Arti Trucking Logistik 2022: Biaya, Kelebihan & Jasa

Komerce.id – Apakah kamu pernah mendengar istilah trucking logistik? Arti trucking logistik adalah salah satu jenis layanan pengiriman jalur darat yang menjadi favorit banyak orang. Memangnya, apa saja keistimewaan jasa pengiriman tersebut? Baca artikel ini sampai selesai.

Mengetahui definisi trucking logistik beserta cara kerjanya akan sangat membantu dalam memilih jenis layanan pengiriman yang tepat, apalagi jika kamu adalah orang yang sering mengirim barang. Maka, pengetahuan jenis-jenis layanan pengiriman wajib dimiliki.

Selain mengetahui karakteristiknya, kamu juga perlu mencari tahu biaya pengiriman trucking logistik dan membandingkannya dengan layanan lainnya. Apakah lebih murah dari layanan pengiriman jalur udara atau laut, dan sebagainya. Langsung saja baca ulasan selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: 10 Daftar Jasa Ekspedisi yang bisa COD / Bayar di Tempat

Arti Trucking Logistik

Arti Trucking Logistik

Sesuai namanya, trucking logistik adalah layanan pengiriman barang (logistik) melalui jaur darat menggunakan armada truk atau mobil. Perusahaan yang menyediakan jasa trucking logistik biasanya melayani pengiriman antar-kota hingga antar-pulau di seluruh Indonesia.

Nantinya, barang dari pelanggan akan dikirim bersamaan dengan barang-barang lain dari pelanggan lainnya dengan tujuan yang sama. Contohnya, ada 5 orang berbeda yang ingin mengirim barang dari Surabaya ke Medan, maka kelima barang itu akan dikirim bersamaan.

Sistem pengiriman secara bersamaan itulah yang menjadikan biaya jasa trucking logistik begitu murah dan terjangkau. Tak heran, jenis layanan pengiriman ini menjadi favorit banyak orang. Bahkan, biayanya jauh lebih murah dari jasa pengiriman melalui jalur udara dan laut.

Biaya Trucking Logistik

Biaya Trucking Logistik

Setiap perusahaan ekspedisi memasang tarif layanan trucking logistik yang berbeda-beda. Tapi tarifnya tetap lebih murah daripada layanan pengiriman jalur udara dan laut. Sebagai gambaran, berikut tarif trucking logistik dari dua ekspedisi terkenal di Indonesia, yaitu JNE dan Indah Cargo.

1. JNE Trucking (JTR)

JNE Trucking Logistik adalah layanan pengiriman barang melalui jalur darat yang disediakan oleh PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE). Perhitungan tarif layanan JTR disesuaikan dengan beberapa ketentuan berikut.

  • Untuk kiriman barang kurang dari 10 kg, maka akan dikenakan tarif minimumnya 10 kg.
  • Paket yang beratnya di atas 250 kg per koli akan ada biaya tambahan tertentu.
  • Terdapat perhitungan volumetrik jika ukuran volumetrik lebih besar dari berat barang secara aktual. Khusus perhitungan volumetrik (panjang x lebar x tinggi) ini dikali 1 kg/ 6.000.
  • Untuk pengiriman barang dengan nilai di atas 10 kali biaya kirim, maka sebaiknya menambahkan asuransi. Harganya 0,2% dari total harga barang dan biaya admin sebesar Rp 5000.
  • Paket yang menambah penanganan packing khusus juga terdapat biaya tambahan.

2. Indah Cargo

Perusahaan ekspedisi Indah Cargo juga melayani pengiriman barang menggunakan armada truk ke berbagai kota di Indonesia dan luar negeri. Biayanya tergantung jarak pengiriman, serta berat dan ukuran barang. Untuk mengetahui biaya pengiriman, langsung cek tarifnya di website Indah Cargo.

Sebagai gambaran, berikut beberapa tarif umum pengiriman barang menggunakan layanan trucking Indah Cargo.

  • Biaya pengiriman ke Bandung: Rp3.636 untuk barang >10 kg.
  • Biaya pengiriman ke Banyuwangi: Rp2.828 untuk barang >10 kg.
  • Biaya pengiriman ke Blora: Rp4.040 untuk barang >10 kg
Baca juga: Paket JNE Tidak Bergerak, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Armada Trucking Logistik

Jenis armada yang digunakan dalam layanan trucking logistik adalah kendaraan darat yang berukuran besar. Masing-masing perusahaan ekspedisi memiliki jenis armada yang berbeda-beda, antara lain:

  • Mobil atau truk box, yaitu mobil atau truk yang dilengkapi box khusus mengangkut barang.
  • Truk engkel, yaitu truk yang memiliki konfigurasi dua sumbu roda untuk mengangkut barang dengan beban lebih ringan.
  • Truk tronton, yaitu truk yang memiliki 10 roda dengan masing-masing dilengkapi tiga sumbu roda. Truk ini mampu mengangkut barang hingga 10 ton.
  • Truk CDD (Colt Diesel Double), yaitu truk berkapasitas 5 ton yang dilengkapi kotak pelindung untuk melindungi barang dari hujan.
  • Truk fuso yang hampir sama dengan truk CDD, tapi mampu mengangkut barang hingga 7 ton.

Kelebihan Jasa Trucking

Kelebihan Jasa Trucking

Layanan trucking logistik sangat recommended untuk kamu yang ingin mengirim produk berukuran besar, seperti furnitur, alat berat, hingga kendaraan. Karena kelebihan utama trucking logistik adalah harganya yang murah untuk pengiriman barang-barang berat dan berukuran besar.

Umumnya, tarif pengiriman ekspedisi akan semakin mahal jika barang kirimannya semakin berat. Beda halnya dengan jasa tucking yang dikhususkan untuk pengiriman barang-barang berat. Selain itu, masih banyak kelebihan lainnya dari jasa trucking logistik, di antaranya:

  • Melayani segala jenis kiriman barang termasuk barang-barang berukuran besar.
  • Melayani pengiriman barang untuk tujuan ke luar kota dan luar pulau di Indonesia, hingga ke luar negeri.
  • Mampu mengangkut dan mengirim barang-barang berat hingga yang memiliki beban lebih dari 30 kg.
  • Tarif pengiriman jauh lebih murah daripada layanan pengiriman jalur udara atau laut.
  • Mudah dipantau kapanpun dan dimanapun menggunakan sistem online tracking di website dan aplikasi mobile.
Baca juga: 7 Cara Mengirim Barang Lewat JNE Express, Aman Sampai Tujuan!

Perusahaan Trucking Logistik di Indonesia

Saat ini ada banyak perusahaan ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman trucking logistik. Masing-masing memiliki kelebihan tersendiri, mulai dari jenis armada, kecepatan waktu pengiriman, hingga besarnya tarif. Berikut beberapa perusahaan trucking logistik yang bisa kamu coba.

  • JNE Trucking. Layanan pengiriman trucking logistik dari JNE yang melayani pengangkutan barang-barang besar dengan berat minimal 10 kg.
  • Siba Surya. Layanan jasa trucking dari PT Siba Surya yang melayani pengangkutan barang-barang berat hingga kapasitas 40-60 ton.
  • Indah Logistik Cargo Trucking. Layanan pengiriman barang dalam jumlah besar atau carter dengan biaya lebih murah menggunakan armada truk.
  • Deliveree. Layanan pengiriman barang dari PT Angkut Teknologi Indonesia melayani pengiriman dengan inovasi pemesanan truk logistik lebih andal.
  • Dunex. Jasa pengiriman dengan layanan end-to-end mulai dari rantai pasokan logistik secara lengkap. Mulai dari impor bahan mentah, transportasi pabrik, hingga distribusi ke tempat penjualan. Layanan trucking-nya mampu melayani pengiriman barang hingga 18-30 ton.
  • Iron Bird Logistics. Salah satu ekspedisi yang terkenal dengan layanan pengiriman kargo menggunakan armada truk-truk tinggi, seperti wing box, tronton, dll.
  • Wahana Logistics. Jasa pengiriman logistik menggunakan armada truk yang mampu mengangkut barang hingga maksimum 50 ton.

Dari pembahasan di atas, sekarang kamu pasti sudah paham apa itu trucking logistik. Arti trucking logistik adalah layanan pengiriman barang melalui jalur darat yang umumnya menggunakan armada truk besar. Mulai dari truk box, truk engkel, truk CDD, truk tronton, hingga truk fuso.

Karena kapasitas armada yang lebih besar, maka kamu dapat mengirimkan barang-barang berukuran besar, seperti furnitur, alat berat, hingga kendaraan. Biayanya pun lebih murah daripada jenis pengiriman biasa, di mana tarifnya semakin mahal jika barang kirimannya semakin berat.

Jadi, bagi kamu yang ingin mengirim barang-barang berukuran besar tak perlu memikirkan mahalnya harga. Apalagi, bagi pebisnis online dengan produk berukuran besar yang harus dikirim ke luar kota, pulau, atau bahkan luar negeri. Langsung gunakan jasa pengiriman trucking logistik saja!

komship ongkir
Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.