Freight Forwarder : Pengertian, Manfaat, Tugas & Ekspedisi

komerce.id – Jika kamu adalah seorang pebisnis yang bergerak dalam bidang ekspor impor, maka pasti sudah tidak asing dengan istilah freight forwarder. Freight forwarder adalah istilah yang merujuk pada perusahaan jasa pengiriman barang.

Tugas utamanya yaitu melakukan perpindahan barang dari suatu tempat ke tempat lain sesuai kesepakatan. Freight forwarder kerap disamakan dengan jasa logistik, padahal keduanya memiliki makna dan peranan yang berbeda.

Jasa logistik biasanya hanya mengirim barang kepada penerima dengan biaya tertentu, sedangkan freight forwarder mengurus semua keperluan atas pengiriman barang. Seiring berjalannya waktu, perusahaan freight forwarder di Indonesia juga cukup banyak.

Baca juga: Siapa Itu Shipper?

Apa Itu Freight Forwarder?

Apa Itu Freight Forwarder
Pengertian Freight Forwarder, sumber gambar: roadecars.co.uk

Freight forwarder adalah perusahaan yang memiliki peran dalam menjalankan berbagai aktivitas terkait freight forwarding. Tugas dari perusahaan ini adalah mewakili para importir, eksportir, consignee, maupun shipper untuk seluruh kegiatan pengiriman barang.

Meliputi pengangkutan, pengiriman, pengaturan transportasi, hingga penerimaan. Keberadaan perusahaan ini akan membuat pengiriman terasa lebih efisien, aman, dan hemat. Freight forwarder tidak hanya memindahkan barang saja, melainkan bertindak sebagai ahli dalam lingkup logistik.

Bahkan, freight forwarder bisa menggunakan aneka transportasi pengiriman, seperti truk, kapal, pesawat terbang, hingga kereta api.

Jasa yang Ditawarkan

Dari definisinya, sebenarnya jasa yang ditawarkan freight forwarder sudah cukup jelas. Jasa ini akan berhubungan langsung dengan pemilik barang agar barangnya bisa sampai dengan selamat. Untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa layanan freight forwarder.

  1. Mengurus kewajiban bea cukai bila barang berasal dari luar negeri.
  2. Membantu koordinasi pengiriman barang hingga sampai ke tangan pembeli.
  3. Menyediakan aneka jenis kontainer yang sesuai, mengurus packing, dan menyediakan gudang untuk penyimpanan barang.
  4. Melakukan dokumentasi barang ekspor dan impor.
  5. Mengurus jasa asuransi pengangkutan barang untuk melindungi kondisi barang selama di perjalanan.

Manfaat Freight Forwarder

Manfaat Freight Forwarder
Manfaat Freight Forwarder, sumber gambar: cafworldwide.com

Freight forwarder adalah jawaban atas berbagai kesulitan kamu. Menggunakan jasa ini dalam jalur pengiriman udara dan laut sebagai eksportir maupun importir akan memberikan sejumlah manfaat, antara lain:

1. Memudahkan Kamu dalam Pengiriman Barang

Kegiatan pengiriman barang bersama freight forwarder tentu akan terasa lebih mudah. Kamu bisa mengirim barang kemanapun tanpa mengalami proses yang rumit. Jasa ini lebih efisien dan bisa membantu kamu melakukan proses logistik dengan harga terjangkau.

2. Lebih Cepat dan Aman

Mengirim barang secara mandiri tentu akan membutuhkan waktu lama, karena ketidaksediaan transportasi. Selain itu, keamanan barang juga belum tentu terjamin karena kamu tidak tahu cara menanganinya selama di perjalanan.

Jasa freight forwarder mampu melakukan pengiriman barang hingga ke 115 negara lain di dunia. Estimasi waktu barang sampainya juga terbilang cepat dan pastinya aman, karena mendapat penanganan khusus sesuai jenis barang.

3. Bisa Mengirim Aneka Jenis Barang

Industri perdagangan, ekspor, dan impor kini semakin inovatif. Barang-barang yang dijual pun kian unik dan membutuhkan penanganan yang berbeda-beda.

Hal ini tidak perlu kamu khawatirkan bila menggunakan jasa freight forwarder. Kamu bisa mengirim barang dengan berbagai ukuran dan dalam jumlah kecil maupun besar.

4. Cocok untuk UMKM

Kamu bingung mengirim barang ke kota lain atau luar negeri? Jangan bingung, karena kamu bisa memilih jasa freight forwarder terpercaya. Jasa ini menyediakan layanan bervariasi, efisien, dan tergolong praktis. 

Biayanya juga terbilang murah, sehingga cocok bagi kamu yang baru merintis UMKM. Kamu juga bisa melakukan proses negosiasi dengan freight forwarder untuk mencapai kesepakatan harga.

