Siapa Itu Shipper? Tips Sebelum Melakukan Pengiriman Barang

Komerce.id – Dalam dunia ekspedisi, kamu pasti sering mendengar istilah shipper. Dalam bahasa Inggris, arti shipper adalah pengirim. Lantas, siapa itu shipper? Dalam konteks pengiriman barang, maka yang bertindak sebagai shipper adalah orang yang mengirimkan barang tersebut.

Umumnya, shipper menggunakan layanan kurir atau jasa perusahaan ekspedisi untuk mengirimkan barang kepada orang lain. Baik itu mengirimkan barang pribadi maupun produk yang dijual. Jadi, shipper bukanlah nama profesi atau pekerjaan tertentu.

Supaya lebih paham apa dan siapa itu shipper, langsung simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. Informasi ini sangatlah penting agar kamu tidak kebingungan saat menggunakan jasa pengiriman. Baik sebagai orang yang mengirim paket atau penerima paket tertentu dari orang lain.

Pengertian Shipper Secara Harfiah

Pengertian Shipper
Pengertian Shipper

Apa yang dimaksud dengan shipper? Seperti penjelasan sebelumnya, shipper berasal dari kata dalam bahasa Inggris yang artinya pengirim. Dalam bahasa Indonesia, kata pengirim berasal dari kata “kirim” yang mendapat awalan pe- untuk membentuk kata nomina atau kata benda.

Jadi, istilah shipper atau pengirim merujuk pada nama orang, tempat, atau benda-benda lainnya. Jika mengutip KBBI, pengirim berarti orang yang mengirim atau orang yang menyuruh untuk menyampaikan. Misalnya, seorang ibu menyuruh anaknya memberikan makanan kepada tetangga.

Dalam dunia ekspedisi, istilah shipper merujuk pada pelanggan atau orang yang mengirimkan barangnya ke ekspedisi. Sementara orang yang nantinya mengirim barang tersebut ke penerima disebut sebagai kurir. Jadi, jangan sampai tertukar antara siapa itu shipper dan siapa itu kurir.

Tips Sebelum Melakukan Pengiriman Barang

Tips Sebelum Melakukan Pengiriman Barang
Tips Sebelum Melakukan Pengiriman Barang

Setelah mengetahui siapa itu shipper, sekarang ketahui juga bagaimana caranya menjadi shipper atau pengirim barang melalui jasa ekspedisi. Caranya sangatlah mudah. Mulai dengan memilih jasa pengiriman yang tepat, hingga mengirimkannya ke lokasi cabang terdekat. Berikut penjelasannya.

1. Ketahui Jasa Pengiriman Barang di Indonesia

Sebelum mengirimkan barang, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui daftar perusahaan ekspedisi yang ada di Indonesia. Jumlahnya lumayan banyak. Mulai dari Pos Indonesia, JNE, J&T, SiCepat, Tiki, Wahana, AnterAja, Indah Cargo, dan masih banyak lagi.

Lakukan riset sederhana melalui Google untuk mencari tahu perusahaan jasa ekspedisi manakah yang paling recommended sesuai kebutuhanmu. Misalnya, informasi tentang jangkauan pengiriman, alamat cabang terdekat, hingga kisaran tarifnya.

2. Ketahui Layanan Jasa Ekspedisi

Tips selanjutnya, cari tahu daftar produk atau layanan pengiriman yang ditawarkan masing-masing jasa pengiriman. Misalnya, same day service atau sehari sampai, besok sampai, reguler (2-3 hari sampai), atau ekonomis (3-7 hari sampai).

3. Ketahui Cara Packing Barang

Siapkan barang yang akan dikirim dengan mengemasnya secara benar agar tetap aman sampai tujuan. Bungkus menggunakan kardus atau bubble wrap untuk menambah keamanan. Gunakan kayu box dan tempelkan stiker “fragile” jika mengirim barang yang mudah pecah atau hancur.

4. Ketahui Cara Menulis Alamat Pengiriman

Pastikan kamu menulis nama dan alamat penerima yang tepat untuk menghindari resiko salah kirim. Tulis atau ketik yang rapi agar tulisannya terbaca dengan jelas. Tuliskan nama dan alamat lengkap beserta nomor HP penerima yang bisa dihubungi pihak kurir.

Penerima:

Bayu (Komerce II)
Jl. Cebongan Jl. Sendari, RT.01/RW.18, Sendon, Tirtoadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55287
0838-6536-0055

Pengirim:

Nanda (Komerce)
Jl. Raya Tamansari, Kompleks Karangwuni, Desa, Dusun I, Tamansari, Kec. Karangmoncol, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah
0813-6064-6002

5. Cari Ekspedisi Terdekat dengan Lokasimu

Supaya tidak merepotkanmu dalam membawa barang kiriman, sebaiknya pilih kantor cabang ekspedisi terdekat dari tempat tinggalmu. Setelah itu, langsung datang ke kantornya dan serahkan paket kiriman kepada petugas. Jangan lupa membayar biaya pengiriman sesuai yang diminta.


Kesimpulannya, Shipper adalah orang yang mengirimkan barang. Shipper biasanya menggunakan jasa ekspedisi untuk mengirim barang ke lokasi tujuan seperti JNE, SiCepat, Indah Cargo, Pos Indonesia, Paxel, J&T Express, dll.

Sekarang kamu juga bisa mengirim barang ke berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, hingga Surabaya dan sekitarnya. Selain itu, tiap jasa ekspedisi pasti punya banyak layanan yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Jika ingin mengirim menggunakan jasa ekspedisi, kamu bisa langsung memesan lewat aplikasi atau website ekspedisi masing-masing dan memanfaatkan kelebihannya.

komship ongkir
Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.