12 Fungsi Kemasan Produk yang Harus diketahui Pebisnis

komerce.id – Setiap pengusaha perlu memiliki banyak ilmu, termasuk mengenai produknya. Saat ini masih banyak pemilik usaha yang belum tahu apa saja fungsi kemasan produk mereka. Padahal, meski terlihat sangat sederhana tetapi kemasan mempunyai peran penting.

Bermula dari kemasan menarik, kamu akan dapat memasarkan produk dengan mudah sehingga lebih dikenal oleh pelanggan secara luas. Terlebih, pertama kali yang dilihat oleh pelanggan adalah kemasan produk. Oleh sebab itu, jangan sampai Kamu menyepelekan fungsinya.

Jadi kamu perlu memahami fungsi kemasan produk agar mampu menarik konsumen. Dengan begitu, para pembeli akan semakin mengenal produk kamu dengan mudah meski hanya melalui kemasannya saja.

Baca juga: 23 Simbol pada Kardus Beserta Arti dan Penjelasannya

12 Fungsi Kemasan Produk

Daftar Fungsi Kemasan Produk

Sebagian dari Kamu mungkin baru terjun di bidang usaha sehingga belum mengetahui kegunaan maupun fungsi sebuah kemasan. Oleh sebab itu, kamu perlu tahu fungsi kemasan produk berikut ini:

1. Melindungi Produk

Sebuah kemasan dapat berfungsi untuk melindungi dan mengawetkan, hal ini umumnya berlaku pada produk tertentu yang tidak mampu bertahan pada beberapa kondisi lingkungan. Baik itu seperti cuaca maupun suhunya.

Dengan membuat kemasan sebaik mungkin maka selain menghindari terkena jamur di musim penghujan tetapi juga memberikan kepuasan bagi pelanggan.

2. Identitas Brand

Fungsi kemasan dalam sebuah produk lainnya adalah sebagai identitas brand. Hal ini karena tampilan tersebut akan menjadi fokus utama yang pelanggan lihat, terutama sebelum melakukan pembelian.

Oleh sebab itu, jangan mengesampingkan desain dari kemasannya. Setiap pelanggan nantinya juga lebih mudah dalam membedakannya dari merek lainnya.

3. Media Promosi yang Efektif

Sebagus apapun sebuah produk, tentu saja percuma apabila sulit dikenali orang. Oleh sebab itu, sangat penting menjadikan kemasan sebagai media promosi. Dengan begitu, pastikan Kamu mendesain kemasan semenarik mungkin.

Apabila memiliki desain yang unik, maka para pelanggan yang belum pernah membeli produkmu akan tertarik mencobanya kemudian mengetahui sendiri kualitasnya.

4. Memberikan Daya Tarik

Fungsi lainnya yang tidak kalah penting adalah mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi produknya, apalagi jika desain kemasannya benar-benar menarik dan berbeda dari para pesaingnya.

Oleh sebab itu, jangan ragu untuk memilih warna, ukuran huruf, dan bentuk kemasan terbaik agar nantinya menjadikan banyak orang mudah berminat dan ingin membelinya saat itu juga.

5. Meningkatkan Efektifitas

Tanpa orang sadari, efisiensi merupakan salah satu pertimbangan paling penting dalam membuat kemasan produk. Pasalnya, apabila barang memiliki kemasan dengan ukuran cukup besar tentunya akan memakan banyak biaya, waktu dan tempat.

Oleh sebab itu, usahakan mengemas seefektif mungkin. Dengan begitu, tampilannya semakin simpel serta produk juga dapat terjaga sebaik-baiknya.

6. Memudahkan Pendistribusian

Setiap pengusaha juga perlu membuat kemasan produk yang baik agar proses pendistribusian jadi lebih mudah. Tahukah Kamu bahwa sekarang ini sudah hadir kompack.id yang siap menyediakan gudang terpercaya sebelum melakukan pendistribusian produk. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir apabila sekarang belum memiliki gudang karena jasa ini adalah solusinya.

7. Menyampaikan Informasi

Kemasan produk dapat membantu menyampaikan informasi kepada para konsumennya, sehingga kamu akan lebih mudah untuk mencantumkan keunggulan produk, komposisi, dan lain sebagainya.

8. Menawarkan Nilai Lebih

Pada dasarnya, fungsi sebuah kemasan tidak jauh berbeda dari pakaian. Dengan begitu, akan memberikan nilai lebih saat menggunakannya. Oleh sebab itu, sebagai pengusaha kamu harus mempertimbangkan penggunaannya.

9. Isi Produk Lebih Terjamin

Kemasan produk juga dapat Kamu gunakan untuk memberikan jaminan kenyamanan dan keamanan bagi pelanggan, terutama pada isi produk sehingga tidak rusak selama proses pengiriman. Pelanggan juga akan menerimanya dalam kondisi baik sesuai ekspektasi mereka.

10. Memberikan Kenyamanan Pelanggan

Selanjutnya, kemasan juga dapat memberikan kenyamanan untuk pelanggan. Kenyamanan di sini meliputi banyak aspek di dalamnya, baik itu kenyamanan produk pada saat digunakan atau dikonsumsi maupun aspek kemudahan saat memindahkan produk ke tempat lainnya. Misalnya saja saat pengiriman produk dari produsen ke konsumen.

Produsen ataupun distributor memastikan barang tersebut dalam kondisi baik dan tidak rusak. Kemasan yang kuat dan tidak mudah rusak akan membantu proses pemindahan menjadi lebih cepat, mudah, dan aman.

11. Memberi Tahu Cara Pembuangan

Sampai sekarang ini pembuangan kemasan produk masih saja menjadi hal yang diremehkan. Tentunya sebagai pengusaha, penting bagi Anda untuk memperhatikan tata cara pembuangan kemasan ini.

Apalagi saat ini marak kampanye untuk menjaga lingkungan dari sampah-sampah yang tidak terurai, salah satunya adalah kemasan produk.

12. Sarana Menciptakan Permintaan Pelanggan

Tahukah Anda bahwa fungsi kemasan produk juga bisa menjadi sarana untuk menciptakan permintaan pelanggan? Strategi inilah yang dimainkan oleh brand-brand besar dunia.

Mereka menciptakan kemasan-kemasan yang menarik para pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan. Para pelanggan tidak hanya sekedar menikmati isi produk tersebut, tetapi juga menjadikan kemasan sebagai koleksi yang istimewa.

Terlebih lagi jika kemasan tersebut dibuat terbatas untuk edisi-edisi tertentu saja, hal ini akan menambah nilai koleksinya. Misalnya saja beberapa waktu lalu, perusahaan makanan cepat saji seperti McDonald yang menghadirkan produk edisi khusus BTS dan laku keras.

Baca juga: 5 Tips Memilih Warna Logo Brand Bisnis yang Tepat

Tips Mendesain Kemasan Produk yang Tepat

Tips Mendesain Kemasan Produk

Tahukah Kamu bahwa situasi persaingan di pasaran dari waktu ke waktu semakin meningkat. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mulai berinovasi dari sekarang dengan cara mendesain kemasan produk secara tepat dan sesuai. Oleh sebab itu, simak beberapa tipsnya berikut:

1. Pakai Warna Cerah

Apabila Kamu ingin membuat kemasan sebuah produk, maka agar unik dan menarik pastikan memilih warna-warna cerah dan berbeda. Dalam hal ini tidak ada salahnya apabila mencoba melakukan riset pada kompetitor produk serupanya sehingga pilihan warnanya bisa berbeda dari lainnya.

2. Manfaatkan Gambar Menarik

Masyarakat Indonesia lebih mudah dalam menerima sesuatu berdasarkan visual, itulah mengapa sangat penting untuk mencantumkan gambar semenarik mungkin. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah memikat pembeli secara efektif.

Tidak ada salahnya memberikan gambar-gambar lucu sehingga secara tidak langsung menghilangkan kesan kaku, hal ini juga menjadi pengingat tersendiri bagi konsumen.


Itu tadi penjelasan mengenai berbagai fungsi kemasan produk. Setelah mengetahuinya, kamu pasti menyadari mengapa pembuatan kemasan tersebut sangat penting bagi semua pemilik usaha. Bagaimana tidak, pasalnya dampaknya akan langsung terasa.

Produk dengan kemasan menarik dan unik akan lebih mudah mendapatkan peminat, berbeda dengan desain yang terlalu sederhana dan polos karena mudah dilupakan oleh pelanggannya. Oleh sebab itu, jangan asal-asalan dalam pembuatannya.

Jadi mulai sekarang pastikan kamu tidak mengabaikan desain kemasan tersebut karena fungsinya sangat penting bagi usaha. Pengusaha juga bisa mencoba ide-ide kreatif kemudian terapkan dalam kemasannya agar menjadi daya tarik tersendiri.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar