Cara Pengembalian Barang COD Lazada dan Ongkirnya

Komerce.id – Bagaimana cara pengembalian barang COD Lazada? Meskipun sistem COD cukup digemari, sayangnya ada beberapa kelemahan dari fitur ini. Misalnya paket yang tidak sesuai, palsu, salah kirim, rusak, atau mungkin kurang lengkap.

Berbelanja di Lazada cukup menguntungkan. Ketika memesan paket, barang akan dipastikan sampai terlebih dahulu ke lokasi tujuan dengan selamat menggunakan garansi pengembalian. Jadi kamu bisa mengajukan pengembalian jika produknya tidak sesuai.

Kendati demikian, tetap ada beberapa ketentuan tertentu untuk mengajukan pengembalian barang. Hal yang terpenting harus memenuhi ketentuan. Caranya dengan mengakses fitur retur untuk bisa mengembalikan barang COD dengan mudah sekaligus cepat.

Baca juga: Cara Jualan di Lazada Agar Cepat Laku

Syarat Mengembalikan Barang di Lazada

Syarat Mengembalikan Barang di Lazada
Syarat Mengembalikan Barang di Lazada

Kesalahan saat mengirim barang memang cukup sering terjadi. Baik itu kesalahan dari seller, kurir, maupun sistem. Penting sekali untuk mengetahui cara pengembalian barang COD Lazada supaya kamu tidak mengalami kerugian apabila produk yang dibeli tidak sesuai dengan harapan.

Sebagai konsumen jangan pernah ragu untuk mengembalikan barang jika dirasa produk tidak sesuai. Bagaimanapun, kamu punya hak untuk retur supaya tidak mengalami kerugian. Ada beberapa syarat dan ketentuan yang perlu kamu ikuti, seperti berikut.

  • Pastikan terlebih dahulu bahwa paket memang sudah terkirim serta telah kamu terima.
  • Jangan langsung memberi ulasan sebelum membuka produknya terlebih dahulu, karena ini adalah paket COD. Kalau memberi ulasan pada seller, proses pesanan dianggap telah selesai.
  • Kamu harus menyiapkan bukti pembelian barang yang kamu lakukan di Lazada. Buktinya ini dapat berupa faktur, invoice, maupun nomor resi.
  • Selanjutnya adalah mengisi formulir untuk pengembalian barang Lazada yang bisa kamu lakukan lewat website maupun aplikasi.
  • Sertakan foto barang dan kemasannya.
  • Beri alasan kenapa kamu ingin mengembalikan barang, alasannya harus sesuai syarat serta ketentuan sehingga tidak boleh sembarangan.
  • Untuk kemudahan dalam mengecek kualitas barang berupa produk yang menggunakan password, usahakan menghapus atau unlock dulu sebelum dikirim.
  • Pilihlah pengembalian barang yang menggunakan metode drop off sebab layanan ini gratis tanpa dipungut biaya apapun.
  • Dengan drop off, kamu bisa menunjukkan nomor resi yang ada di aplikasi Lazada maupun mencetak label pengirimannya lalu ditempelkan ke paket.
  • Kirim paket lewat lokasi drop off yang paling dekat dengan alamat dari seller.
  • Sebaiknya kamu memberikan paket ke jasa ekspedisi paling lambat 3 hari setelah melakukan pengisian formulir pengembalian barang COD agar pengembalian dana juga bisa lebih cepat.

Ongkir Pengembalian Barang COD Lazada

Kamu bisa memilih metode pengiriman drop off agar terhindar dari biaya ongkir. Sebagai konsumen, kamu bisa langsung datang ke kantor ekspedisi lalu menyerahkan paket yang akan dikembalikan. Paket tersebut tidak akan dikenai biaya ongkos kirim.

Kamu juga dapat mencoba untuk mengembalikan barang COD Lazada melalui ekspedisi J&T maupun JNE. Di sana tunjukkan kepada tugas mengenai nomor resi atau langsung dengan menempelkan label pengiriman paket COD Lazada.

Garansi Pengembalian Barang Lazada

Pengembalian barang COD Lazada juga perlu memperhatikan apakah produk tersebut memiliki garansi atau tidak. Sebab Lazada memang menyediakan garansi pengembalian yang sesuai jenis barang, sebagaimana yang ditunjukkan oleh tabel berikut.

Jenis Barang7 Hari14 Hari15 Hari
Barang Import (Global Collection, Taobao)
Barang Retail FBL (dikirim oleh Lazada)
Barang yang dikirim Seller (MP Lokal)
PBarang dari LazMall

Kamu bisa mengecek garansi lebih dulu pada laman produk untuk mengembalikannya sesuai dengan batas maksimal yang sudah ditentukan oleh pihak Lazada. Masa garansi akan berlaku saat konsumen menerima barangnya, jadi kamu wajib memperhatikannya dengan baik.

Baca juga: Rekomendasi Produk Terlaris di Lazada

Cara Mengembalikan Barang COD di Lazada

Cara Mengembalikan Barang COD di Lazada
Cara Mengembalikan Barang COD di Lazada

Kamu telah mengetahui syarat, masa garansi, serta ongkir pengembalian barang. Jika memang ingin mengembalikan barang, prosesnya cukup mudah karena dilakukan lewat aplikasi Lazada dengan mengikuti beberapa langkah mudah.

Pastikan bahwa kamu sudah mempersiapkan sejumlah persyaratannya terlebih dahulu sebelu mengakses formulir pengembaliannya. Selanjutnya simak langkah-langkah atau cara pengembalian barang COD Lazada secara detail berikut.

  1. Buka aplikasi Lazada, lalu masuk ke bagian Akun.
  2. Lalu akan muncul profil kamu, selanjutnya adalah tekan bagian Lihat Semua Pesanan.
  3. Pada bagian pesanan, kamu bisa melihat ke bagian barang COD yang telah terkirim. Pada bagian menu produk pilih Telah Diterima.
  4. Di situ akan tampil menu pesanan yang sudah diterima, lanjutkan dengan tekan PENGEMBALIAN SAYA.
  5. Layar akan memperlihatkan formulir pengembalian barang Lazada, kamu bisa mengisi alasan pengembalian kemudian klik Pilih.
  6. Di situ sudah ada beberapa alasan pengembalian, pilih salah satu alasan yang sesuai dengan alasan kamu. Selanjutnya klik Pilih lagi.
  7. Selanjutnya kamu perlu memastikan kalau jumlah pengembalian dananya telah sesuai. Pada bagian komentar yang tersedia, jelaskan juga alasan singkat pengembalian barang yang kamu lakukan.
  8. Unggah foto barang sebagai bukti. Foto ini bisa langsung ambil dari galeri atau foto langsung dengan menekan Take Pictures.
  9. Jika langsung memfoto, sesuaikan barang yang akan difoto beserta kemasannya. Lalu pilih OK.
  10. Pada bagian foto ini kamu bisa melampirkan sebanyak 3 foto sebagai bukti. Lalu, pilih pengembalian dana dengan menekan menu.
  11. Pilih metode pengembalian yang kamu inginkan, bisa dengan Lazada Credit atau Bank Transfer. Jika mau cepat, kamu bisa pilih menu Lazada Credit.
  12. Kemudian tekan tombol Kirim saat formulirnya telah lengkap.
  13. Lalu akan muncul pengembalian barang Lazada. Di situ kamu diminta untuk menunggu respon dari penjual. Ada batas waktu berupa jam dan tanggal penjual dalam merespon.
  14. Proses konfirmasi ini dapat ditunggu selama maksimal 3 hari. Kamu bisa cek di bagian menu Retur & Pengembalian.
  15. Apabila pengembalian disetujui, konsumen perlu memilih metodenya. Caranya dengan klik Pilih Metode Pengembalian.
  16. Setelah itu akan muncul menu mengenai metode pengembalian barang. Kamu bisa memilih metode pengembalian dengan ekspedisi JNE maupun J&T dengan sistem drop off. Pilih salah satu di antara jasa ekspedisi yang tersedia.
  17. Lalu klik Selanjutnya.
  18. Akan muncul keterangan mengenai batas waktu pengiriman barang COD tersebut selama 3 hari. Ada juga keterangan resi pengiriman. Supaya bisa lebih mudah, kamu dapat mencetak label agar tidak harus mengisi formulir lagi ketika di jasa ekspedisi. Tekan di bagian unduh label pengembalian.
  19. Label customer return akan muncul dengan biaya ongkos kirim Rp.0. Selanjutnya print label pengiriman tersebut untuk ditempelkan pada bagian paketnya.
  20. Kemas lagi barang yang akan dikembalikan dengan rapi. Pada bagian luar kemasan jangan lupa untuk menempelkan label yang telah kamu print.
  21. Hubungi jasa ekspedisi setelah paket dikemas. Kamu bisa melacak perjalanan barang menggunakan nomor resi.
  22. Ketika barang COD sudah sampai ke seller, maka pengembalian dana dapat dilakukan. Kamu bisa mengecek lagi status pengembalian barang tersebut. Jika sudah, dana akan langsung dikembalikan melalui Lazada Credit konsumen.
Baca juga: 16 Kesalahan Pebisnis Saat Berjualan di Lazada

Lalu bagaimana kalau penjual tidak merespon permintaan pengembalian barang? Kalau sudah 3 hari tapi belum ada respon penjual, maka pengembalian barangnya akan diproses otomatis oleh Lazada. Jadi, kamu tidak perlu khawatir.

Kamu juga bisa memantau pengiriman barang tersebut lewat aplikasi, yang penting kamu sudah punya nomor resi yang bisa digunakan mengecek.

Semoga cara pengembalian barang COD Lazada di atas bisa membantu kamu yang tengah kesulitan. Intinya, tetap tenang karena pasti ada solusi untuk masalah paket yang tidak sesuai di Lazada.

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.