Baca juga: Pengertian FCL Dan LCL Dalam Dunia Ekspedisi

Tugas Freight Forwarder

Tugas Freight Forwarder
Tugas Freight Forwarder, sumber gambar: exactdn.com

Memiliki perusahaan freight forwarder tentu saja membutuhkan tanggung jawab yang besar, karena adanya penugasan rangkap. Beberapa tugas freight forwarder antara lain:

1. Memilih Rute dan Transportasi

Tugas utama dari freight forwarder adalah mengurangi rite transit supaya waktu pengiriman lebih singkat. Freight forwarder juga bertugas memilih moda transportasi serta memesan ruang muat sesuai kebutuhan barang.

2. Penerimaan Barang 

Freight forwarder juga bertugas untuk melakukan sortasi dan packing. Nantinya, jasa ini akan meminta barang dari customer, kemudian melakukan penimbangan berat dan pengukuran dimensi. Barang-barang yang sudah diterima harus disimpan dengan rapi pada gudang.

3. Mengurus Penerbitan Dokumen 

Melakukan ekspor impor tidak semudah yang kamu bayangkan. Ada serangkaian proses rumit yang harus Anda lewati, termasuk pengurusan dokumen. Freight forwarder adalah pihak yang bisa membantu kamu dalam mengurus dokumen yang diperlukan dalam pengiriman barang. 

Maka dari itu, freight forwarder harus memahami LC terkait peraturan yang berlaku, transit, tujuan ekspor, perdagangan internasional, dan izin bea cukai.

4. Tugas Lain 

Selain ketiga tugas tadi, freight forwarder juga memiliki tugas sampingan, seperti:

  • Mengajukan dan mengurus klaim pihak asuransi bila terjadi kehilangan maupun kerusakan barang.
  • Mengirim barang sampai ke tempat tujuan, baik domestik maupun internasional. Pengiriman barang bisa melalui darat, laut, maupun udara.
  • Memonitor perjalanan barang.
  • Menyerahkan barang ke consignee dan mendistribusikannya sesuai permintaan.
  • Menerima barang impor.
  • Menghitung airwaybill dari transportasi pengangkut barang.
  • Melakukan pengurusan bea cukai serta biaya tertagih di pelabuhan transit.
Baca juga: Arti Trucking Logistik

Contoh Perusahaan Freight Forwarding

Contoh Perusahaan Freight Forwarding
Contoh Perusahaan Freight Forwarding, sumber gambar: johannfreight.com

Industri freight forwarding tampaknya sudah cukup populer di Indonesia. Berikut beberapa contoh perusahaan yang menggeluti bisnis ini.

1. Linc Group

Salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang freight forwarding adalah Linc Group. Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 2001 dan kini memiliki jumlah karyawan lebih dari 400 orang. Linc Group memiliki sasaran utama industri kosmetik, teknologi, FMCG, hingga ritel.

2. Deliveree

Deliveree merupakan perusahaan freight forwarding yang cukup besar. Namanya dikenal di Asia Tenggara karena memiliki layanan yang lengkap. Perusahaan ini memiliki pelayanan di seluruh wilayah Jawa, Sumatera, Bali, dan Lombok.

3. JAS Forwarding Worldwide

Selanjutnya, ada perusahaan JAS. Perusahaan ini tidak berasal dari Indonesia, melainkan berdiri di Italia pada tahun 1978. Namun, kamu bisa menemukan kantor freight forwarder terbesar ini di kawasan Mega Kuningan, Setiabudi.

4. PT Prima International Cargo

Perusahaan ini sudah ada sejak tahun 1974 silam. Menyediakan layanan trucking, laut, dan udara yang bisa memudahkan kamu dalam mengirim barang.

5. PT Kamadjaja Logistics

Perusahaan ini sudah ada sejak tahun 1968 lalu. Sejak dahulu, perusahaan ini sangat konsisten dalam melayani pengiriman barang brand ternama, seperti Sinar Sosro, Nestle, Unilever, dan masih banyak lagi.

6. PT Damco

Terakhir, ada PT Damco yang merupakan cabang usaha A.P Moller. Perusahaan ini sudah memiliki cabang di 90 negara dan selalu menjamin kualitas layanannya.

Selain itu, masih ada banyak perusahaan lainnya yang menggeluti bisnis ini. Misalnya PT Transporindo Lima Perkasa, PT Putra Soputan, PT Berlian Jasa Terminal Indonesia, dan lain sebagainya. Tentu saja semua jasa memiliki keunggulan tersendiri.


Dengan jasa freight forwarder, tentu saja proses pengiriman barang akan menjadi lebih mudah, cepat, dan efisien. Kamu juga tidak perlu menghabiskan banyak biaya untuk proses pengiriman.

Hanya tinggal duduk manis saja, barang kamu sudah sampai ke tangan pembeli sesuai estimasi waktu yang diberikan. Jasa freight forwarder adalah pilihan terbaik dan menjadi sahabat bagi pebisnis UMKM maupun ekspor impor di era modern.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar