkan pesanan Lazada cukup mudah.

Platform ini menawarkan aneka jenis produk dari berbagai kategori. Mulai dari pakaian, tas, aksesoris, sepatu, hingga kebutuhan rumah tangga. Harga yang ditawarkan juga terbilang terjangkau, tergantung kebijakan penjual.

Lazada berhasil mendapatkan hati masyarakat berkat penggunaannya yang mudah. Proses pengirimannya juga terbilang cepat dan transparansi transaksi membuat pelanggan merasa aman. Simak informasi selanjutnya pada artikel ini.

Baca juga: Cara Pengembalian Barang COD Lazada

Syarat Membatalkan Pesanan Lazada

syarat membatalkan pesanan lazada
Syarat membatalkan pesanan lazada

Pesanan Lazada bisa batal otomatis bila respon seller lambat atau ada masalah pada pengiriman. Sebelum kamu mengetahui cara membatalkan pesanan Lazada, kamu wajib mengetahui ketentuan dan syarat yang sudah ditetapkan pihak Lazada.

Membatalkan pesanan bisa kamu lakukan untuk semua jenis produk tanpa terkecuali. Tapi, kamu harus memastikan produk tidak berasal dari LazGlobal atau berbagai produk digital. Terdapat aturan resmi yang menjelaskan persyaratannya secara detail.

  • Pesanan tidak bisa dibatalkan jika sudah diproses di gudang, apalagi jika sudah berada di pihak ekspedisi.
  • Konsumen harus menghubungi seller untuk konfirmasi pembatalan pesanan. Bila sudah ada kesepakatan, barulah kamu membatalkan pesanan.
  • Bila metode pembayaran kamu menggunakan kartu kredit, klikpay, ataupun cicilan, maka limitnya akan kembali dalam kurun waktu 7 sampai 14 hari kerja.
  • Pesanan yang sudah di cancel tidak bisa kamu aktifkan kembali.
  • Bila kamu sudah membatalkan pesanan, maka voucher atau kode promo tidak bisa kamu pakai lagi.
  • Bila pembayaran menggunakan metode transfer bank, maka pengembaliannya akan memakan waktu sekitar 2 sampai 5 hari kerja.
  • Pesanan yang sudah dibatalkan tidak bisa kamu aktifkan kembali, kecuali jika kamu checkout ulang.
Baca juga: 12 Cara Mendapatkan Pengikut Lazada dengan Aman

Cara Membatalkan Pesanan Lazada

cara membatalkan pesanan lazada
Cara membatalkan pesanan lazada

Setelah mengetahui syarat membatalkan pesanan, kini kamu bisa membatalkan pesanan Lazada secara langsung. Jangan khawatir, caranya sangat mudah dan tidak membutuhkan proses yang lama.

Masing-masing prosedur pembatalan tentu mempertimbangkan proses pengiriman barang maupun pembayaran.

1. Cara Membatalkan Pesanan Lazada Diproses Penjual

Ketika pesanan sudah diproses penjual, langkah pembatalannya mungkin lebih mudah. Dalam kasus ini, belum ada aktivitas pengiriman yang terjadi. Maka dari itu, kamu belum melibatkan pihak ekspedisi.

Untuk membatalkan pesanan yang masih diproses penjual, langkahnya terbilang lebih sederhana. Berikut caranya.

  • Buka aplikasi Lazada, lalu masuk ke menu saya pada bagian pojok kanan bawah.
  • Kemudian, kamu bisa langsung masuk ke pesanan saya dan pilih dalam proses.
  • Akan ada tampilan informasi pesanan, kamu bisa memastikan statusnya sudah diproses penjual. Lalu, kamu bisa memilih barang mana yang akan dibatalkan.
  • Sehabis itu, akan muncul menu baru. Pilih tombol batal pada pesanan dan sertakan alasannya juga. Ingat, alasan harus jelas dan bisa diterima pihak Lazada, kemudian tekan pilih.
  • Tambahkan komentar tambahan atau catatan, kemudian tekan kirimkan.
  • Jika pesanan berhasil dibatalkan, pada status pengirimannya akan muncul tulisan dibatalkan.

2. Cara Membatalkan Pesanan yang Sedang Dikemas atau Dalam Pengiriman

Bila pesanan Anda sudah dikemas atau sudah berada di pihak ekspedisi, cara membatalkannya mungkin lebih susah. Kamu perlu mengisi formulir pembatalan pesanan dan melengkapi informasi.

Pihak Lazada juga akan meninjau terlebih dahulu, baru kemudian memutuskan untuk mengkonfirmasi transaksi dan membatalkannya. Cara membatalkan pesanan Lazada yang sudah dikemas atau dikirim adalah sebagai berikut.

  • Masuk ke aplikasi Lazada atau buka laman Lazada.co.id/contact.
  • Tekan tombol saya ingin membatalkan pesanan.
  • Login ke akun Lazada kamu, lalu isi formulir pembatalan pesanan secara lengkap. Isi bagian produk, nomor pesanan, alasan pembatalan pesanan, hingga informasi tambahan lainnya.
  • Tekan submit, kemudian pilih metode pengembalian dana.
  • Tunggu beberapa saat hingga Lazada membatalkan pesanan kamu.

3. Cancel Pesanan Sedang Diproses Penjual

Membatalkan pesanan yang sudah keluar nomor resi tidak sesulit yang kamu bayangkan. Nomor resi sendiri merupakan kode unik yang menjadi tanda bahwa barang sudah dikirim. Nomor inilah yang bisa kamu manfaatkan untuk melacak keberadaan paket.

Jangan khawatir bila pesanan sudah keluar resi tapi kamu mau membatalkannya. Kamu bisa meminta bantuan kepada Lazada secara langsung. Pastikan kamu sudah menyiapkan alasan lengkapnya, ya!

  • Pertama, masuklah ke lama Lazada.co.id.
  • Lalu, tekan login dan masuklah ke akun kamu.
  • Di bagian bawah kiri layar, tekan ikon chat Lazada.
  • Kemudian, sebutkan nomor pesanan kamu dan ajukan permintaan pembatalan pesanan.
  • Customer service akan membantu proses pembatalan pesanan kamu.

4. Cara Membatalkan Pesanan COD Lazada 

Metode COD memang tengah trend belakangan ini. COD merupakan kependekan dari Cash on Delivery. Artinya, pembeli baru akan melakukan pembayaran saat barang sudah tiba di lokasinya.

Bila kamu ingin membatalkan pesanan secara COD, kamu bisa memastikan kurir ekspedisi menghubungi kamu terlebih dahulu. Biasanya, kurir akan memberikan informasi jika sudah dalam perjalanan.

Ketika menjumpai pesan tersebut, kamu bisa membalasnya dengan permintaan pembatalan pesanan lengkap dengan alasannya. Sampaikan informasi kepada kurir, misalnya kamu tidak ada di lokasi, barang tidak sesuai, salah ukuran, atau masalah lainnya.

5. Cancel Pesanan Belum Dibayar

Cara membatalkan pesanan Lazada yang terakhir ini paling mudah untuk dilakukan. Pasalnya, kamu belum melakukan pembayaran. Jika kamu mengalami kondisi ini, langsung saja klik batalkan pesanan.

Kira-kira kamu membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk menunggu pesanan batal. Penjual harus mengkonfirmasi terlebih dahulu, maka dari itu kamu perlu menyertakan alasan pembatalan yang jelas.

Sebelum membatalkan pesanan, usahakan untuk selalu membangun komunikasi dengan seller. Hal ini bertujuan untuk menghindari kesalahpahaman dan mendukung berjalannya proses pembatalan agar lancar.

Baca juga: Cara Jualan di Lazada Agar Cepat Laku untuk Pemula

Alasan Membatalkan Pesanan Lazada

alasan membatalkan pesanan lazada
Alasan membatalkan pesanan lazada

Setiap orang pasti memiliki alasan tersendiri mengapa harus membatalkan pesanan di suatu e-commerce. Lazada sendiri menjadi platform belanja online ternama yang menyediakan berbagai kebutuhan masyarakat. Karena beberapa alasan, seseorang bisa saja membatalkan pesanannya di Lazada.

  1. Permintaan penjual, bisa karena barang yang diinginkan sudah habis atau toko sedang tutup.
  2. Ingin mengubah rincian pesanan, misalnya saja ukuran, warna, atau jumlah produk.
  3. Ingin membuat pesanan baru.
  4. Ulasan produk buruk, misalnya produk tidak sesuai dengan deskripsi atau KW.
  5. Penjual mencurigakan, misalnya saja penjual mengajak transaksi di luar platform Lazada.
  6. Produk yang dipesan tak kunjung dikirim, walaupun kamu sudah membelinya dalam waktu yang lama.
  7. Pembeli berubah pikiran karena menemukan produk yang sama dengan harga yang jauh lebih murah.

Jangan sampai kamu mengada-ada alasannya karena dapat merugikan penjual. Sebaiknya, kamu harus menghargai penjual dan menyertakan alasan asli mengapa kamu membatalkan pesanannya.


Kamu bisa membatalkan pesanan Lazada selama memenuhi persyaratan. Pastikan juga kebijakan yang kamu ambil sudah kamu pikirkan dengan baik. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir resiko kerugian penjual.

Selain itu, membatalkan pesanan juga harus mempertimbangkan kurir yang bertugas. Kamu harus memiliki alasan kuat dan jelas untuk melakukan pembatalan.

Cara membatalkan pesanan Lazada juga ternyata sangat mudah. Bahkan, kamu bisa membatalkan pesanan COD. Jika mengalami kendala, kamu bisa langsung menghubungi customer service Lazada untuk mendapatkan bantuan.

Meta deskripsi: Cara membatalkan pesanan Lazada perlu kamu ketahui supaya kesalahan pengiriman bisa diminimalisir. Hal ini juga bisa meningkatkan tingkat repeat order & kepuasan pelanggan.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.