Cara Membuat Kategori di Shopee Untuk Meningkatkan Penjualan

Komerce.id – Mau jualanmu di Shopee laris? Salah satu kuncinya adalah dengan mengkategorikan produkmu, kategori produk dapat membuat daganganmu lebih banyak dilihat oleh konsumen yang membutuhkan produkmu. Misalnya, kamu menjual sarung. Kamu bisa mengkategorikan produkmu ke dalam kategori busana muslim.

Sama seperti toko offline yang membagi produk dalam etalase dengan kategori tertentu, cara ini juga diadaptasi dalam pengaturan kategori di Shopee. Dengan menempatkan produk dengan tepat dapat menciptakan pengalaman berbelanja yang menyenangkan dan meningkatkan penjualan. Kok bisa?

Manfaat dari mengelompokkan kategori produk adalah memudahkan calon pembeli dalam mencari barang yang mereka inginkan. Semakin mudah pembeli berbelanja di tokomu, maka semakin tinggi kemungkinan mereka akan melakukan transaksi.

Mengapa Harus Mengatur Kategori Toko di Shopee

Seperti yang sudah disinggung dalam paragraf di atas, kemudahan konsumen dalam mengakses produkmu di marketplace merupakan tujuan utama dari pengaturan kategori produk. Semakin mudah pembeli mendapatkan produk yang mereka inginkan, maka kepuasannya pun akan semakin tinggi.

Tentu saja hal ini memberikan dampak baik untuk tokomu. Dengan kepuasan yang tinggi ketika berbelanja di tokomu, mereka tidak akan ragu untuk kembali berbelanja di waktu selanjutnya dan merekomendasikan tokomu kepada orang lain.

Baca juga: Cara Membuat Harga Coret di Shopee

Cara Membuat dan Mengatur Kategori Toko di Shopee

Untuk mengatur kategori toko, Kamu bisa membagi kategori produk berdasarkan jenis produk dan program promosi. Buatlah judul kategori yang menarik agar pembeli semakin penasaran untuk mengunjungi toko kamu. Berikut ini merupakan cara mengatur kategori toko di Shopee.

1. Masuk Ke Halaman Shopee Seller Center

cara membuat kategori di shopee 1

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk ke halaman shopee seller center. Untuk penjelasan shopee seller center kamu bisa melihat pada artikel yang telah kami tulis sebelumnya disini. Kamu bisa menggunakan username, nomor handphone, atau e-mail untuk masuk ke halaman ini.

Mendapatkan masalah dengan password? Pastikan kamu memasukkan username dan password yang benar, kamu bisa melihat penulisan password dengan klik tanda mata pada samping password atau kamu bisa klik “Lupa Password” untuk mendapatkan bantuan.

2. Pilih Fitur Kategori Toko di Menu Sebelah Kiri

cara membuat kategori di shopee 2

Pada halaman Shopee Seller Center, klik menu kategori toko di menu sebelah kiri, cobalah scroll ke bawah jika belum menemukannya juga. Jika kamu kesulitan dalam menemukannya, kamu klik Manajemen Toko > Dekorasi Toko > Tentang Kategori Toko.

3. Buat Kategori Toko Baru

cara membuat kategori di shopee 3

Pada dasarnya, Shopee menyediakan pilihan pengkategorian toko secara otomatis dan manual. Bedanya, jika menggunakan pengaturan manual kamu dapat memilih secara manual produk yang ingin kamu tambahkan ke kategori toko. Sedangkan pada pengaturan otomatis, produk akan dipilih secara otomatis berdasarkan filter yang telah kamu buat.

cara membuat kategori di shopee 4
  • Untuk pengkategorian manual, kamu bisa masuk ke menu Tambah Kategori, masukkan Nama Kategori, dan pilih Pemilihan Manual kemudian klik Konfirmasi.
  • Sedangkan pada pengkategorian otomatis cukup dengan Tambah Kategori, masukkan Nama Kategori, dan pilih Filter Berdasarkan Aturan kemudian klik Konfirmasi.

4. Pilih Produk yang Ingin Ditampilkan, Aktifkan!

cara membuat kategori di shopee 5

Setelah kategori sudah dibuat, sekarang kamu harus menambahkan produk dengan cara klik Tambah Produk pada kategori yang sudah dibuat.

cara membuat kategori di shopee 6

Untuk pengkategorian manual, kamu bisa tambahkan produk ke dalam kategori tersebut dengan mencari Nama/Kode Produk atau memfilter Kategori, Merek, dan memasukkan rentang harga produk kamu. Setelah itu klik Konfirmasi setelah menambahkan produk, dan kategori toko sudah berhasil dibuat!

Sedangkan pada pengkategorian otomatis kamu harus membuat Aturan Filter untuk memilih produk Anda secara otomatis berdasarkan: Kategori, Merek, Waktu Upload Produk (7 Hari Terakhir, 14 Hari Terakhir, 21 Hari Terakhir), Diskon, Harga. Kamu dapat mengatur filter sampai  menemukan hasil yang sesuai. Penting untuk kamu ketahui, Setelah berhasil memfilter produk, kamu tidak dapat menghapus pilihan produk dari daftar Hasil Filter. Lalu konfirmasi produk kamu dan selesai!

cara membuat kategori di shopee 7
Baca juga: Cara Cetak Label Alamat Pengiriman di Shopee

Sebenarnya, strategi penempatan produk sesuai dengan kategori sudah dilakukan sejak lama ketika toko masih berbentuk offline. Biasanya, toko offline akan menempatkan produk-produk tertentu seperti produk terbaru atau terlaris di bagian depan agar pembeli dapat langsung melihatnya. Hal ini juga berlaku di toko online di marketplace. 

Di toko online, kamu bisa menempatkan produk terlaris dan terbaru atau termurah pada kategori toko. Atau kamu bisa membuat kategori berdasarkan jenis-jenis produk sehingga mempermudah pengunjung untuk mencari produk yang mereka butuhkan.Dengan artikel ini, diharapkan dapat mempermudah kamu dalam membuat dan menentukan kategori toko di Shopee dengan baik. 

Nanda

Nanda adalah content specialist di Komerce. Nanda ingin terus berbagi pengalamannya melalui artikel-artikelnya di blog Komerce. Memastikan Anda mendapatkan pengalaman-pengalaman baru tentang dunia customer service dan e-commerce.

Tinggalkan komentar

Subscribe to Our Newsletter

Kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis? Dapatkan tips terbaru dari komerce.