Packaging : Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Contoh Desainnya

komerce.id – Packaging merupakan hal penting yang harus diperhatikan jika kamu ingin menjalankan suatu bisnis. Setiap bisnis pasti akan membutuhkan jenis packaging yang berbeda, mulai dari barang hingga makanan. Oleh karena itu, kamu harus memilih sesuai produkmu.

Fungsi utama dari packaging adalah sebagai pelindung produk. Tanpa packaging, barang yang menjadi produk utama bisa rusak. Jika sudah rusak, konsumen tidak akan bisa merasakan manfaat dari produk tersebut.

Selain itu packaging juga akan merepresentasikan brand sehingga dapat mempengaruhi citra produk, jadi pembuatannya tidak bisa sembarangan. Artinya packaging dapat mempengaruhi daya beli konsumen.

Sebelum memulai suatu bisnis, kamu perlu mengerti keutamaan packaging. Untuk memahami apa itu packaging dan berbagai jenis serta fungsinya, kamu bisa menyimak artikel ini.

Baca juga: 12 Fungsi Kemasan Produk yang Harus diketahui Pebisnis

Pengertian Packaging

Pengertian Packaging
Pengertian Packaging, sumber gambar: pexels.com

Packaging adalah material pembungkus yang digunakan untuk membungkus produk. Fungsi lainnya dari packaging adalah untuk memudahkan konsumen saat membawa produk yang sudah dibeli. Ada berbagai jenis packaging yang memiliki desain kreatif sebagai daya tarik tersendiri.

Desain kreatif ini biasanya adalah campuran dari bentuk, struktur, material, warna, dan komponen desain lainnya. Umumnya, setiap desain tersebut akan menjelaskan mengenai informasi produk karena informasi produk merupakan hal penting agar barang bisa dipasarkan.

Selain sebagai pelindung, packaging juga bisa menjadi ciri khas tersendiri dari brand bisnis kamu. Dengan desain yang menarik, packaging akan membuat konsumen tertarik dan membeli suatu produk.

Semakin menarik packaging yang kamu buat untuk produkmu maka akan semakin banyak konsumen yang ingin membelinya. Usahakan untuk memilih desain dan jenis packaging yang kekinian agar dilirik oleh calon pembeli.

Fungsi Packaging

Fungsi Packaging
Fungsi Packaging, sumber gambar: pexels.com

Ada banyak brand yang tidak memperhatikan tentang pentingnya packaging, padahal packaging merupakan salah satu komponen yang penting dalam berbisnis. Berikut adalah fungsi dan peran dari penggunaan packaging yang bisa kamu jadikan referensi.

1. Sebagai Pelindung Produk

Fungsi utama dari packaging adalah sebagai lapisan pelindung produk. Dengan perlindungan dari packaging, produk di dalamnya akan terbebas dari gangguan. Selain itu produk juga tidak akan jatuh atau rusak karena berada di dalam kemasan.

Dalam jangka panjang, kualitas produk akan terjaga karena mendapat perlindungan dari packaging. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat produk akan terjamin dan terjaga mutunya. Dengan begitu konsumen akan merasakan manfaat maksimal dari produk.

2. Daya Tarik Pembeli

Fungsi lain dari packaging adalah bisa digunakan untuk meningkatkan minat pembeli. Saat seseorang ingin membeli barang, hal pertama yang ia lihat adalah packagingnya. Sehingga penting untuk membuat packaging yang menarik.

Packaging bisa dijadikan sebagai daya tarik pembeli. Sebelum memulai suatu bisnis, pastikan untuk memilih jenis packaging yang sesuai dengan identitas brand kamu. Jika packaging yang dipilih memiliki desain yang menarik, maka jumlah pembeli juga akan meningkat.

3. Sebagai Sarana Promosi

Packaging dapat digunakan sebagai sarana promosi yang cukup efisien. Kamu bisa menuliskan komposisi atau bahan yang digunakan untuk membuat produk. Selain itu kamu juga dapat memasukkan informasi penting lainnya ke dalam packaging.

Jenis packaging yang bagus biasanya mencantumkan informasi produk. Informasi ini bisa dijadikan sebagai identitas brand. Kamu bisa juga menambahkan slogan atau kalimat-kalimat persuasif untuk kebutuhan promosi.

4. Menciptakan Prestige dari Pembeli

Tampilan packaging yang kekinian dan memikat akan menambah kebanggan tersendiri untuk konsumen. Bahkan desain dari packaging ini bisa menjadi daya tarik utama yang membuat banyak orang jadi memiliki keinginan untuk membeli.

Rasa bangga yang timbul setelah membeli produk dapat memberikan keuntungan jangka panjang bagi bisnismu. Dengan packaging yang bagus, konsumen bisa merekomendasikan orang lain untuk membeli produk dari bisnismu.

