3 Cara Cek Resi SAP Express : CS, Website & Aplikasi

komerce.id – Saat ini cek resi SAP Express dapat dilakukan dengan mudah, salah satunya adalah melalui aplikasi yang telah disediakan sehingga bisa lebih hemat waktu dan tenaga. Selain itu proses pengecekan resi juga dapat dilakukan dengan cara lainnya.

Sebagai penyedia jasa ekspedisi di Indonesia, SAP Express selalu memberikan pelayanan terbaiknya. Mulai dari saat pemesanan hingga pengiriman ke alamat penerima. Banyak perusahaan besar yang menggunakan jasa dari ekspedisi ini, seperti Lazada, JD ID, dan Zalora.

Selain itu SAP Express juga menyediakan layanan untuk cek resi supaya para pelanggannya dapat melacak perjalanan paket. Dengan mengandalkan teknologi terbaik, pelanggan dapat memastikan rute perjalanan paket supaya tidak hilang.

Baca juga: Berapa Lama Pengiriman SAP Express

Contoh Nomor Resi SAP Express

contoh nomor resi sap express
contoh nomor resi sap express

Resi merupakan nomor yang diberikan oleh pihak jasa ekspedisi untuk paket yang akan dikirim. Nomor ini memiliki fungsi sebagai identitas dan nama dari sebuah paket. Keberadaan nomor ini bisa dijadikan bukti pengiriman dan perjalanan paket menuju ke alamat penerima.

Umumnya resi digunakan untuk melacak lokasi paket, sehingga pelanggan dapat memastikan bahwa paket benar-benar sedang dalam perjalanan dan tidak hilang. Berikut adalah contoh nomor resi SAP Express yang bisa kamu lacak keberadaannya.

Biasanya resi terdiri dari kombinasi 16 angka yang unik. Saat mendapatkan bukti pengiriman, maka nomor resi ini berada di bawah barcode dan dijadikan sebagai alat pelacak paket. Kamu bisa cek resi SAP Express secara online.

Nomor resi memiliki fungsi yang sangat penting karena digunakan untuk memastikan bahwa paket tidak nyasar atau hilang, selain itu kombinasi nomor pada resi juga berbeda-beda untuk menghindari adanya kekeliruan atau paket yang tertukar.

Biasanya nomor resi SAP Express berada di bagian tengah paket. Di bawah nomor resi kamu dapat menemukan identitas dan alamat penerima. Sementara di samping terdapat identitas pengirim dan informasi tentang detail kiriman.

Baca juga: Tarif SAP Express

Cara Cek Resi SAP Express

cara cek resi sap express lewat website
cara cek resi sap express lewat website

Setiap paket pasti diberikan nomor resi untuk mengawasi perjalanan dan menghindari adanya salah kirim. Umumnya nomor resi dapat dilacak keberadaannya melalui website online yang sering digunakan oleh para seller dari e-commerce.

Namun seringkali website tersebut down karena terlalu banyak diakses. Supaya lebih mudah untuk cek resi SAP Express kamu bisa menggunakan aplikasi, laman resmi, atau melalui customer service. Simak pembahasan lengkap tentang cara melacak resi dari SAP Express berikut.

1. Cek Resi Lewat Website SAP Express

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk cek resi adalah dengan mengakses website resmi SAP Express. Aksesnya gratis dan mudah sehingga kamu tidak perlu khawatir saat membukanya. Selain itu website ini juga bisa dibuka melalui HP atau laptop.

Website ini dapat digunakan untuk tracking paket menggunakan nomor resi. Kamu hanya perlu memasukkan nomor resi dengan benar. Berikut cara yang bisa diikuti untuk cek resi SAP Express melalui aplikasi:

  • Akses halaman tracking SAP Express lalu klik “Pilih Tipe Tracking”.
  • Masukkan nomor resi dari SAP Express dengan jumlah maksimal adalah 10 resi.
  • Ketok captcha dengan benar lalu klik “Track”.
  • Proses pelacakan akan langsung muncul, mulai dari awal perjalanan hingga status terbarunya.
  • Jika terjadi kesalahan alamat, kamu bisa menghubungi customer service SAP Express.

2. Cek Resi melalui SAP Express Mobile

Apabila ingin cara yang lebih praktis dan simple, kamu bisa memanfaatkan aplikasi SAP Express Mobile yang telah disediakan. Melalui aplikasi ini kamu dapat memeriksa perjalanan resi dari awal hingga akhir dengan cara yang mudah, yaitu:

  • Unduh aplikasi SAP Express Mobile di smartphone masing-masing.
  • Setelah masuk ke halaman awal, cari pilihan menu “Lacak Paket”.
  • Kemudian pilih menu lacak dengan nomor AWB atau resi SAP Express.
  • Masukkan nomor resi SAP Express yang telah diberikan sebelumnya, kemudikan klik “CARI”.

3. Cek via Customer Service SAP Express

Ketika melakukan cek resi melalui aplikasi dan website SAP Express, mungkin saja ada kendala yang terjadi. Jika pengecekan gagal, kamu bisa menghubungi customer service yang tersedia dalam 24 jam penuh.

Ada banyak customer service yang siap melayani semua keluhan dan komplain dari pelanggannya. Kamu dapat melakukan panggilan ke nomor dan email berikut ini.

Kantor Pusat SAP ExpressRevenue Tower lantai 27 No.123Jl.Jendral Sudirman No.52–53 RT5/RW3Senayan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta. 12190
Kantor Pusat OperasionalJl. Komodor Udara No. 28, Halim Perdana Kusuma, Makasar, Jakarta Timur, DKI Jakarta. 13610
Call Center(021)22806611 & (021)22806612
Emailinfo@sap-express.com
Baca juga: Alamat Kantor SAP Express

Berapa Lama Pengiriman SAP Express

berapa lama pengiriman sap express
berapa lama pengiriman sap express

Tak hanya perlu mengetahui tentang cek resi SAP Express, kamu juga perlu memahami lama waktu pengiriman. Pasalnya setiap paket memiliki estimasi waktu yang berbeda-beda. Pengiriman paket tergantung pada jenis layanan yang dipilih, seperti:

1. Reguler

Layanan pengiriman reguler biasanya digunakan untuk mengirim paket ke seluruh kota yang ada di Indonesia. Estimasi waktu pengirimannya adalah 1 sampai 2 hari untuk wilayah kota. Sedangkan untuk pengiriman ke wilayah kabupaten membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 5 hari.

Kamu bisa menggunakan layanan ini untuk mengirim paket ke pusat kota hingga daerh terpencil di Indonesia. Proses pengirimannya dilakukan melalui jalur udara, darat, dan laut tergantung dengan jarak tempuhnya.

2. One Day Service (ODS)

One Day Service merupakan layanan dari SAP Express yang memiliki estimasi pengiriman paket selama 1 hari saja. Kamu bisa memilih layanan ini jika ingin paket sampai lebih cepat ke alamat penerima tanpa perlu menunggu berhari-hari.

Sayangnya layanan ini hanya bisa digunakan untuk pengiriman ke daerah yang jaraknya tidak terlalu jauh. Selain itu pengiriman juga dilakukan untuk tujuan kota provinsi menggunakan jalur penerbangan langsung.

3. Same Day Services (SDS)

Sementara itu, apabila kamu ingin mengirim paket dengan estimasi waktu kilat maka pilihlah layanan Same Day services. Layanan ini memungkinkan paket untuk sampai di hari yang sama. Biasanya digunakan untuk mengirim makanan yang mudah basi.

Jika memilih layanan Same Day Services pastikan kamu melakukan pick up sebelum jam 12 siang. Layanan ini juga hanya bisa dilakukan untuk tujuan kota provinsi dan pengirimannya menggunakan jalur udara.

4. Kargo

Kargo merupakan layanan pengiriman paket untuk jumlah yang banyak dan besar. Minimal pengiriman mulai dari 5 kg barang. Kamu dapat memilih layanan ini untuk mengirim ke seluruh wilayah di Indonesia termasuk daerah terpencil.

Estimasi waktu pengiriman wilayah kota adalah 2 sampai 3 hari dan 8 hingga 10 hari untuk wilayah kabupaten. Sedangkan jika dikirim ke daerah terpencil maka membutuhkan waktu kurang lebih 23 sampai 31 hari.


Setiap perusahaan jasa ekspedisi pasti akan memberikan nomor resi kepada para pelanggannya. Nomor ini nantinya dapat digunakan untuk melacak perjalanan paket. Cek resi SAP Express dapat dilakukan 24 jam.

Ada berbagai pilihan cara yang dapat digunakan untuk mengecek nomor resi paket. Mulai dari memanfaatkan aplikasi SAP Express, mengakses website resminya, hingga menghubungi nomor customer service.

Sebelum mengecek nomor resi, kamu perlu memastikan jenis layanan yang digunakan. Pasalnya setiap layanan memiliki estimasi waktu pengiriman yang beda-beda. Dengan begitu kamu dapat memperkirakan waktu sampainya paket.

Nah, untuk kamu para pebisnis online jangan lupa untuk langsung mengirimkan nomor resi kepada customer kamu supaya bisa mempermudah mereka dalam melacak paket. Supaya customer kamu makin nyaman, kamu bisa loh memakai pengiriman menggunakan Komship.

Komship menyediakan fitur notifikasi WhatsApp yang bisa secara otomatis mengirimkan pesan WhatsApp kepada customer kamu bahwa paket sudah dalam proses pengiriman. Jadi, tunggu apa lagi? Daftar Komship sekarang di website komship.id

Bayu Kurniawan

SEO Specialist di Komerce, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam SEO dan sangat tertarik pada digital marketing.

Tinggalkan komentar