Baca juga: Pengertian Kartu Stok Barang

Jenis-jenis Packaging

Jenis-jenis Packaging
Jenis-jenis Packaging, sumber gambar: pexels.com

Ada banyak jenis packaging yang bisa kamu coba untuk dijadikan kemasan pelindung bagi produkmu. Packaging yang bagus bisa disesuaikan dengan produk dan brand dari bisnis. Berikut adalah berbagai jenis-jenis packaging yang bisa kamu jadikan rekomendasi.

1. Packaging Primer

Packaging primer merupakan kemasan utama dari suatu produk. Umumnya packaging primer ini digunakan untuk mengemas barang-barang yang dijual eceran. Barang eceran tersebut biasanya membutuhkan kemasan yang sederhana.

Contoh barang-barang eceran yang membutuhkan packaging primer adalah barang kebutuhan pokok. Mulai dari sabun, pasta gigi, dan shampoo. Selain itu ada juga produk makanan seperti minuman botol, berbagai camilan, dan lain-lain.

2. Packaging Sekunder

Packaging sekunder merupakan material yang digunakan untuk melindungi produk yang sudah dikemas dalam packaging primer. Umumnya jenis packaging ini digunakan untuk membungkus produk yang jumlahnya banyak.

Contoh produk yang menggunakan packaging sekunder adalah rokok. Biasanya sebelum dijual eceran, rokok dijual dalam kemasan kotak yang lebih besar. Di dalam kemasan tersebut terdapat rokok-rokok yang sudah dikemas dalam packaging primer.

3. Packaging Delivery

Packaging delivery merupakan jenis packaging yang digunakan untuk proses pengiriman. Sebelum dikirim, suatu produk membutuhkan packaging tambahan. Packaging ini digunakan agar produk mendapatkan perlindungan maksimal dalam perjalanan pengiriman.

Umumnya penggunaan packaging delivery ini berisi produk-produk yang sebelumnya sudah dikemas dalam packaging primer dan sekunder. Jika kamu menjual barang yang bisa dikirim ke seluruh wilayah di Indonesia, pastikan untuk menggunakan packaging delivery.

Baca juga: 8 Jenis Packing Barang yang Aman Untuk Pengiriman

Contoh Packaging untuk Inspirasi Anda

Contoh Packaging
Contoh Packaging, sumber gambar: pexels.com

Ada berbagai contoh packaging yang bisa kamu gunakan untuk bisnismu. Kebutuhan akan packaging ini bisa disesuaikan dengan jenis produk yang dijual. Berikut adalah rekomendasi jenis packaging modern yang bisa kamu jadikan contoh.

1. Packaging Kotak Vertikal

Packaging dengan bentuk kotak vertikal ini banyak digunakan sebagai kemasan suatu produk makanan atau barang. Kamu bisa menggunakan packaging ini untuk mengemas biji kopi atau kopi bubuk. Bentuknya dapat memberikan kesan yang ringkas dan tegas.

2. Packaging dengan Pesan Personal

Jika kamu memiliki bisnis dengan layanan online, kamu bisa menggunakan packaging yang ditambah dengan pesan personal. Pesan ini akan menambah daya tarik dan bisa dikemas dengan teknik tertentu agar konsumen puas.

3. Botol Unik

Packaging dengan bentuk botol sangat cocok digunakan untuk mengemas produk minuman. Kamu bisa membuat tampilan kemasan botol menjadi lebih menarik dan unik dengan desain tertentu. Jangan lupa tambahkan label produk sebagai identitas.


Itulah penjelasan tentang definisi packaging dan fungsi serta jenis-jenisnya yang bisa kamu jadikan referensi saat ingin membangun sebuah bisnis. Kamu bisa menggunakan berbagai jenis packaging untuk menunjang kebutuhan produk yang akan dijual.

Pastikan untuk  membuat packaging yang aman untuk melindungi produk. Dengan packaging yang aman, kamu bisa menjamin kualitas dan kondisi produk. Sehingga konsumen bisa menggunakan produk dan merasa puas.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu melakukan riset tentang desain packaging yang kekinian. Desain packaging yang kekinian dapat menjadi daya tarik sendiri. Sesuaikan kebutuhan packaging dari produkmu dengan permintaan pasar agar bisa meningkatkan daya beli.

Jika kamu kesulitan dalam mengatur packaging produkmu, kamu bisa menggunakan pihak ke-3 untung bantu kamu dalam hal tersebut. Komship dapat menjadi solusi bagi kamu yang membutuhkan partner dalam penyimpanan produk (pergudangan) dan pengemasan (packing).

Kompack adalah solusi tepat untuk kamu yang membutuhkan platform pergudangan dengan tenaga ahli yang profesional dan dengan biaya yang sangat terjangkau. Kamu tak perlu membayar biaya sewa bulanan. kamu cukup membayar biaya packing saat pengiriman order.

Tunggu apa lagi? Cek informasi selengkapnya di kompack.id atau cek di instagram @kompackid untuk informasi lebih lanjut.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar